Tutorial VII ONE DAY NO RICE IN A WEEK

1. Istilah Sulit :
a. Status nutrisi  keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan

& penggunaan zat2 gizi.
b. Diversifikasi pangan  suatu proses perkembangan dalam

pemanfaatan & penyediaan pangan ke arah yang semakin beragam.
c. Observasi intake  pengamatan secara langsung maupun tidak

langsung mengenai pemasukkan energy yang berasal dari makanan.
d. Ketahanan Pangan  kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap

rumah tangga baik mutu maupun jumlahnya.
e. Somnolent  keaddan mengantuk yang masih dapat pulih penuh

bila dirangsang, tetapi akan tidur kembali bila rangsangan berhenti.
f. Serotonin  suatu neurotransmitter monoamino yang disintesiskan

pada neuron2 serotonergis dalam system saraf pusat & sel2 enterokromafin dalam saluran pencernaan.
g. Fatigue  rasa lelah yang menyeluruh yang diakibatkan oleh faktor

fisik, emosi, atau mental.
h. Anemia defisiensi Fe  kondisi dimana seseorang tidak memiliki

zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya atau pengurangan sel darah karena kurangnya zat besi.
i.

Allo anamnesis  hetero anamnesis.

2. Pola dan Porsi Makan Dengan Gizi Seimbang (Dimas & Aristo) Tujuan dari kita makan sehari hari adalah agar tubuh sehat. Indikasi untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengatur pola dan porsi makan kita agar gizi (nutrisi) yang kita makan sesuai dengan kebutuhan, tidak berlebihan maupun tidak kekurangan. Pola makan yang baik adalah tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, garam, namun juga tinggi serat dan vitamin, contohnya junk food (beef burger, fried chicken dll), sehingga diharapkan dapat semaksimal mungkin terhindar dari berbagai macam penyakit contohnya hipertensi, diabetes, gagal ginjal, dll. Atau secara singkat pola makan yang baik adalah pola makan makanan yang bergizi.

Makanan yang bergizi adalah makanan yang didalamnya terkandung zat zat gizi, zat zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, lemak, vitamin, protein dsb dalam jumlah yang sesuai. • Inti pola makan yang baik Pola makan yang baik intinya mengkonsumsi: 1. Makanan pokok sebagai sumber karbohidrat atau kalori 2. Lauk pauk sebagai sumber protein hewani dan nabati 3. Sayur mayur sebagai sumber vitamin dan mineral 4. Buah buahan sebagai sumber vitamin dan mineral 5. Susu sebagai sumber lemak, kalsium, dan mineral Pedoman praktis untuk mengatur makanan sehari-hari yang seimbang tertuang dalam 13 pesan direktorat gizi masyarakat RI, tentang pedoman gizi seimbang sebagai berikut: 1. Makanlah aneka ragam makanan Karena tidak ada satupun makanan yang mengandung semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kekurangan gizi oleh suatu makanan dapat dipenuhi oleh makanan yang lain. 2. Makanlah makanan untuk mencukupi kebutuhan energi Makanan sebagai sumber energi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Sumber energi berlebih yang tidak sesuai dengan kebutuhan juga tidak baik. Untuk mengukur kelebihan atau kekurangan energi dapat digunakan Indeks Masa Tubuh (IMT) dengan rumus

Tinggi badan2 (m2) Kategori: Kurus------------------------------------------------------------------------ < 17 Kekurangan berat badan tingkat ringan----------------------------- 17-18.4 Normal----------------------------------------------------------------------18.525 Kelebihan >25 berat badan---------------------------------------------------

Umunya adalah 3X seminggu. 8. Batasi konsumsi lemak dan minyak 25% dari total kebutuhan energi Lemak dan minyak berguna sebagai sumber energi dan lemak esensial membantu penyerapan vitamin ADEK. 5. Usahakan makan pagi mencukupi 20-30% total kebutuhan energi sehari. Biasakan makan pagi Makan pagi sangat berguna untuk ketahanan fisik dan meningkatkan produktivitas. karbohidrat 4. Namun penimbunan lemak terutama lemak jenuh dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah dl.3. dan ASI tetap diberikan sampai umur 2 tahun. Hindari minuman beralkohol . Minumlah air bersih yang aman dan cukup jumlahnya Air berguna bagi tubuh untuk transportasi zat dalam tubuh. Namun sampai umur 4 bulan ASI tidak akan dapat memenuhi kebutuhan bayi sepenuhnya sehingga harus didukung dengan makanan pengganti lainnya. 7. 6. 10. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi Diupayakan agar energi yang berasal dari menyumbang 50-60% dari total kebutuhan energi. mengatur kadar vitamin dan mineral serta menjaga suhu tubuh. 11. Lakukan aktivitas fisik secara teratur Tujuannya adalah meningkatkan kebugaran dll. Konsumsi air yang ideal adalah 6-8 gelas per hari. Berikan ASI pada bayi sampai umur 4 bulan dan selanjutnya berikan makanan pengganti ASI saja ASI adalah sumber gizi yang sangat penting bagi bayi. Gunakan garam beryodium Yodium adalah zat yang sangat dibutuhkan tubuh terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan otak melalui fungsi hormon tiroid. 9. Bagi anak sekolah makan pagi sangat berguna untuk daya konsentrasi anak. Makanlah makanan sumber zat besi Zat besi adalah unsur penting dalam pembentukan eritrosit. serta menambah lezat makanan.

. normal atau berlebihan (gemuk). berikut tabelnya Aktivitas Kurus Normal Gemuk Langkah terakhir adalah Ringan Sedang 25 30 30 35 35 40 adalah menghitung kebutuhan kalori Berat 35 40 45 per hari caranya Berat badan idaman X kebutuhan kalori per kg Pedoman dalam memilih porsi makan yang ideal tergambar dalam piramida makanan. Bacalah label pada makanan yang dikemas Bacalah tentang kandungan gizinya dan tanggal kadaluarsanya. kerusakan jaringan tubuh serta kecanduan. pewarna yang dapat berbahaya bagi tubuh. Ketiga adalah jenis pekerjaan termasuk ringan seperti pegawai kantor.Alkohol dapat mengakibatkan penyerapan zat zat dalam tubuh terhambat. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan Maksud aman di sini adalah bebas dari kuman dan zat-zat berbahaya lainnya seperti kotoran. apakah termasuk kekurangan (kurus). pemanis. 12. Keempat adalah mengetahui kebutuhan kalori per kg. Kedua adalah mengetahui IMT. • Inti porsi makan yang baik Untuk menyusun porsi makan yang baik tergantung dari tingkat kebutuhan energi nya. atau berat seperti buruh. 13. pengawet. sedang seperti mahasiswa. Tingkat kebutuhan energi sendiri berbeda beda tergantung dari: 1) Umur 2) Jenis kelamin 3) Aktivitas sehari hari 4) Berat dan tinggi badan Cara untuk mengetahui tingkat kebutuhan energi adalah pertama mengetahui berat badan idaman. Caranya adalah tinggi badan-100(10% X tinggi badan).

pucat dan kurang bergairah sakit kepala dan mudah marah tidak mampu berkonsentrasi dan rentan terhadap infeksi pada anemia yang kronis menunjukkan bentuk kuku seperti sendok dan rapuh.) Definisi : Anemia yang disebabkan kekurangan Fe dalam darah sehingga hemoglobin dan sel darah merah tidak dapat dibentuk juga asupan oksigen ke seluruh tubuh berkurang Faktor penyebab : • • • • • Kurangnya zat besi dalam makanan yang dikonsumsi Malabsorbsi zat besi ( penyerapan zat besi yang tidak optimal) Kehilangan darah dalam jumlah besar Kehamilan. Konstipasi Mengantuk Depresi Rambut rontok • • • • Upaya pencegahan : • mengkonsumsi makanan kaya zat besi seperti kangkung. Cacing tambang yang hidup di usus menyerap darah dan merusak mukosa Gejala : • • • • kelelahan. bayam. lidah lunak dan sulit menelan. lemah.gayahidupsehat. pecah-pecah pada sudut mulut. Anemia Defisiensi Fe (Cinta R.Daftar pustaka: www.org seminar kharisma bertemakan “mengawal kesehatan keluarga dengan pengaturan pola pangan yang sehat” 3. dll .

lebih dari 90 % serotonin dalam tubuh ditemukan dalam sel enterochromaffin dalam saluran gastrointestinal (GI). Referensi : office of dietary supplement(national institute of health) www. diblender dengan menambahkan 100 cc air. Selanjutnya ditambahkan satu kuning telur ayam kampung. Ramuan tersebut dapat dimakan.anemia. jaringan hewan.org 4. serotonin berfungsi sebagai prekursor dari melatonin atau melanocyt stimulating hormone. • 30 gram daun kacang panjang + 30 gram daun bayam duri + 25 gram lempuyang wangi. direbus hingga menjadi bubur cair. serotonin ditemukan dalam platelet yang kadarnya cukup tinggi (konsentrat amin). dicuci dan diblender dengan 100 cc air. dll. airnya diminum. Pada mamalia. Karena asam askorbat mampu meningkatkan penyerapan zat besi. 2. . Karena ditransformasi ke dalam platelet dan ujung saraf maka. Serotonin disintesis dari triptopan melalui hidroksilasi cincin indol dan diikuti oleh dekarboksilasi. Pada kelenjar pineal. Dalam darah. dll mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C (asam askorbat) seperti jeruk. • 100 gram kacang hijau + 10 butir angco direbus/ditim + 30 gram kismis. kerang. dan diantaranya berperan juga dalam migren. tambahkan 1 sendok makan madu lalu diminum. terdapat pada tanaman. serotonin (5-HT) terkonsentrasi dalam vesikel oleh vesicle associated transporter (VAT) yang dapat diblok oleh reserpin. Where we can find Serotonin? 1. disaring.• • mengkonsumsi hati. Pengobatan : • pemberian tablet tambah darah (TTD) • 60 gram daun bayam merah direbus dengan air secukupnya. Pengaruh Serotonin dan Fungsi Kerja Otak (Jesseline & Patricia) What is Serotonin? Serotonin adalah neurotransmitter yang penting dan merupakan hormon lokal pada lambung (gut) dan suatu komponen yang diperlukan saat pembekuan. kemudian dimakan. ini berarti ada mekanisme transport aktif sebagaimana yang terjadi dalam membran ujung saraf serotonergik. tiram. mangga. termasuk manusia. tomat. Serotonin terdapat secara luas di alam. bisa ular dan racun hewan yang menyengat. • 30-50 buah buni yang matang + 20 buah murbei + 20 gram kunyit.

3. Tujuan obat anti depresan tsb adalah meningkatkan kadar serotonin dalam orak yang pada akhirnya akan memperbaiki mood seseorang. manusia selalu ingin bahagia. Serotonin dalam otak terlibat dalam berbagai hal. Serotonin merupakan modulator kapasitas kerja otak.3. Celah sinaps adalah jembatan antara syaraf debgan syaraf atau syaraf dengan otot dimana sinyal akan dilepaskan oleh membran dan tersambung ke reseptor pada membran lainnya. Pelepasan molekul neurotransmitter akan ditarik kembali oleh sel presinaptik untuk selanjutnya diproses ulang. What are the functions of Serotonin? 1. Sel Chromaffin mensintesis serotonin. dan dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa kadar SEROTONIN dan dopamine berhubungan dengan perasaan bahagia dan kesehatan seseorang. Serotonin juga ditemukan dalam sel raphe dalam batang otak dimana terdapat neuron serotonergik yang mensintesis. regulasi tekanan darah. Interaksi yang cukup antara neurotransmitter dan reseptor mempengaruhi sel dan atau menyampaikan pesan ke neuron selanjutnya. Struktur penting lainnya adalah inti Raphe (Raphe nuklei) yaitu sekumpulan inti saraf yang ditemukan dalam sistem otak. Maka dari itu. dapat dijelaskan bahwa sejumlah kecil neurotransmitter (SEROTONIN dan Dopamine) dalam pembuluh darah dilepaskan dari ujung presinaptik neuron menuju ke celah sinaps. dimana serotonin dilepaskan ke dalam otak. serotonin adalah zat kimiawi yang menjadi sasaran kerja obat2an anti depresi. Secara ilmiah. termasuk juga regulasi stabilitas emosi. dan regulasi selera makan (Bruno. dan inilah alasan mengapa serotonin mempenagruhi banyak perilaku. . 4. Serotonin jga berperan dalam menginduksi rasa kantuk dan relaksasi serta memiliki efek meredakan rasa sakit (pain killing effect). Kadar serotonin yang rendah dipercaya menyebabkan gangguan mppd dan depresi. Serotonin juga terlibat dalam kondisi klinik seperti depresi. Serotonin merupakan neurotransmitter yg bertanggung jawab terhadap transfer impuls2 saraf ke otak. daya tangkap. Neuron serotonergic (neuron2 yang melepaskan serotonin) di dalam inti raphe memiliki akson (cabang saraf) yang kemudian terbagi menjadi banyak bagian dalam otak. regulasi temperatur.2003) 4. persepsi nyeri. Mekanism Of Serotonin Secara sederhana. 2. dan melepaskan serotonin sebagai NT. napsu makan. Neurotransmitter tersambung ke reseptor protein pada sel postsinaptik. Produksinya merupakan alarm alami tubuh yang mengigatkan tubuh untuk beristirahat. tidur. dan migren. seperti mood. menyimpan. Serotonin merupakan prekursor melatonin. dan muntah. anxietas. menyimpannya dalam bentuk komplek dengan ATP dan zat lain dalam bentuk granul-granul dan akan dilepaskan sebagai respon mekanik atau stimulasi saraf. Melatonin disini memiliki efek terhadap relaksasi tubuh dan rasa kantuk.

Kepustakaan http://tyasatsite.com/journal/item/6/Minum_Susu_Tidur_Jadi_Lebih_B erkualitas http://www. dan valine.nlm. dan Nikita) Nasi sebagai makanan pokok Indonesia Nasi adalah bahan makanan pokok bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia modern.com/doc/38038432/Kaitan-Hormon-Serotonin-TerhadapTidur http://www.scribd. Karbohidrat kompleks : memicu pengeluaran serotonin. dijual di pasar. BCAAs itu menghambat transportasi triptopan ke otak. isoleucine. 4. Zat ini bisa membantu melepaskan hormone serotonin uang bisa mengurangi rasa sakit. 3.nih. merupakan bahan dasar banyak jenis makanan dari yang gurih hingga manis. Pisang. Hal ini akan menyebabkan seseorang mengantuk. dan susah tidur. Susu : Kandungan alfa-lactalbuminnya yang membebaskan triptopan (hormon prekursor serotonin). membentuk bentang alam.ncbi. kandungan triptopan dalm otak menjadi banyak. Kultur Makan Nasi dan Perbandingan Konsumsi Beras (Hans N. Beras juga dapat .The Food The Produce Serotonin 1. Karena peningkatan triptopan.[1] dan pertanian padi menempati posisi utama dalam kebudayaan Indonesia. Triptopan adalah effective mild hypnotic yang menstimulasi hipotesis berperan dalam kelelahan dan mood.gov/pmc/articles/PMC2077351/ 5. Pada umumnya beras dimakan dalam bentuk nasi biasa yang bercitarasa tawar dengan sedikit sayur-mayur dan lauk-pauk teman nasi disisinya sebagai sumber protein dan sumber gizi lainnya. dan penurunan BCAA. For Your Information Exercise to fatigue → meningkatkan triptopan dan mengurangi plasma level of the Branched Chain Amino Acids (BCAAs) leucine. daging unggas< dan kacang. cemas. 2.multiply. Bawang Putih : kandungan salvatine yg terdapat pada bawang bisa mempercepat pertumbuhan sel (saat luka) serta merangsang susunan saraf. stress. Memakan banyak nasi menyebabkan terbentuknya banyak serotonin sedangkan serotonin yang merupakan perkursor melatonin menyebabkan terbentuknya hormone melatonin yang berfungsi untuk mengatur terbangun atau tertidurnya seseorang.

dan air.[1] Bahan makanan pokok lainnya adalah jagung (di kawasan kering seperti Madura dan Nusa Tenggara). perempuan. Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat:   amilosa. Jawa Tengah yang berasal dari abad kesembilan: Bajak sawah diikatkan pada kerbau. sagu (di kawasan Indonesia Timur). intip (kerupuk beras). Beras juga mengandung protein.dijadikan ketupat (beras dikukus dalam anyaman dauk kelapa). serta laki-laki mengangkut padi hasil panen dengan pikulan di pundaknya. maka dimungkinkan untuk memperjualbelikan padi dan beras dari tempat lain. pati dengan struktur tidak bercabang amilopektin. Kandungan beras Sebagaimana bulir serealia lain. akan tetapi seiring berkembangnya teknologi. Bukti temuan padi liar ditemukan di pulau Sulawesi berasal dari sekitar tahun 3000 SM. vitamin (terutama pada bagian aleuron). perempuan menanam benih dan menumbuk padi. Meskipin demikian. pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket . dan hewan ternak tetap lestari dalam pertanian padi di Indonesia. mi. seperti ditemui dalam ukiran relief candi Prambanan. lontong (beras dikukus dalam kemasan daun pisang).[1] Pertanian padi memerlukan sinar matahari yang cukup. bihun . bangsa Eropa yang mengunjungi kepulauan Indonesia memandang nasi sebagai makanan bergengsi yang disajikan oleh kaum aristokrat dan ningrat saat upacara dan perayaan pesta. jajanan. bukti awal dari pertanian beras didapati dari prasasti abad kedelapan di Jawa yeng menyebutkan raja menerapkan pajak dalam bentuk padi. arak beras. bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). singkong (dikeringkan dan disebut 'tiwul' sebagai alternatif makanan pokok di kawasan gersang Jawa seperti Gunung Kidul dan Wonogiri). ketela serta umbi-umbian (khususnya pada musim paceklik). Pada abad keenambelas. Penanaman padi di Indonesia terkait dengan perkembangan perkakas pertanian dari logam dan pemeliharaan ternak kerbau untuk membajak sawah dan kotorannya digunakan untuk pupuk. namun secara perlahan mulai digantikan dengan sawah dan permukiman untuk mengembangkan pertanian padi yang telah berkembang selama 1500 tahun.[2] Padi termasuk dalam pola makan sehari-hari. Pembagian kerja antara laki-laki. dan nasi goreng. Aslinya bentang alam Indonesia diselimuti oleh hutan hujan tropis. mineral.

Urutan kedua adalah Malaysia. jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 229 juta. sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras. keras. 06:20: am Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menyatakan Indonesia masih menjadi negara terbesar dalam mengonsumsi beras di ASEAN dengan angka 132 kilogram (kg) per kapita per tahun. Ia mengatakan. Urutan ketiga ditempati Brunei Darussalam dengan tingkat konsumsi beras sebanyak 80 kilogram per kapita per tahun. Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat. lunak. atau pera). Bangladesh . Dengan tingkat konsumsi beras sebanyak itu. beberapa wilayah asal padi adalah. Fosil butir padi dan gabah ditemukan di Hastinapur Uttar Pradesh India sekitar 100800 SM. Selain Cina dan India.Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket. Indonesia menempati urutan pertama pengonsumsi beras terbanyak setidaknya di negara-negara ASEAN. Konsumsi Beras Indonesia Terbesar di ASEAN 2010 Feb 02. Produksi padi (gabah kering giling) 10 negara terbesar tahun 2007 (dalam juta metrik ton) Produksi padi per negara — 2007 (million metric ton)[1] Republik Rakyat Cina India Indonesia Bangladesh Vietnam Thailand Myanmar Filipina Brasil 187 144 57 43 35 32 31 16 11 10 Sejarah Singkat Jepang Padi merupakan tanaman pangan berupa rumput berumpun. Tanaman pertanian kuno berasal dari dua benua yaitu Asia dan Afrika Barat tropis dan subtropis.000 tahun SM. Negeri Jiran itu penduduknya mengonsumsi beras sebanyak 90 kg per kapita per tahun. Bukti sejarah memperlihatkan bahwa penanaman padi di Zhejiang (Cina) sudah dimulai pada 3.

35 ton/ha/tahun.000 ha dengan rata-rata hasil 4. Cianjur). GH 19. Varitas unggul nasional berasal dari Bogor: Pelita I/1.000 ton. membentuk bentang alam. Terdapat 25 spesies Oryza. Padi dibedakan dalam dua tipe yaitu padi kering (gogo) yang ditanam di dataran tinggi dan padi sawah di dataran rendah yang memerlukan penggenangan. Sentra Penanaman Pusat penanaman padi di Indonesia adalah Pulau Jawa (Karawang. 1. yang dikenal adalah O. Varitas unggul introduksi dari International Rice Research Institute (IRRI) Filipina adalah jenis IR atau PB yaitu IR 22.293. Vietnam. Pada umumnya beras dimakan dalam bentuk nasi biasa yang bercitarasa tawar dengan sedikit sayur-mayur dan lauk-pauk teman nasi disisinya . Negara-negara lain seperti di benua Eropa. Pelita I/2. sentra padi Jawa Barat seperti Karawang dan Cianjur mengalami penurunan produksi yang berarti.3. merupakan bahan dasar banyak jenis makanan dari yang gurih hingga manis. Sulawesi. Burma. PB32. dan akhir-akhir ini Kalimantan. Gemar. Manfaat Tanaman Beras merupakan makanan sumber karbohidrat yang utama di kebanyakan negara Asia.Utara. 1. 1.5 % produksi padi nasional dipasok dari Jawa Barat.881. Adil dan Makmur (dataran tinggi).591. dijual di pasar. IR 14. Dengan adanya krisis ekonomi. Pada tahun 1992 luas panen padi mencapai 10. GH 34 dan GH 120 (dataran rendah). hasil padi gogo hanya 1-3 ton/ha. Australia dan Amerika mengkonsumsi beras dalam jumlah yang jauh lebih kecil daripada negara Asia. PB 36 dan PB 48 (dataran rendah).4.874 ton yang meliputi areal panen 9. sativa dengan dua subspesies yaitu Indica (padi bulu) yang ditanam di Indonesia dan Sinica (padi cere).764 ha. Nasi Sebagai Makanan Pokok Nasi adalah bahan makanan pokok bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia modern. Madura. Karena pemeliharaan yang kurang intensif. Jenis Tanaman Klasifikasi botani tanaman padi adalah sebagai berikut: Divisi : Spermatophyta Sub divisi : Angiospermae Kelas : Monotyledonae Keluarga : Gramineae (Poaceae) Genus : Oryza Spesies : Oryza spp. Bali. Pada tahun itu hampir 22. PB 34. sedangkan dengan kultur teknis yang baik hasil padi sawah mencapai 6-7 ton/ha. Thailand. Selain itu jerami padi dapat digunakan sebagai penutup tanah pada suatu usaha tani. dan pertanian padi menempati posisi utama dalam kebudayaan Indonesia.869. IR 46 dan IR 54 (dataran rendah). Laos. Produksi padi nasional adalah 47. Gati. Produksi padi nasional sampai Desember 1997 adalah 46.2.

intip (kerupuk beras). seperti ditemui dalam ukiran relief candi Prambanan. akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron. Bukti temuan padi liar ditemukan di pulau Sulawesi berasal dari sekitar tahun 3000 SM. Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik. Penanaman padi di Indonesia terkait dengan perkembangan perkakas pertanian dari logam dan pemeliharaan ternak kerbau untuk membajak sawah dan kotorannya digunakan untuk pupuk. dan nasi goreng. Bahan makanan pokok lainnya adalah jagung (di kawasan kering seperti Madura dan Nusa Tenggara). bihun . ketela serta umbi-umbian (khususnya pada musim paceklik). Jawa Tengah yang berasal dari abad kesembilan: Bajak sawah diikatkan pada kerbau. Macam dan warna beras Berbagai macam beras dan ketan di Indonesia. sagu (di kawasan Indonesia Timur). serta laki-laki mengangkut padi hasil panen dengan pikulan di pundaknya. Beras juga dapat dijadikan ketupat (beras dikukus dalam anyaman dauk kelapa). Pembagian kerja antara laki-laki. perempuan. bangsa Eropa yang mengunjungi kepulauan Indonesia memandang nasi sebagai makanan bergengsi yang disajikan oleh kaum aristokrat dan ningrat saat upacara dan perayaan pesta. mi. . warna endospermia. bukti awal dari pertanian beras didapati dari prasasti abad kedelapan di Jawa yeng menyebutkan raja menerapkan pajak dalam bentuk padi. singkong (dikeringkan dan disebut 'tiwul' sebagai alternatif makanan pokok di kawasan gersang Jawa seperti Gunung Kidul dan Wonogiri). namun secara perlahan mulai digantikan dengan sawah dan permukiman untuk mengembangkan pertanian padi yang telah berkembang selama 1500 tahun. dan komposisi pati pada endospermia. jajanan. akan tetapi seiring berkembangnya teknologi. Padi termasuk dalam pola makan sehari-hari. Pada abad keenambelas. arak beras.sebagai sumber protein dan sumber gizi lainnya. perempuan menanam benih dan menumbuk padi. maka dimungkinkan untuk memperjualbelikan padi dan beras dari tempat lain. Meskipin demikian. lontong (beras dikukus dalam kemasan daun pisang). Pertanian padi memerlukan sinar matahari yang cukup. dan hewan ternak tetap lestari dalam pertanian padi di Indonesia. Aslinya bentang alam Indonesia diselimuti oleh hutan hujan tropis.

dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%.049 mg Niasin (Vit.014 mg Vitamin B6 0. Sifat ini diatur secara genetik dan menjadi objek rekayasa genetika beras. Beberapa jenis beras mengeluarkan aroma wangi bila ditanak (misalnya 'Cianjur Pandanwangi' atau 'Rajalele').Beras "biasa" yang berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron. tidak transparan.66 g 7. Beras ini mendominasi pasar beras.6 mg Asam pantotenat (B5) 1.80 mg Fosforus 115 mg Kalium 115 mg |Kalsium 28 mg 79 g 0. merupakan versi ketan dari beras hitam.Serat pangan 1. akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu. B1) 0.62 g 5% 3% 11% 20% 13% 2% 6% 16% 2% 3% . putih. biasa Nilai khasiat per 100 g Tenaga 370 kkal 1530 kJ Karbohidrat . Ketan (atau beras ketan). Bau ini disebabkan beras melepaskan senyawa aromatik yang memberikan efek wangi. B3) 1. Ketan hitam. seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.12 g . B9) 8 μg Zat besi 0.Gula 0.13 g 11. Beras Putih Beras. Beras hitam.070 mg Riboflavin (Vit. B2) 0. panjang. Beras merah. berwarna putih.164 mg Asam folat (Vit. sangat langka.3 g Lemak Protein Air Tiamina (Vit. disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.

Oleh para tabib saat itu benda ini dipercaya memiliki nilai-nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai.09 mg 7% 11% BERAS MERAH Beras Merah Kaya Vitamin & Mineral Beras merah adalah beras yang memang pada aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu. Sedangkan senyawa-senyawa dalam lemak kulit ari juga dapat menurunkan kolesterol darah. yakni dapat meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan kolesterol darah. Manfaat lain dari serat. Melalui proses fosforilasi. Kecukupan yang dianjurkan untuk pria usia 20-45 tahun adalah 500 mg per hari. yang kulit arinya tak banyak hilang. Disamping itu beras merah pun lebih unggul dalam hal kandungan vitamin . Kulit ari beras mengandung zat-zat gizi yang penting bagi tubuh. di dalam kulit ari tersebut kaya serat dan minyak alami. namun juga mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan. para ahli makrobiotik telah pula menyatakan persetujuannya. Banyak penulis di Asia Timur masa dahulu mengatakan bahwa beras merah merupakan jenis makanan yang dapat menyembuhkan penyakit lantaran keseimbangan alamiahnya. Serat tak hanya mengenyangkan. Sementara itu lemak dalam kulit ari kebanyakan merupakan lemak esensial. yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. fosfor mengaktifkan berbagai enzim dan vitamin B dalam pengalihan energi pada metabolisme karbohidrat.Magnesium 25 mg Seng 1. sedangkan untuk wanita 450 mg per hari). Unsur gizi lain yang diperkirakan juga berpengaruh pada pendongkrakan energi beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan). dan lemak Beras merah umumnya beras tumbuk atau pecah kulit. Pada masa kini. protein. salah satu faktor risiko penyakit jantung. Beras merah telah dikenal sejak tahun 2800 SM.

Belum lagi vitamin dan mineral-mineral penting lainnya. sementara beras putih kurang dari 1 gram. salah satu faktor risiko penyakit jantung . Selain lebih kaya protein (6. Zat besinya juga lebih tinggi.31 mg). Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah selenium. tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang dihasilkan beras merah justru di atas beras putih (349 kal : 353 kal). kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah (78. yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Banyak manfaat dari mengonsumsi beras merah. Oleh para tabib saat itu benda ini dipercaya memiliki nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai.12 mg : 0. Dengan kelebihan seperti dipaparkan di atas baik sekali jika keluarga kita mulailah mengonsumsi beras merah. sedangkan untuk wanita 1 mg per hari) berfungsi sebagai koenzim berbagai reaksi metabolisme energi. dalam satu mangkuk beras merah mengandung sekitar 3. untuk dekarboksilasi oksidatif piruvat menjadi asetil KoA dan memungkinkan masuknya substrat yang dapat dioksidasi ke dalam siklus krebs guna pembentukan energi.5 gram serat. Peroksida dalam ikatan toksik dapat berubah menjadi radikal bebas. lemak. dengan gejala awal nafsu makan berkurang. dan penyakit degeneratif lainnya. Beras merah mengandung tiamin (vitamin BI) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi.7 gr). dan refleks berkurang. sembelit.9 gr : 75. hal tersebut mungkin disebabkan kandungan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0. Sedangkan senyawa-senyawa dalam lemak kulit ari juga dapat menurunkan kolesterol darah. yakni dapat meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan kolesterol darah. dalam kulit ari kebanyakan merupakan lemak esensial. dalam keadaan berat dinamakan beri-beri.8 gr : 8.dan mineral daripada beras putih. Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung. Kerusakan ini menyebabkan kanker. Tiamin (kecukupan yang dianjurkan untuk dewasa pria usia 20-59 tahun 1. Bila dibandingkan dengan beras putih. Cegah Kanker Beras merah telah dikenal sejak tahun 2800 SM. kesemutan. membantu bayi usia 6 bulan ke atas yang asupan zat besinya dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh.2 mg per hari. yang mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel sehingga merusak membran tersebut. jantung berdebar. mudah lelah. gangguan pencernaan.2 gr). Sebut saja. Oleh karena itulah banyak pakar mengatakan selenium mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain. Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Jika ditilik.

Beras merah mengandung tiamin (vitamin BI) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi. membantu bayi usia 6 bulan ke atas yang asupan zat besinya dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. yang sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular (jantung) . . baik rasa. Belum lagi vitamin dan mineral-mineral penting lainnya.Kaya akan fiber dan asam lemak Kandungan fibernya dapat mencegah sembelit sehingga memperlancar pencernaan.5429 393. aroma maupun penampilannya. Beras hitam sangat berbeda dibanding ketan hitam. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Beras Merah: .9728 51. Pada jaman dahulu hanya keluarga Kerajaan Cina yang diperbolehkan untuk mengkonsumsinya. • Menyehatkan jantung • Mempunyai kandungan vitamin B1 dan mineral lebih tinggi dari pada beras putih.5158 22.5429 804. Bila sudah dimasak beras hitam warnanya benar-benar hitam pekat. Keunggulan beras merah: • Mencegah sembelit • Cocok untuk Diet • Mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan • Meningkatkan perkembangan otak • Menurunkan kolesterol darah. Karena kemampuannya itulah banyak pakar mengatakan bahan ini mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.Mengandung lebih banyak magnesium.Kandungan vitamin dan mineral beras merah 2-3 kali beras putih. Sangat spesifik dan unik.928 Dari sisi khasiat dan gizi ternyata pigmen beras yang berwarna hitam mempunyai khasiat paling baik dibanding beras berwarna lainnya. Zat besinya juga lebih tinggi. • Mencegah kanker dan penyakit degeneratif.Kaya akan asam amino Beras Hitam : Nutrisi Pati (%) Amilosa (%) Amilopektin (%) Bheta caroten (mg/100 gr) Antosianin (ppm) Beras Hitam 75. . Sedangkan kandungan fiber yang tinggi juga membuat Anda lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga cocok untuk pola diet.

Beras hitam mengandung asam folat lebih tinggi dibanding beras putih. pembuluh darah dan jantung dapat mengkonsumsi beras hitam ini sebagai makanan penyehat badan.Menurut penelitian para ahli. penderita penyakit kencing manis.com. beras hitam mempunyai khasiat meningkatkan ketahanan tubuh. kegunaan lain pada flavanoid adalah meningkatkan air susu ibu. perbandingan 1 : 1) Beras Hitam memiliki kandungan Betha caroten dan antosianin yang cukup tinggi. sebagai antioksidan. memperbaiki kerusakan sel hati. Kandungan serat yang tinggi juga membuat kita lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga cocok untuk pola diet. Sudah tentu. pigmen anti penuaan di lapisan luar beras kian menonjol. Rendahnya indeks gula dalam darah menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah lebih lambat dibanding dengan kentang atau roti sehingga dapat menjaga kestabilan jumlah energi dan akhirnya dapat mengendalikan diabetes. Hal ini juga membuat beras hitam unggul dalam memperlambat proses berkurangnya daya ingat dan dapat menyingkirkan sumbatan pembuluh darah pemicu serangan stroke dan jantung koroner. Informasi hasil penelitian para ahli yang lain. Oleh karena itu. mencegah gangguan fungsi ginjal. Kandungan serat makanan yang relatif tinggi (diatery fiber) sangat baik bagi pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit. Riset menunjukkan.indonetwork.co. Ada beberapa sumber antioksidan alami yaitu vitamin E.2008). Selain berfungsi sebagai antioksidan. membersihkan kolesterol dalam darah dan mencegah anemia. Dengan mengkonsumsi beras hitam menyebabkan indeks gula darah lebih rendah dibanding beras biasa. warna beras kian gelap. vitamin C.id). memperlambat penuaan. yang disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi. Warna hitam pada beras adalah zat warna antosianin yang merupakan pigmen tanaman dan merupakan komponen flavanoid yaitu turunan polifenol pada tumbuhan yang memiliki kemampuan antioksidan dan anti kanker. antosianin dan Betha-caroten (http ://forlima-wordpress. peran pigmen beras hitam adalah paling baik diantara berbagai jenis beras berwarna. beras hitam mempunyai khasiat: • Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit • Menurunkan kadar gula darah (baik untuk penderita diabetes) • Memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirrosis) • Mencegah gangguan fungsi ginjal • Mencegah kanker/tumor • Memperlambat penuaan (Antiaging) • Sebagai Antioksidan • Membersihkan kolesterol dalam darah (baik untuk diet) • Mencegah anemia • Menurunkan tekanan darah (orang bertekanan darah rendah sebaiknya menggunakan beras ini dengan dicampur beras merah . Betha caroten dan antosianin ini merupakan jenis yang paling potensial dalam melarutkan radikal bebas. sehingga warna ungu pekat mendekati hitam (http://karyaindahagro. Berdasarkan hal-hal tersebut mari kita mulai mengkonsumsi beras hitam yang penting untuk kesehatan sekaligus sebagai usaha pelestarian . mencegah kanker/tumor.

Organic brown rice adalah beras coklat yang dalam pertumbuhannya dibebaskan dari pestisida yang mengandung Arsen. Pangan fungsional dapat diartikan sebagai pangan yang secara alami atau telah melalui proses tertentu mengandung satu atau lebih senyawa yang berdasarkan kajiankajian ilmiah dianggap mempunyai fungsi-fungsi fisiologis tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan. karbohidrat. mengdung pula minyak dedak yang dilaporkan mungkin dapat menurunkan LDL Cholesterol. yang merupakan zat karsinogenik bila dikonsumsi dalam waktu yang lama. Yang membedakan hanyalah dengan proses penggilingan beras dengan alat pemoles. sistem imun. sistem respirasi. dan sistem syaraf. lapisan aleuron beras akan hilang. Karena 1 cangkir (195 g) beras coklat mengandung 84 mg Mg. . sistem reproduksi. Oleh karena kandungan senyawa yang dimiliki beras hitam tersebut maka beras hitam merupakan salah satu pangan fungsional yang perlu kita lestarikan. Karena 1 cangkir (195 g) beras coklat mengandung 84 mg Mg. sedang 1 cup beras putih hanya mengandung 18 mg Mg. mengdung pula minyak dedak yang dilaporkan mungkin dapat menurunkan LDL Cholesterol. Dimana menurut Food and drug Administration USA. Beras coklat yang masih mengandung dedak. Beras coklat dan beras putih memiliki kandungan kalori. beras putih yang di jual di USA harus dilakukan fortifikasi unsur Magnesium. B3 dan zat besi. Beras coklat juga mengandung asam-asam lemak dan serat pangan yang lebih tinggi dari beras putih. Menurut Food and drug Administration USA. protein dan lemak yang sama. Beras coklat yang masih mengandung dedak. sistem genitalia. kardiovaskular.plasma nutfah padi beras hitam. Bersamaan dengan hilangnya lapisan terluar beras ini hilang pula beberapa vitamin B1. namun tidak dipoles menjadi beras putih. gastrointestinal. Lebih parah lagi paparannya dapat berpengaruh buruk pada berbagai organ tubuh termasuk kulit. sedang 1 cup beras putih hanya mengandung 18 mg Mg. beras putih yang di jual di USA harus dilakukan fortifikasi unsur Magnesium. Beras coklat juga mengandung asam-asam lemak dan serat pangan yang lebih tinggi dari beras putih. Beras Coklat (Brown Rice) Beras coklat adalah beras yang hanya dihilangkan sekamnya.

77 mg Sodium. 0. 0.81 g Total lemak. polyunsaturated. 0. 0. 370 kcal Energi. 0. 0 mg Asam Amino Tryptophan.1 mcg Vitamin Vitamin C. Zn.364 g Tyrosine. 2. 0 IU Vitamin A.171 mg Mangan. 0. 0 mg Thiamin. 1548 kj Protein. 0. 0. 0. RE. 0. 71 mg Potassium. 0.31 g Proline. 0. 0.358 g .079 g Threonine. 0. 1. 0. 2.198 g Asam lemak tak jenuh.244 g Isoleucine. 0.18 mg Riboflavin. Se. 23 mg Phospor. Fe. 0.Beras Ketan Nutrisi.64 g Asam Glutamic. Mn. 0. 0.328 g Glycine. Mg.111 g 12:0.68 g Serat. IU.228 g Valine. monounsaturated.055 mg Niacin. Na.001 g 14:0.416 g Arginine. saturated. asam ascorbic.246 g Methionine. 0. 0. 0.002 g 18:1. 0. 11 mg Besi. 0.49 g Mineral Kalsium. 0 mcg_RE Lemak Asam lemak jenuh. 0.16 g Cystine.321 g Serine. Ca.198 g 18:2.14 g Phenylalanine.2 mg Tembaga. 7 mg Seng. 0. Cu.55 g Karbohidrat.563 g Lysine. 0. 0.8 g Ampas.974 mg Selenium.189 g 18:3. 0 mcg Vitamin A. 7 mcg Vitamin B-12.2 g 16:1.008 g Kolesterol. 0. 0. Nilai per 100 gram porsi makanan Air. 10.6 mg Magnesium. 81.002 g 16:0. P.16 g Alanine.824 mg Vitamin B-6.568 g Histidine. K.145 mg Asam Pantothenic. 0. 6. 1. 0.46 g Energi. 0. 0.294 g Leucine.107 mg Folate.094 g 18:0. 0. 0. 1.395 g Asam Aspartic. 15.01 g Asam lemak tak jenuh.

Putih http://www.wikipedia.com/kompas-cetak/0412/20/ilpeng/1445174. Ketahanan pangan nasional ini sendiri merupakan suatu langkah/upaya yang di lakukan pemerintah untuk menstabilkan ketersediaan pangan terutama sumber pangan pokok.htm www. aman. yang didasarkan pada optimasi pemanfaatan dan berbasis pada keragaman sumberdaya domestic.org/wiki/Masakan_Indonesia http://koranindonesia.org/wiki/Beras http://www2.org/wiki/Brown_rice.com/nutrients/berasketan.da ri.wordpress. Program Pemerintah (Steni & Dandi) A. Dimana pemerintah berharap program ini dapat menjadi suatu program srategis untuk mencapai Ketahan Pangan Nasional. .Resources: www.wordpress. Ketahanan Pangan Nasional itu sendiri berarti kemampuan suatu bangsa untuk menjamin seluruh penduduknya memperoleh pangan dalam jumlah yang cukup. mutu yang layak. jagung.com http://id.fao.blogspot. bahan pangan pokok masih di dominasi oleh bahan pangan pokok jenis padi-padian.com/2008/12/beras-merah-vs-beras-coklat. Sedangkan kacang-kacangan.kompas.Merah. http://www. khususnya Kementrian Pertanian yang berhubungan dengan Ketahanan Pangan Nasional. Indonesia sendiri.wikipedia.whfoods.simonbwidjanarko. Latar Belakang “One day no rice in a week” merupakan program pemerintah.wikipedia.php?tname=foodspice&dbid=128 http://simonbwidjanarko. Dengan harapan agar ketergantungan masyarakat pada satu jenis makanan dapat di gantikan dengan sumber bahan pangan yang lain.html http://en.com/2010/02/02/konsumsi-beras-indonesia-terbesar-diasean/ 6.blogspot.com/2008/07/03/beras-coklat-menurunkan-ldlcholesterol-benarkah/ http://id.org/wiki/Beras http://id.com/read/2010/10/13/15082251/Beras. sehingga dapat tercapainya penganekaragaman pangan. dan juga halal.Unggul.kompas.html http://health.com/2009/12/mengenal-tanaman-padi-oryzasativa.wikipedia.Beras. dll masih bergantung pada impor.com/genpage.com http://bukupertanian.asiamaya.Lebih.htm http://isenkblog.

B. 3 Pilar Ketahanan Pangan : . dll. Peraturan Pemerintah No. Dasar-dasar Hukum yang mengatur di adakannya program “one day no rice”: 1. Peraturan presiden No.One day no rice ini sendiri di lakukan dalam bentuk dalam setiap minggu di tentukan 1 hari khusus sebagai hari tanapa beras(nasi) dan diganti dengan bahan pangan lain seperti gamdum. 28 tahun 2004. jagung. Tujuan one day no rice in a week: • Mempertahankan swasembada beras • Penganekaragaman konsumsi pangan • Menjaga stabilitas pangan • Meningkatkan pola konsumsi pangan non beras • Tidak tergantung dengan impor • Meningkatkan produktivitas • Tercapainya gizi seimbang C. sagu. dan gizi pangan 2. 22 tahun 2009 tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber daya Lokal D. tentang keamanan. Mutu. umbiumbian.