MEGA MUSTIKA 170210070067

FUNDAMENTALISME: REVOLUSI IRAN

Fundamentalisme pada dekade ini telah menjadi sebuah fenomena yang cukup menyita perhatian dan pikiran para intelektual. Setelah terjadinya Tragedi WTC pada 11 September 2001 yang didalangi oleh Al-Qaeda hingga memunculkan berbagai skeptisme terhadap fundamentalisme. Padahal, tindakan para fundamentalis tidak hanya berkisar pada kekerasan dan teror tetapi juga berkaitan dengan realita modern yang tertanam telah mengaburkan makna dari fundamentalisme tersebut. Sekarang, berbagai pertanyaan dan penafsiran terus dikembangkan untuk memahami makna di balik fenomena sosial ini. Namun, sebanyak apapun disiplin ilmu dan teori yang dipakai untuk mengkaji masalah tersebut, pada akhirnya berujung dengan kontroversi pemaknaan tentang fundamentalisme itu sendiri. Hal ini bisa dimaklumi, karena berbagai perbedaan pandangan dalam mengkaji konteks fundamentalisme itu sendiri. Fundamentalisme berasal dari kata “fundamental” yang artinya dasar. Jadi intinya, fundamentalisme berupaya untuk mengembalikan nilai-nilai yang diyakini ke dasarnya. Berarti ada nilai-nilai yang telah tercemari karenanya, Karena pandangan seperti ini, elompok-kelompok yang mengikuti paham fundamentalis seringkali berbenturan dengan kelompok-kelompok lain bahkan yang ada di lingkungan agamanya sendiri. Mereka menganggap diri sendiri lebih murni dan dengan demikian juga lebih benar daripada lawan-lawan mereka yang iman atau ajaran agamanya telah tercemar. Tetapi, semakin berkembangnya pemikiran tentang fundamentalisme, semakin memberikan gambaran yang sempit tentang arti dari paham tersebut sehingga mengubah pandangan keseluruhan dari fundamentalisme tersebut. Menurut pandangan John T. Rourke dalam bukunya International Politics on The World Stage, ia memandang fundamentalisme sebagai religious traditionalism dan digunakan untuk merujuk kepada seseorang yang memegang nilai-nilai keagamaan konservatif dan berusaha untuk mewujudkan nilai-nilai

Massa demonstran pun bentrok dengan polisi yang mengakibatkan banyak peserta demonstrasi tertembak aparat. kebijakan yang cukup populer ini tidak diikuti dengan kesungguhan Shah untuk mengungkap segala penyiksaan dan penindasan yang telah ia lakukan terhadap para lawan politiknya. Tetapi.html [3/12/2009] . Melalui http://www. Tanda-tanda kejatuhan Dinasti Pahlevi mulai terlihat pada awal tahun 1977. Cita-citanya ini membuat Ia diasingkan dari Iran selama 15 tahun. 2006. Para pengacara juga menuntut dihapuskannya pengadilan militer yang biasa digunakan untuk mengadili para narapidana politik.1 Dari pengertian tersebut tersirat bahwa para fundamentalis memiliki hasrat untuk menciptakan negara berlandaskan hukum-hukum agama. The Iranian Revolution: King Pahlevi (the Shah) against Dissent. memicu para jurnalis untuk menuntut kebebasan berpendapat dan pers. Sayangnya. Pada Februari 1977. ditemukan tewas di tempat tidurnya. Pada sisi lain. putra Imam Khomenei. Sebagian kelompok massa lain menggelar demonstrasi untuk menuntut diakhirnya rezim Shah yang menurut mereka telah melakukan pelanggaran HAM berat selama berkuasa. Di akhir bulan Oktober 1977. Iran sebagai salah satu sekutu Amerika harus menerima kebijakan dengan imbalan keberlanjutan bantuan Amerika Serikat sektor ekonomi dan militer. Kebijakan Shah yang kuat untuk melakukan westernisasi dan kedekatan dengan kekuatan Amerika Serikat ini berbenturan dengan identitas Muslim Syi'ah Iran karena menganggap bahwa Shah adalah boneka Barat. Shah melepaskan 357 tahanan politik.2 Pihak pemerintah melarang dilakukan otopsi terhadap jenazah 1 John. rezim Shah harus mengikuti kebijakan Amerika Serikat karena secara nyatanya Iran sangat tergantung kepada Amerika. menjadikan isu Hak Asasi Manusia sebagai arah dalam kebijakan luar negerinya. Hingga pada akhirnya usaha-usaha yang dilakukan oleh Khomeini berhasil dengan digulingkannya Dinasti Pahlevi dengan penggantian sistem pemerintahan monarki menjadi sistem pemerintahan islam melalui pemilu yang diprakarsai Khomeini dengan keputusan menunjukkan lebih dari 98% rakyat Iran setuju dengan pembentukan negara Islam di Iran. Jimmy Charter. Mustafa. Dalam kondisi seperti ini.com/h2/ch29ir. Pada saat itu. T Rourke. hal 151 2 Anonymous. International Politics In World Stage. di kota Najaf.fsmitha. Fenomena ini dapat terlihat pada Revolusi Iran pada tahun yang dimotori oleh Ayathullah Rhullah Khomeini yang mencita-citakan pemerintahan Islam pada negara Iran yang pada saat itu dipimpin oleh seorang tiran yaitu Mohammad Reza Pahlevi. Presiden Amerika yang baru dilantik.tersebut ke dalam hukum nasional. isu HAM yang dihembuskan AS. 2003.

Tetapi terdapat indikasi kuat bahwa yang membunuh adalah badan intelejen Iran yaitu SAVAK.3 Aksi demonstrasi ini juga merupakan bentuk protes atas kedatangan Jimmy Carter ke Iran. The Iranian Revolution. Ia secara rutin mengirim pidato-pidato politik yang berisi kecaman-kecaman terhadap Shah untuk membakar semangat massa dalam melakukan perlawanan terhadap rezim. Sambil berteriak “Allahu Akbar” terus menerus.marxist. Imam Khomeini terus memompa semangat perlawanan di tempat pengasingannya di Paris karena dianggap menentang pemerintah. Demonstrasi yang dilancarkan para mahasiswa di Qum melawan aksi pembunuhan tanpa sebab. hingga mencapai puncaknya pada 10 Muharram. Para buruh dan pekerja profesional. korban tewas mencapai 4000 orang lebih. Demonstrasi yang sebenarnya adalah upacara ritual berubah menjadi kerusuhan setelah tentara memblokir jalan-jalan dan menembaki para demonstran. Tanggal 10 Muharram merupakan saat itu ratusan ribu orang turun ke jalan memperingati terbunuhnya Imam Husein di Padang Karbala. Pidato-pidatonya itu dikirim dalam bentuk rekaman kaset maupun pamflet yang dibawa ke Iran oleh para agen Khomeini. 2006.com/MiddleEast/iran79. Mereka menyerang para demonstran dengan senjata sehingga sejumlah tujuh puluh demonstran meninggal. sehingga siapa pembunuhnya menjadi misteri.Mustafa. bertepatan dengan 1 Desember 1978. apalagi setelah tokoh muda 3 Ibid 4 Ted Grant. semuanya saling bahu-membahu tidak putus-putusnya selama tahun 1978 sampai Pebruari 1979 melancarakan aksi-aksi kolosal menentang Shah. Setiap hari dalam empat puluh hari terjadi gerakan protes dan demonstrasi dan skalanya semakin besar. guru dan siswa. Hal ini menurunkan legitimasi pemerintahan Shah di mata rakyat Iran dan dunia. Sang Imam memang saat itu benar-benar menjadi idola yang dielu-elukan pada demonstran. tetapi menurut orang-orang Teheran. Kejadian ini menjadikan para mahasiswa di Qum yang berjumlah 4000 orang melancarkan aksi demonstrasi pada 8 Januari 1978.html [3/12/2009] . petani dan nelayan. Para aparat kepolisian pun bertindak represif. Versi pemerintah jumlah korban dalam kerusuhan itu hanya ratusan orang saja. dosen dan mahasiswa.4 Hampir seluruh rakyat Iran yang terdiri dari berbagai latar belakang dan faksi politik bersatu dalam aksi-aksi demontrasi itu. dari masjid-masjid. rumah-rumah dan jalan-jalan di berbagai wilayah diiringi dengan tuntutan kepada Shah untuk mundur dari jabatannya. Melalui http://www. Kelompok sekuler yang antara lain direpresentasikan oleh Front Nasional dan para anggota Partai Tudeh bersinergi dengan kelompok yang berorientasi Islam yang direpresentasikan oleh para pendukung Imam Khomenei maupun Ali Syari’ati.

para pekerja kilang minyak di Teheran mengeluarkan seruan pemogokan untuk mengung\kapkan solidaritas terhadap pembantaian yang dilakukan 5 Ted Grant. Para buruh tekstil menuntut kenaikan upah dan insentif. Pihak Shah sendiri mengancam akan menembak di tempak para pekerja jika mereka melakukan aksi serupa. Meningkatnya pendapatan minyak bumi mendorong suatu kemajuan yang menakjubkan dalam industri Iran. sampai akhirnya para dokter dan perawat ikut terlibat dalam aksi mogok. Secara detail aksi para buruh di atas dilandasi oleh peristiwa tanggal 8 September 1978 yang juga disebut sebagai Jumat Kelabu. Kebijakan itu sendiri memiliki arti bahwa lebih dari 40 persen tenaga tidak terampil dan 20 persen tenaga terampil tergusur oleh pemutusan hubungan kerja. Ketika Shah memutuskan untuk menghentikan program pembangunan. Seiring dengan membubungnya tingkat pengangguran.pembakar semangat perlawanan. “The Iranian Revolution” 6 ibid . Aksi ini menyebabkan kerugian sampai ratusan jutaan dollar. para buruh melakukan pemogokan. sejalan dengan luapan pertumbuhan industri yang pesat. Pada tanggal 9 September 1978.6 Aksi buruh yang sangat memukul ekonomi Iran adalah aksi mogok kerja yang dilakukan oleh para pekerja di kilang minyak. proyekproyek ekspansi industri dipotong hingga 40 persen. Sebagai jawabannya.5 Sehingga praktis tinggal Khomenei yang menjadi tumpuhan harapan sebagai tokoh perlawanan. Aksi ini meluas diantara para pekerja yang berada di sektor lain. gaji pun merosot drastis dan pemerintah menarik kembali keuntungan yang sebelumnya telah diberikan kepada buruh. pemerintah di tahun 1976 menumumkan adanya program penghematan. Pemogokan itu adalah percikan yang menyulut dinamit yang telah terpasang di seluruh pelosok negeri. Inflasi melonjak cukup tinggi dan menjadi alasan bagi timbulnya peristiwa kerusuhan kolosal tahun 1977. yang terakselerasi setelah lompatan harga minyak tahun 1973. Kelas pekerja atau buruh mempunyai peran yang cukup signifikan dalam serangkaian aksi menentang Shah tahun 1978-1979. tetapi ancaman ini tidak digubris para pekerja dan mereka terus melakukan aksiaksinya. Ali Syari’ati meninggal dunia pada tahun 1977. Saat itu para aparat keamanan melakukan pembantaian atas ribuan demonstran di Teheran. petugas transportasi. Akan tetapi. segala kontradiksi sosial menjadi terus-menerus menajam. Dalam kondisi kesulitan hidup masyarakat yang memuncak. buruh kasar. Ekonomi Iran yang sangat sukses mendorong penguatan kolosal dari kaum pegawai dan buruh. Reaksi dari kelas pekerja disalurkan dalam gerakan aksi mogok yang terus menguat terjadi di Abadan dan BehSyahr. seperti sopir.

Negara sendiri terguncang oleh kerasnya pukulan gerakan yang dilancarkan massa. Hari demi hari demonstrasi terus menerus dan mobilisasi massa yang telah jauh melanggar batas kehidupan normal. Boneka patung Presiden AS Jimmy Carter dan Shah digantung ribuan kali menghiasi setiap pojok jalan setiap kota Iran. Abdan dan Isfahan. Fakta ini dengan sendirinya memperlihatkan kekuatan kolosal dari kaum proletar Iran: satu pemogokan tunggal barisan buruh minyak menyebabkan pemerintah menelan kerugian tidak kurang dari tujuh puluh empat juta dollar perhari berupa pendapatan yang hilang. jalan kereta api. Shah menjadi simbol dari bercokolnya tatanan yang dibenci dan represi SAVAK yang berdarah Seperti yang telah disaksikan oleh umat manusia dalam setiap revolusi di sepanjang sejarah. Buruh minyak bumi telah memotong urat nadi utama penyalur pendapatan negara. Para buruh penyulingan minyak melakukan mogok dimana-mana. Semua bidang-bidang kerja baru pun ditarik ke dalam perjuangan: para pekerja dari sektor publik-guru. Tepat pada keesokan harinya. kaum petani. karyawan rumah sakit. serta para pegawai dari perusahaan tansportasi. kelas menengah dari berbagai lapisan dan kelompok yang paling berhawa jahat. Tabriz. Sebagaimana telah di tulis di muka. bandar udara domestik dan bank semua bergabung dengan gelombang raksasa yang tengah bergolak. Massa menyerang kedutaan Inggris dan Amerika sembari membakar ribuan bendera Amerika. Shah kehilangan dukungan dari segenap kelompok massa. pemogokan telah menjalar luas seperti api yang tidak bisa dijinakkan ke Shiraz. Tendensi di dalam tubuh angkatan bersenjata untuk mengalami perpecahan sesuai dengan garis kelas. perusahaan telepon dan stasiun televisi. angkatan bersenjata bisa beralih mendukung ke pihak rakyat. gelombang pasang pemogokan telah melumpuhkan mesin kenegaraan. Beberapa serdadu wajib militer menembak perwira . Terdapat insiden lain semacam itu. adalah proporsional dengan polarisasi dalam masyarakat kelas. pegawai kantor. manakala rakyat berjuang merebut kekuasaan negara. intelektual. pegawai di kantor pos. Akan tetapi pemogokan buruh minyak yang hebat selama tiga puluh tiga harilah yang hampir melumpuhkan segalanya. Tuntutan ekonomi dari kaum buruh dengan cepat dirubah menjadi tuntutan politik dengan tuntutan untuk menurunkan Shah. para pegawai negeri juga melakukan aksi mogok. tentara. Basis material dari Revolusi Iran terletak pada kemajuan kekuatan-kekuatan produktif dan perubahan yang telah dilakukan dalam kapitalisme Iran di seluruh periode sebelumnya.sehari sebelumnya dan menentang diberlakukannya undang-undang negara dalam keadaan bahaya. dokter.

telah mendahului meninggalkan Iran tanpa sepengetahuannya. termasuk ulama yang biasanya mengantar dengan meletakkan al-Qur’an di atas kepala Shah setiap lawatannya ke luar negeri. saya Perdana Menteri dan saya akan tetap menjabatnya. ia melakukan langkah terakhir untuk tetap memegang kendali kekuasaan. Pengangkatan Syahpur Bakhtiar tidak membuat situasi Iran lebih baik. dan pemerintah tunduk kepada Deklarasi Dunia tentang HAM. Mohammad Shah Reza didampingi istri meninggalkan Iran dengan pesawat pribadi. Sebelum meninggalkan Iran. orang kepercayaannya di kalangan militer. Shah memasukkan orang-orang kepercayaannya ke dalam Dewan Negara sebelum meninggalkan negeri Iran dengan harapan suatu saat Shah bisa kembali berkuasa setelah krisis usai. setelah ragu pada awalnya. seperti dicabutnya SOB (Undang-Undang Bahaya). Setelah terjadinya perpecahan yang terjadi dalam tubuh tentara. Shah kehilangan semua kendali terhadapnya. Pada tanggal 16 Januari 1979. Akan tetapi manuver tersebut gagal dan krisis tersebut menjadi lebih parah.7 Setelah Dewan Negara dilantik. Orang-orang kepercayaannya tidak ada satu pun yang mengantarkan sampai bandara. bukan pupulance” 7 Ted Grant. Sehari kemudian – setelah terbentuk Dewan Negara – . Shah tampak pucat dan tegang meninggalkan Iran. negara ini dalam sebuah keadaan pergolakan revolusioner. banyak desersi dan pemberontak dieksekusi oleh Savak.mereka atau melakukan bunuh diri karena diperintahkan untuk menembaki para demonstran. Di pihak lain. Ibu. pada 16 januari 1979. menunjuk Syahpur Bakhtiar dari Front Nasional sebagai perdana menteri. penghentian penjualan minyak Israel dan Afrika Selatan. Dalam kepanikan. op. meskipun semua tuntutan rakyat Iran dituruti. Bahkan. yang pada akhirnya harus terbang meloloskan diri dengan pesawat terbang ke Mesir. cit . Di sana mereka disambut demonstrasi oleh para pelajar dan pekerja Iran yang berada di Amerika serta warga Amerika yang simpati dengan perjuangan penggulingan Shah. Rakyat Iran tersinggung dengan pernyataan Syahpur yang mengatakan: “Saya tidak mau mundur. seperti Jenderal Azhari dan Jenderal Oveissyi. jutaan orang demonstrasi menuntut Shahpur Bakhtiar mundur dari Perdana Menteri dan meminta Khomeini pulang memimpin negeri Iran.. Tidak ada harapan yang tersisa bagi Shah. keluarga dekat dan anak-anak Shah lebih dulu meninggalkan Iran menuju Los Angeles. pada 19 Januari 1979. Shah membentuk Dewan Negara pada 13 Januari 1979 dengan jumlah anggota sembilan orang. Selanjutnya. Gubernur Militer.

stasiun televisi. menunggu seseorang untuk memungutnya. 37 . tentara yang ditopang oleh imperialis Amerika karena kepentingan vitalnya terlibat dalam peran kunci ini di Timur Tengah. Iranian Revolution. akhirnya dapat ditumbangkan dengan kekuatan revolusi.8 perjuangan melawan Shah secara efektif telah selesai. Dalam waktu yang tidak terlalu lama mereka meluluhlantakkan mesin perang Shah. dan ketika Syahpur Bakhtiar menggunakan polisi militer serta Prajurit Istana untuk melawan sekelompok pemberontak yang merupakan para kadet angkatan udara. Revolusi Iran tersebut mengandung makna atau pengaruh yang bersifat global. Satu kubu dari Front Nasional yang dipimpin oleh Mehdi Bazargan. Tumbangnya Dinasti ini sekaligus juga tumbangnya sistem monarki yang sudah 2000 tahun diterapkan di Iran. dia dipertemukan dengan para perwira yang mejanjikannya dukungan dari unit-unit utama angkatan bersenjata. sebab kalau tidak. Di seluruh pelosok negeri. Melalui www. di muka umum dan wartawan Khomeini mengumumkan pembentukan “Dewan Revolusi” dan meminta Syahpur Bakhtian mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri.9 Akhirnya. tekanan dari rakyat begitu intensif sehingga tentara perkasa ini luluh lantak berkeping-keping seperti sebuah gelas anggur yang jatuh dari meja dalam suatu pesta mabuk. bergabung dengan para pemberontak.edu [3/12/2009] 9 Zayar. pangkalan militer. ada orang-orang yang berkeinginan untuk memberinya sebuah peran pemuka. Sayap Militan Khomeini dan beberapa kelompok ultra-kiri (Marxis Feda’iyani-i Khalq dan Mojahedin-I Khalq). Dinasti Pahlevi yang mulai didirikan pada 1925. penjara serta parlemen. terjadi desersi setiap hari. Untuk 8 Anonymous. hlm. pada 3 Februari 1979. merampas pabrik persenjataan. Pemberontakan menyebar ke seluruh penjuru unit militer. meletuslah pertempuran. Tetapi dalam kenyataannya. Revolusi Iran telah menghempaskan tentara terbesar kelima di dunia. Syahpur pun akhirnya mengundurkan diri. Shia: The Iranian Revolution.Maka dari itu. Sebagai konsekuensinya. ilusi tentang militer yang tak terkalahkan telah hancur dalam waktu semalam. Khomeini mengancam akan ada perang suci. Pada saat Khomeini kembali dari pengasingannya di Paris pada 1 Februari 1979. Kondisi negara telah benar-benar terdisintegrasi dan kekuasaannya tumpah ke jalanan. Meskipun tokoh karismatik tersebut tidak memainkan peranan secara langsung dalam menggulingkan Shah.wsu. Elit militer berkeinginan untuk mendapatkan kembali kendali dan “ketertiban”. dan jabatannya kemudian diserahkan kepada Mehdi Bazargan.

yang sampai sekarang terpendam dalam masyarakat nasab dan masyarakat kesukuan. International politics on the World Stage. Peristiwa revolusi Iran telah menggetarkan pola hubungan antara rezim negara dan gerakan keagamaan dan menyingkirkan keraguan akan masa depan.. The Iranian Revolution. Revolusi. 2003.wsu. Untuk pertama kalinya implikasi revolusioner Islam. Boston: McGraw-Hill Anonymous. Melalui http://www.marxist. 2006. John T. Boyer. berhasil direalisasikan dalam sebuah masyarakat industrial modern. melainkan juga masa depan seluruh masyarakat Iran.pertama kalinya di era modern.edu [3/12/2009] Ted Grant. The Iranian Revolution: King Pahlevi (the Shah) against Dissent. dan Mark A. Shia: The Iranian Revolution. 2006. 2007.html [3/12/2009] Anonymous. melainkan bisa jadi dari kelompok masyarakat keagamaan.fsmitha.html [3/12/2009] . tidaklah mesti berasal dari kelompok haluan kiri. tokoh-tokoh agama (ulama) mampu dan berhasil melawan sebuah rezim modern. DAPUS Rourke.com/h2/ch29ir. Melalui www.com/MiddleEast/iran79. Melalui http://www. tidak hanya masa depan Iran. dan mengambil alih kekuasan negara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful