You are on page 1of 7

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Pertumbuhan penduduk merupakan keseimbangan yang dinamis antara kekuatan-

kekuatan yang menambah dan kekuatan-kekuatan yang mengurangi jumlah penduduk.

Secara terus menerus penduduk akan di pengaruhi oleh jumlah bayi yang lahir

(fertilitas), tetapi secara bersamaan pula akan di kurangi oleh jumlah kematian

(mortalitas) yang terjadi pada semua golongan umur, serta perpindahan penduduk

(mobilitas) juga akan mempengaruhi bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk

di suatu daerah atau negara.

Di dalam Garis-garis besar Haluan Negara dinyatakan bahwa jumlah

penduduk yang besar baru menjadi modal dasar yang efektif bagi pembangunan

nasional hanya bila penduduk yang besar tersebut berkualitas baik. Namun dengan

pertumbuhan penduduk yang pesat sulit untuk meningkatkan mutu kehidupan dan

kesejahteraan secara layak dan merata. Hal ini bahwa penduduk yang besar dengan

kualitas yang tinggi tidak akan mudah tercapai.

Perkembangan penduduk tanpa disertai dengan kontrol untuk mengukur

jumlah penduduk yang di inginkan, hanya akan menumbuhkan masalah sosial

Universitas Sumatera Utara

Semakin tinggi teknologi yang dimiliki oleh suatu golongan penduduk. Pengetahuan tentang pendidikan adalah penting untuk diketahui oleh masyarakat luas yang mana dapat merangsang timbulnya kesadaran dan membina tingkah laku yang yang bertanggung jawab terhadap masalah kependudukan. Hal itu tentu saja merupakan masalah yang rumit bagi pemerintah dalam usahanya untuk membangun dan meningkatkan taraf hidup negaranya.ekonomis dengan segala pertumbuhan penduduk yang tinggi dari tahun ketahun memerlukan tambahan investasi dan sarana di bidang pendidikan. Untuk mengetahui banyaknya penduduk suatu daerah atau negara pada waktu tertentu maka di laksanakan sensus penduduk atau perhitungan cacah. Universitas Sumatera Utara . Setiap pendapatan baru dari lapangan teknologi sangatlah besar pengaruhnya terhadap perkembangan penduduk. perumahan dan sebagainya. Data inilah yang akan di pergunakan sebagai bahan untuk perencanaan ataupun sasaran-sasaran pembangunan dimasa yang akan datang. semakin luas kemungkinan memperbesar hasil –hasil produksi kebutuhan hidup dan semakin luas pula mata pencaharian untuk pertambahan penduduk. survei. sehingga masalah–masalah yang ada di atasi bersama dengan penuh perhatian dan memungkinkan setiap timbulnya masalah dapat di cegah atau di hindari Berkurangnya atau bertambahnnya penduduk di suatau daerah mempunyai hubungan yang erat dengan perkembangan teknologi yang dimilikinya. kesehatan. serta catatan-catatan untuk di analisis di susun menjadi angka.

khususnya mengenai jumlah Universitas Sumatera Utara . Oleh sebab itu penulis memilih judul”Proyeksi Pertumbuhan penduduk Kabupaten Padang Lawas Tahun 2013. yang di harapkan dapat di pergunakan seefisien mungkin bagi pihak–pihak yang membutuhkannya untuk dapat mengambil suatu keputusan atau kebijakan yang dapat membangun kesejahteraan masyarakat. 1. Dengan tujuan agar penulis tahu sebesar apa pertumbuhan penduduk pertahun dan memproyeksikannya pada tahun – tahun berikutnya. Maksud dan Tujuan Adapun maksud dari penulis ini adalah untuk mengamati dan memberikan penyajian data. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pertumbuhan penduduk di Kabupaten Padang Lawas dan memproyeksikannya pada tahun.2. 1. Rumusan Masalah Pertumbuhan yang tinggi dalam keadaan jumlah penduduk yang besar dapat menjadi beban yang berat bagi proses pembangunan. karena itu penyebaran penduduk yang tidak merata merupakan masalah kependudukan yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dan juga peranan dari masyarakat serta perguruan tinggi yang dianggap sebagai orang-orang intelektual dalam mensukseskan pembangunan.tahun berikutnya.3. dan perkembangan penduduk yang padat akan mengalami kesulitan untuk memacu pertumbuhan dan perbaikan ekonomi.

data kependudukan memegang peran yang penting. 1. Makin lengkap dan akurat data kependudukan yang tersedia makin mudah dan tepat rencana pemabangunan itu dibuat. kepadatan dan penyebaran penduduk. Yogyakarta. migrasi. Nur Cahaya. sehingga dapat di ambil suatu kebijakan untuk mencapai kesejahteraan penduduk yang seimbang dan dinamis dengan perkembangan yang merata di segala bidang 1. rasio jenis kelamin dan tingkat pertumbuhan penduduk.5. 2000) “Pengantar Studi Demografi” . komposisi struktur penduduk. Batasan Masalah Agar kajian dalam penelitian penulis ini tidak menyimpang. mortalitas. Dari buku ini dikutip bahwa besarnya pertumbuhan penduduk di suatu wilayah di pengaruhi oleh besarnya angka fertilitas. Tinjauan Pustaka • (Mantra Ida Bagus.4. rasio jenis kelamin menurut umur. Edisi kedua. rasio beban ketergantungan. Universitas Sumatera Utara .penduduk. juga di kutip rumus untuk menghitung jumlah pertumbuhan penduduk berdasarkan pertumbuhan geometrik yaitu Pt=Po(1+r)t • (Mantra Ida Bagus. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Dalam perencanaan pembangunan. 2009) “Demografi Umum” . struktur penduduk menurut umur. maka penulis hanya membatasi tentang taksiran atau ramalan pertumbuhan jumlah penduduk untuk tahun yang akan datang.

3. disusun dan di sajikan dalam bentuk angka –angka dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang sekumpulan data tersebut. Metode Pengumpulan Data Pengummpulan data untuk keperluan riset ini penulis lakukan dengan menggunakan data skunder yang di peroleh dari Badan Pusat Statistika Medan. Teknik dan Analisis Data Data penelitian di analisis dengan menggunakan metode proyeksi secara Geometrik Rate of Growth (pertumbuhan penduduk). Kepustakaan Disini penulis mengadakan penulisan “Tugas Akhir” dengan membaca buku-buku di perpustakaan dan Badan Pusat Statisitka (BPS) Medan. Adapun rumus Geometrik Rate of Growth tersebut adalah sebagai berikut: Pt = P0(1+r)t Universitas Sumatera Utara . Data yang di kumpulkan tersebut kemudian di atur. Pertumbuhan penduduk secara geometrik adalah pertumbuhan penduduk yang menggunakan dasar bunga (bunga majemuk).1. yang ada kaitannya dengan kependudukan di kota Padang Lawas. Jadi pertumbuhan penduduk (rate of growth) adalah sama untuk setiap tahun. 2. Metode Penelitian Dalam penelitian ini metode yang di gunakan adalah: 1.6.

yaitu : BAB 1 : Pendahuluan Bab ini menjelaskan latar belakang masalah. dan perhitungan – perhitungan. perumusan masalah. metode penelitian dan sistematika penulisan.Di mana: Pt = Jumlah penduduk pada tahun t P0 = Jumlah penduduk pada tahuun awal r = Angka pertumbhan penduduk t = Jangka waktu dalam tahun 1. factor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk beserta pengertiannya. proyeksi dan kegunaannya. maksud dan tujuan penelitian . BAB 3 : Gambaran Umum Tempat Risets Bab ini menjelaskan tentang sejarah singkat serta visi dan misi Badan Pusat Statistik . BAB 2 : Landasan Teori Bab ini mejelaskan tentang sumber – sumber data kependudukan. batasan masalah.7 Sistematika Penulisan Adapun sistematika pennulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut. Universitas Sumatera Utara . BAB 4 : Evaluasi dan Pembahasan Bab ini memberikan uraian tentang data yang telah diamati dan beserta analisisnya.

Universitas Sumatera Utara .BAB 5 : Implementasi Sistem Bab ini menjelaskan tentang Implementasi system yang di gunakan untuk analisis penelitian. BAB 6 : Kesimpulan dan Saran Bab ini memberikan beberapa ksimpulan dan saran sebagai akhir penulisan.