P. 1
Beda Skripsi,Tesis,Disertasi

Beda Skripsi,Tesis,Disertasi

|Views: 278|Likes:
Published by mas_vai

More info:

Published by: mas_vai on Nov 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/08/2015

pdf

text

original

ISU, MOTIVASI, TUJUAN, DAN KONTRIBUSI RISET

LENA ELLITAN

PENDAHULUAN
‡ SUATU RISET DIMULAI DENGANN MENGANGKAT ISUNYA (INI MENJAWAB PERTANYAAN APA YANG AKAN DITELITI. ‡ TUJUAN: MENJAWAB PERTANYAAN MENGAPA RISET INI PERLU DILAKUKAN ‡ KONTRIBUSI: MENJAWAB PERTANYAAN SIAPA YANG AKAN MENGGUNAKAN RISET TERSEBUT DAN BAGAIMANA MENGIMPLEMENTASIKAN HASIL RISET SEHINGGA DIPEROLEH MANFAATNYA.

ISU RISET
‡ ‡ 1. 2. 3. PENTING KARENA URUTAN BERIKUTNYA TERGANTUNG DARI ISU RISET. ISU RISET DAPAT BERUPA: PERMASALAHAN: PROBLEM YANG TERJADI DAN PERLU SOLUSI PERBAIKAN. OPPORTUNITY: PELUANG YANG AKAN DITANGKAP FENOMENA YANG AKAN DIJELASKAN ATAU DIVERIVIKASI DENGAN SUATU TEORI YANG SUDAH ADA. FENOMENA YANG AKAN DIUJI UNTUK MENEMUKAN TEORI BARU.

4.

KOLEGA YANG TERLIBAT DSB. . MATA KULAIH YANG DIPELAJARI. LATAR BELAKANG.PENGIDENTIFIKASIAN PERMASALAHAN RISET ‡ FAKTOR TERPENTING DALAM MENGIDENTIFIKASI PERMASALAHAN RISET TERGANTUNG PADA LINGKUNGAN PERISET. ‡ KEPENTINGAN PERISET SEKARANG: UTK KEBIJAKAN SEKARANG ATAU UTK MEBERIKAN IDE DI MASA YANG AKAN DATANG. ‡ TUJUAN RISET: APAKAN PENELITI MEMANDANG JAUH KE DEPAN ATAU HANYA PERMASALAHAN SAAT INI.

PENERAPAN BONUS UTK PENINGKATAN KINERJA SALESMAN (PROBLEM YANG AKAN DIPERBAIKI) 2. PENERAPAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGURANGI KELUHAN PELANGGAN (PERMASALAHAN YANG AKAN DIPERBAIKI) 3. PENINGKATAN MORAL KARYAWAN UNTUK PENINGKATAN KINERJA MEREKA (KESEMPATAN YANG AKAN DIRAIH) ‡ .CONTOH ISU RISET: ISU YANG BERKAITAN DENGAN PROBLEM YANG AKAN DIPERBAIKI DAN OPPORTUNITY YANG DAPAT DIRAIH: 1.

.ISU RISET: BERKAITAN DENGAN PENGUJIAN TEORI ‡ PREFERENSI RESIKO BAWAHAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI BUDGED TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN ‡ EFISIENSI PASAR MODAL INDONESIA (MENGUJI TEORI PASAR EFISIEN) ‡ DEVIDEN SEBAGAI MEKANISME MENTRANSFER BIAYA PENGAWASAN (MONITORING COST) DARI PEMEGANG SAHAM KE BANK (MENGUJI TEORI KEAGENAN YANG SUDAH ADA) ‡ PENGARUH URUTAN INFORMASI DALAM MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTOR (PENGUJIAN TEORI REVISI KEPERCAYAAN ATAU BELIEP ADJUSTMENT THEORY.

.RISET YANG BERHUBUNGAN DENGAN MENEMUKAN TEORI BARU ‡ PERBEDAAN KULTUR DALAM PENERAPAN E-COMMERCE DI INDONESIA DIBANDING DI AMERIKA (UNTUK MENEMUKAN TEORI BARU) ‡ VARIABEL MODERASI YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI BUDGED TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (UTK MENEMUKAN TEORI BARU).

PENJELASAN YANG PANJANG MENGABURKAN ISU YANG AKAN DIANGKAT. ‡ JIKA MEMANG DIBUTUHKAN PENJELASAN YANG PANJANG DARI ISUNYA. ALASANNYA ADALAH SUPAYA ISU DAPAT DIPAHAMI DENGAN BAIK SEHINGGA MEMBUTUHKAN PENJELASAN YANG PANJANG. MISALNYA HAL 1 ATAU 2 KARENA MERUPAKAN TOPIK YANG AKAN DILAKUKAN DI RISET YANG BERSANGKUTAN.PENTING ‡ BANYAK HASIL PENELITIAN YANG MENULIS BAGIAN ISU BERLEMBAR-LEMBAR. ISU SEBAIKNYA DITULIS DENGAN JELAS DAN DI AWAL LAPORAN HASIL RISE. . SEBAIKNYA ISU DITULIS TERLEBIH DAHULU DISUSUL DENGAN PENJELASANNYA. ‡ IN FACT.

‡ GEJALA PERMASALAHAN MERUPAKAN AKIBAT PERMASALAHAN YANG NAMPAK DAN DAPAT DIJADIKAN IDENTIFIKASI ADANYA SUATU PERMASALAHAN.LATAR BELAKANG PERMASALAHAN ‡ MERUPAKAN GEJALA (SYMPTOM) DARI PERMASALAHAN YANG AKAN DITELITI. . ‡ GEJALA PERMASALAHAN BERBEDA DENGAN PERMASALAHAN. ‡ SYMPTOM MERUPAKAN TANDA-TANDA TERJADINYA PERMASALAHAN YANG ADA.

FENOMENA YANG AKAN DIUJI DENGAN TEORI ATAU FENOMENA YANG AKAN DIUJI UNTUK MENEMUKAN TEORI BARU. . ‡ KADANGKALA JIKA PERMASALAHANNYA BELUM DAPAT DIIDENTIFIAKSI SEBELUM RISET DILAKUKAN.PENTING ‡ ISU DAN SYMPTOM BERBEDA. ‡ SYMPTOM ADALAH GEJALA DARI PERMASALAHAN. OPPORTUNITY. MAKA GEJALA (SYMPTOM) DAPAT DIANGGAP SEBAGAI ISUNYA.

CONTOH BEBERAPA GEJALA (SYMTOM) ‡ PENJUALAN PERUSAHAAN MENURUN ‡ PEMAKAI SISTEM INFORMASI DI PERUSAHAAN X MENGELUH KARENA KETERLAMBATAN INFORMASI YANG DIPERLUKAN YANG DIDISTRIBUSIKAN OLEH DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI ‡ VARIABEL MODERASI YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI BUDGED TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (MENEMUKAN TEORI BARU) .

CONTOH BEBERAPA GEJALA (SYMTOM) ‡ PASAR MODAL INDONESIA TERMASUK SEBAGAI PASAR MODAL YANG SEDANG BERKEMBANG. INI AKAN MENYEBABKAN TIDAK SINKRONNYA PERHITUNGAN INDEKS HARGA SAHAMNYA. UTK TAHUN 1996 MISALNYA BEJ HANYA MELAKUKAN PERDAGANGAN AKTIF SEBANYAK 60 PESEN SAJA. . CIRI PASAR MODAL YANG SEDANG BERKEMBANG ADALAH TIPISNYA PERDAGANGAN YANG TERJADI (THIN TRADINGS) YAITU BANYAKNYA SAHAM YANG TIDUR DAN TIDAK DIPERDAGANGKAN DALAM KURUN WAKTU TERTENTU. AKIBAT DARI THIN TRADINGS.

URUTAN SETELAH SYMTOM ADALAH PERTANYAAN MANAJEMEN (MANAJEMEN QUESTIONS). ‡ MERUPAKAN DILEMA YANG DIHADAPI OLEH MANAJEMEN .SYMTOMS (COOPER DAN SCHINDLER) ‡ SYMTOMS (GEJALA PERMASALAHAN) DISEBUT JUGA SEBAGAI MANAJEMEN DILEMMA. . PERTANYAAN INVESTIGASI (INVESTIGATIVE QUESTION) DAN PERTANYAAN PENGUKURAN (MEASUREMENT QUESTIONS).

‡ PERTANYAAN PENGUKURAN (MEASUREMENT QUESTIONS) DITANYAKAN KEPADA RESPONDEN . ‡ PERTANYAAN RISET INI MERUPAKAN ISU YANG AKAN DITELITI DAN AKAN MENJADI HIPOTESIS YANG AKAN DIUJI ‡ PERTANYAAN INVESTIGASI MERUPAKAN PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG LEBIH RINCI YANG DIPERLUKAN UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN-PERTANYAAN RISET. ‡ PERTANYAAN MANAJEMEN MERUPAKAN PERTANYAAN YANG DITANYAKAN OLEH MANAJEMEN ‡ PERTANYAAN RISET DIGUNAKAN UNTUK MEMECAHKAN PERMASALAHANNYA.CONT.

2. APAKAH PERLU DITERAPKAN SISTEM KOMPENSASI. PERTANYAAN MANAJEMEN DAN PERTANYAAN RISET ‡ GEJALA (SYMPTOM) SEKALIGUS ISUNYA: TERJADINYA PENURUNAN PENJUALAN. APAKAH PERLU MEMBUAT PRODUK BARU YANG LEBIH BERVARIASI? . ‡ PERTANYAAN MANAJEMEN: BAGAIMANA PERUSAHAAN MENGATASI PENURUNAN PENJUALAN TERSEBUT? ‡ PERTANYAAN RISET: 1.CONTOH SYMPTOP. APAKAH PERLU DIBERIKAN DISKON PENJUALAN? 3.

.CERITA KONTEKS ‡ LATAR BELAKANG PERMASALAHANMERUPAKAN GEJALA (SYMPTOM) DARI PERMASALAHAN YANG AKAN DITELITI. ‡ LATAR BELAKANG PERMASALAHAN DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI CERITA KONTEKS YANG MENARIK DAN MERUPAKAN RISET YANG MENARIK ‡ RISET YANG TIDAK MEMPUNYAI CERITA KONTEKS HANYA MERUPAKAN RISET YANG MENUNJUKKAN HUBUNGAN VARIABEL-VARIABEL SAJA DAN DICURIGAI SEBAGAI SUATU LATIHAN STATISTIK SAJA. ‡ SYMPTOM MERUPAKAN TANDA-TANDA TERJADINYA PERMASALAHAN ‡ LATAR BELAKANG PERMASALAHAN MENJELASKAN TIMBULNYA ISU ATAU TOPIK YANG AKAN DITELITI.

CONTOH 1 ‡ RISET YANG MENGANGKAT ISU BAHWA BETA DI PASAR MODAL INDONESIA BIAS. ‡ PASAR MODAL YANG SEDANG BERKEMBANG BIASANYA MERUPAKAN PASAR MODAL YANG PERDAGANGAN2NYA TIPIS (THIN TRADING) YAITU BANYAK SAHAM YANG TIDUR YANG TIDAK MELAKUKAN PERDAGANGAN. ‡ RISET INI MEMPUNYAI CERITA KONTEKS YANG MERUPAKAN LATAR BELAKANG PERMASALAHAN SEBAGAI BERIKUT: ‡ PASAR MODAL INDONESIA MERUPAKAN PASAR MODAL YANG SEDANG BERKEMBANG. .

CONTOH 1 ‡ AKIBAT PASAR YANG TIPIS INI MENIMBULKAN PERDAGANGAN2NYA YANG TIDAK SINKRON YANG MENGAKIBATKAN INDEKS HARGA SAHAMNYA TIDAK SINKRON. .LANJ. ‡ KARENA BETA SUATU SAHAM MERUPAKAN HUBUNGAN VOLATILITAS RETURN SAHAM TERSEBUT DENGAN VOLATILITAS RETURN PASAR YANG DIHITUNGDARI INDEKS HARGA SAHAM. MAKA BETA SAHAM MENJADI BIAS.

. ‡ PEMEGANG SAHAM INI MEMINTA MANAJER PERUSAHAAN UNTUK MENCARI DANA DI LUAR PERUSAHAAN LEWAT PINJAMAN BANK.CONTOH 2: ‡ ISU RISET: DEVIDEN MERUPAKAN SUATU MEKANISME UNTUK MENTRANSFER KEMAKMURAN DARI BONDHOLDER KE SHAREHOLDER LEWAT PENTRANSFERAN BIAYA (PEMONITORAN) ‡ CERITA KONTEK (LB) TIMBULNYA ISU DIJELASKAN SBB: ‡ PEMEGANG SAHAM DI AMERIKA DIKABARKAN PINTAR MENTRANSFERKEMAKMURAN DARI BONDHOLDER.

CONTOH 2: ‡ BANK YANG MENERAPKAN MANAJEMEN RESIKO AKAN MEMERIKSA PERUSAHAAN INI UNTUK MENENTUKAN PINJAMANNYA.LANJ. ‡ PEMEGANG SAHAM AKAN HANYA MELIHAT SAJA BAGAIMANA MANAJERNYA MENCARI PINJAMAN. . PEMEGANG SAHAM DAPAT MENGETAHUI KUALITAS MANAJERNYA TANPA HARUS MENGAWASI SECARA LANGSUNG. MAKA MANAJERNYA MERUP MANAJER YANG BAIK. ‡ JIKA KINERJA BAIK MAKA BANK AKAN MELULUSKAN PINJAMANNYA DAN SEBALIKNYA JUKA KINERJA PERUSAHAAN TIDAK BAIK. TETAPI DPAT LEWAT PIHAK LAIN YAITU BANK. ‡ JIKA BERHASIL. SEHINGGAN PEMEGANG SAHAM AKAN MENGHEMAT BIAYA PENGAWASAN. BANK AKAN MENOLAK PINJAMANNYA.

‡ KARENA PERUSAHAAN DALAM INDUSTRI TERTENTU MERASA KHAWATIR TERHADAP IMPOR DARI PERUSAHAAN LUAR NEGRI. MEREKA AKAN MELAKUKAN LOBI KE KONGRESS .CONTOH 3: ‡ MANAJEMEN LABA (EARNING MANAGEMENT) YANG DILAKUKAN OLEH PERUSAHAANPERUSAHAAN DI SUATU INDUSTRI UNTUK MENDAPATKAN PERBAIKAN IMPOR. MEREKA MELAKUKAN MANAJEMEN LABA UNTUK MENURUNKAN LABA MEREKA SEBELUM KONGRES. ‡ DENGAN MENUNJUKKAN BAHWA LABA DI PERUSAHAAN TERSEBUT TURUN DAN DIKHAWATIRKAN MASA DEPAN MEREKA AKAN SURAM.

. DAN MENUNJUKKAN BAHWA PENELITI MEMAHAMI FENOMENANYA. PENELITI HARUS MEMAHAMI FENOMENA YANG AKAN DIUJINYA. ‡ SALAH SATU TUJUAN PENELITIAN ADALAH UNTUK MENGUJI FENOMENA ‡ UNTUK DAPAT MENGUJI FENOMENA DENGAN BAIK.PENTING: CERITA KONTEK ‡ CERITA KONTEK SANGAT PENTING UNTUK MENGHUBUNGKAN HASIL PENELITIAN DENGAN FENOMENA YANG AKAN DITELITI. ‡ CERITA KONTEK MENUNJUKKAN FENOMENA YANG DITELITI.

‡ JIKA PENELITIAN TIDAK MEMPUNYAI CERITA KONTEK MAKA HASIL PENELITIAN AKAN MENYIMPANG DARI FENOMENA. PENTING: CERITA KONTEK ‡ DENGAN MEMAHAMI FENOMENA DALAM BENTUK CERITA KONTEK. .LANJ. DAN MENYESATKAN. MAKA HASIL PENELITIAN DAN KESIMPULANNYA AKAN SELARAS DAN MENDUKUNG FENOMENA.

. DAN MENEMUKAN TEORI YANG BARU. MEMVERIFIKASI FENOMENA. YAITU UNTUK MENCAPAI SASARAN. ‡ TUJUAN RISET SEHARUSNYA MENGACU PADA ISUNYA. UNTUK MEMECAHKAN MASALAH.TUJUAN RISET ‡ ADALAH APA YANG INGIN DICAPAI DENGAN MELAKUKAN PENELITIANNYA. MENANGKAP OPPORTUNITY.

CONTOH TUJ RISET: ‡ SUATU PENELITIAN MEMILIKI TUJUAN: 1. MENGUJI APAKAH BETA DI PASAR MODAL INDONESIA BIAS KARENA PERDAGANGAN YANG TIPIS 2. UNTUK MENGUJI MODEL-MODEL KOREKSI BETA YANG TERSEDIA DAN MENENTUKAN YANG TERBAIK UNTUK PASAR MODAL INDONESIA. .

‡ TUJUAN KEDUA ADALAH UNTUK MEMECAHKAN MASALAH YANG ADA YAITU MENCOBA MENEMUKAN CARA KOREKSI BETA YANG TERBAIK DI PASAR MODAL INDONESIA. .LANJ. CONTOH TUJ RISET: ‡ TUJUAN RISET YANG PERTAMA ADALAH MEMFERIFIKASI FENOMENA YANG TERJADI DAPAT MENYEBABKAN BETANYA BIAS.

PENTING ‡ TUJUAN RISET TIDAK SAMA DENGAN TUJUAN PERISET. (SERING DIJUMPAI DALAM SKRIPSI ATAPUN THESIS0 . ‡ TUJUAN UTK MENDAPATKAN GELAR ADALAH TUJUAN PERISET.

KONTRIBUSI RISET ‡ KONTRIBUSI RISET DAPAT DIDEFINISIKAN SEBAGAI MANFAAT YANG DITELITI BERUPA KONTRIBUSI TEORI. DAN KEBIJAKAN ISU YANG DITELITI KEPADA PEMAKAI RISET. . PRAKTEK.

MEMPUNYAU KONTRIBUSI TEORI YAITU MENERAPKAN TEORI KEAGENAN UNTUK FENOMENA INI.KONTRIBUSI TEORI ‡ KONTRIBUSI TEORI: HASIL RISET DIHARAPKAN MEMPERBAIKI TEORI YANG SUDAH ADA KE FENOMENABARU ATAU MENEMUKAN TEORI BARU ‡ CONTOH: HASIL RISET YANG MENUNJUKKAN BAHWA DEVIDEN DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI MEKANISME UNTUK MENTRASFER BIAYA PENGAWASAN DARI PEMEGANG SAHAM KE BANK. .

KONTRIBUSI PRAKTEK ‡ MENUNJUKKAN BAHWA HASIL RISET DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMPERBAIKI PRAKTIK NYATA ATAU PALING TIDAK DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMPERBAIKI PRAKTIK YANG ADA DENGAN LEBIH BAIK. ‡ CONTOH: HASIL DARI PENELITIAN MEMPERBAIKI BETA YANG BIAS AKAN MEMPUNYAI KONTRIBUSI YANG BESAR KEPADA PRAKTEK PASAR MODAL DALAM MENGGUNAKAN BETA SAHAM YANG SUDAH DIKOREKSI DARI BIAS YANG ADA. .

KONTRIBUSI KEBIJAKAN ‡ BERHUBUNGAN DENGAN MANFAAT BAGI REGULATOR YANG MENGELUARKAN KEBIJAKAN UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK. .

.PENTING ‡ BEBERAPA RISET HANYA MEMBERIKAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PIHAK2 TERTENTU TANPA MENGHUBUNGKAN DENGAN APA YANG SEDANG DITELITI. ‡ KADANG KONTRIBUSI MENIMPANG DARI ISU YANG DITELITI.

KETIGA. KEDUA.ISU PENELITIAN ‡ ISU YANG DIAJUKAN SEBAIKNYA DAPAT DIPAHAMI DI AHALAMAN AWAL PROPOSAL. MAKA PEMBACA TIDAK AKAN MENGERTI APA YANG AKAN DITELITI. JIKA ISU TIDAK BISA DITEMUKAN OLEH PEMBACA. ‡ ISU HARUS DITULIS DENGAN JELAS. ATAU ISU TIDAK DITULIS SECARA EKSPLISIT DAN JELAS. PERTAMA. .

METODE DITULIS DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT SENDIRI.SKRIPSI ‡ TUJUAN: MEMBUAT MAHASISWA BELAJAR MELAKUKAN RISET. DAN DITERAPKAN DI FENOMENA YANG DIPILIH DENGAN DATA YANG BERBEDA. ‡ CUKUP MEREPLIKASI RISET YANG SUDAH ADA (MENIRU ISUNYA. UNTUK MENGHINDARI PLAGIASI. PENGEMBANGAN HIPOTHESINYA. . DENGAN HASIL YANG BERBEDA.

LANJ. ‡ MEMERLUKAN 1 ARTIKEL UTAMA DAN 520 ARTIKEL TAMBAHAN SEBAGAI ACUAN. ‡ REPLIKASI YANG DIAMBIL DARI JURNAL DALAM NEGARA RELATIF SEMPIT DAN KEMUNGKINAN TERJADINYA PLAGIASI RELATIF LEBIH BESAR. . SKRIPSI ‡ ISU YANG DIREPLIKASI DAPAT DIPEROLEH DARI ARTIKEL YG TELAH DITERBITKAN DI JURNAL LUAR NEGRI YANG MUNGKIN DAPAT DITERAPKAN UNTUK FENOMENA DI INDONESIA.

THESIS S2 (M.Sc/M.Si) ‡ MEMBUAT MAHASISWA MAMPU MERANCANG RISET SENDIRI DAN MELAKUKANNYA DI SATU FENOMENA. ‡ MEMERLUKAN 2-5 ARTIKEL UTAMA . ‡ DAPAT MEMILIH ISU YANG DIKEHENDAKI DAN MENGGUNAKAN BEBERAPA PENELITIAN UNTUK DIGABUNGKAN MENJADI RISET BARU. ‡ UMUMNYA DILAKUKAN DNEGAN MENGGABUNGKAN BEBERAPA VARIABEL UTAMA DI BEBERAPA RISET KE DALAM SATU MODEL MENJADI SEBUAH MODEL YANG BERBEDA.

‡ ISU YANG DIAMBIL ADALAH DARI SYMPTOM ATAU DILEMA MANAJEMEN YANG TERJADI DI PERUSAHAAN YANG AKAN DIUSULKAN UNTUK DIPECAHKAN. ‡ UNTUK INI MAHASISWA DAPAT TIDAK MENGGUNAKAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN TETAPI MENGGUNAKAN ARTIKEL-ARTIKEL POPULER ATAU TEORI-TEORI DI BUKU TEKS .INTERENSHIP S2 MM ‡ TUJUAN PENULISAN: UNTUK MENERAPKAN TEORI YANG DIPELAJARI DI KELAS KE DALAM PEMECAHAN MASALAH DI SATU PERUSAHAAN.

‡ KAJI LITERATUR INI SANGAT PENTING UNTUK MEMETAKAN DAN SEKALIGUS MEMAHAMI ALUR ISU YANG DIPILIH MULAI DARI PENELITIAN PALING AWAL SAMPAI KE PENELITIAN TERAKHIR UNTUK MENDAPATKAN GAMBARAN YANG UTUH DAN MENGANGKAT KEKURANGAN-KEKURANGAN UNTUK DIPERBAIKI MENJADI SUATU RISET YANG MENEMUKAN SESUATU YANG BARU . MISALNYA TENTANG KUALITAS LABA AKUNTANSI. ‡ MAHASISWA HARUS MENGKAJI SEMUA ARTIKEL YANG MEMBAHAS ISU TERSEBUT.DISERTASI ‡ TUJUAN PENULISAN: UNTUK MENEMUKAN SUATU YANG BARU DI SUATU BIDANG TERTENTU. PENGUNGKAPAN INFORMASI AKUNTANSI.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->