You are on page 1of 26

UPACARA

SAKRAMEN PERNIKAHAN KUDUS

ROBERT PASKAH PARULIAN

NAINGGOLAN, ST

(UCOK)

DENGAN

DINNA DORAWATI BR HUTAURUK

(DINA)

MINGGU, 6 APRIL 2008

DI GEREJA

SANTO PETRUS & PAULUS

BATURAJA

1

PEMBUKAAN

PENYAMBUTAN umat berdiri

Imam dan putera altar menerima kedua mempelai di ambang
pintu gereja.

Imam: Kedua mempelai dan saudara-saudara sekalian, dengan
ini saya mengucapkan selamat datang, semoga
rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih
Allah dan persekutuan dengan Roh Kudus beserta
kita.

Umat : Sekarang dan selama-lamanya.

PENYERAHAN MEMPELAI

Wali: Romo Joko yang kami hormati, kami menyerahkan
putera dan puteri kami, ROBERT PASKAH
PARULIAN NAINGGOLAN, ST dan DINNA
DORAWATI BR HUTAURUK ke hadapan
Romo untuk saling menerimakan Sakramen
Pernikahan menurut tata cara Gereja yang kudus.
Maka dari itu, atas nama kedua mempelai, kami
mohon kesediaan Romo agar berkenan
meresmikan dan mengukuhkan perkawinan
mereka melalui berkat Tuhan Yesus Kristus dan
doa restu seluruh saudara yang hadir di sini.

Imam: Terima kasih kepada Bapak/Ibu dan keluarga yang
telah sudi mempercayakan putra-putrinya kepada
Gereja, agar perkawinan mereka diberkati Tuhan.
Mempelai berdua, atas nama Gereja saya akan
memohonkan berkat Tuhan untuk menyucikan
cinta kasih kalian berdua dalam bentuk keluarga
baru yang sejahtera. Sekarang persiapkanlah diri
2

Champion victorious go thou before. flower of the earth. Mempelai pria duduk di sebelah kanan. Marilah sekarang kita menuju Allah Tuhan dan dengan khidmat mengikuti upacara perkawinan ini. May your young love know but gladness and mirth. LAGU PEMBUKAAN umat berdiri Koor: Bridal Chorus Faithful and true. imam. May your young love know but gladness and mirth. shall crown you with joy. saksi. Mempelai. go thou before. heart filled with pride. flower of the earth. Where love triumphant. lalu mereka diantarkan ke panti imam. mempelai. Star of renown. para orang tua pengantin dan para pengiring lainnya. we lead you forth. Maid. dengan hati suci agar pantas menerima Rahmat Allah dalam sakramen perkawinan ini. Urutan prosesi : putera altar. Star of renown. bright and glorious. Kedua mempelai diperciki air suci. kedua saksi dan orangtua mengambil tempat yang telah ditentukan. dan mernpelai wanita disebelah kiri. Here comes the bride. 3 .

Umat: Sekarang dan selama-lamanya. Koor: Tuhan Kasihanilah Kami (Misa Kita II – PS 351) 4 . Umat: Amin. Here come the groom. KATA PENGANTAR Imam: Demi nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada saudara sekalian supaya mendoakan saya kepada Allah Tuhan kita. Imam: (kata pembukaan) PERNYATAAN TOBAT umat berlutut Imam: Saya mengaku. Saya berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria. saya sungguh berdosa. mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal. cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus beserta kita. Imam: Semoga Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus. dengan perbuatan dan kelalaian. Umat: Kepada Allah yang maha kuasa dan kepada saudara sekalian bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan. may love with them abide. Umat: Amin. Imam: Semoga Allah yang maha kuasa mengasihani kita.

Anugerahkanlah kepada mereka keturunan yang dapat dibanggakan serta berkenan kepadaMu. Dialah yang menyelamatkan tubuh. tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan. PutraMu dan Pengantara kami. Karena itu 5 .Koor: Kemuliaan (Misa Kita II – PS 352) DOA PEMBUKAAN umat berlutut Imam: Allah. LITURGI SABDA BACAAN I umat duduk Lektor:Pembacaan dari surat Rasul Paulus kepada Umat di Efesus (Efesus 5: 2. karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Engkau pulalah yang menguduskan ikatan suami istri dan mengangkat perjanjian perkawinan menjadi lambang persatuan Kristus dengan Gereja. Sejak awal mula. berkatilah cinta kasih mereka supaya kekal seperti juga cintaMu pada anak-anakMu. Engkau menciptakan manusia dengan kekuatan kuasaMu dan sesuai citraMu. Umat : Amin.22-33 ) Dan hiduplah di dalam kasih. sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diriNya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah. Pandanglah kedua mempelai ini. 5. Demi Kristus. Allah. Hai istri. Dan Engkau mengajarkan bahwa perkawinan yang telah Kau teguhkan tak boleh diceraikan. Engkau menghubungkan pria dan wanita. dan memadukan jadi satu.

LAGU ANTAR BACAAN umat duduk Koor: Kasih Kasih pasti lemah lembut. Demikianlah juga suami harus mengasihi istrinya sama seperti tubuhnya sendiri. sama seperti Kristus terhadap jemaat karena kita adalah anggota tubuhnya. Umat : Syukur kepada Allah. berlaku Kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaknya menghormati suaminya" Demikianlah Sabda Tuhan. Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan istrinya. tetapi mengasuhnya dan merawatinya. sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri. sesudah ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman. tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jcmaat Bagaimanapun juga bagi kanni masing-masing. kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diriNya baginya untuk menguduskannya. Kasih pasti memaafkan. supaya dengan demikian la menempatkan jemaat di hadapan diriNya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau serupa itu. demikian jugalah istri kepada suami dalam segala sesuatu. sehingga keduanya menjadi satu daging. 6 . Kasih pasti murah hati. tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela. Siapa yang mengasihi istrinya mengasihi dirinya sendiri.sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus. Rahasia ini besar. Hai suami.

demikian pula Aku telah mengasihi kamu. ya Tuhan. Ajarilah kami saling mengasihi. Umat : Alleluya. Kasih-Mu. Barangsiapa mengasihi orang lain. Kasih-Mu kudus tiada batasnya. BAIT PENGANTAR INJIL umat berdiri Imam: Alleluya Umat: Alleluya Imam: Marilah kita saling mengasihi. kasih-Mu Tuhan. tinggallah di dalam kasihKu itu. (Yoh. karangan Santo Yohanes. kamu akan tinggal di dalam kasihKu. seperti Aku 7 . Ajarilah kami kasih-Mu. 16b-17) Umat: Dimuliakanlah Kristus. Jikalau kamu menuruti perintahKu. Sebab Allah dan cinta kasih itu satu dan sama. Umat: Sekarang dan selama-lamanya. Ajarilah kami saling mengampuni. BACAAN INJIL umat berdiri Imam: Tuhan beserta kita. berasal dari Allah dan mengenal Allah. 15: 9-13. Imam: Inilah Injil Yesus Kristus. Imam: Seperti Bapa telah mengasihi Aku.

dalam hati kami. seperti Aku telah mengasihi kamu. untuk menjawab pertanyaan Imam Imam: Saudara sekalian yang hadir di sini. Imam: Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya. menuruti perintah BapaKu dan tinggal di dalam kasihNya. Dan Aku telah menetapkan kamu. Semua itu Kukatakan kepadamu supaya sukacitaKu ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. sebelum perkawinan ini diresmikan. dan buahmu itu tetap. supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam namaKu. HOMILI umat duduk UPACARA SAKRAMEN PERNIKAHAN PENYELIDIKAN KANONIK umat duduk Para saksi berdiri. Inilah perintahKu kepadamu : Kasihilah seorang akan yang lain. yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. adakah sesuatu yang menghalangi perkawinan ini menurut ketentuan Gereja? 8 . Umat: Tanamkanlah sabdaMu ya Tuhan. perkenankanlah saya mengajukan pertanyaan kepada para saksi ini sesuai peraturan Gereja Katolik. diberikanNya kepadamu. yaitu supaya kamu saling mengasihi. Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang. supaya kamu pergi dan menghasilkan buah. Para saksi yang terhormat. Inilah perintahKu.

PERNYATAAN KESEDIAAN umat duduk Mempelai berdua berdiri. Saya bersedia mencintai dan menghormati suami saya. JANJI PERKAWINAN umat duduk 9 . DINNA DORAWATI BR HUTAURUK.anak yang dipercayakan Tuhan kepada saya. Saya bersedia menjadi ayah yang baik bagi anak. Dina: Saya. Setelah mengadakan penyelidikan seperlunya dan dikuatkan oleh pernyataan kedua saksi. Sebelum kalian berdua meresmikan perkawinan.Saksi: Sepanjang pengetahuan kami tidak ada halangan untuk meresmikan perkawinan ini. saya selaku wakil Gereja meluluskan permohonan kalian. ST menyatakan bahwa saya meresmikan pernikahan ini dengan ikhlas hati. Dari sebab itu kami mendukung permohonan kedua mempelai ini. Imam: Mempelai berdua yang berbahagia. ROBERT PASKAH PARULIAN NAINGGOLAN. Saya bersedia menjadi ibu yang baik bagi anak- anak yang dipercayakan Tuhan kepada saya. menyatakan bahwa saya meresmikan pernikahan ini dengan ikhlas hati. Ucok: Saya. Saya bersedia mencintai dan menghormati istri saya. sepanjang hidup. sepanjang hidup. saya minta kalian berdua menyatakan sekali lagi kesungguhan hati masing-masing di hadapan semua hadirin. dan para saksi dari kedua belah pihak berdiri di samping kanan dan kiri mempelai.

Imam: Atas nama Gereja Allah dan dihadapan para saksi dan hadirin sekalian. ST. Imam menerima Kitab Suci tersebut dan memberikannya kepada Mempelai. dibebankan tugas mewartakan kabar gembira ini. Dina: ROBERT PASKAH PARULIAN NAINGGOLAN. Semoga pemberkatan ini menjadi bagi Saudara sumber kekuatan dan kebahagiaan. Imam: Inilah Kitab Suci yang memuat kisah. Saya berjanji setia kepadamu dalam untung dan malang. saya memilih engkau menjadi istri saya. karya dan ajaran Kristus. saya menegaskan bahwa pernikahan yang telah diresmikan ini adalah pemikahan Kristiani yang sah. Kristus menjadi peneguh dan pelindung pernikahan Saudara berdua. dan saya mau mencintai dan menghormati engkau seumur hidup. dan saya mau mencintai dan menghormati engkau seumur hidup. Ucok: DINNA DORAWATI BR HUTAURUK. Saya berjanji setia kepadamu dalam untung dan malang. Dan Saudara sekalian 10 . selaku mempelai Kristiani. Penyelamat kita. Sekarang tibalah saatnya untuk meresmikan pernikahan anda. diwaktu sehat dan sakit. saya memilih engkau menjadi suami saya. Saya persilahkan anda meletakkan tangan di atas Kitab Suci ini sambil mengucapkan janji pernikahan secara bergantian. Kepada Saudara berdua. Demikianlah janji saya di hadapan Allah dan Injil Suci ini.Saksi mengambil Kitab Suci dan diberikan kepada Imam. Demikianlah janji saya di hadapan Allah dan Injil Suci ini. diwaktu sehat dan sakit.

Engkau menguduskan ikatan suami istri dan mengangkat perjanjian nikah menjadi lambang persatuan Kristus dengan Gereja. Semua hadirin berdoa sejenak dalam hati Imam: Allah. Mereka sudah dipersatukan dalam perjanjian suci. Semoga mereka bersatu padu dalam cinta kasih. Umat: Janganlah diceraikan manusia. marilah kita berdoa dengan rendah hati. Engkau menciptakan manusia menurut citraMu. Allah. yang hadir di sini. Engkau mengajarkan bahwa perkawinan yang telah Engkau teguhkan tak boleh diceraikan. supaya Tuhan rela mencurahkan berkat dan rahmatNya atas kedua mempelai ini yang telah menikah dalam Kristus. 11 . Umat: Amin. Engkau menciptakan pria dan wanita supaya mereka dipadukan menjadi satu. saya jadikan saksi atas Perjanjian Suci ini. Pandanglah dengan rela mempelai wanita ini. Engkau menciptakan segala sesuatu dengan segala kekuatan kuasaMu. Semoga ia menjadi istri yang setia dan ibu yang baik seperti wanita-wanita kudus yang dipuji dalam Kitab Suci. Imam: Apa yang telah dipersatukan Allah. DOA UNTUK MEMPELAI umat berlutut Imam: Saudara-saudara yang terkasih. agar rahmat cinta dan damai tinggal dalam hatinya.

sehingga mereka menjadi saksi Kristus bagi semua orang. pengantara kami. Imam: Ya Allah. ya Tuhan. Semoga mereka mencapai usia lanjut dan akhirnya memasuki kehidupan bahagia dalam kerajaan surga. Tuhan dan Pengantara kami. 12 . Umat: Amin. Dan kini kami mohon kepadaMu. PEMBERKATAN DAN PEMASANGAN CINCIN umat duduk Kedua mempelai berdiri. sumber kesetiaan. Kuatkanlah mereka dengan semangat Injil. semoga ia selalu berusaha menunaikan tanggung jawabnya baik terhadap istri dan anak-anak maupun terhadap masyarakat. Putera Altar mengambil air suci dan saksi menyerahkan cincin kepada Imam untuk diberkati dengan percikan air suci. terpandang karena peri hidup yang baik dan berjasa untuk sesama dalam lingkungan mereka. Demi Kristus. Semoga mereka bersatu sebagai suami istri. berkatilah kedua cincin ini supaya menjadi lambang kesetiaan bagi suami istri ini dan lambang Cinta KasihMu yang tak berkesudahan demi Kristus. semoga kedua mempelai ini tetap berpegang pada iman dan perintah-perintahMu. Kami berdoa pula untuk mempelai pria ini.

. lambang cinta dan kesetiaan perkawinan. Ucok: Dina. terimalah cincin ini sebagai lambang kesetiaan perkawinan dan cinta kasihku kepadamu. Imam memberikan cincin kepada mempelai wanita. Umat: Amin. pada waktu itu Imam berkata. Imam: Semoga wajah kalian bedua selalu saling memandang dengan wajah berseri-seri untuk saling menghibur dan semoga ikatan cinta kasih kalian berdua. Dina: Ucok. 13 . untuk dipasangkan pada jari manis tangan kanan mempelai pria Imam: Kenakanlah cincin ini. lambang cinta dan kesetiaan perkawinan.Umat: Amin Imam memberikan cincin kepada mempelai pria. menjadi sumber kebahagiaan sejati bagi kalian berdua. yang diresmikan dalam perayaan ini. pada jari manis suamimu. MOHON DOA RESTU ORANG TUA Imam: Allah pernah bersabda: “Sebab itu seorang laki-laki atau wanita akan meninggalkan ayah dan ibunya untuk bersatu dengan isterinya atau suaminya. pada jari manis istrimu. untuk dipasangkan pada jari manis tangan kanan mempelai wanita Imam: Kenakanlah cincin ini. terimalah cincin ini sebagai lambang kesetiaan perkawinan dan cinta kasihku kepadamu. Mempelai pria membuka selubung mempelai wanita. kedua mempelai mengungkapkan cinta kasihnya.

Kini bidukku t’lah siap kudayung sendiri.” Sekarang saya persilahkan kedua mempelai menghadap orang tua mereka guna memohon doa restu dan menyampaikan tanda baktinya. Berkat doa ayah ibuku takkan takut. Sujud berdoa. kudengar namaku disebut. PEMBERKATAN KITAB SUCI. Semua nasehat kudengar namaku disebut. SALIB & ROSARIO umat duduk Imam: Ya Tuhan. Mengarung samudra luas berjuang mandiri. gembira dan senang. Di doa ayah ibuku ada namaku disebut. sementara itu koor mengiringi dengan lagu. berkatilah Kitab Suci ini agar dapat dipakai oleh keluarga ini sebagai sumber pengharapan dan penghiburan dikala susah dan membangkitkan semangat dan cinta kasih sejati di kala gersang. Ref: Di doa mereka namaku disebut. Koor: Namaku Disebut Di waktu ‘ku masih kecil. Kedua mempelai memohon doa restu. Sore hari nan sepi. sehingga keduanya menjadi satu daging. Tiada duka kukenal. tak kunjung mengerang. ayah ibu berlutut. 14 .

agar kehadiran dan perlindunganNya menyejukkan suasana hidup dalam keluargamu. PENANDATANGANAN NASKAH PERKAWINAN umat duduk 15 . Semoga iman akan Firman dan Salib Tuhan ini memberi harapan dan hiburan pada saat kesukaran melanda bahtera keluargamu. yakni Iman Kristiani akan kasih Tuhan Yesus Kristus yang telah mengorbankan DiriNya. Demikian pula berkatilah Salib dan Rosario ini. dan membangkitkan semangat cinta kasih sejati pada saat yang gersang. Nainggolan. CM. dan memberikan dorongan untuk selalu siap memberikan pengorbanan bagi kebahagiaan pasangannya. Romo menyerahkan Kitab Suci. Atas nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus Umat: Amin. Ucok & Dina : Terima kasih. membesarkan hati kalian berdua dikala duka. CM N: Anak-anakku terimalah Kitab Suci dan Salib sebagai lambang cinta kasih dan penyertaan Allah dalam keluargamu. agar selalu menjadi tanda kehadiranMu serta kehadiran Bunda Maria di tengah keluarga ini. Kami ingin mewariskan kepadamu berdua harta yang tak ternilai untuk bekal kalian dalam perjalanan hidup. Salib dan Rosario kepada Bpk. Terimalah pula Rosario Bunda Maria.

Selesai penandatanganan. mempelai kembali dengan saling bertukar tempat duduk. berkatilah kami. di altar mulia Saling mengucap kata berserah setia Ingin hidup berdua dengan penuh cinta Smoga Engkau berkati niat suci ini Padu menjadi satu di dalam namaMu Bapa yang disurga. Koor : BERKATILAH Bapa yang disurga. DOA UMAT umat berlutut Imam: Saudara-saudari terkasih. Marilah kita mendoakan mereka agar mereka tetap bahagia dalam lindungan Tuhan. sementara kedua mempelai menandatangani naskah perkawinan dengan didampingi para saksi. bimbinglah kami Agar cinta yang suci kekal dan abadi Berkatilah mereka semoga bahagia Tiada hari berlalu tanpa kasih mesra Terima kasih Bapa atas kurniaMu Di hari indah ini kami bahagia Berkatilah mereka. kami berdua Bersujud didepanMu.Koor menyanyikan lagu Berkatilah. kedua mempelai ini telah mengikat perjanjian di hadapan Allah dan di hadapan para hadirin. 16 .

Lektor:Sudilah Bapa ingat juga akan orang tua kedua mempelai ini. Tunjukkanlah mereka jalan yang benar agar PuteraMu Yesus Kristus merajai keluarga mereka sehingga mereka sanggup melaksanakan tugas perkawinan sesuai dengan kehendakMu. Umat: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan. Lektor: Dampingilah mereka dalam perkawinan mereka... Umat: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.Lektor: Tuhan yang Maha Pengasih bimbinglah kedua mempelai yang telah saling menerimakan Sakramen Perkawinan... Kami mohon.. . Umat: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.. . Lektor:Semoga cinta kasih mereka diberkati Tuhan dengan karunia melimpah. sehingga anak-anak yang dianugerahkan kepada mereka sungguh-sungguh menggembirakan hati orang tuanya. Kami mohon. . Kami mohon.. cinta kasih dan dami. Selalu setia satu dengan yang lain dan tidak jemu-jemunya mengusahakan kebahagiaan pasangannya. akan saudara-saudari dan mereka yang telah turut berjasa dalam membentuk kepribadian mereka. 17 . Berilah hasil yang melimpah dari pekerjaan mereka dan jagalah hidup mereka berdua dalam kerukunan.

. . Pengantara kami. ST dan DINNA DORAWATI BR HUTAURUK sanggup terus menerus membaharui kesetiannya satu sama lain dan mampu menerima kekurangan-kekurangan yang ada dalam pasangan hidupnya. Lektor: Semoga ROBERT PASKAH PARULIAN NAINGGOLAN.. Umat : Amin.Kami mohon. doa-doa yang kami panjatkan kepadaMu bagi kedua mempelai ini. Kami percaya Engkau akan mendengarkan dan menerima doa-doa ini. Umat: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan. Imam: Demikianlah ya Bapa. Demi Kristus... LITURGI EKARISTI PERSEMBAHAN umat duduk Koor : BAWALAH PERSEMBAHAN Bawalah persembahanmu nanti Ke altar yang suci Semoga Allah Bapa berkenan Mengambil tanda cintamu Bawalah senandung pasrah diri 18 . Kami mohon . Umat: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan. Bimbinglah mereka dalam usaha menciptakan keluarga Katolik yang bahagia.

ya Bapa. Umat: Terpujilah Allah selama-lamanya. supaya persembahan kita ini diterima oleh Allah Bapa yang maha Kuasa. Imam: Berdoalah saudara-saudara. Umat: Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus. Imam: Marilah berdoa Ya Tuhan. kami mohon sudilah menerima persembahan yang kami sampaikan kepadaMu untuk mempelai 19 . sebab dari kemurahanMu kami menerima roti dan anggur yang kami persembahkan ini. Ke altar yang suci Semoga Allah Bapa berkenan Mengambil bakti dirimu Reff : Lenyaplah kesan hampa gulana Semarak kini medan berbakti Berhiaskan niat warna-warni Bagaikan kembang mekar berseri DOA PERSEMBAHAN umat berlutut Imam: Kami memuji Engkau. Allah semesta alam. Inilah hasil dari bumi dan dari usaha manusia yang bagi kami akan menjadi santapan rohani.

dalam pernikahan suci ini. 20 . semoga berkat perayaan suci ini mereka makin saling mencintai dan mengasihi Engkau. Maka bersama para malaikat dan seluruh orang kudus. Demi Kristus Perantara kami. kami bermadah memuliakan Dikau dengan tak henti-hentinya berseru. Umat: Sudah layak dan sepantasnya. Tuhan dan Pengantara kami. Imam: Sungguh layak dan sepantasnya ya Tuhan. Sebab Engkau berkenan menciptakan manusia dan menganugerahinya martabat yang luhur. Persatuan mesra antara suami-istri mencerminkan cinta kasihMu sendiri. Umat: Sudah kami arahkan. Imam: Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan. PREFASI umat berdiri Imam : Tuhan sertamu. Dengan demikian misteri pernikahan suci menandakan cinta Ilahi. Engkau mengundang dia untuk menikmati cintaMu yang kekal. Umat : Amin. Imam: Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita. Umat : Dan sertamu juga. bahwa dimanapun juga kam senantiasa bersyukur kepadaMu. Demi Kristus. Bapa yang kudus. Engkau menciptakan manusia karena cinta. Engkau memanggil dia untuk mengamalkan cinta. dan menguduskan cinta insani. Allah yang kekal dan kuasa.

Koor: Kudus (Misa Kita II – PS 392) Kudus. lalu mengedarkan piala itu kepada murid-muridNya seraya berkata : TERIMALAH DAN MINUMLAH! SEBAB INILAH PIALA DARAHKU. Surga dan Bumi penuh kemuliaan-Mu Terpujilah Engkau di Surga Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan Terpujilah Engkau di Surga DOA SYUKUR AGUNG umat berlutut Imam: Sungguh kuduslah Engkau ya bapa. Imam: Pada malam Ia diserahkan. sebelum menderita sengsara dengan rela. Yesus mengambil roti. kudus. mengucap syukur lalu membagi-bagi roti itu dan memberikannya kepada muridNya seraya berkata : TERIMALAH DAN MAKANLAH! INILAH TUBUHKU YANG DIKORBANKAN BAGIMU! Demikian pula sesudah perjamuan Ia mengambil piala. Umat: Agar menjadi bagi kami. Maka kami mohon semoga RohMu menyucikan persembahan ini. kuduslah Tuhan Allah segala kuasa. DARAH PERJANJIAN BARU 21 . Tubuh dan Darah PuteraMu terkasih Tuhan kami Yesus Kristus. sekali lagi Ia mengucap syukur. sumber segala yang kudus.

roti kehidupan dan piala keselamatan. Amin. Umat : Wafat Kristus kita maklumkan. Ingatlah pula akan ayah-ibu mereka yang telah menuntun mereka 22 . Umat: Kami mohon agar kami yang menerima tubuh dan darah Kristus dipersatukan oleh Roh Kudus menjadi umatMu. DAN KEKAL YANG AKAN DITUMPAHKAN BAGIMU DAN BAGI SEMUA ORANG DEMI PENGAMPUNAN DOSA. kami mempersembahkan kepadaMu ya Bapa. Imam: Maka sambil mengenangkan wafat dan kebangkitan Kristus. Sudilah memupuk cinta kasih persaudaraan umatMu dalam persatuan dengan Bapa Suci Yohanes Paulus dan Bapa Uskup kamu Kardinal Julius Darmaatmadja serta para uskup dan pembantunya serta seluruh umat yang berkumpul di sini. Imam : Marilah menyatakan iman kita. Kami bersyukur sebab Engkau menganggap kami layak menghadap Engkau dan berbakti kepadaMu. ST dan DINNA DORAWATI BR HUTAURUK yang pada hari ini mengikrarkan kasih setia. KebangkitanNya kita muliakan. KedatanganNya kita rindukan. Ingatlah pula akan ROBERT PASKAH PARULIAN NAINGGOLAN. Imam: Ya Bapa. KENANGKANLAH AKU DENGAN MERAYAKAN PERISTIWA INI. berkatilah GerejaMu yang tersebar di seluruh dunia.

dan bersama semua orang kudus yang hidup dalam cintaMu. dan sahabat kami. Imam: Kami mohon belas kasihMu ya Bapa. Selamatkanlah pula saudara-saudara kami kaum beriman dan semua orang lain yang telah meninggal dunia. segala hormat dan pujian kini dan sepanjang masa. Bunda Allah. Perkenankanlah kami memuji dan memuliakan Dikau. karena jasa mereka sampailah kami pada hari bahagia ini. saudara-saudara. BAPA KAMI umat berdiri Imam: Atas petunjuk penyelamat kita dan menurut ajaran Ilahi maka beranilah kami bernyanyi Koor: Bapa Kami (Filipina) Bapa kami di dalam Surga 23 . Amin. Ucok & Dina: Berilah cinta kasihMu kepada orang tua. Kasihanilah dan sambutlah mereka dalam pangkuanMu. supaya kami boleh mengambil bagian dalam kebahagiaan abadi bersama Santa Perawan Maria. Allah Bapa Yang Maha Kuasa. Umat: Berikanlah istirahat kekal kepada mereka dan kepada semua saudara yang telah meninggal dalam Kristus. serta semua orang yang telah berbuat baik kepada mereka. Balaslah kebaikan mereka dengan karuniaMu yang melimpah. kami menyampaikan kepadaMu. Umat: Dengan perantaraan Kristus dan bersama Dia serta bersatu dengan Roh Kudus.

Sebab Engkaulah pengantara kami. Restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun dan sehati sejiwa melaksanakan kehendakMu. Dimuliakanlah nama-Mu Datanglah kerajaan-Mu Jadilah kehendak-Mu Di bumi dan di Surga Berilah kami rejeki Pada hari ini Ampunilah dosa kami Seperti kamipun mengampuni Yang bersalah kepada kami Jangan masukkan kami ke dalam percobaan Tapi bebaskanlah kami dari yang jahat Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa Untuk selama-lamanya Amin … Amin … Amin. Amin. Umat: Tuhan Yesus Kristus. janganlah memperhitungkan dosa kami tetapi perhatikanlah iman GerejaMu. 24 . yang menghimpun semua manusia menjadi umat yang berpadu dalam iman dan cinta kasih. DOA DAMAI Imam: Saudara-saudara. Maka marilah kita berdoa. kini dan sepanjang masa. Tuhan Yesus telah membangun Gereja Kudus.

maka saya akan sembuh. Koor: Anak Domba Allah (Misa Kita II –PS 413) Anak Domba Allah. KOMUNI Komuni diterimakan kepada keluarga dan umat Katolik dan sudah menerima komuni pertama. yang menghapus dosa dunia Kabulkanlah doa kami Iman: Inilah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. yang menghapus dosa dunia Kasihanilah kami Anak Domba Allah. Umat: Ya Tuhan. Amin. yang menghapus dosa dunia Kasihanilah kami Anak Domba Allah. tetapi bersabdalah saja.Iman: Semoga damai Tuhan kita Yesus Kristus selalu beserta kita. Umat: Sekarang dan selama-lamanya. yang tidak menerima komuni tetap duduk. berbahagialah kita yang diundang ke perjamuanNya. saya tidak pantas Engkau datang pada saya. 25 . PENGUMUMAN Selesai misa Perkawinan akan dilanjutkan dengan acara Adat Batak di Balai Paroki. Kepada keluarga Batak diharapkan hadir.

6 April 2008.Untuk acara resepsi umum/nasional akan dilaksanakan di Balai Paroki. pukul 12. PENUTUP 26 . besok Minggu.00 WIB sd selesai.