Kebijakan Distribusi di Pasar International-Global

Musthofa Hadi

International Marketing

Proses Inisiasi 2. International Marketing . Proses Review. Proses Implementasi 3.Proses Manajemen Kebijakan Distribusi 1.

pesaing dan perusahaan juga mempengaruhi desain saluran distribusi. 1. Jumlah. 4.. Pilihan perantara untuk pemanufaktur dan pilihan pemasok untuk perantara sering sangat terbatas karena karakteristik dan ukuran (besarnya) bisnis. Produk-produk tidak tahan lama membutuhkan pemasaran langsung atau setidaknya perantara yang bisa menjamin perputaran barang dagangan secara cepat dan pengiriman yang terproteksi. Karakteristik lingkungan yang dihadapi perantara. .Beberapa kriteria dasar. dan konsentrasi geografis pelanggan berdampak langsung pada perancangan saluran pemasaran. International Marketing 2.Kebijakan Distribusi Pasar Internasional. Dalam kasus pemasaran produk industrial. serta distribusi geografis pelanggan. pelanggan biasanya sedikit namun volume pembeliannya besar dan terkonsentrasi secara geografis. 3. besaran.

Utilitas informasi (information utility) 5. Utilitas kepemilikan (ownership utility) International Marketing . Utilitas bentuk (form utility) 4. Utilitas waktu(time utility) 3.Tujuan Adanya Saluran Distribusi 1. Utilitas tempat (place utility) 2.

sosial-budaya. karakteristik pelanggan (jumlah pelanggan. ekonomi. jumlah. dan hukum). karakteristik lingkungan (politik. International Marketing . dan harga per unit). tujuan dan kebutuhan perantara.Faktor-faktor dalam Pembentukan Saluran Distribusi Global 1. pendapatan. 3. karakteristik perantara (tipe. dan loyalitas pada pemasok). 2. dan reaksi terhadap berbagai metode penjualan). 4. distribusi geografis. tuntutan layanan. komitmen. kebiasaan berbelanja. teknologi. karakteristik produk (tingkat standarisasi.

?? Kriteria 5C: 1.Faktor Penentu Efektifitasnya. 4. Coverage Character Continuity Control Cost International Marketing . 2.. 3. 5.Kebijakan Distribusi Internasional.

Konflik dalam Saluran Distribusi Global 1. tujuan atau sasaran yang tidak selaras sering dijumpai antara pemanufaktur besar dan pengecer kecil. International Marketing . 3. persepsi berbeda terhadap realitas muncul jika ada persepsi yang tidak kongruen terhadap realitas karena masalah komunikasi teknis. 2. konflik domain bisa dijumpai pada situasi pemanufaktur bersaing dengan beberapa pedagang grosirnya.

Ancaman dalam Saluran Distribusi Global.?? Karakteristik permintaan produk dan jasa Teknologi yang digunakan dan risiko keusangan Tingkat kompetisi saluran distribusi dalam memperebutkan tempat Kebutuhan akan pengendalian International Marketing .dari mana sumbernya..

?? 1. Perubahan teknologi yang memungkinkan perusahaan menggunakan tipe perantara yang sebelumnya tidak tersedia 2. Eksperimentasi dengan tipe perantara yang sebelumnya belum pernah dicoba oleh eksportir International Marketing .Inovasi dalam Saluran Distribusi Global.dari mana sumbernya. Peraturan yang memungkinkan penciptaan tipe perantara tertentu 3..

Terima Kasih International Marketing .