You are on page 1of 9

I.

Langkah-Lahkah Simulasi Dengan Software Arena
a. Input Data Sequences pada Advanced Transfer

1. Masukkan Data sesuai dengan jumlah part pada sequence name, beri
nama seperti contoh Part 1 Process Plan dan seterusnya sampai Part 10
Process Plan.
2. Pada kolom Steps masukkan Cell sesuai urutan pengerjaan part pada
stasiun kerja seperti contoh pada Part 1 Process ada 8 cell yang melalui
cell 1,2,3,1,4,5,1,4,8 dan kolom terakhir berisi Exit System yang
menandakan akhir dari proses.
3. Pada kolom Step Name diisi dengan Part 1 Step 1 sampai dengan Part 1
Step 10.
4. Lalu pada kolom Assignments berisi assignment type yang berisi jenis
data pilih Atribute, pada Attribute Name tulis Process Time, kemudian
pada kolom Value isi dengan bilangan distribusi Triangular yang
diberikan pada kelompok 1 dan seterusnya.

b. lalu isi Set Type dengan Other. Pada kolom Members masukkan jumlah part yang akan disimulasikan dengan penulisan Part 1 Process Plan sampai dengan Part 10 Process Plan. 2. Pengaturan Advanced Set pada Advanced Proses 1. Isi kolom Name dengan Part Squences. .

Picture pada type. pilih Entity. lalu pada member isikan Picture. Pengaturan Set pada Basic Process Pada baris pertama isi dengan Part Picture.Part 1 sampai dengan Picture. pilih System pada Clear Option dan pada Initial Values ketik 2.Part 10 . Pengaturan Variable Pada Basic Process Isi Name pada Variable dengan Transfer Time.0 d.c.

Pengaturan Entity Pada Basic Process Isi Entity Type dengan Komponen 1 sampai dengan Komponen 10 lalu tambah satu baris berisi Total. pilih Entity Type pada Type lalu pada Members isikan dengan Komponen 1 sampai dengan Komponen 10 e. kemudian pilih animasi sesuai keinginan pada Initial Picture . Pada baris kedua isi dengan Entity Types.

dan Route Simulasi analisa pertama kita buat Create dengan properti seperti: .f. Station. Assign. Pembuatan Simulasi 1. Create.

Setelah itu buat Assign dengan properti seperti: Lalu buat Station dengan properti seperti: Kemudian buat Route dengan properti seperti: .

Property untuk stasion Property untuk Process . Membuat Stasiun Kerja Buat rangkaian dengan Stasion.2. Process dan Route seperti diatas dengan property seperti dibawah ini.

Tahap Akhir Membuat output dengan Stasion dan dispose sbb : Buat Station dengan properti: Kemudian buat Dispose dengan properti: .3.

Perlu dilakukan perbaikan pada alur proses yang dilalui oleh komponen 1.7.8.2.3.6. Analisa Hasil Simulasi a.II. dan 10.5. Jumlah Part yang Dihasilkan Analisa: Semua komponen mengalami pengurangan dari input ke output yang dihasilkan kecuali komponen 9 dan Komponen 4. Berkurangnya output diindikasikan karena banyak terjadi delay sehingga pengerjaan proses tenrganggu dan tidak bias maksimal pada satu satuan waktu kerja .