P. 1
Sistem Informasi Alumni Yadika

Sistem Informasi Alumni Yadika

|Views: 280|Likes:
Published by alift

More info:

Published by: alift on Nov 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2014

pdf

text

original

SISTEM INFORMASI ALUMNI “YADIKA”

Analisis 1. Pihak-pihak yang terkait : a. Alumni; b. Kepala Yadika; c. Admin. Admin berada di dalam sistem (yang menjalankan sistem), sehingga tidak perlu digambarkan. Dari sini, terdapat 2 terminator, yaitu a dan b. 1.a. Alumni Data apa saja yang akan diberikan oleh Alumni kepada sistem, dan data apa saja yang diberikan sistem kepada Alumni ? Analisis ini bertujuan untuk menentukan data apa saja yang akan mengalir di alur data dari terminator Alumni ke sistem (proses), dan sebaliknya. 1.a.1. Alumni Baru Alumni baru (di kasus ini) harus membuat Kartu Anggota terlebih dulu. Pembuatan Kartu Anggota tidak dipungut biaya tetapi si Alumni harus mengisi berbagai form yang disediakan oleh admin, untuk diisi. sistem akan menyimpan semua data yang ada di form Alumni, untuk membantu proses pembuatan Kartu Anggota Alumni
I d e n t it a s K a rtu A n g g o ta

1.a.2. Prosedur oleh Alumni Alumni yang akan memasukkan nama dan NIM yang sudah dientry oleh admin, sebagai kunci untuk login. Sistem akan menampilan form data alumni yang harus diisi oleh alumni, untuk selanjutnya akan dibuatkan kartu alumni 1.b. Kepala Yadika

perlu di analisis. laporan alumni perangkatan. dicontohkan bahwa Kepala Yadika hanya butuh laporan alumni perorangan. dan laporan alumni kuliah dan bekerja. laporan alumni bekerja. Analisis ini akan menghasilkan data apa saja yang mengalir dari Terminator ke sistem dan sebaliknya. laporan alumni perjurusan. Pada kasus ini.Data apa saja data yang dibutuhkan oleh Kepala Yadika atas sistem. dan data apa saja yang diberikan oleh Kepala Yadika kepada sistem. dapat dirancang DFD konteksnya : Kepala Yadika Gambar DFD Konteks Kasus di Atas . Dari analisis di atas.

Pembuatan Diagram Nol (Level 1) Diagram Nol adalah pengembangan proses yang lebih mendetil dari proses (sistem) yang ada di konteksnya.2.0 Nama arus data: Sistem Informasi Alumni Alias : Bentuk data : File Komputer Arus Data : Identitas Alumni Penjelasan : Pembuatan kartu anggota alumni bagi Alumni baru yang belum mempunyai kartu anggota Laporan informasi alumni ke Direktur Yadika Periode : Setiap kali ada Alumni baru Volume : Volume rata-rata per hari adalah 5 Alumni volume puncak adalah 10 Alumni Struktur data : Pembuatan kartu anggota terdiri atas item data : NIM Kd_Alumni Password Tahun_Angkatan Melanjutkan Alamat Pekerjaan Jabatan Almt_Kantor . jumlah terminator dan alur data yang masuk dan keluar dari terminator harus tetap. Kepala Yadika Gambar DFD Zero (level 1) KAMUS DATA 1. Jadi.

Start salah Login benar Proses Pengisian Data Alumni Pencetakan Kartu Anggota Alumni YES KARTU ANGGOTA NO Anggota Alumni End Gambar Flowchart Sistem Informasi Pendaftaran Alumni Yadika .

ERD (Entity Relationship Diagram) Database untuk Sistem Informasi perpustakaan “YADIKA” 1.NIM Nama Alamat Telepon Agama Jenis_Kelamin Nama_Ortu Pekerjaan_Ortu 1 Tmp_Lahir Tgl_Lahir Th_Masuk Jenjang_studi Jurusan Asal_SMU Kartu Alumni photo No_Anggota Kode_ Alumni Nama Alumni Tmp_lahir Alamat Tgl_lahir 1 Mendapat Jabatan Almt_Kantor Mahasiswa 1 Menjadi 1 Alumni NIM Kd_Alumni Password Tahun_Angkatan Melanjutkan Alamat Pekerjaan Perusahaan Gambar 10. Nama File : MAHASISWA.DBF Nama Field NIM Nama_mhs Alamat_mhs Tlp Agama Jenis_kel Nama_Ortu Tempat_lahir Tanggal_Lahir Th_Masuk Jurusan Asal_Sek Jenis Field Numeric Characters Characters Numeric Characters Characters Characters Characters Numeric Numeric Characters Characters Panjan g 6 20 30 15 8 1 20 15 6 4 10 15 Index Y .

DBF Nama Field NIM Kode_Alumni Password Tahun_Angkata n Melanjutkan Alamat Pekerjaan Perusahaan Jabatan Almt_Kantor Jenis Field Numeric Numeric Character s Character s Numeric Character s Character s Character s Character s Character s Panjan g 6 6 10 4 15 30 20 15 15 30 Index Y Nama_mhs Bentuk Normal 2 ( NF2 ) untuk Kartu Anggota Alumni Nama Field No_Anggota Kode_Alumni Nama_Alum ni Tmp_lahir Tgl_lahir Alamat Jenis Field Numeric Numeric Character s Character s Numeric Numeric Panjang 6 6 20 15 6 30 Index Y . Nama File : ALUMNI.2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->