HUKUM ORGANISASI INTERNASIONAL

KLASIFIKASI KEANGGOTAAN

Aspek-aspek hukum Organisasi AspekInternasional a. Prinsip : Universal. Macam : Full.KEANGGOTAAN 1. associate dan partial . Apakah yang dimaksud dengan keanggotaan Organisasi internasional? 2. terbatas dan essensialitas b. Klasifikasi: Kualitatif dan kuantitatif c.

Prinsip Terbatas adalah prinsip yang pola keanggotaannya terbatas atau selektif dan menekankan pada faktor-faktor Geografis. Kualitatif. Prinsip Universalitas.PrinsipPrinsip-prinsip Keanggotaan 1. Agama. Kenyataan. Kebudayaan. 1. Etnis dan Sejarah . Prinsip Universalitas adalah prinsip yang pada umumnya lebih banyak Mencurahkan perhatian pada masalah-masalah global 2. 2. Prinsip Terbatas.

Mampu dan Mau melaksanakan Kewajiban yang dibebankan Piagam. Menerima kewajiaban yang dibebankan Piagam.Pasal 4: Negara yang cinta damai. Disetujui PBB .KEANGGOTAAN DALAM SISTEM PBB Dimanakah Persyaratan diatur: .

Keanggotaan Bangladesh tahun 1972 yang diveto China (two Resolutions).Contoh Kasus Keanggotaan di PBB 1. Keanggotaan Angola yang diveto oleh Amerika Serikat tahun 1972 (presence of Angolan troops in Cuba . 2.

Incompatible with. 2. Essential to. The Purpose and the aims of . 3.PRINSIP HUKUM DALAM KEANGGOTAAN OI Prinsip dasar: Rule of Essentiality: 1.

Kuantitatif. .Klasifikasi dan Macam Keanggotaan Penentuan Keanggotaan : 1. Kualitatif. 2.

Kuntitatif. Kualitatif Memberikan status khusus bagi negara-negara negaratertentu sebagai anggota utama (original members).1. Berarti bahwa keputusan mengenai keanggotaan negaranegara-negara lainnya di luar negara-negara anggota negarautama baik dalam liga bangsa-bangsa akan diambil bangsaoleh organisasi-organisasi itu sendiri dengan organisasiketentuan bahwa negara-negara itu harus memenuhi negarapersyaratan dalam instrumen pokok masing-masing masing- . 2.

PROSEDUR KEANGGOTAAN Prosedur keanggotaan di PBB Negara 1 Sekjen PBB 2 3 DK PBB 4 Syarat Terpenuhi (Pasal 4) Rekomendasi (+) / (-) (- Anggota Baru 5 MU PBB 2/3 anggota .

Negra Rekomendasi 2/3 Suara Mu 2/3 suara Mu . Pertanyaannya adalah apakah dengan dipenuhinya 2/3 suara MU´. Rekomendasi B. A.PENAFSIRAN MI TENTANG KEANGGOTAAN DI PBB ³Di dalam prosedur penerimaan anggota PBB ada dua syarat mutlak kumulatif yang harus terpenuhi yaitu rekomendasi (+) dari DK PBB (tidak ada veto dari anggota tetap) dan penerimaan 2/3 dari anggota Majelis Umum.

Negara yang bersangkutan bubar.KEBERAKHIRAN KEANGGOTAAN Penarikan diri (Indonesia.PBB). . Organisasi yang bersangkutan bubar. (IndonesiaDikeluarkan.