SISTEM JARINGAN KOMPUTER

computers . Filtering. Scanners etc Users computers Modem or Router School µLocal Area Network¶ (LAN) Cache. Proxy. Firewall Server Other users.Pengertian Jaringan Komputer Sekelompok hardware seperti PC. Printer. dan peralatan lain yang terhubung satu sama lain dan masing-masing terjadi interaksi komunikasi. Access to: Internet content & learning resources. Scoilnet etc Email communication File and Print Server CD or Multimedia Servers Printers .

Jaringan komputer dengan konfigurasi peer-to-peer konsep security tidak diutamakan.Konfigurasi Jaringan  Peer-to-Peer Konfigurasi ini biasanya melibatkan kurang dari 10 komputer (station). printer. scanner. CD-ROM drive. seperti file-file pengolah kata. karena setiap komputer (station) memiliki posisi yang sama dalam berkomunikasi. spreadsheet. Dalam konfigurasi ini setiap komputer bisa saling bagi-pakai (share) sumber daya. dan lain-lain tanpa perlu ada konsep restrict security Peer to Peer Network .

Konfigurasi Jaringan  Client/Server File Server Konfigurasi client/server lebih cocok untuk jaringan skala besar. dan lain-lain. sedangkan pengelolaan/akses server biasanya ditunjuk staff khusus. karena server mengendalikan akses komputer lain dalam jaringan yang disebut Client. Other equipment . Dalam konfigurasi ini terdapat satu komputer sebagai pusat kendali yang disebut dengan Server. Server bisa bertindak sebagai pusat penyimpan data. Biasanya guru dan siswa bekerja pada komputer client. shared application central. Umumnya spesifikasi server lebih tinggi.

. Tak terbatas .Perbandingan konfigurasi Peer-to-Peer Vs Client/Server Peer-to-Peer Pembangunan sistem jaringan mudah. Pengembangan sistem jaringan sangat fleksibel Membutuhkan waktu lebih sedikit. Sistem operasi komputer client bisa bervariasi. Pengembangan sistem jaringan kurang fleksibel Membutuhkan waktu banyak untuk maintenance karena pengaturan harus dilakukan di setiap komputer Sistem keamanan jaringan sangat rendah tergantung dari keamaanan sistem operasi masing-masing station Jumlah ideal komputer (station) kurang dari 10. karena kendali terpusat pada server Sistem keamanan lebih tinggi karena akses client ke jaringan dikendalikan dari server. Sedangkan untuk server harus mendukung sistem jaringan Memerlukan sistem operasi berbasis server Diperlukan skill yang mampu mengelola sistem server. Dapat diterapkan dengan sistem operasi yang berbeda-beda Tidak memerlukan server Tidak diperlukan skill khusus untuk mengelolanya Client/Server Sisjar _2 Pembangunan sistem jaringan lebih sulit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful