P. 1
Paper Analis Kesehatan

Paper Analis Kesehatan

|Views: 878|Likes:
Published by gextya

More info:

Published by: gextya on Nov 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2013

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Om Swastyastu, Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas asung kerta wara nugraha beliaulah saya dapat menyelesaikan paper mengenai Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Depkes Denpasar ini dengan lancar. Pembuatan paper ini merupakan praktek belajar memahami dan mendalami seluk beluk Jurusan Analis Kesehatan di Poltekkes Depkes Denpasar. Saya menyadari pembuatan karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna, oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun sangat saya harapkan, demi perbaikan laporan saya yang mungkin saya tulis di masa mendatang.Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Om Shanti Shanti Shanti Om

Semarapura, September 2009 Penulis

1

Landasan Teori b. Simpulan b. Latar Belakang b. Saran-saran 8 8 5 5-7 3 4 4 4 2 . Pembahasan 5.DAFTAR ISI 1. Daftar Isi 1 2 3. Kata Pengantar 2. Penutup: a. Tujuan d. Pendahuluan: a. Rumusan Masalah c. Metode Penelitian 4. Pembahasan : a.

poliklinik. masyarakat akan lebih mengerti bahwa jurusan ini memiliki prospek yang baik di masa depan. Maka.masih banyak pula masyarakat yang ragu akan jurusan yang masih baru di kalangan Poltekkes Depkes Denpasar. puskesmas dan layanan kesehatan lainnya yang kekurangan dan sangat membutuhkan tenaga medis di bidang analis kesehatan. Namun. tetapi juga mendidik menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berbudi pekerti luhur.1 LATAR BELAKANG Jurusan Analis Kesehatan merupakan jurusan yang masih baru di Politeknik Kesehatan Depkes Denpasar. angkatan 2009-2010 merupakan angkatan pertama.BAB PENDAHULUAN 1. saya harap dengan paper saya ini. 3 . Tenaga kerja di bidang ini sangat dibutuhkan khususnya di wilayah Bali ini mengingat masih banyak rumah sakit. Jurusan ini ke depannya diharapkan dapat menjadi tenaga medis yang handal. Jurusan ini tentu akan mendidik para mahasiswanya tidak hanya menjadi tenaga medis yang handa.

3.4 Bagaimana Prospek masa depannya? 1.3 TUJUAN 1.3.4 METODE PENELITIAN Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan.3 Bagaimana kompetensi lulusan jurusan Analis Kesehatan? 1.2.1 Untuk mengetahui dan memahami seluk beluk jurusan Analis Kesehatan 1.1 Apa itu jurusan Analis Kesehatan? 1.2.2 Untuk mengetahui alsan mengapa jurusan ini diperlukan 1.2.3.3 Untuk mengetahui bagaimana kompetensi lulusan 1.2. 4 .3.2 RUMUSAN MASALAH 1.1.4 Untuk mengetahui prospek kerja di masa depan 1.2 Mengapa jurusan ini diperlukan? 1.

Pelayanan kesehatan bagi masyarakat harus dapat disajikan dalam bentuk pelayanan kesehatan perorangan. Universitas Indonesia. Selain itu dapat pula melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Lulusan Jurusan Analis Kesehatan akan mendapat gelar Ahli Madya. yakni ke Strata I pada Jurusan Kesehatan Masyarakat. dan Universitas Sumatera Utara. keluarga dan kelompok masyarakat. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan serta untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang paripurna diperlukan keterpaduan pelayanan kesehatan yang menyeluruh dan terarah. Maka dari itu pembelajaran di jurusan ini lebih cenderung kepada praktikum laboratorium dan akan langsung terjun dalam praktikum di rumah sakit.Universitas Hasanuddin.BAB ISI 2. poliklinik atau puskesmas. 2. Universitas Diponegoro. Universitas Airlangga.1 LANDASAN TEORI Analis Kesehatan merupakan jurusan yang lebih menekankan kepada pendidikan dalam menganalisa berbagai hal dalam bidang kesehatan. Jurusan tersebut di dalam negeri telah dibuka saeperti Universitas Udayana. Pelayanan kesehatan di bidang laboratorium merupakan salah 5 . Oleh karena itu pelayanan rujukan kesehatan baik Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) maupun rumah sakit dan bentuk pelayanan kesehatan lainnya harus ditingkatkan.2 PEMBAHASAN Pembangunan di bidang kesehatan sebagai bagian pembangunan nasional yang diatur dalam Sistem Kesehatan Nasional bertujuan untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk sehingga dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.

jurusan Analis Kesehatan memiliki kompetensi lulusan berupa: 1. Parasitologi. Melakukan pemeriksaan laboratorium dalam bidang: Klinik Kimia. Tugas analis akan lebih berhasil apabila dilaksanakan dengan tenagatenaga yang memiliki sikap pribadi yang dapat diterima masyarakat dengan pengetahuan dan ketrampilan yang baik dan luas. Dilain pihak peningkatan dalam ilmu pengetahuan serta kecanggihan alat-alat laboratorium kesehatan memerlukan pengetahuan manajemen dan penanganan operasional yang mandiri. Dalam proses belajar. Immuno-Serologi. Analis kesehatan adalah tugas luhur dan mulia dalam pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan sesama manusia.satu unsur upaya kesehatan rujukan dan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pelayanan kesehatan yang lain. 6 . mahasiswa serta masyarakat termasuk orang tua atau wali mahasiswa. maka peranan laboratorium kesehatan dalam pelayanan rujukan atau pelayanan yang lain perlu dikembangkan. Mikrobiologi. Untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang terus menerus meningkat dalam kualitas dan kuantitasnya. Untuk itu. Analis Kesehatan memiliki keyakinan bahwa: 1. 2. Urinalisa. Tugas analis dapat dengan kerja sama yang serasi dan saling pengertian antara para pendidik. Proses belajar berlangsung efektif dalam situasi belajar yang berkesinambungan dan berkelanjutan. 3. 4. maka sangat perlu meningkatkan dasar pendidikan bagi tenaga kesehatan di bidang laboratorium kesehatan dengan menyelenggarakan program pendidikan diploma III Analis Kesehatan. diperlukan tenaga yang memiliki dasar ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang seimbang dengan masalah yang dihadapi.

melakukan persiapan pemeriksaan untuk Patologi Anatomi dan Biologi Molekuler. Kantor Kesehatan Pelabuhan. 4. laboratorium swasta yang bergerak di bidang jasa kualiti manajemen. Begitu pula di sektor sawsta. mempersiapkan. Menilai kelayakan suatu proses pemeriksaan laboratorium dan dapat mendeteksi secara dini penyimpangan yang terjadi. Mampu mengidentifikasikan.Toksikologi. Demikianlah penjelasan tentang Jurusan Analis Kesehatan dan berbagai peluang kerja yang terbuka bagi jurusan ini. keselamatan dan lingkungan kerja serta melakukan penanganan bilamana terjadi kecelakaan dan pencemaran lingkungan kerja. kimi Farmasi. Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Rumah Sakit maupun Puskesmas. Di lingkungan Pemerintahan seperti Departemen Kesehatan untuk penempatan di Dinas Kesehatan. Makanan dan Minuman. Melakukan kegiatan dan evaluasi terhadap proses dan hasil pemantapan mutu internal (PMI) dan eksternal (PME) 3. PELUANG KARIER Berbagai peluang lapangan pekerjaan terbuka luas bagi lulusan Jurusan Analis Kesehatan sebagai pendidikan kedinasan. 2. klinikklinik swasta. Laboratorium Kesehatan Daerah. air dan udara. Bappedalda. 5. melakukan dan menyusun laporan penelitian laboratorium kesehatan. Mampu mendeteksi gangguan kesehatan. 7 . dan lain-lain.

masyarakat dan para pelajar tidak meragukan bagaimana kompetensi dan prospek kerja dari analis kesehatan. Buktinya. kalau melihat kebutuhan sebenarnya setiap tempat pelayanan kesehatan memerlukan tenaga ini.1 SIMPULAN Dari uraian diatas.2 SARAN-SARAN Melalui paper ini saya harapkan. 8 .BAB PENUTUP 3. dapat saya katakan bahwa tenaga analis kesehatan memang masih memiliki peluang besar mendapat pekerjaaan. karena tenaga analis kesehatan sudah dipersiapkan dan dibekali keahlian dalam bidang tersebut. 3.

com 9 .DAFTAR PUSTAKA  browse di www.google.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->