biji sorgum yang mengandung karbohidrat cukup tinggi sering digunakan sebagai bahan baku bermacam industri seperti

industri beer, pati, gula cair (sirup), jaggery (semacam gula merah), etanol, lem, cat, kertas, degradable plastics dan lain-lain. Adapula jenis sorghum yang batangnya mengandung kadar gula cukup tinggi dan disebut sorgum manis (sweet sorghum). Sorgum manis sangat ideal digunakan untuk pakan ternak ruminansia, gula cair (sirup), jaggery dan bioetanol (ICRISAT, 1990).

.

Pengendalian hama burung dilakukan dengan cara menutup barisan tanaman dengan kain saring yang dilekatkan pada bambu atau dengan cara tradisional membuat oran-orangan. Serangan hama ini berpengaruh besar terhadap pengurangan hasil tanaman sorgum. (belalang) yang menggerek daun. dan hama Aphid yang menyerang daun bendera saat pembentukan malai.L-1.‡ Hama penting yang kemungkinan dapat menyerang pada pertanaman sorgum dan pengendaliannya adalah : Valanga sp. Hama lainnya adalah burung yang menyerang malai yang sudah terbentuk biji. Penyakit penting pada sorgum dengan pengendaliannya adalah . Adapun pengendalian hama-hama ini dilakukan dengan penyemprotan insektisida Curacron dengan konsentrasi 2 ml.

permukaan daun sorgum yang mengandung lapisan lilin dan sistem perakaran yang ekstensif. fibrous dan dalam cenderung membuat tanaman efisien dalam absorpsi dan pemanfaatan air (laju evavotranspirasi sangat rendah). Berdasarkan bentuk malai dan tipe spikelet. Kafir. Caudatum. Guenia. dan Durra. sorgum diklasifikasikan ke dalam 5 ras yaitu ras Bicolor.Secara fisiologis. .

salinitas dan lahan masam) . perlu input relatif lebih sedikit.komersial karena memiliki daya adaptasi luas. tahan terhadap hama dan penyakit tanaman. serta lebih toleran kondisi marjinal (kekeringan. produktivitas tinggi.

 yang banyak. Domestikasi sorgum dari Etiopia ke Mesir . Sorgum bukan merupakan tanaman asli Indonesia tapi berasal dari wilayah sekitar sungai Niger di Afrika.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful