PENGERTIAN SAMPAH RUMAH TANGGA

Kalau pada part 1 kita sudah membahas langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kehijauan bumi, maka pada bagian ini kita lebih spesifik pada masalah sampah. Kenapa sampah? Karena sampah memang selalu ada, dihasilkan dari setiap kegiatan manusia. Jadi keberadaan sampah sendiri memang nggak bisa dihindari, tapi bisa DIKURANGI dan DIKENDALIKAN. Dengan MENGURANGI 10% sampah, kita bisa mengurangi sekitar 544 kg karbon dioksida! Dengan MENDAUR ULANG setengah dari sampah rumah tangga, kita bisa mengurangi sekitar 1088 kg karbon dioksida per tahun! Wuih dashyaaatt!! Juga harus diingat bahaya sampah kalau dibiarkan menumpuk di satu tempat:
y y

y y y

Menimbulkan pencemaran, yaitu pencemaran tanah yang sangat mengganggu lahan pertanian, karena akan membawa sifat tanah tidak produktif. Menimbulkan pencemaran air, jika sampah tersebut terbawa air, yang membawa akibat pendangkalan daerah aliran seperti sungai. Hal ini juga berimplikasi pada turunnya produktivitas ikan, karena akan terjadi dekomposisi yang mengurangi jumlah oksigen dalam air. Menimbulkan bau yang tidak sedap. Tumpukan sampah juga menjadi sarang binatang kotor, yang merupakan sumber penyakit. Mengganggu keindahan.

Sebelumnya perlu digarisbawahi, bahwa PENGELOLAAN  PENGOLAHAN. Kalau dalam pengelolaan sampah, yang lebih banyak dilakukan adalah bagaimana kita memilah-milah mana sampah yang masih bisa digunakan kembali, mana sampah yang bisa dijadikan kompos, mana sampah yang bisa dijual. Mungkin terlihatnya simpel ya, cuma memilah doang gitu.. eits, jangan salah teman! Lebih baik baca sampai selesai dulu deh, baru kita memutuskan gampang atau susahnya pengelolaan sampah mandiri (PSM). Oke?!Kuliah Kerja Nyata (KKN) saya sendiri, yang dilaksanakan Agustus lalu mengambil tema ´ Pemberdayaan Masyarakat Lokal dalam Pengelolaan Sampah Mandiri di Dusun Jaten Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman´. Unit KKN PSM disebar dalam 2 dusun. Satu di dusun Jaten dan satu di dusun Mlati Krajan. Saya sendiri masuk dalam sub unit jaten.Beda wilayah beda juga program pengelolaan sampah mandiri yang diusulkan. Kalau di Jaten, dalam prosesnya, kita banyak mengadaptasi pengelolaan sampah mandiri di dusun Sukunan, Gamping, Yogyakarta.

Plastik sachet minuman.. topi. Penjelasan gambar 1. Sedangkan sampah organik rumah tangga dimasukkan dalam gentong/ drum komposter. sampah yang sudah menjadi kompos ini dapat dijual. Pemilahan dilakukan sejak dari rumah tangga. 2. tempat koran. snack dan refill bisa didaur ulang menjadi kerajinan seperti tas. Setiap rumah tangga memisahkan sampah sesuai jenisnya seperti sampah plastik. 3. Kemudian dari drum/ tong sampah tersebut nanti diangkut petugas dibawa ke TPS 4. dompet. Setelah sampah pemilahan di rumah penuh kemudian dibawa ke drum/ tong sampah sesuai jenisnya. semuanya berawal dari sampah rumah tangga teman. Di TPS. Hasil penjualan untuk biaya operasional dan sisanya masuk kas kampung. Nantinya. packing dan dijual. SAMPAH PLASTIK y plastik krese y plastik bening y bungkus snack y kemasan penyedap y bungkus mie y bungkus makan y dll SAMPAH KERTAS kertas HVS kertas koran bungkus tempe bungkus rokok kardus bekas undangan sobek-sobekan bungkus makanan kertas dll LOGAM & KACA besi tembaga kabel kaca botol plastik botol kaca pecahan gelas/ piring seng ember pecah dll y y y y y y y y y y y y y y y y y y y (1) salah satu teman KKN jaten sedang membersihkan tong dari KIMPRASWIL untuk PSM . dll. yaitu dengan 3 kantong tempat sampah.Bagan pengelolaan sampah mandiri. kertas dan kaca logam. sampah yang sudah terkumpul disortir.

Jadi yang baru kita lakukan adalah. susah atau gampang pengelolaan sampah mandiri? Awalnya terasa sulit.. bisa berkunjung ke kampung Sukunan. Maksudnya gini. Yang ini masuknya sampah plastik atau kertas ya? (hehe. Padahal kalau dijual bersama melalui TPS kan hasilnya untuk bersama juga. peserta KKN pun kadang lupa untuk memilah sampah)Memang nggak bisa langsung mengajak seluruh warga untuk mengubah kebiasaan. proses pengelolaan sampah mandiri-nya belum sesempurna di kampung Sukunan. nah biasanya sampah-sampah yang model begitu tidak dibuang oleh si empunya melainkan disimpan untuk dijual sendiri. tapi sebenarnya simpel. sampai akhirnya satu kampung bisa terlibat. mau atau tidak?Di jogja udah banyak loh yang melakukan pengelolaan sampah mandiri. ... maka kita akan merasa kerepotan kalau membuang sampah harus milih-milih dulu. biasanya ada aja anggota masyarakat yang nyimpen sampah sendiri. kalau dalam KKN Jaten sendiri. Lucu!! Nah. Kebiasaan mengubur atau membakar sampah yang selama ini dilakukan sulit untuk diubah menjadi kebiasaan memilahmilah sampah. Di kampus UGM pun ada beberapa jurusan yang sudah melakukan! Coba diberlakukan se-UGM ya. nanti semakin banyak semakin banyak. Beberapa RT kita jadikan pilot project.Yang menjadi kendala utama sebenarnya karena kebiasaan masyarakat yang sulit diubah. Awalnya karena tidak terbiasa. yang diuntungkan ya si empunya juga. pengelolaan sampah mandiri yang sudah bagus. sampahsampah seperti botol plastik minuman kalau dijual kan hasilnya lumayan tuh. pengadaan fasilitas dan sosialisasi PSM kepada masyarakat Jaten (tapi belum ada TPS). Ya iyalah.Kendala lainnya.(2) salah satu sosialisasi sampah ke anak-anak Jaten: menyanyikan lagu sampah dengan memakai kostum sampah dan tong sampah. Alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan walaupun perkembangannya tersendat-sendat. masuk kas juga. Yang seperti itu yang harus ditekankan pada semua warga. Masalahnya. Dimulai dari beberapa orang dulu.Jadi gimana. wong kita KKN cuma 2 bulan.

Limbah ini juga bisa dengan mudah diuraikan melalui proses yang alami. Limbah pertanian . Limbah Organik Limbah Organik Limbah ini terdiri atas bahan-bahan yang besifat organik seperti dari kegiatan rumah tangga. Limbah atau sampah juga merupakan suatu bahan yang tidak berarti dan tidak berharga. kegiatan industri. mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak berguna dan jika dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan penyakit padahal dengan pengolahan sampah secara benar maka bisa menjadikan sampah ini menjadi benda ekonomis.PENGERTIAN LSAMPAH LIMBAH Pengertian Limbah atau Sampah Limbah atau sampah yaitu limbah atau kotoran yang dihasilkan karena pembuangan sampah atau zat kimia dari pabrik-pabrik. Jenis-jenis limbah Jika didasarkan asalnya. Limbah atau sampah juga bisa berarti sesuatu yang tidak berguna dan dibuang oleh kebanyakan orang. II. limbah dikelompokkan menjadi 2 yaitu : 1. tapi kita tidak mengetahui bahwa limbah juga bisa menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat jika diproses secara baik dan benar.

Sedangkan limbah rumah tangga dapat berupa padatan seperti kertas. danau. sedangkan limbah air cucian. serta laut dan selanjutnya akan mempengaruhi organisme yang hidup didalamnya. baterai bekas. tas plastik. magnesium klorida yang berasal dari kegiatan pertambangan dan industri. misalnya dari pestisida dan herbisida. 2. plastik dan lain-lain. Adapula limbah anorganik yang berasal dari kegiatan rumah tangga seperti botol plastik. zat-zat tersebut adalah : Garam anorganik seperti magnesium sulfat. virus dan sebagainya. Limbah tersebut tergolong (B3) yaitu bahan berbahaya dan beracun. Limbah anorganik berasal dari sumber daya alamyang tidak dapat di uraikan dan tidak dapat diperbaharui. dasar sungai. Jika berdasarkan sumbernya limbah dikelompokkan menjadi 3 yaitu: . dan air aki. jamur. Limbah tersebut ada yang mempunyai daya racun yang tinggi misalnya : sisa obat. Asam anorganik seperti asam sulfat yang berasal dari industri pengolahan biji logam dan bahan bakar fosil. begitu pula dengan pemupukan yang berlebihan. dan berupa cairan seperti air cucian. dapat mengandung bibit-bibit penyakit atau pencemar biologis seperti bakteri. botol kaca. Limbah ini mempunyai sifat kimia yang setabil sehingga zat tersebut akan mengendap kedalam tanah. Limbah Anorganik Limbah Anorganik Limbah ini terdiri atas limbah industri atau limbah pertambangan. Air limbah industri dapat mengandung berbagai jenis bahan anorganik. minyak goreng bekasdan lainlain. kaleng dan aluminium. limbah kamar mandi.berupa sisa tumpahan atau penyemprotan yang berlebihan.

misalnya MCK(Mandi.1. pada umumnya limbah ini dibuang di sungai-sungai disekitar tempat tinggal masyarakat dan tidak jarang warga masyarakat mempergunakan sungai untuk kegiatan sehari-hari. 3. kardus atau karton. ikan. kol. bebek dan makluk hidup lainnya termasuk juga manusia . Limbah ini mengandung zat yang berbahaya diantaranya asam anorganik dan senyawa orgaik. zat-zat tersebut jika masuk ke perairan maka akan menimbulkan pencemaran yang dapat membahayakan makluk hidup pengguna air tersebut misalnya. Limbah ini juga memiliki daya racun tinggi jika berasal dari sisa obat dan aki. Limbah Industri Limbah Industri Limbah ini dihasilkan atau berasal dari hasil produksi oleh pabrik atau perusahaan tertentu. Limbah Pabrik Limbah Limbah ini bisa dikategorikan sebagai limbah yang berbahaya karena limbah ini mempunyai kadar gasyang beracun. Kakus) dan secara langsung gas yang dihasilkan oleh limbah pabrik tersebut dikonsumsi dan dipakai oleh masyarakat. Limbah Rumah Tangga Limbah Rumah Tangga Limbah rumah tangga adalah limbah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga limbah ini bisa berupa sisa-sisa sayuran seperti wortel. bayam. slada dan lain-lain bisa juga berupa kertas. 2. Cuci.

seperti angkutan kota. Kelebihan cara membakar ini adalah: 1. Barang-barang yang dapat dijual antara lain kertas-kertas bekas. Penyakit diare dan tikus. penyakit ini terjadi karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan yang tidak tepat 2. usaha melengkapi kendaraan. Dapat juga dijual kepada tetangga kita yang menjadi tukang loak ataupun pemulung. jalan satu arah dan bermobil patungan atau jalur bus yang terpisah. Cara Menangani Polusi Akibat Kendaraan Bermotor Bagi banyak daerah perkotaan. dan mobil dengan perangkat kendali yang canggih. koran bekas. Cara ini bisa dilakukan dengan cara membakar limbah-limbah padat misalnya kertas-kertas dengan menggunakan minyak tanah lalu dinyalakan apinya. IV. Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut: 1. Dapat digunakan sebagai sumber energi baik untuk pembangkit uap air panas. air lingkungan juga menimbulkan banjir karena banyak orang-orang yang membuang limbah rumah . seperti lampu lalu lintas yang terkoordinasi. skuter. Cara menangani limbah Pertama dengan cara didaur ulang Dijual kepasar loak atau tukang rongsokan yang biasa lewat di depan rumah ± rumah. Selain mencemari. Membutuhkan tempat atau lokasi yang cukup kecil 3. TV tua dan sepeda yang usang. Cara ini bisa menjadikan limbah atau sampah yang semula bukan apa-apa sehingga bisa menjadi barang yang ekonomisdan bisa menghasilkan uang. Dampak terhadap lingkungan Cairan dari limbah ± limbah yang masuk ke sungai akan mencemarkan airnya sehingga mengandung virus-virus penyakit. ban bekas. Mudah dan tidak membutuhkan usaha keras 2. sampai metode penggunaan insentif ekonomi. Berbagai ikan dapat mati sehingga mungkin lama kelamaan akan punah. radio tua. sampai pelarangan parkir di kota yang kesemuanya dikenal dengan istilah ³upaya pengendalian transportasi´(³transportasi control measures/´TCM´). Banyak TCM dipusatkan pada pengurangan kepadatan lalu lintas. Dampak terhadap kesehatan Dampaknya yaitu dapat menebabkan atau menimbulkan panyakit. Dampak Limbah A. dengan menggunakan sistem yang berkisar dari metode fisik. Pada tahun 1977 Buenos Aires melarang kendaraan pribadi memasuki jalan-jalan pusat keramaian kota pada pukul 10 pagi sampai 7 malam pada hari-hari kerja. Bus dan taksi diperbolehkan hanya pada beberapa jalan tertentu. botol bekas. Tidak jarang manusia juga mengkonsumsi atau menggunakan air untuk kegiatan sehari-hari. majalah bekas. Dengan cara pembakaran Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan usaha keras.III. walaupun efektif tidak mengurangi pencemaran udara dengan cukup cepat dan menyeluruh. misalnya ´tarif jalur padat´ yang mengharuskan pengemudi membayar jika melalui jalan raya di saat lalu lintas padat. V. Larangan Masuk. sehingga menusia akan terkena dampak limbah baik secara langsung maupun tidak langsung. Larangan ini mengatasi kepadatan lalu lintas dan pencemaran udara yang disebabkan oleh satu juta orang. Kota-kota ini telah menjalankan berbagai program mulai dari pemberlakuan hari tanpa berkendaraan. listrik dan pencairan logam. Penyakit kulit misalnya kudis dan kurap B.

tanggake sungai. sehingga dapat meresahkan para penduduk. VI. Kesimpulan Pada dasarnya polusi dan limbah adalah sejenis kotoran yang berasal dari hasil pembuangan dan itu mengakibatkan dampak bagi lingkungan di sekitar tetapi sekarang banyak ditemukan cara atau solusi untuk menangani dampak-dampak yang dihasilkan oleh pousi dan limbah. meskipun demikian pada kenyataannya cara atau solusi tersebut tidak ada hasilnya karena masih banyak asap-asap polusi dan masih banyak pula kita jumpai limbah atau sampah disungaidan didarat yang dapat pula menimbulkan banjir. sehingga pintu air mampet dan pada waktu musim hujan air tidak dapat mengalir dan air naik menggenangi rumah-rumah penduduk. .

3. Gerbil dan Hamster BIOMA STEPA (Padang Rumput) Bioma Stepa (Padang Rumput) terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Sepanjang daerah itu terdapat kompleks gurun Sahara. antara 250 ± 500 mm/tahun 2. kalaupun ada hanya sedikit saja pepohonan yang ada. Tumbuhan yang hidup di daerah gurun umumnya tumbuhan yang mempunyai daun yang kecil seperti duri dan berakar panjang. y y Daun yang kecil berfungsi untuk mengurangi penguapan Akar panjang berfungsi untuk mengambil air dari tempat yang dalam dan kemudian disimpan dalam jaringan spons. sedangkan pada bioma Stepa merupakan padang rumput yang tidak di selingi oleh kumpulan-kumpulan pepohonan. Curah hujan sangat rendah.5 m . Perbedaan yang cukup antara Stepa dengan Sabana adalah : y Pada bioma Sabana merupakan padang rumput yang diselingi oleh kumpulan pepohonan besar. Tingkat penguapan (evaporasi) lebih tinggi dari curah hujan. mulai dari Pantai Atlantik di Afrika hingga ke Asia Tengah. <250 mm/tahun dengan intensitas panas matahari sangat tinggi. Tanah pada umumnya tidak mampu menyimpan air yang disebabkan oleh rendahnya tingkat porositas tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik sehingga menyebabkan rumput-rumput tumbuh dengan subur. gurun Arab dan gurun Gobi dengan luas mencapai 10 juta km persegi.Bioma Gurun merupakan bioma yang di dominasi oleh batu/pasir dengan tumbuhan sangat jarang. Air tanah cenderung asin karena larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah baik karena pencucian oleh air maupun drainase 4. Bioma ini paling luas terpust di sekitar 20 derajat LU. 2. Bioma Stepa : Padang rumput tanpa diselingi kumpulan pepohonan Ciri -ciri bioma Stepa antara lain : 1. Jenis tumbuhan yang hidup di daerah Gurun contohnya :Kaktus dan Kurma Hewan yang terdapat di daerah gurun antara lain :Unta. 3. Bioma gurun memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1. Curah hujan tidak teratur. Bioma Stepa berbeda dengan Bioma Sabana. Beberapa jenis rumput mempunyai ketinggian hingga 3.

Harimau . Di hutan ini terdapat beraneka jenis tumbuhan yang dapat hidup karena mendapat sinar matahari dan curah hujan yang cukup. maka hewan yang banyak hidup di daerah hutan basah ini adalah hewan-hewan pemanjat sejenis primata. Ciri-ciri bioma hutan basah antara lain : 1. tetapi sinar matahari tersebut tidak mampu menembus dasar hutan.Wilayah persebaran bioma Stepa meliputi Afrika.Singa ± Ular BIOMA HUTAN BASAH (Hutan Hujan Tropis) Hutan basah terdapat di daerah tropika meliputi semenanjung Amerika Tengah. Afrika.Pohom Ramin. Argentina dan Australia. Amerika Serikat bagian barat.Pohon jelutung.Simpanse. Cabang pohon berdaun lebat dan lebar serta selalu hijau sepanjang tahun Mendapat sinar matahari yang cukup. Amerika Selatan. yaitu akasia 5 .Siamang. Karena pohon-pohon yang terdapat di hutan tropis rata-rata tinggi dan permukaan tanahnya relatif sering tergenang oleh air. contohnya antara lain : Rusa . 4.000 mm/tahun Pohon-pohon utama memiliki ketinggian antara 20 ± 40 m.POhon manau. lebih dari 2. 2. Beberapa flora yang hidup di daerah bioma Stepa contohnya adalah :Pohon Akasia dan Semak Belukar Karena merupakan daerah padang rumput maka bioma ini bayak dihuni oleh beberapa herbifora dan karnifora. 5.Pohon renggas. . seperti : Gorila. Memiliki pohon yang khas.Gibbon.Orang Utan.Antelop ± Kerbau Kanguru . Madagaskar. Curah hujan sangat tinggi. Australia Bagian Utara.Monyet. Amerika Selatan.4. Indonesia dan Malaysia. Mempunyai iklim mikro di lingkungan sekitar permukaan tanah/di bawah kanopi (daun pada pohon-pohon besar yang membentuk tudung) Jenis tumbuhan yang hidup di daeran hutan basah antara lain : Tumbuhan pencekik pohon. 3.

4. Memiliki musim panas yang hangat dan musim dingin yang tidak terlalu dingin. basswood. tumbuhan semak mulai tumbuh di permukaan tanah. 3. beberapa jenis hewan mengalami/dalam keadaan hibernasi (tidur panjang pada waktu musim dingin). kemudian gugur karena tumbuhan sulit mendapatkan air. 3. bajing. Saat musim semi menjelang musim panas. Bioma hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang yang terdapatdi wilayah Amerika Serikat bagian timur. Saat musim panas pohon-pohon yang tinggi tumbuh dengan daun lebat dan membentuk tudung. Jarak antara pohon satu dengan pohon yang lainnya tidak terlalu rapat/renggang 5. pancaran energi matahari berkurang. tumbuhan menjadi gundul. Oleh karena itu daun-daun menjadi merah dan coklat. rontok pada musim panas dan memiliki tajuk yang rapat. Pohon-pohon memiliki ciri berdaun lebar. . dan terna berbunga. burung. Fauna yan terdapat di wilayah bioma hutan gugur misalnya Panda (hewan endemik wilayah China). Pohon-pohon utama yang terdapat di bioma hutan gugur rata-rata berukuran besar dan pendek. Daun dan buah-buahan yang gugur kelak kemudian menjadi tumpukan senyawa organik. hijau pada musim dingin.HUTAN GUGUR (Deciduous) Bioma hutan gugur merupakan bioma yang terletak pada kisaran 30 ± 40 derajat lintang LU/LS. rusa. racoon (sejenis musang/luwak). Memiliki 4 musim. Kepulauan Inggris dan Australia. Saat musim dingin menjadi salju. anjing. Saat musim gugur menjelang musim dingin. tetapi cahaya matahari masih dapat menembus tudung tersebut hingga ke tanah karena daunnya tipis 2. serangga. 4. tumbuhan mulai berdaun kembali.000 mm pertahun 2. suhu rendah dan air cukup dingin. Ciri-ciri bioma hutan gugur adalah sebagai berikut : 1. Curah hujan merata antara 750mm ± 1. Sebagai perbandingan dapat dilihat pada pohon basswood Amerika di bawah ini . ujung selatan benua Amerika. Jumlah/jenis tumbuhan yang ada relatif sedikit 6. suhu naik.anjing ± raccoon. yaitu musim panas-gugur-dingin-semi Beberapa jenis tumbuhan utama yang hidup di daerah bioma hutan gugur misalnya pohon oak. hewan-hewan yang hibernasi mulai aktif kembali. Pada setiap pergantian musim terdapat beberapa perubahan di bioma hutan gugur: 1.Panda (hewan endemik china) . salju mencair.

berkisar antara 30 ± 120 hari (1 ± 4 bulan) . dan juniper dan spruce. Pada bioma ini tidak terdapat pepohonan yang dapat tumbuh. Mempunyai musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas dan sangat singkat 2. Jenis tumbuhan yang hidup sangat sedikit.Alder Juniper dan Spruce. Bioma ini terdapat di sekitar lingkar Artik. Contoh jenis-jenis tumbuhan konifer tersebut adalah alder.Beruang Rubah dan Serigala. 2.5° LU/LS.BIOMA TAIGA (Coniferus) Bioma Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara. yang ada hanya tumbuhan kecil sejenis rumput dan lumut. birch. sehingga hutan yang ada di wilayah bioma taiga sering juga disebut dengan hutan konifer. 3. Greenland di wilayah kutub utara. Kondisi tersebut menyebabkan hanya sedikit hewan yang dapat hidup di daerah bioma Taiga. hewan-hewan yang hidup di bioma Taiga. Pohon-pohon utama yang tumbuh di daerah ini adalah jenis konifer. Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. misalnya beruang. Di wilayah kutub selatan terdapat di Antartika dan pulau-pulau kecil disekitar Antartika. BIOMA TUNDRA Bioma tundra merupakan bioma yang terdapat di daerah lingkar kutub utara dan selatan. Ciri-ciri bioma tundra : 1. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-boma lain yang ada di bumi. Bioma tundra berdasarkan pembagian iklim terdapat di daerah beriklim es abadi (EF) dan iklim Tundra (ET). misalnya di wilayah negara Rusia dan Kanada. Hampir semua wilayahnya tertutup oleh salju/es. Peristiwa ini terjadi karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23. air tanah berubah menjadi es dan mencapai 2 meter di bawah permukaan tanah 3. Usia tumbuh tanaman sangat pendek. Ciri-ciri bioma taiga : 1. Selama musim dingin. rubah dan serigala. biasanya hanya terdiri dari dua atau tiga jenis tumbuhan. pohonpohon konifer yang tumbuh di bioma taiga Pohon-pohon di hutan konifer mempunyai daun yang berbentuk seperti jarum dan mempunyai zat lilin dibagian luarnya sehingga tahan terhadap kekeringan.

Pengertian dan Penggolongan Plankton Pengertian Plankton adalah makhluk ( tumbuhan atau hewan ) yang hidupnya. lumut dan alga. ericeceae. Jenis tumbuhan :Searah jarum jam : Alga. contohnya: kerang.Burung Elang dan Beruang Kutub Jenis-jenis burung yang hidup di bioma tundra misalnya : itik. mengaoung. terna dan ericcaceae Karena memiliki iklim es abadi dan iklim tundra. dan semak-semak pendek. Di cekungan yang basah seperti di Greenland terdapat semak salik dan bentula. dan beruang kutub. atau membuat liang didasar laut. paus. rumput kapas dan gundukan gambut (hillock tundra). angsa. kelinci salju. maka wilayah bioma tundra selalu bersuhu dingin sehingga fauna yang terdapat di wilayah ini memiliki bulu dan lapisan lemak yang tebal untuk tetap membuat tubuhnya hangat. bioma tundra juga mempunyai fauna khas yang lain misalnya penguin. Di tempat yang agak kering ditumbuhi lumut.Narwhal . Plankton berbeda dengan nekton yang berupa hewan yang memiliki kemampuan aktif berenang bebas. atau melayang didalam air yang kemampuan renangnya terbatas sehingga mudah terbawa arus.Jenis-jenis vegetasi yang dapat hidup di bioma tundra misalnya lumut kerak. dll. dan beberapa tumbuhan yang berdaun agak lebar. Di lereng-lereng batu terdapat kerak. menancap. . rumput teki. bintang laut.Penguin . hewan-hewan pengerat. Mamalia darat berkaki empat yang berbulu tebal dan besar misalnya Muskox.Paus Beluga. Contoh fauna di bioma tundra misalnya rus. y y y y Pada daerah yang berawa jenis vegetasi yang ada misalnya rumput teki. kerak. dll. rumput kapas. hantu elang. Bentos adalah biota yang hidupnya melekat pada. teripang. Burung Hantu . cumi ± cumi. Fauna khas yang hidup di air misalnya paus Beluga (paus putih) dan paus Narwhal (paus bertanduk). tumbuhan terna. karang. mengambang. teki-tekian. burung elang dan burung hantu. rumput teki. merayap. contohnya : ikan. rubah.Muskox mamalia darat berbulu lebat di bioma Tundra Selain beberapa jenis di atas. tidak bergantung pada arus air.

Ultrananoplankton: plankton yang berukuran lebih kecil dari 2 µm. tetapi lebih besar dari 2. penggolongan plankton berdasarkan ukurannya lebih berkembang. Nanoplankton: plankton yang lolos dari jaring. b. sedangkan umbai-umbai tentakelnya bisa sampai beberapa meter pajangnya. Plankton jaring (netplankton): plankton yang dapat tertangkap dengan jaring dengan mata jaring (mesh size) berukuran 20 . c. sergestid. c.2. Penggolongan di bawah ini diusulkan oleh Sieburth dkk. Plankton raksasa yang berukuran terbesar di dunia adalah ubur-ubur Cyanea arctica yang payungnya bisa berdiameter lebih dua meter dan dengan panjang tentake130 m lebih . Megaplankton (20-200 cm) Ada juga yang menyebutnya megaloplankton. Berdasarkan Ukuran Ukuran plankton sangat beraneka ragam. Dulu orang menggolongkan plankton dalam tiga kategori berdasarkan ukurannya.um.um.um. yakni: a. Banyak uburubur termasuk dalam golongan ini. (1978) yang kini banyak diacu orang. dari yang sangat kecil kingga yang besar. Atau berukuran 2-20 . atau dengan kata lain plankton berukuran lebih besar dari 20 .um. pteropod. a. dengan kemajuan teknik penyaringan yang dapat lebih baik memilah-milah partikel yang sangat halus. Kini. Mesoplankton (0. Larva ikan banyak pula termasuk dalam golongan ini. Ubur-ubur Schyphomedusa. Makroplankton (2-20 cm) Contohnya adalah eufausid. misalnya bisa mempunyai ukuran diameter payungnya sampai lebih dari satu meter.2-20 mm) . b.

Berdasarkan Daur Hidupnya Berdasarkan daur hidupnya plankton dibagi menjadi : a. Beranjak dewasa ia akan berubah menjadi nekton. dan ikan. Contohnya : kokepod. crustacea. ostrakod. mulai dari telur. kaetognat. Pengetahuan mengenai meroplankton ini menjadi sangat penting dalam kaitannya dengan upaya buidaya udang. Meroplankton Plankton dari golongan ini menjadi kehidupannya sebagai plankton hanya pada tahap awal dari daur hidup biota tersebut. atau sebagai bentos yang hidup menetap atau melekat didasar laut. . hingga dewasa. seperti kopepod. Kebanyakan zooplankton termasuk dalam golongan ini. amfipod. meroplankton sering pula disebut sebagai plankton sementara. Ada juga beberapa fitoplankton yang berukuran besar masuk dalam golongan ini seperti Noctiluca. Fitoplankton termasuk juga umumnya adalah holoplankton. Larva crustacea seperti udang dan kepiting mempunyai perkembangan larva yang bertingkat ± tingkat dengan bentuk yang sedikitpun tidak menunjukkan persamaan dengan bentuk yang dewasa. Holoplankton Dalam kelompok ini termasuk plankton yang seluruh daur hidupnya dijalani sebagai plankton. kaetognat.Sebagian besar zooplankton berada dalam kelompok ini. Pada umumnya ikan menjalai hidupnya sebagai plankton ketika masih dalam tahap telur dan larva kemudian menjadi nekton sstelah dapat berenang bebas. yakni hewan yang dapat aktif berenang bebas. Kerang dan karang adalah contoh hewan yang pada awalnya hidup sebagai plankton pada tahap telur hingga larva. Meroplankton ini sangat banyak ragamnya dan umumnya mempunyai bentuk yang sangat berbeda dari bentuk dewasanya. yakni pada tahap sebagai telur dan larva saja. salpa. larva. mollusca. amfipod. 3. b. yang selanjutnya akan menjalani hidupnya sebagai bentos yang hidup melekat atau manancap didasar laut. Oleh sebab itu.

Namun karena gerak air menyebabkan ia terlepas dari dasar dan terbawa arus mengembara sementara sebagai plankton. bisa merupakan campuran plankton laut dan plankton asal perairan tawar. misalnya Labidocera muranoi. Boleh dikatakan tak ada permukaan laut yang tidak dihuni oleh plankton. maka banyak jenis plankton tergolong dalam kelompok ini. komposisi plankton neritik ini sangat kompleks. karena ada juga plankton yang hidup mulai dari perairan neritik hingga oseanik hingga dapat disebut neritik-oseanik. Plankton Neritik Plankton neritik (neritic plankton) hidup di perairan pantai dengan salinitas (kadar garam) yang relatif rendah. b. Beberapa di antaranya malah telah dapat beradaptasi dengan lingkungan estuaria (muara) yang payau. dulu digunakan istilah °/oo atau permil. Karena luasnya wilayah perairan oseanik ini. Dari perairan tropis hingga ke perairan kutub. Kadang-kadang masuk sampai ke perairan payau di depan muara dengan salinitas sekitar 510 psu (practical salinity unit.c. plankton dibagi menjadi: a. Karena itu plankton oseanik ditemukan pada perairan yang salinitasnya tinggi. Tikoplankton Tikoplankton sebenarnya bukanlah plankton yang sejati karena biota ini dalam keadaan normalnya hidup didasar laut sebagai bentos. 4. Penggolangan seperti di atas tidaklah terlalu kaku. Akibat pengaruh lingkungan yang terus-menerus berubah disebabkan arus dan pasang surut. g/kg). 5. Berdasarkan sebaran horizontalnya. Plankton Oseanik Plankton oseanik (oceanic plankton) hidup di perairan lepas pantai hingga ke tengah samudra. Berdasarkan Sebaran Vertikal . Berdasarkan Sebaran Horizontal Plankton terdapat dilingkungan air tawar hingga tengah samudra.

Dari kelompok eufausid juga banyak yang terdapat di lapisan ini. Plankton semcam ini disebut neuston. Contoh yang menarik adalah fitoplankton Trichodesmium (Gambar 10.). Lapisan ini dan lebih dalam didominasi oleh zooplankton. pada kedalaman sekitar 100-400 m (jangan dikelirukan dengan ukuran plankton yang istilahnya sama). Oleh sebab itu. yang merupakan sianobakteri berantai panj ang yang hidup di permukaan dan mempunyai keistimewaan dapat mengikat nitrogen langsung dari udara. di lapisan ini fitoplankton. Pada lapisan ini intensitas cahaya sudah sangat redup sampai gelap. Mesoplankton Mesoplankton yakni plankton yang hidup di lapisan tengah. Nematoscelis. Beberapa kopepod seperti Eucheuta marina tersebar secara vertikal sampai ke lapisan ini atau lebih dalam. b. yang memerlukan sinar matahari untuk fotosintesis. Hipoplankton . misalnya Thysanopoda. Tetapi eufausid ini juga dapat melakukan migrasi vertikal sampai ke lapisan di atasnya. Thysanoessa. Ternyata lapisan tipis ini mempunyai arti yang penting karena bisa mempunyai komposisi j enis yang kompleks. Neuston yang hidup pada kedalaman sekitar 0-10 cm disebut hiponeuston. c. Euphausia. Dilihat dari sebaran vertikalnya plankton dapat dibagi menjadi: a. Namun dari kelompok epilankton ini ada juga yang hanya hidup di lapisan yang sangat tipis di permukaan yang langsung berbatasan dengan udara. Lapisan laut teratas ini kira-kira sedalam sinar matahari dapat menembus. Yang begini disebut pleuston. Epiplankton Epiplankton adalah plankton yang hidup di lapisan permukaan sampai kedalaman sekitar 100 m. Dari kelompok neuston ini ada juga yang mengambang di permukaan dengan sebagian tubuhnya dalam air dan sebagian lain lagi tersembul ke udara. umumnya sudah tidak dijumpai.Plankton hidup di laut mulai dari lapisan tipis di permukaan sampai pada kedalaman yang sangat dalam.

. dan Eukrohnia bathypelagica (Gambar 13) termasuk yang hidup pada kedalaman lebih dari 1000 m. sampai 3000 ± 4000 m. Sebagai contoh. dan abisoplankton (abyssoplankton) yang hidup di lapisan yang paling dalam. dari kelompok eufausid. Termasuk dalam kelompok ini adalah batiplankton (bathyplankton) yang hidup pada kedalaman > 600 m.Hipoplankton adalah plankton yang hidupnya pada kedalaman lebih dari 400 m. Kelompok kaetognat Eukrohnia hamata. Bentheuphausia ambylops (Gambar 13) dan Thysanopoda adalah jenis tipikal laut-dalam yang menghuni perairan pada kedalaman lebih dari 1500 m.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful