LAPORAN PRATIKUM

KIMIA

NAMA :

N0 : KELAS :

KEPOLARAN IKATAN I. II. tujuan : menyelidiki kepolaran senyawa / ikatan dasar teori : suatu ikatan kovalen disebut polar bila pasangan electron ikatan (PEI)

Adanya kepolaran ikatan disebabkan oleh perbedaan electron .alcohol.maka bentuk molekul tak simetris.ALAT DAN BAHAN -susun alat buret pada statif -gelas kimia -penggaris plastic -statif -klem -air -minyak tanah -alkohol -asam klorida IV.sehingga terjadilah dua kutub (kutub positif dan kutub negative) PEI tertarik ke atom pusat jika atom pusat mempunyai pasangan electron bebas (PEB) .maka semakin besar pula kepolaran ikatan . isi buret dengan air .termasuk ikatan kovalen 3.sedangkan minyak tanah dikatakan non polar karena setelah didekatkan dengan penggaris plastic tidak membelok itu artinya kepolaran suatu ikatan itu berdasarkan besar kecilnya keelektronegatifan dari kekuatan magnet dari penggari plastic tersebut. DATA PENGAMATAN ZAT Air Minyak tanah Alcohol Asam klorida RUMUS KIMIA H2O C14H3O C2H5OH HCL PENGAMATAN Membelok Tidak membelok Membelok membelok KESIMPULAN Polar Non polar Polar Polar VI. alcohol disebut polar karena setelah di dekatkan dengan penggaris plastic akan membelok.susun alat buret pada statif 2. ganti buret yang bersih dan kering .karena pada batang penggaris terdapat muatan yang dapat menyebabkan senyawa polar tertarik . VIII.asam klorida. PEMBAHSAN: Setelah melakukan praktikum kimia ternyata di temukan beberapa macam zat air .karena pada batang penggris terdapat muatan listrik akibat gosokan 2. PERTANYAAN : 1.maka bentuk molekul positif . KESIMPULAN : Zat air .terdapat juga minyak tanah yang bersifat polar karena jika di dekatkan oleh penggaris alirannya tidak membelok itu berarti zat tersebut tidak mempunyai perbedaan harga keelektronegatifan . CARA KERJA 1.asam klorida. Itu tandanya zat tersebut mempunyai perbedaan harga keelektronegatifan .tertarik lebih kuat ke salah satu atom.ulangi langkah diatas dengan zat lain V. Yng bersifat polar karena alirannya dapat membelok jika di dekatkan oleh penggaris yang bermuatan.buka kran buret dan dekatkan penggaris yang sudah digosok ke rambut pada cucuran air 3. VII.ikatan kovalen non polar PEI tertarik sama kuat kesemua atom jika atom pusat tidak mempunyai PEB . III .

Spd dewi sinta sari .karena atom logam setelah melepas electron-elektron menjadi ion positif /atom non logam menangkap electron menjadi ion negative yang berlawanan muatan menjadi tarik menarik Gondang November 2010 Mengetahui Guru mapel kimia praktikan Susanti tri W.4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful