NAMA NPM KELAS

: SINTONG PARULIAN UMARDANI HASIHOLAN : 16110566 : 1 KA 34

Prasangka, Diskriminasi, dan Etnosentrisme

ETNOSENTRISME y Suatu suku bangsa yang cenderung menganggap bahwa kebudayaan mereka sebagai salah satu yang prima dan cenderung menganggap remeh suku bangsa lain. Merupakan gejala sosial yang universal. Etnosentrisme dapat dianggap sebagai sikap dasar Ideologi Chauvinisme yang dianut orang-orang Jerman pada era Perang Dunia II yang dikenal dengan sebutan NAZI.   

Perbedaan Prasangka dan Diskriminasi Sikap negatif terhadap sesuatu hal yang belum tentu diketahui kebenarannya disebut prasangka. Dalam kondisi prasangka untuk menggapai akumulasi materi tertentu. Bertindak diskriminasi terhadap ras yang diprasangkanya.

y y

Sebab-sebab Timbulnya Prasangka a. b. c. d. Berlatar belakang sejarah. Dilatar belakangi oleh perkembangan sosio-kultural dan situasional. Bersumber dari kepribadian. Berlatar belakang dari perbedaan keyakinan dan agama.

Daya Upaya Untuk Mengurangi Prasangka dan Diskriminasi 1. Perlunya perbaikan kondisi sosial ekonomi, pemerataan pembangunan di setiap daerah, serta usaha peningkatan pendapatan Warga Negara Indonesia. Perluasan kesempatan belajar bagi seluruh Warga Negara Indonesia. Dibutuhkan sikap saling terbuka dan jiwa Patriotisme untuk menangkal berbagai masalah atau tantangan yang dating dari dalam atau luar negeri.

2. 3.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.