LAPORAN PRAKTIKUM ILMU HAMA TANAMAN

WINARNO SIMBOLON 150110070117

JURUSAN BUDIDAYA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

hama pengerek batang padi (Scirpophaga innotata) walang sangit. Gejala Beluk . adi terserang hama Gambar . ama walang angit ¤ ¢   Gambar 2.B B MB Komoditas Padi : Gambar .panggal malai padi coklat (¡) dan bekas gigitan hama (2) Gambar 3. Hama penggorok pisang (( Cosmopolites sordidus Germ Gambar 8. Hama penggulung daun pisang ( Erionata thrax L ) Gambar 7. bulir menjadi hampa (Leptocorisa acuta Thunberg) Komoditas Pisang : Gambar 6. Hama membentuk terowongan penggorok pisang ¥ £ Gambar 4.

jika ada telurnya diambil.panjang adannya 11-15 mm.Berpindah-pindah dari pucuk-pucuk padi hingga menjadi kering karena batangnya putus Kisaran inang : Hanya pada batang padi saja   ¨  © § §¦ ¨  Pengendalian .Ada ama penggerek atang dalam tanaman . puradan) .sawah digenangi air selama beberapa hari dan ditabur insektisida Mis.dikumpulkan dan dibakar .P i .panjang tubuh sekitar 0. b) Hama : Walang sangit  Gejala .Bulir padi yang kosong terserang cendawan sehingga warnanya berubah jadi coklat .Beberapa bulir padi terlihat kosong .Terdapat otoran ama dalam atang padi .Pesemain diperhatikan setiap hari.Jangan menyemai padi bersamaan dengan masa terbang ngengat.jika di entangkan panjang sayapnya sekitar 5.1 Ko o it H :P i :P B t ic t  Gej l : . Ulat aru menetas erwarna abu-abu berubah menjadi krem muda.5 mm  Bioekologi .kepalanya berwarna lebih tua kuning kecoklatan.B lir padi jadi ko ong  Klasifikasi Kingdom : Animalia Fil m : Art ropoda Kelas : Insecta Ordo : Lepidoptera Famili : Pyralidae : Sc oeno rinae S famili Genus : Scirpophaga Spesies : Sci i t t  Morfologi Ngengat erwarna putih.Ulat yang baru menetas kemudian menyebar kebatang padi atau turun ke air dengan bantuan benang yang keluar dari badannya .0 mm.Ngengat bertelur dibagian bawah daun yang letaknya dibagian atas batang .Sesudah panen.

panicum spp. selanjutnya dapat diberantas : Padi. Pada awal fase generstif dianjurkan untuk menanggulangi walang sangit dengan perangkap dari tumbuhan rawa Limnophila sp.walang sangit dewasa bisa terbang ..Walang sangit muda berwarna hijau . Apabila walang sangit sudah terpusat pada tanaman perangkap.Pengendalian walang sangit Serangan walang sangit dapat dikendalikan dengan berbagai cara misalnya melakukan penanaman serempak pada suatu daerah yang luas sehingga koloni walang sangit tidak terkonsentrasi di satu tempat sekaligus menghindari kerusakan yang berat. Kisaran inangnya  Pengendalian Secara biologis : .sorghum.Perkembangan dari telur sampai dewasa sekitar 5 hari. Apabila terdapat dua ekor walang sangit per meter persegi 16 rumpun) saat padi berbunga serempak sampai masaka susu.tebu dan gandum    - secara mekanik atau kimiawi Natawigena. dan Limnophila spp. Walang sangit yang tertangkap lalu dibakar. beberapa jenis rumput seperti Ceratophyllum dermesum L. Submersum L. 1990) : Dengan menggunakan insektisida yang dianjurkan dan aplikasinya didasarkan pada hasil pengamatan.. kepiting.Apabila dewasa berwarna coklat dan bentuknya langsing . Ceratophyllum sp. Lycopodium carinatum D.italica.Kaki dan sungutnya panjang. Lycopodium sp. saat itulah dilakukan . Walang sangit dapat tertarik pada bau-bau tertentu seperti bangkai dan kotoran binatang. Klasifikasi Kingdom : Animalia Filum : Arthropoda Kelas : Insecta Ordo : Hemiptera Famili : Alydidae Genus : Leptocorixa Spesies : Lept corix cut Thunb  Morfologi .Telur bulat dan pipih berwarna coklat  Bioekologi Bertelur pada sore hari dan telurnya diletakkan diatas daun dekat malai yang akan muncul. dan bangkai hewan : kodok.Nimfa tidak dapat memakan padi yang telah masak.setaria. udang dan sebagainya.... C.

penyemprotan.yang dewasa putih kekuningan Ulat muda belum berlilin dan yang dewasa telah dilapisi lilin Panjang sekitar 6 cm dan mempunyai belalai Ulat muda memotong tepi daun miring dan daun digulung membentuk tabung kecil Ulat berada dalam gulungan dan memakan daun Apabila daun habis maka akan pindah dan membuat gulungan baru lagi Ulat yang telah besar saat menggulung mengeluarkan lilin. Harahap dan Tjahyono. Hama : Penggulung daun  Gejala . 1997).Terdapat larva atau pupa pada gulungan daun yang terserang .Daun yang menggulung membusuk  Klasifikasi Kingdom : Animalia Filum : Arthropoda Kelas : Insecta Ordo : Lepidoptera Famili : Hesperiidae Genus : Erionota Spesies : Erionot t rax L  Morfologi  Bioekologi   Ulat muda warnanya kehijauan. Insektisida yang efektif terhadap walang sangit adalah BPMC dan MICP.Daun Pisang menggulung .Daun yang menggulung diambil ulatnya dan dibuang . pisang serat Kisaran inangnya  Pengendalian .setelah dewasa membentuk pupa : Pisang buah. .pisang hias. Komoditas Pisang a. Walang sangit dewasa dapat dikendalikan dengan insektisida monokrotofos.

Hama aktif pada malam hari .Gunakan perangkap untuk menangkap hama .bonggol bibit dibersihkan dari hama dan penyakit lalu direndam dengan diazinon atau insektisida .Tanaman bibit yang sehat.Tanaman yang terserang ditebang dan dipotong kecil-kecil dan dipendam yang dalam .Kumbang dewasa memakan tanaman yang telah mati . Hama : Penggerek bonggol pisang  Gejala .Hidup dibagian bonggol atau pangkal batang semu yang kelembapannya tinggi Kisaran inangnya : Pisang serat dan pisang buah Warna kumbang coklat kemerahan dan berubah jadi hitam dan tertutup lilin Panjangnya 10-15 mm Warna larava putih krem dan tidak berkaki  Pengendalian .Basmi hama dengan insektisida butiran Basamid granular ) .Batang pisang penuh lorong  Klasifikasi Kingdom : Animalia Filum : Arthropoda Kelas : Insecta Ordo : Coleoptera Famili : Curculionidae Genus : Cosmopolites Spesies : Cosmopolites sordidus Germ  Morfologi -  Bioekologi .Bagian yang terserang warnanya coklat tua .Tanaman muda akan layu dan mati .Pada tanaman dewasa akan mengalami pertumbuhan yang terhambat .Terdapat lubang-lubang tempat hama .b.

wereng hijau.kualitas padi yang kurang baik.dan ganjur.Sekitar 60% bahkan 80% masyarakat indonesia hidup dengan makanan pokok beras. Alat dan Bahan Dalam praktikum ini identifikasi hama langsung menggunakan tangan.inang.Namun semakin tahun produksi padi indonesia semakin menurun hal ini disebabkan beberapa faktor antara lain adalah konversi lahan menjadi perumahan. Padi sebagai salah satu tanaman yang dibudidayakan juga tidak luput dari serangan hama.Selain penyakit.walang sangit dan penggerek batang. Tujuan 1.faktor terbesar yang menyebabkan kegagalan tanaman pisang tumbuh dan berbuah adalah hama.dan bioekologi hama serta mengetahui cara pengendalian yang tepat.penggerek batang.uret kumbang Cosmopolites sordidus ).hama putih. .Beberapa ham yang dikenal yang a dapat menyerang tanaman pisang adalah ulat daun Erienota t rax.Ini berarti keterkaitan terhadap padi sangat besar.faktor iklim.ulat bunga dan buah Nacoleila octasema ) B. Latar belakang Padi merupakan bahan makanan pokok bagi rakyat indonesia. Mengenal hama-hama yang menyerang tanaman padi dan pisang.BAB I PENDAHULUAN A. Praktikum ini bertujuan untuk mengetahui morfologi.lembing hijau.daun pisang yang terserang hama penggulung daun dan bonggol pisang yang terserang hama.walag sangit.dan bahan yang digunakan adalah padi yang terserang hama penggerek batang dan walang sangit.  C.penyakit dan satu hal yang sangat penting adalah akibat serangan Hama. .nematoda Rotulenchus similis ). Hama yang menyerang tanaman padi sangat banyak antara lain wereng coklat.dari antara hama ini yang paling besar serangannya dan yang paling besar menyebabkan kegagalan panen adalah hama wereng.).

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN Simpulan Dari hasil praktikum ini didapat bahwa untuk mengetahui jenis hama yang menyerang suatu tanaman.kita harus mengenal hama tersebut dari stadia larva hingga serangga dewasa. Saran Ketelitian dalam mengidentifikasi suatu hama sangat diperlukan untuk memperoleh data yang baik. .dan saat-saat penyebarannya sehingga pengendalian yang dilakukan tepat guna dan tepat waktu.sehingga kita mengetahui serangan hama yang terjadi pada tanaman tersebut.

warintek.pdf http://pustaka.DAFTAR PUSTAKA Ir.pdf .usu.id/wp-content/uploads/2009/10/bahan_ajar_hama_tumbuhan. Pracaya.ac.go.ac.200 µ Hama dan Penyakit Tanaman www.pdf http://repository.unpad.id/bitstream/123456789/1118/1/07004376.id/pertanian/pisang.ristek.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful