You are on page 1of 16

Cara Memperbaiki Power Supply Yang Rusak

20.53 | Diposkan oleh SQuad1 | Edit Entri Power Supply Komputer merupakan sumber listrik utama yang menyediakan tegangan + 12V, -12V, + 5V, -5V, dan sinyal POR (Power On Reset) untuk mengaktifkan motherboard. Daya maksimal yang dapat di konsumsi oleh power supply ini sekitar 200 watt dengan tegangan masuk sebesar 220 V AC dari PLN. Dengan efisiensi yang sangat tinggi power supply ini sekitar 200 watt dapat menyediakan tegangan sebesar + 5V dengan arus sekitar 15 - 20 A untuk keperluan peralatan digital motherboard, disk drive, hard disk, fan prosessor, CD-Rom Drive dan card-card yang dimaksudkan pada slot motherboard. Bila beban power supply berlebihan, maka komputer akan tidak jalan atau bisa berjalan tetapi tidak normal terutama pada saat kelistrikan yang di butuhkan meningkat sampai limit. Kerusakan yang sering terjadi ialah akibat beban berlebihan, tegangan masuk yang tidak stabil, sistem ground yang tidak baik, dan sebab-sebab lain. Gangguan paling fatal untuk untuk power supply ialah bila tidak mengeluarkan tegangan sama sekali, walaupun sudah di beri tegangan masuk sesuai dengan kebutuhan. Cara praktis untuk memperbaiki power supply komputer dapat di lakukan sebagai berikut : [1]. Lepaskan kotak power supply dari cassing agar memudahkan memeriksa rangkaian elektronik dan lepaskan seluruh kabel dari alat-alat lain. Bukalah kotak power supply sambil memeriksa fisik komponen elektronik, barangkali ada yang terbakar dapat diketahui. [2]. Periksalah FUSE pada masukkan AC 220V dari sumber listrik luar, lepaskan FUSE tersebut dari soketnya dan ukur hubungan kawat pengamannya dengan ohm-meter pada posisi X1. Jarum ohm-meter harus menunjukkan nilai sekitar 0 ohm, yang berarti FUSE tersebut masih baik. Jika ohm-meter menunjukkan angka yang tak terhingga, berarti FUSE sudah putus, harus diganti baru. Jangan melakukan sambungan kawat pada FUSE yang sudah putus, karena batas arus lelehnya mungkin akan menjadi lebih besar dan akan menyebabkan kerusakan bagian lain. [3]. Jika FUSE baik atau sudah diganti baru tetapi masih juga tidak dapat mengeluarkan tegangan DC, maka lanjutkan dengan memeriksa transistor power switching 2SC3039 (dua buah) yang bertugas sebagai kendali catu daya secara PWM. Lepaskan dua transisitor 2SC3039 tersebut dari PCB dan lakukan pemeriksaan kondisi masing-masing dengan multimeter. Bila salah satu transistor rusak untuk menggantinya sebaiknya keduanya diganti dengan transistor baru, agar karakteristiknya terjamin dan simetris, ketidakseimbangan karateristik dua transistor ini menyebabkan gangguan stabilitas tegangan DC yang dikeluarkan power supply. [4]. Lepaskan diode brigde atau empat buah diode perata yang langsung meratakan arus listrik AC pada bagian masukkan, periksalah kondisi diode ini dengan multimeter. Kadang sering terjadi salah satu diode-nya bocor atau hubungan singkat, sehingga arus listrik AC ikut masuk ke rangkaian switching dan melumpuhkan power supply secara

[7].blogspot. Periksalah seluruh solderan pada PCB Power Supply. Periksalah apakah kipasnya berputar. maka seluruh hasil regulasi tegangan DC akan di reset oleh pembangkit PWM dan akibatnya power supply tidak mengeluarkan DC sama sekali. Karena Power Supply komputer umunya bekerja dengan temperatur yang lebih tinggi dari suhu ruangan. Pergunakan soket IC yang dicurigai rusak dengan IC pembanding yang masih bagus. [5]. matikan power supply dan gantilah bebannya dengan motherboard atau beban lengkap seperti semula. nilainya berubah. Bila parameter tegangan pada kabel-kabel tersebut sudah benar. ukur tegangan kabel yang berwarna kuning (+12). Begitu juga apabila kapasitor di test akan kering. [6].keseluruhan transistor power akan ikut rusak. http://squad1. dan terhubung singkat. maka trafo switching akan meleleh. Komponen aktif yang pengetesannya tidak dapat di lakukan dengan multimeter adalah ICTL494 yang bertugas sebagai pembangkit PWM untuk mengendalikan transistor power switching bekerja. flux 60/40). Sehingga hubungan kabel atau kaki komponen yang mungkin longgar dapat di jamin bersambung kembali dan umumnya power supply akan dapat bekerja normal kembali. juga kapasisitor dan resistor yang terdapat pada rangkaian basis transistor tersebut. kerusakan ini yang paling fatal. terbakar. biru (-5). lebih bagus lagi pastikan hubungannya di perbaiki dengan jalan di solder ulang dengan timah yang lebih lunak (encer. Periksa juga transistor pembangkit pulsa "power on reset". Bila proses pemeriksaan dan pergantian komponen yang rusak sudah dilakukan secara keseluruhan. Gantilah transistor baru jika dari pengetesan transistor POR ini ternyata rusak. maka cobalah power supply dihidupkan dengan memasang beban berupa disk drine saja. merah (+5). biru (-12). Jika rangkaian transistor ini bekerja dengan baik.com/ . [8]. IC ini hanya di test dengan membandingkan terhadap IC yang normal pada power supply yang lain yang sejenis. maka harus di ganti baru dengan nilai yang persis sama dengan sebelumnya. orange (POR) terhadap kabel warna hitam (ground). kawatnya terkelupas. cobalah sekali lagi. Bahkan jika tingkat kebocoran diode ini ini sangat besar. maka ada kemungkinan karena panas yang berlebihan menyebabkan solderan kaki-kaki komponen atau kabel-kabel ada yang terlepas.

Jika dintinjau dari segi fisik. Kesulitan utama dalam memahami bahwa power supply rusak adalah tidak ada pesan apa-apa pada monitor mengenai kerusakannya. Ada 3 cara tes PSU yang biasa saya gunakan. penyebab pertama kerusakan catu daya ini karena usia komputer yang sudah tua. Power supply dikenal juga sebagai Catu Daya dan PSU. transistor daya dan elco. Restart ulang komputer tidak akan pernah menyelesaikan masalah jika unit ini rusak. masih banyak penyebab lain. Pengujian atau tes kerusakan power supply merupakan langkah penting karena sering terjadi bahwa power supply dianggap rusak tanpa melakukan tes sebelumnya. bagian yang paling sering rusak pada unit ini adalah resistor. Hanya satu tandanya yaitu komputer mati total. Tetapi ingat bahwa komputer mati total penyebabnya bukan satu-satunya pada power supply. 1. Dalam pengalaman saya.Tes Kerusakan Power Supply Unit Artikel ini adalah lanjutan dari Prosedur Perbaikan Komputer Yang Mati Total dimana salah satu bagian yang bertanggung jawab terhadap supply daya adalah unit ini. Untuk menguji kerusakan power supply Anda dapat melakukannya sendiri. secara manual menggunakan multimeter .

Lihat caranya pada gambar dibawah ini. menggunakan power supply tester untuk melakukan tes PSU otomatis. Tes manual dengan menghubungkan ujung kabel output tertentu. Ingat! Yang jadi titik tolak logika adalah menghubungkan ujung kabel HIJAU dengan kabel lain. sangat simpel caranya. Ketiga metode ini sama-sama efektif untuk pengujian power supply sehingga yang mana yang Anda pilih benar-benar terserah pada Anda. Pasang kembali kabel listik (AC) PSU sehingga dalam PSU terdapat aliran listrik. 1. Siapkan kabel penghubung sepanjang 10-15 centimeter yang kedua ujungnya dikupas. jika Anda tidak sangat berhati-hati Anda bisa menyetrum diri sendiri dan / atau merusak PSU . 3. Sebenarnya boleh juga antara hijau dan merah. 5. 6. lalu hubungkan ujung kabel WARNA HIJAU dengan HITAM (yang penting hitam) dari salah satu kabel itu. Lepaskan kabel listrik PSU dari stop kontak. karena disini Anda menguji secara manual. yang penting salah satunya adalah HIJAU. 4. SANGAT PENTING ! : Hati-hati ketika menguji power supply. Namun ada pengecualian bahwa nomor 1 dan 2 menggunakan alat bantu yang harus dibeli sedangkan nomor 3 alat bantunya tidak dibeli. Pegang kabel out utama dari PSU. Langkah-langkahnya. 2. cukup kabel kecil sepanjang 10-15 cm. hijau dan kuning. 3.2. Itu saja. Metode di atas melibatkan pasokan listrik tegangan tinggi. Jika tidak jalan maka PSU rusak. Cara nomor 3 inilah yang akan kita bahas kali ini. Jika pada langkah 5 diatas kipas PSU bergerak/jalan maka PSU masih baik. Lepaskan kabel output PSU dari Mainboard.

Saya tidak mengatakan ini untuk menakut-nakuti Anda. tetapi prinsip ketelitian dan kehati-hatian sangat penting dalam bekerja.Anda.com/tes-kerusakan-power-supply-unit/ . http://agussale.

Perbaiki power supply anda sendiri Power supply adalah adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain. . terutama dayalistrik. Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja. namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik. dan energi yang lain.

Tapi power supply komputer tidak bisa langsung diukur sebelum dalam posisi on ( cirinya fan power supply berputar ). Bila sudah dihubungkan maka bila power supply dalam keadaan normal ( tidak rusak ) maka fan ( kipas angin ) power supply akan berputar dan power supply bisa digunakan untuk berbagai keperluan . 3 V Hijau ( green ) : DC ON Coklat ( brown ) : sense ( pemberi tanda ke matherboard komputer ). Cara menghubungkan terserah . Hubungkan kabel yang berwarna hijau dengan kabel yang berwarna hitam.Bagian Dalam Power Supply PC Anda Merah ( red ) : menunjukkan Voltase + 5 V Putih ( white ) : Untuk menunjukkan Voltase – 5 V Hitam ( black ): Ground ( 0 v ) Kuning ( yellow ) : untuk voltase + 12 V Biru ( blue ) : Untuk – 12 V Ungu ( purple ) : + 5 V ( stand by ) Oranye (orange ) : untuk + 3 . kita bisa gunakan cara : * Tancapkan kabel AC ke Listrik jala-jala . bisa dengan AVO meter dsb. Mungkin sudah banyak yang mengetahui cara mengukur tegangan power supply .Ini dia . misalnya untuk power supply tv external . Untuk membuat on power supply selain ditancapkan komputer . bisa dengan kabel kecil ataupun potongan timah solder.

Kerusakan yang sering terjadi ialah akibat beban berlebihan. barangkali ada yang terbakar dapat diketahui. disk drive. Lepaskan kotak power supply dari cassing agar memudahkan memeriksa rangkaian elektronik dan lepaskan seluruh kabel dari alat-alat lain. sistem ground yang tidak baik. walaupun sudah di beri tegangan masuk sesuai dengan kebutuhan. dan sebab-sebab lain. berarti ELCO/ Capacitor dimaksud sudah tidak sehat. fan prosessor. Gangguan paling fatal untuk untuk power supply ialah bila tidak mengeluarkan tegangan sama sekali. CD-Rom Drive dan card-card yang dimaksudkan pada slot motherboard. Power Supply Komputer merupakan sumber listrik utama yang menyediakan tegangan + 12V.Perbaiki Sendiri Kerusakan POWER SUPPLY pada PC Anda Perhatikan Bagian Kapasitor (ELCO) Bila permukaannya tidak rata lagi. + 5V. . hard disk. Bila beban power supply berlebihan. -5V. Cara praktis untuk memperbaiki power supply komputer dapat di lakukan sebagai berikut : [1]. Daya maksimal yang dapat di konsumsi oleh power supply ini sekitar 200 watt dengan tegangan masuk sebesar 220 V AC dari PLN. maka komputer akan tidak jalan atau bisa berjalan tetapi tidak normal terutama pada saat kelistrikan yang di butuhkan meningkat sampai limit. Dengan efisiensi yang sangat tinggi power supply ini sekitar 200 watt dapat menyediakan tegangan sebesar + 5V dengan arus sekitar 15 – 20 A untuk keperluan peralatan digital motherboard. tegangan masuk yang tidak stabil. dan sinyal POR (Power On Reset) untuk mengaktifkan motherboard. -12V. Bukalah kotak power supply sambil memeriksa fisik komponen elektronik.

[3]. agar karakteristiknya terjamin dan simetris. Lepaskan diode brigde atau empat buah diode perata yang langsung meratakan arus listrik AC pada bagian masukkan. maka trafo switching akan meleleh. . sehingga arus listrik AC ikut masuk ke rangkaian switching dan melumpuhkan power supply secara keseluruhan transistor power akan ikut rusak. maka lanjutkan dengan memeriksa transistor power switching 2SC3039 (dua buah) yang bertugas sebagai kendali catu daya secara PWM. Periksalah FUSE pada masukkan AC 220V dari sumber listrik luar. Jarum ohm-meter harus menunjukkan nilai sekitar 0 ohm. [4]. Jika FUSE baik atau sudah diganti baru tetapi masih juga tidak dapat mengeluarkan tegangan DC. ketidakseimbangan karateristik dua transistor ini menyebabkan gangguan stabilitas tegangan DC yang dikeluarkan power supply. Jika ohm-meter menunjukkan angka yang tak terhingga. Bila salah satu transistor rusak untuk menggantinya sebaiknya keduanya diganti dengan transistor baru.Bersihkan Bekas Lem untuk memeriksa koneksi Kabel dengan Board . Lepaskan dua transisitor 2SC3039 tersebut dari PCB dan lakukan pemeriksaan kondisi masing-masing dengan multimeter. periksalah kondisi diode ini dengan multimeter. harus diganti baru. kawatnya terkelupas. dan terhubung singkat. Bahkan jika tingkat kebocoran diode ini ini sangat besar. kerusakan ini yang paling fatal. Jangan melakukan sambungan kawat pada FUSE yang sudah putus.Adakah kebocoran di sisi ini. Kadang sering terjadi salah satu diode-nya bocor atau hubungan singkat. karena batas arus lelehnya mungkin akan menjadi lebih besar dan akan menyebabkan kerusakan bagian lain. lepaskan FUSE tersebut dari soketnya dan ukur hubungan kawat pengamannya dengan ohm-meter pada posisi X1. berarti FUSE sudah putus. terbakar. [2]. yang berarti FUSE tersebut masih baik.

Begitu juga apabila kapasitor di test akan kering. Periksalah seluruh solderan pada PCB Power Supply.(wihans. ukur tegangan kabel yang berwarna kuning (+12). Jika rangkaian transistor ini bekerja dengan baik. flux 60/40). lebih bagus lagi pastikan hubungannya di perbaiki dengan jalan di solder ulang dengan timah yang lebih lunak (encer. IC ini hanya di test dengan membandingkan terhadap IC yang normal pada power supply yang lain yang sejenis. maka seluruh hasil regulasi tegangan DC akan di reset oleh pembangkit PWM dan akibatnya power supply tidak mengeluarkan DC sama sekali. maka harus di ganti baru dengan nilai yang persis sama dengan sebelumnya. Komponen aktif yang pengetesannya tidak dapat di lakukan dengan multimeter adalah ICTL494 yang bertugas sebagai pembangkit PWM untuk mengendalikan transistor power switching bekerja. maka cobalah power supply dihidupkan dengan memasang beban berupa disk drine saja. Bila parameter tegangan pada kabel-kabel tersebut sudah benar. Sehingga hubungan kabel atau kaki komponen yang mungkin longgar dapat di jamin bersambung kembali dan umumnya power supply akan dapat bekerja normal kembali.web. orange (POR) terhadap kabel warna hitam (ground). juga kapasisitor dan resistor yang terdapat pada rangkaian basis transistor tersebut. merah (+5). Bila proses pemeriksaan dan pergantian komponen yang rusak sudah dilakukan secara keseluruhan.id) Video Panduan Perbaikan & Tutorial tentang POWER SUPPLY pada Komputer/ PC Anda : . [8]. Periksa juga transistor pembangkit pulsa “power on reset”. cobalah sekali lagi. Karena Power Supply komputer umunya bekerja dengan temperatur yang lebih tinggi dari suhu ruangan. biru (-5). biru (-12). Periksalah apakah kipasnya berputar. maka ada kemungkinan karena panas yang berlebihan menyebabkan solderan kaki-kaki komponen atau kabel-kabel ada yang terlepas.[5]. [7]. Pergunakan soket IC yang dicurigai rusak dengan IC pembanding yang masih bagus. matikan power supply dan gantilah bebannya dengan motherboard atau beban lengkap seperti semula. Gantilah transistor baru jika dari pengetesan transistor POR ini ternyata rusak. nilainya berubah. [6].

.

com http://gedhangonline.html .Power Supply Komputer yang Baru sumber : www.Diagram Electronik Power Supply .infospesial.Komputer { Model Lama } Diagram Blok .blogspot.com/2010/08/perbaiki-power-supply-anda-sendiri.

pilih salah satu IP address 4. klik connections 7.cc 3. kemudian buka internet tool 5. situs-situs yang di blokir langsung bisa di akses.freewebsiteunblocker. .Cara Membuka Website atau Situs Yang Diblokir Trik Membuka Website atau Situs Yang Diblokir | membobol situs | cara situs bisa dibuka |Untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh pemerintah. GOOGLE di search engine : ketik proxy 2. kemudian buka website yang mempunyai proxy gratis Lalu Cari proxynya disini: http://www. paste IP address dan portnya klik ok 10. ternyata cukup simple hanya dengan memainkan IP address saja. Klik Lan Setting 8. klik internet option 6. di bagian proxy server klik di use proxy server for your lan 9. Cara nya sebagai berikut : 1. refresh jika berhasil browsing sim salabim koneksi IP sudah berubah siap untuk membuka situs-situs yang telah terblokir.co.

Ada beberapa setingan yang harus dirubah di registry komputer kita. Klik menu Start > Run 2. fosSpeedconsole dll. Sekarang kita cari alamat registry ini : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Services\Tcpip\ServiceProvider. Sebenarnya ada banyak tool/applikasi yang bisa dipakai untuk mempercepat koneksi internet baik yang gratisan atau yang berbayar seperti Speed ConnectInternet Accelerator. Namun kali ini yang akan kita lakukan adalah dengan tweak registry yang ada di komputer kita (tanpa software). 5. mencari informasi dan lain sebagainya. setting file temporary pada browser. mengurangi Bandwidth Update Windows dll. lalu klik OK. Kita bisa meminimalkan agar koneksi internet tidak terlalu lambat banget. Pada kotak dialog Run ketikkan regedit. dan untuk mengubahnya kita bisa menggunakan software TCP/IP Optimizer. web accelerator. ashampho internet accelerator. Caranya : 1. Pada postingan kali ini saya akan bahas cara mempercepat Koneksi Internet dengan tweak registry pada komputer kita dan tweak konfigurasi browser Mozilla Firefox. 4. Apalagi jika hal tersebut menyangkut pekerjaan. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan atau mempercepat koneksi internet. 3G dan sekelasnya mungkin tidak terlalu bermasalah (bukan berarti tidak ada masalah sama sekali lho…). 3. Cache DNS. Misal untuk cek email. Namun jika koneksi internet anda masih menggunakan dial up apalagi masih menggunakan GPRS dari HP sebagai modemnya. Setelah kita berada di direktori ServiceProvider ubah nilai-nilai dibawah ini semuanya menjadi 1. anda terpaksa harus sedikit bersabar dengan koneksi internet yang “lemot” bagaikan bekicot heeeeee………. Mudah-mudahan dengan tips dan trik berikut ini koneksi internet yang kita gunakan sedikit menjadi lebih baik.Tips Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Software Bagi anda yang suka browsing tentunya penggunaan internet menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Jika koneksi internet anda sudah broadband. seperti Setting Shared Folder dan boot jika komputer kita terhubung dengan jaringan komputer lain. update blog. . Kali ini yang akan kita lakukan adalah Optimalisasi DNS Lookup.

Set “content.http. Set “content.pipelining : true” 10. Set “network. Set “network. Set “plugin.interval : 750000? 17.http.http.notify. Set “network.http. 5. Set “content. Tutup registry restart komputer.expose_full_path : true” 11.parsing : true” 13. 2. karena setelah tweaking tidak ada opsi/menu untuk mengembalikan settingan default firefox. Set “content. Ketik : “about:config” tanpa tanda petik di firefox anda kemudian enter. Set “content.notify.http.error_pages.ontimer : true” 18.pipelining. Set “network. Untuk merubahnya.enabled : true” 3.max-persistent-connections-per-proxy : 8? 6.http. klik kanan pilih New.applets. Set “network. Set “browser.max. Jika data dibawah tidak terdapat dalam settingan default firefox. === Tweeking Firefox ==== Peringatan !!! : Saya tidak menyarankan anda untuk melakukan cara ini jika anda belum mahir betul. untuk true/false pilih Boolean. 4. pilih Integer.switch.pipelining : true” 8. Klik Saya berjanji akan berhati-hati.max-connections-per-server : 8? 5.time : 3000000? 14. 1. Jadi jika anda berani melakukannya tolong dicatat satu persatu semua perubahan tweaking yang anda lakukan.pipelining : true” .interrupt.tokenizing.backoffcount : 5? 16. Set “browser. Set “network. Untuk pengguna DSL : 1.xul.proxy. Set “network. Tweaking ini sendiri sebenarnya dikeluarkan oleh pengembang firefox jadi tidak sembarang tweaking. Akan keluar peringatan seperti ini : 3. Untuk pengguna Dial Up 1. Set “content.cache.maxtextrun : 8191? 15.max-persistent-connections-per-server : 4? 7. namun jika anda berani mencoba resiko ditanggung sendiri yaaa kalau anda salah memasukkan nilainya. klik 2 kali pada masing-masing nama pengaturan dan masukkan data perubahannya. Set “signed.maxrequests : 8? 9. Set “content. Untuk data berupa angka. 7. setelah itu akan keluar sebuah settingan untuk tweaking firefox. Set “network.http.pipelining : true” 2.proxy.max-connections : 32? 4. untuk mengembalikan ke default harus dilakukan secara manual. 6.http.codebase_principal_support : true” 12.threshold : 750000? II. Set “network. Parameter-parameter setting : I.disk_cache_ssl : true” 2.http.notify.o DnsPriority=1 o HostsPriority=1 o LocalPriority=1 o NetbtPriority=1 6.

anda ingin membuka “www. caranya adalah ketikkan nama domainnya saja kemudian klik shif+enter.net” maka cukup ketiklah “telkom” tanpa tanda petik yaaa kemudian klik shif+enter. Set “network. Contohnya. Untuk pengguna ADSL : 1.org” jadi cukup ketiklah “wordpress” tanpa tanda petik yaaa kemudian klik Ctrl+Shift+Enter.maxrequests : 100? 6.http. ini untuk membuka domain yang menggunakan . Ctrl+Enter.initialpaint.pipelining. Shift+Enter. Set “network. caranya adalah ketikkan nama domainnya saja (tidak perlu menambahkan “http://www” dan akhiran . 2.delay : 0? III. Set “network. Set “nglayout. Ctrl+Shift+Enter.net.google. jika ingin membuka “http://www. Misal. Set “network. Set “network. caranya adalah ketikkan nama domainnya saja kemudian klik Ctrl+Shift+Enter.maxrequests : 64? 4.http.http. ini untuk membuka domain yang menggunakan . Contoh.com.com) kemudian klik ctrl+enter.pipelining : true” 5.http.org.max-connections : 64? 2.http.http.http. jika kita ingin membuka “http://www.pipelining. .com” jadi ketiklah “google” tanpa tanda petik yaaa kemudian klik ctrl+enter.telkom.delay : 0? Shortcut untuk mempercepat browsing : 1. Set “network. Set “nglayout.3. 3.max-persistent-connections-per-server : 8? 4.proxy.pipelining : true” 7. Set “network.max-connections-per-server : 21? 3.wordpress.initialpaint. ini untuk membuka domain yang menggunakan .