You are on page 1of 12

PROPOSAL KEGIATAN

LOMBA DEBAT BAHASA ARAB
( ‫) ﻣﺴﺎ ﺑﻘﺔ اﻟﻤﻨﺎﻇﺮة ﺑﺎﻟﻠﻐﺔ اﻟﻌﺮ ﺑﻴﺔ‬
DALAM RANGKA PIMNAS TAHUN 2008
DI UNISSULA SEMARANG

A. LATAR BELAKANG

Bahasa merupakan cermin peradaban manusia, tidak terkecuali dengan
bahasa Arab. Namun demikian, tidak semua bahasa memainkan peran penting bagi
peradaban manusia sebagaimana halnya dengan peran yang telah dimainkan
bahasa Arab. Kekuatannya dalam hal deskripsi, abstraksi, ketepatan makna
(semantic precision) serta kemungkinan pembentukan kata turunan (derivation)
yang detail telah mengokohkan eksistensinya dalam lintasan sejarah peradaban
manusia. Dan mencapai klimaksnya, bersamaan dengan lahirnya agama Islam pada
abad VII Masehi, yakni ketika al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab.
Jatuhnya pilihan terhadap bahasa Arab sebagai media pengantar wahyu
Allah adalah merupakan bukti kekuatan posisi daya tawar bahasa Arab di banding
bahasa lain dalam merekam sebuah tuntunan risalah petunjuk bagi umat manusia
yang memuat perbendaharaan kata-kata filsafat, sejarah, hukum, sosial, politik,
etika dan lain-lain. Bahasa Arab mampu menjabarkan wahyu Allah dengan tepat,
mendetail dan pasti sehingga tidak dapat diartikan atau ditafsirkan lain, tapi
sebaliknya sebagian kata lain mempunyai rangkaian makna yang luas, terikat pada
konteksnya bahkan kadang-kadang di dalam suatu konteks mengandung dua arti,
baik harfiah maupun tamtsiliah. Artinya, bahasa Arab lebih memadai dan dapat
diandalkan dibandingkan dari bahasa-bahasa lain guna memberikan kepastian
makna tersurat (tekstual) dan tersirat (kontekstual) dari muatan makna yang ada
dalam al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia yang terdiri dari berbagai
bangsa dan golongan.
Bahasa Arab mempunyai sejarah panjang dalam kancah berbagai
perkembangan agama Islam dan peradabannya, baik di bidang kebahasaan, politik,
sosial, ekonomi, hukum dan budaya di berbagai negara Arab dan kawasan-kawasan
lainnya. Sehingga bahasa Arab merupakan salah satu bahasa mayor di dunia yang
berpengaruh terhadap bahasa-bahasa yang digunakan oleh seluruh penduduk
muslim dunia yang jumlahnya meliputi sekitar 1,7 milyar.1
Namun demikian, bahasa Arab juga mengalami pasang surut seiring
dengan kebangunan dan kejatuhan peradaban Islam yang mencakup kurun waktu

1
Prof.DR. Syamsul Hadi, S.U., MA., Perkembangan Mutakhir dalam Bahasa Arab, Pidato
Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada, Yogyakarta,
tanggal 13 Desember 2005

1

berdiri Lembaga Pengkajian dan Penelitian untuk Ta'rib. ada dua ragam bahasa Arab. Sekarang ini. tahun 1972 didirikan lembaga Maktab Tansiqit Ta'rib fil Wathonil 'Araby. Pada masa penjajahan Inggris dan Perancis. sedang bahasa Arab Fushah dan 'Ammiyyah dalam konteks formal dan non formal. 3. panjang dari masa Daulat Bani Umayyah. 2. hanya saja konteksnya berbeda. Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa resmi di negara-negara Arab. Daulat Dinasti Mamluk.) yang dipergunakan sebagai bahasa komunikasi non formal atau tidak resmi dalam keseharian dan masing-masing memiliki dialek tersendiri sesuai dengan daerah geografisnya. atas prakarsa Menteri-menteri Pendidikan dari Negara-negara anggota Liga Arab telah dibentuk Lembaga Bahasa Arab Bersama. Tahun 1956. 6. komite perumusan pengembangan bahasa Arab dan Komite penyusunan dan pembentukan istilah dan penyusunan kamus. tahun 1973 diadakan Muktamar II. yaitu bahasa Arab Standar (Bahasa Arab Fushah) yang dipergunakan sebagai bahasa resmi dan bahasa Arab 'Ammiyyah (bahasa Arab pasar-pen. Lalu secara berturut-turut pada tahun 1961 diadakan Muktamar I. sebaliknya bahasa Inggris dan bahasa Perancis telah digunakan dalam pelbagai urusan administrasi pemerintahan. Tahun 1960. 5. Kalau bahasa Jawa ngoko dan kromo dibedakan dalam konteks kasar dan halus. Daulat Bani Abbasiyyah. Tahun 1953. tahun 1977 diadakan Muktamar III. telah diselenggarakan Konferensi Lembaga-lembaga Bahasa dan membentuk komite koordinasi antar lembaga bahasa di seluruh Negara Arab. Ada banyak upaya yang dilakukan oleh bangsa Arab guna membangkitkan dan mengembangkan bahasa pasca kemerdekaannya dari pendudukan Inggris dan Perancis. bahasa Arab tidak menjadi tuan di tanah asalnya. Adapun bahasa Arab yang banyak dipelajari orang- orang Indonesia di berbagai pondok pesantren. Perbedaan antara keduanya. antara lain :2 1. Tahun 1945. madrasah ataupun perguruan tingga 2 Ibid. 2 . yang telah berperan besar dalam pengembangan bahasa Arab. seperti perbedaan dalam bahasa Jawa "ngoko" dan "kromo". berdiri Liga Arab. Daulat Turki Utsmani (masa negara-negara Arab dalam kekuasaan bangsa Turki) dan selanjutnya ketika negara-negara Arab menjadi negeri jajahan bangsa Inggris dan Perancis. 4. tahun 1981 diadakan Muktamar IV dan tahun 1985 diadakan Muktamar V selanjutnya diterbitkan sebuah jurnal yang diberi nama al-Lisanul 'Araby guna mengkomunikasikan berbagai pemikiran tentang bahasa dan kebijakan pengembangan bahasa Arab.

karena bahasa Arab akan senantiasa menambah ketajaman daya nalar. ada banyak perkembangan yang signifikan sekitar kajian tentang pengembangan bahasa Arab. Hal-hal yang marak dikaji dan diteliti antara lain adalah perihal Leksikografi (perubahan penyusunan entri dalam kamus-kamus bahasa Arab). mahasiswa akan memiliki ghirah tinggi dalam meningkatkan keahlian dan kemampuan diri utamanya dalam memiliki komitmen keberagamaan yang lebih. sejarah. Islam dengan akhlaknya secara sahih dan komprehensif haruslah berusaha untuk mempelajari bahasa Arab. sehingga terkadang orang-orang Indonesia yang berkunjung ke negara Arab juga masih merasa kesulitan jika berkomunikasi dengan penduduk setempat yang lebih sering menggunakan bahasa Arab 'Ammiyyah dalam kesehariannya. sastra. akronim dalam bahasa Arab. (3) Bahasa penghuni surga adalah bahasa Arab" Selanjutnya Abdul Hamid bin Yahya dalam al-Hasyimi.adalah termasuk bahasa Arab Fushah. perlu dilakukan berbagai usaha yang mengarah pada upaya menumbuhkan dan mengembangkan minat pengembangan kebahasaan di kalangan mahasiswa khususnya mahasiswa muslim. dalam berbahasa Arab. Dan salah satunya dapat diwujudkan melalui kegiatan LOMBA DEBAT BAHASA ARAB ‫)ﻣ ﺴﺎﺑﻘﺔ اﻟﻤﻨ ﺎﻇﺮة ﺑﺎﻟﻠﻐ ﺔ‬ ( ‫اﻟﻌﺮﺑﻴﺔ‬. Islam dengan syari'ahnya. pendidikan dan lain-lain. 3 . Karena melalui penguasaan bahasa Arab yang baik dan familiar. linguistik. kaligrafi. meskipun dari sisi morfologi dan sintaksisnya. penyerapan kata dan istilah dari bahasa asing. bahasa Arab mempunyai kaidah yang mantap dan tidak mudah berubah. Kajian-kajian demikian secara bertahap terus dikembangkan bukan saja dimanfaatkan untuk studi tentang bahasa Arab atau studi keIslaman melainkan juga untuk pengembangan bidang lain seperti arkeologi. saya mendengar Syu'bah berkata : " Pelajarilah bahasa Arab. Disebutkan dalam suatu riwayat Muslim dari Ibnu Abbas bahwasannya Rasulullah SAW bersabda : "Bahasa Arab digemari sebab tiga hal. transliterasi dan lain sebagainya. berkata. Sesungguhnya pada saat-saat belakangan terakhir. pembentukan istilah-istilah baru. (2) al-Qur'an menggunakan bahasa Arab. filologi. Berangkat dari paparan di atas." Oleh karena itu. yaitu (1) aku adalah orang Arab. sesungguhnya orang yang hendak memahami Islam dengan akidahnya.

khususnya dalam memahami nilai-nilai ajaran Islam secara sahih dan komprehensif sehingga dapat terintegrasi dalam penerapan. Lc. B. Lc. Juri lokal yang diundang panitia sebanyak 16 orang. MA. MA. b. Lc.H. M. Anggota STAIN Kudus 11 Farida. Meningkatkan kreatifitas dan daya nalar mahasiswa melalui pengembangan sisi kebahasaan. Anggota IAIN Walisongo 16 DR. Kurdi Amin.Ag. No Nama Dewan Juri Jabatan Instansi/Organisasi JURI UNISSULA 1 Drs. D.H. c. Fahruddin Bakri Anggota Alumni Gontor 15 DR. Anggota IAIN Walisongo 13 Hanif Muslich. antara lain adalah : a. Anggota IAIN Walisongo 9 Arif Rahman. teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. MA. MA Anggota Atase Agama Kedubes Arab 4 . Abdul Muchit. Lc. Anggota Muhammadiyah 10 Abdurrahman. S. Ahmad Yasin Asy'ari Sekretaris Unissula 3 H.Ag.Hj. Anggota Ma'had Futuhiyyah 14 Drs.Ag. DEWAN JURI a.. Muslih Mardi Anggota Alumni Gontor 8 Fatah Idris. MA. Juri yang berasal dari masing-masing perguruan tinggi sebanyak 20 orang b. Lc. Anggota Unissula 6 Tali Tulab. MA.. Ahmad Qodim Suseno Ketua Unissula 2 Drs. Darori Amin. MA. Meningkatkan ghirah dan komitmen keberagamaan mahasiswa. Meningkatkan dan mengembangkan minat kebahasaan mahasiswa di bidang bahasa Arab. Lc. pengeembangan dan penyebarluasan sains. C. khususnya bahasa Arab. MA.. Ghofar Siddiq. Anggota Unissula 5 Anis Tyas Kuncoro. Meningkatkan keahlian dan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Arab secara lisan dan tertulis. PESERTA Peserta yang diharapkan dapat berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Debat Bahasa Arab berasal dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia.. mereka adalah : c. Anggota Unissula 4 DR. Anggota Unissula JURI UNDANGAN 7 Drs.H. TUJUAN Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Lomba Debat Bahasa Arab ini.H. Yuyun Affandi. S. MA. Lomba Debat Bahasa Arab (LDBA) diselenggarakan dengan jumlah peserta minimal 16 tim... Anggota STAIN Kudus 12 Drs. d.

Peraturan Kompetisi 1. (024) 6583584 Psw 103. TOPIK DEBAT No Topik Terjemah Bahasa Arab 1 Budaya Berbusana di Lembaga Pendidikan Tinggi 2 Budaya Pergaulan di Kalangan Civitas Akademika pada Lembaga Perguruan Tinggi 3 Perbedaan Pemikiran Keagamaan adalah Anugerah 4 Perkawinan Beda Agama Merusak Keutuhan Keluarga 5 Pemuda dan Kepemimpinan Nasional 6 Perempuan dalam Kepemimpinan Nasional 7 KB Menjamin Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Bangsa 8 BLT Melanggengkan Budaya Fatalisme 9 Kenaikan Harga BBM Menambah Jumlah Anak Putus Sekolah F. Setiap anggota tim LDBA disyaratkan terdiri dari mahasiswa S1 yang masih aktif. Melalui FAX no. 4. E. topik dan tempat didasarkan pada hasil undian.BOX 1054/SM Semarang 50112 Telp. Setiap tim LDBA terdiri dari 3 (tiga) peserta dan 1 (satu) juri. Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara : . Syarat Pendaftaran 1. Gedung Biro Rektor lantai I Jl. Setiap anggota tim LDBA tidak diperkenankan menjadi anggota tim LDBA yang lain. (024) 6582455 b. MANAJEMEN KOMPETISI a. 2. 3. . 5 . Setiap perguruan tinggi hanya diperkenankan mengirim delegasi peserta LDBA maksimal sebanyak 2 (dua) tim. 4. Langsung di secretariat PIMNAS. Raya Kaligawe Km. Technical Meeting 14 Juli 2008 (lihat jadwal) 5. Setiap ajang kompetisi dipimpin oleh seorang Manajer Kompetisi (MK) dibantu oleh pengatur waktu dan Penghimpun skor nilai. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 26 Mei 2008 dan ditutup tanggal 10 Juli 2008. 3. Pemilihan group.4 PO. Bahasa pengantar dalam LDBA adalah bahasa Arab 2.

untuk menentukan Juara I dan II ( Skema pertandingan terlampir) d. untuk menentukan Juara III Bersama • Babak Final. dan perinciannya adalah : BABAK TIM AJANG KOMPETISI ALOKASI WAKTU I PRO Pendapat/opini topik yang terpilih 5 menit KONTRA Idem 5 menit II PRO Adu argumentasi/dasar pemikiran 5 menit KONTRA Idem 5 menit III PRO Kesimpulan 5 menit KONTRA Idem 5 menit JUMLAH 30 menit Sedang sistem kompetisinya diselenggarakan dalam dua tahapan dengan urutan kegiatan sebagai berikut : 1. untuk menentukan 8 tim terbaik berdasarkan pada jumlah skor nilai yang diperoleh. c. 5. Penilaian ajang kompetisi LDBA dilakukan oleh 30 anggota dewan juri yang terdiri dari : • 20 juri delegasi dari peserta • 13 juri lokal undangan dari panitia LDBA 2. Setiap anggota tim LDBA tidak diperkenankan menjadi anggota tim LDBA yang lain. Tahap Penyisihan secara Kompetisi Penuh. 7. Hasil keputusan dewan jur bersifat mutlak dan langsung diumumkan setelah ajang kompetisi. Semua peserta yang belum maju untuk bertanding diwajibkan memasuki ruang kompetisi sesuai hasil undian. Kategori penilaian yang diberikan : 3. untuk menentukan 4 tim terbaik • Babak Semi Final. 6 . Tahap Setengah Kompetisi dengan menggunakan sistem gugur yang terdiri dari : • Babak Perempat Final. 2. 6. Peserta lomba tidak diperkenankan saling mengucapkan kata-kata atau menunjukkan sikap kurang santun. Penilaian 1. Model Ajang Kompetisi dan Sistem Kompetisi Adapun model pelaksanaan ajang kompetisi LDBA dilakukan dalam tiga babak dengan alokasi waktu masing-masing sebanyak 10 menit.

000 / tim 7 .G. SUMBER ANGGARAN BIAYA PENYELENGGARAAN a. Kontribusi biaya pendaftaran peserta LDBA b. Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) H. Pembayaran biaya akomodasi & konsumsi peserta LDBA c. KONTRIBUSI PENDAFTARAN Kontribusi pendaftaran LDBA Rp 500.

00 Rakor penjurian Aula FAI 21.00 Makan malam Asrama 19.45-09.30 Kegiatan mandiri Asrama 06.30 Salat isya' berjama'ah Masjid SA 19.30-19.30 Salat maghrib berjama'ah dan Masjid SA tadarus al-qur'an 18.00-19.00-08.30-07.00 Evaluasi kompetisi dll Aula FAI 21. 16/7/08 15.00-16. 18/7/08 04.30-05.30 Salat dhuhur berjama'ah Masjid SA 12.45 Babak Penyisihan VI FAI lt II/III 16.00-18.00-04.00-18.30 Makan pagi dan persiapan LDBA Asrama babak lanjutan 07.30-08.00-08.00 Salat ashar berjama'ah Masjid SA 16.30-21.00 Istirahat Idem 15.30-19.00 Siap di ruang LDBA Aula FAI 08.45-09. JADWAL KEGIATAN LDBA No Hari/Tanggal Waktu Uraian Kegiatan Tempat 1 Rabu.00-16.00 Tidur malam Asrama 3 Jum'at.45 Istirahat dan persiapan salat dhuhur Asrama berjama'ah 11.45 Babak Perempat Final FAI lt II/III 08.00 Salat subuh berjama'ah dan Masjid tadarus al-Qur'an 05.45 Babak Penyisihan III Idem 10.35 Babak Penyisihan V Idem 14.00 Makan malam Asrama 19.00 Tidur malam Asrama 2 Kamis.00-04. 17/7/08 04.00 Istirahat Idem 14.45-17.00-09.45-11.00 Istirahat Idem 10.00-13.45 Babak Penyisihan II Idem 09.45 Istirahat dan persiapan salat Asrama maghrib berjama'ah 17.45-18.00-17.00 Salat subuh berjama'ah dan Masjid tadarus al-Qur'an 05.30 Makan pagi dan persiapan LDBA Asrama 07.00-10.30-08.00-09.00 Istirahat/ Idem 09.00 Persiapan Salat maghrib Asrama 18.30-05.00-04.30-07.00 Siap di ruang LDBA Aula FAI 08.30 Salat isya' berjama'ah Masjid 19.45 Babak Penyisihan I FAI lt II/III 08.30 Persiapan salat subuh Asrama 04.00-14.00 Makan siang Asrama 13.30 Salat maghrib berjama'ah dan Masjid SA tadarus al-Qur'an 18.00-04.30 Persiapan salat subuh Asrama 04.45-12.30-21.45 Babak Penyisihan IV FAI lt II/III 13.00 Istirahat/ Idem 09.30 Kegiatan mandiri Asrama 06.00-06.00 Technical Meeting LDBA Aula FAI 17. I.00-19.00-06.30-13.45-14.45 Babak Semifinal Idem 8 .35-15. LAMPIRAN a.45-10.

45 Babak Final Idem 10.45-10.00 Istirahat Idem 10.45-11. Lain-lain Idem 9 .09.45-12.00-13.45 Upacara Penutupan LDBA Aula FAI 13.00 Makan siang Asrama 13.45.45 Istirahat dan persiapan salat dhuhur Asrama berjama'ah 11.30-13.00-10.30 Salat dhuhur berjama'ah Masjid SA 12.

5 10 . BABAK V BABAK VI RUANG 14.45 13.4 D.5 B.3 C.3 D.3 C.1 A.2 Lt II/3 B.3 A.. 2. 3.4 A.5 C. 4.2 Lanjutan…….2 B.5 Lt III/5 D.3 D.5 A.3 B. 2.4 C. 4.00-14. b.4 A. 5 Lt II/1 A. 5 Lt II/3 B.4 D. 3.5 Grup B : 1. 2.5 B.2 B.3 B. 3. 5 Lt III/3 C.2 C.1 Lt II/2 A.1 Lt III/6 D.4 A.00-16.4 B.45 09.4 C.2 D.5 D.1 C. 2.3 A.1 B.4 D.00-08.5 B. 5 Grup C : 1.45 10.1 C.1 C.4 D.4 A.1 B.1 B.3 A.1 D. 4.2 B.2 A.5 C.45 Topik 1 Topik 2 Topik 3 Topik 4 P K P K P K P K Lt II/1 A.00-10.2 C.3 B. 4.45 16.5 Grup D : 1.5 A.3 B.4 B.4 C.2 D..3 D.2 Lt III/3 C. SKEMA KOMPETISI BABAK PENYISIHAN (KOMPETISI PENUH) BABAK I BABAK II BABAK BABAK IV RUANG 08. 3.1 D.45 GRUP PESERTA LDBA Topik 5 Topik 6 P K P K Grup A : 1.00-13.5 A.2 C.2 A.1 D.1 A.00-09.1 Lt III/4 C.3 D.3 C.4 C.3 C.3 A.5 D.1 Lt II/4 B.2 Lt III/5 D.4 B.2 D.4 B.5 D.1 A.2 A.5 C.

00-08. BABAK PEREMPAT FINAL (SISTEM GUGUR) JAM 08.10.45 TOPIK 7 TOPIK 8 TOPIK 9 TOPIK 10 RUANG Lt II / 1 RUANG Lt II / 3 RUANG Lt III / 3 RUANG Lt III / 6 P K P K P K P K R O R O R O R O O N O N O N O N T T T T R R R R A A A A BABAK SEMI FINAL (JUARA III BERSAMA) JAM 09.00-09.00.45 TOPIK 11 TOPIK 12 RUANG Lt II / 1 RUANG Lt II / 3 P K P K R O R O O N O N T T R R A A BABAK FINAL ( JUARA I DAN II ) JAM 10.45 TOPIK 11 RUANG Lt II / 1 P K R O O N T R A 11 .

SETTING RUANG KOMPETISI BACKGROUND MEJA TIM MEJA TIM KONTRA PRO PODIUM 1 PODIUM 2 MK LAMPU TIMER BAGIAN DEWAN JURI TIMER INFORMASI AUDIENS 12 .