MEMBUAT GAMBAR PELAKSANAAN KONSTRUKSI

MENGGAMBAR DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
Oleh : SMK Negeri 5 Surakarta

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat memahami dasar-dasar menggambar bangunan 2. Siswa dapat menggambar denah, tampak depan, tampak samping 3. Siswa dapat menggambar potongan denah, detail.

Teknologi dan Rekayasa

Teknologi dan Rekayasa .Menggambar Proyeksi Bangunan Untuk mendapatkan gambaran tentang obyek yang akan digambar maka terlebih dahulu memahami pengertian antara lain tentang : denah tampak potongan rencana pondasi. rencana kosen pintu dan jendela. rencana instalasi listrik detail konstruksi. rencana atap.

gambar penempatan perabot .Denah Denah merupakan tampak (potongan atau penampang mendatar) suatu bangunan yang dilihat dari atas ke arah bawah diambil kurang lebih setinggi 1 (satu) meter.nama dan ketinggian suatu lantai ruangan .potongan kolom .Simbol bahan bangunan Teknologi dan Rekayasa .potongan dinding .potongan kosen pintu dan jendela . sehingga gambar denah bangunan akan terlihat: .Jarak antara dinding ke dinding yang lainnya .

Denah Contoh denah Teknologi dan Rekayasa .

sesuai arah instruksi atau kode yang diberikan. Teknologi dan Rekayasa .Tampak Tampak merupakan penglihatan mata terhadap bangunan secara tegak lurus.

Tampak Contoh gambar tampak muka Teknologi dan Rekayasa .

Tampak Contoh tampak samping Teknologi dan Rekayasa .

juga ketinggian plafon dan lantai serta bentuk kuda-kuda lengkap dengan nama dan ukuran kayu yang digunakan serta ketinggian bangunan. Teknologi dan Rekayasa . dan dinding.  Di samping itu.  Gambar yang terlihat berupa penampang gambar pondasi yang digunakan.  Kode atau arah potongan biasanya ditunjukkan pada gambar denah. lantai.Potongan  Gambar potongan berupa pandangan penampang bangunan atau konstruksi arah tegak sesuai dengan kode atau petunjuk arahnya.

Potongan Contoh Gambar potongan Teknologi dan Rekayasa .

Potongan Contoh Gambar potongan Teknologi dan Rekayasa .

dimana titik. Teknologi dan Rekayasa .Rencana pondasi Rencana pondasi merupakan gambar penempatan pondasi (pondasi pelat setempat atau pancang) dan pondasi lajur. lebar dan jarak antar pondasi ditentukan ukurannya.

Rencana pondasi Contoh rencana pondasi Teknologi dan Rekayasa .

Rencana pondasi Contoh rencana pondasi Teknologi dan Rekayasa .

nok.Rencana atap Rencana atap merupakan gambar rencana penempatan kuda-kuda. kaso dan reng yang ditentukan jarak dan penampang kayu atau bahan yang digunakan. gording. Teknologi dan Rekayasa .

Rencana atap Teknologi dan Rekayasa .

Rencana plafond Teknologi dan Rekayasa .

Teknologi dan Rekayasa .Rencana kosen pintu dan jendela Denah rencana kosen pintu dan jendela merupakan gambar penempatan bentuk kosen pintu dan jendela pada denag bangunan di samping juga sebagai penjelasan arah bukaan pintu dan jendela.

Rencana instalasi listrik  erupakan gambar penempatan titik lampu dan jenis lampu yang digunakan serta saklar dan stop kontak yang diperlukan sehingga dapat menghitung kebutuhan bahan untuk keperluan penerangan. Teknologi dan Rekayasa .

Rencana instalasi listrik Teknologi dan Rekayasa .