Diajukan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia

Disusun oleh : Asti Shelawati Ayunda Firna Cahya Falami M.Shiddiq Cholis Rizky Alhami Septi Saraswati XII IPS 2
SMA NEGERI 6 BANDUNG JALAN PASIRKALIKI NO.51 TLP.(022) 6011309 BANDUNG 40172 2009

Petunjuk : Pilihan yang berwarna biru merupakan jawaban dari soal tersebut.

1 . Bacalah paragraf di bawah ini ! Demokrasi kita masih transisi sehingga banyak sekali menimbulkan persoalan. Bermacam persoalan merugikan warga. Namun , semua itu masih dianggap wajar asal jangan kebablasan sehingga menimbulkan kesan kacau. Unjuk rasa disertai kekerasan terjadi minggu kemarin di kota Jakarta. Kalimat yang berupa fakta dari paragraf di atas adalah a. Kalimat 1. b. Kalimat 2. c. Kalimat 3. d. Kalimat 4. e. Kalimat 5. 2. Kanwil Depdikbud Jawa Tengah akan berpartisipasi meramaikan acara Bengawan Solo Fair (BSF) 1998 dengan menggelar festival dalang cilik, kata Kepala Bidang Kesenian Kanwil Depdikbud Jateng Sugiarto. Festival tersebut diselenggarakan atas kerja sama dengan pihak Diparta Jateng sebagai koordinator BSF dengan tujuan melestarikan budaya tradisional agar diminati generasi muda, katanya lebih lanjut. Peryataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah . a. Festival dalang cilik merupakan salah satu upaya pelestarian budaya tradisional. b. Festival budaya tradisional mestinya tidak hanya diselenggarakan pada acara Bengawan Solo Fair. c. Untuk menjadi dalang seseorang memang harus berlatih sejak kecil. d. Festival dalang selalu diselenggarakan Kanwil Depdikbud Jawa Tengah setiap tahun. e. Kerja sama dengan berbagai instansi dapat meningkatkan kualitas budaya tradisional. 3 . Biografi Ki Hajar Dewantara mengenal dan memperolah pendidikan modern dari dua orang tokoh pendidikan modern Belanda , Maria Montessori dan Jan Lichthart. Kesempatan untuk menimba ilmu dari dua orang itu diperoleh Ki Hajar Dewantara ketika dIbuang ke Belanda oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Berkat interaksi yang intens dengan Maria dan Jan , Ki Hajar Dewantara memperoleh bekal untuk mendirikan sekolah Taman Kanak-kanak Taman Indria dan membuka sebuah kursus guru sekembalinya di tanah air.

Tujuan utama Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa adalah menyebarkan dan memupuk benih jiwa merdeka dan semangat kebangsaan di kalangan generasi penerus , serta memelihara kedaulatan dan rasa harga diri , baik sebagai pribadi maupun bangsa. Di samping itu , Taman Siswa bertujuan mengganti sistem pendidikan dan pengajaran ala Hindia-Belanda dengan sistem pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Berikut ini yang tidak sesuai dengan penggalan biografi di atas adalah a. Ketika di buang ke Belanda , Ki Hajar Dewantara berkesempatan memperoleh pendidikan. b. Maria dan Jan adalah yang membekali Ki Hajar dengan ilmu pendidikan modern. c. Hasil kesungguhan hubungan Ki Hajar Dewantara dengan Maria dan Jan adalah didirikannya Taman Indria. d. Lewat Taman Siswa Ki Hajar memupuk jiwa merdeka dan semangat. e. Ki Hajar Dewantara bersemangat mengubah istilah pendidikan dan kebudayaan menjadi pendidikan dan pengajaran.

4 . Cermati isi paragraf berikut dengan baik ! Jurgen Habernas mengatakan bahwa selama ini manusia modern telah terjebak pada pola mekanistis. Akibatnya , selama ini kita sadar bahwa kita hanya menjadi instrumen belaka , baik instrumen kekuasaan maupun instrument teknologi. Apa yang dikatakan oleh Habernas ? Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut sesuai dengan isi paragraf adalah a. b. c. d. e. Selama ini manusia modern hanya menjadi instrumen belaka. Manusia tidak menyadari bahwa ia menjadi instrumen belaka. Selama ini manusia modern menjadi instrumen teknologi mekanistis. Manusia hanya menjadi instrumen kekuasaan teknologi. Jurgen Habernas mengatakan hal yang sebenarnya terjadi.

5. Tajuk rencana Demokrasi kita masih transisi sehingga banyak sekali menimbulkan persoalan. Bermacam persoalan merugikan warga. Namun , semua itu masih dianggap wajar asal jangan kebablasan sehingga menimbulkan kesan kacau. Unjuk rasa disertai kekerasan terjadi minggu kemarin di kota Jakarta.

gaji . Pedagang ayam mengeluh karena masyarakat tidak mau membeli ayam. .. Siswa yang mendapatkan nilai Bahasa Indonesia yang terendah adalah Shiddiq. a. c. b. Pemerintah c. konflik kekuasaan kelompok .5 5 Bahasa Inggris 6. d. Siswa yang mendapatkan nilai dibawah 5. Dari tajuk tersebut kita tahu bahwa penulis lebih berpihak kepada a.5 8. Netral 6. Siswa yang tidak lulus sebanyak 2 orang. 7 . DPR e. b.5 6 8 7 8. Kenaikan harga atau kelangkaan kebutuhan pokok juga memicu terjadinya unjuk rasa. Penjualan ayam anjlok karena masyarakat takut bakal menjadi korban setelah memakan ayam. unjuk rasa dapat mempercepat penyelesaian berbagai masalah. Turis mancanegara tidak mau berkunjung ke Indonesia karena ada virus flu burung. perlu juga dipertanyakan . a. seperti penggusuran . Siswa yang mendapatkan nilai Matematika tertinggi adalah Shiddiq. Rakyat b. seberapa jauh unjuk rasa yang berlebihan dapat berdampak terhadap penyelesaian dan pemecahan persoalan. Gagasan penulis dalam tajuk di atas adalah . hanya karena banyak babi yang tertular virus turut dimusnahkan. Nilai rata-rata pelajaran Matematika adalah 7. DPRD d. kecuali . e.5 Bahasa Indonesia 7 8 6. Di sisi lain. Dunia wisata cemas turis mancanegara urung berkunjung karena kasus ini menjadi isu internasional.Unjuk rasa dapat dipicu oleh persoalan yang dibiarkan berlarut-larut . Histeria melebar ke mana-mana.5 4 8 6 KETERANGAN Lulus Lulus Tidak lulus Lulus Tidak lulus Kesimpulan yang tepat berdasarkan table tersebut . penghasilan dan lain-lain. upaya-upaya di peternakan malah mendapat reaksi ideologis .5 dinyatakan lulus. Sementara . Bacalah paragraph tajuk rencana berikut dengan seksama! Kesimpangsiuran informasi membuat masyarakat panik bertindak dan tidak realistis. NO 1 2 3 4 5 NAMA Ayunda Asti Rizky Septi Shiddiq NILAI MATA PELAJARAN Matematika 5. Namun .5 7.

( 2 ) Bahasa China diajarkan mulai dari sekolah internasional hingga kursus-kursus yang disekenggarakan di rumah-rumah toko ( ruko ). pengajar bahasa Indonesia di Universitas Bahasa Asing Beijing yang pension pada tahun lalu. Kalimat 2 dan kalimat 4. Saudara-saudara yang saya hormati . marilah kita sebagai bangsa Indonesia peduli dan melestarikan budaya agar mengenal baik budaya sendiri . ( 1 ) Upaya untuk belajar bahasa antar negara semakin meningkat di Indonesia dan di China seiring dengan membaiknya hubungan kedua Negara dan perekonomian yang maju dengan pesat.( 5 ) Salah satu pelopornya adalah Profesor Wu Wunxia . Oleh sebab itu . Sama halnya dengan kekayaan yang dimiliki oleh bangsa kita termasuk budayanya. binatang lain pun yang titular virus seperti babi juga dimusnahkan. 8. mencintai dengan sepenuh hati . Masalah itu adalah diklaimnya budaya kita oleh negara tetangga seperti batik . kita sangat peduli tehadap budaya sendiri tetapi itu hanya di mulut saja tanpa berbuat apa-apa yang bias menunjukan rasa kepedulian terhadap negara kita. b. Jadilah bangsa yang mencintai bangsa sendiri sebelum mencintai hal-hal dari negara lain yang tidak mencerminkan kepedulian terhadap bangsa kita dalam segala tindakan perbuatan. Informasi yang tidak jelas membuat masyarakat takut dan tidak mau makan ayam. Kalimat 1 dan kalimat 4. pengajaran bahasa indonesia di China sudah mulai puluhan tahun yang lalu. dan merasa memilikinya. Kalimat utama dan kalimat sumbang pada paragraf di atas berturut-turut adalah a. . e. c. Masyarakat akan cemas dan bertindak tidak realistis karena informasi yang simpang siur mengenai virus.c. lagu daerah hingga makanan khas daerah di Indonesia. Kalimat 5 dan kalimat 4. 9. Kalimat 3 dan kalimat 2. d. Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah a. angklung . Hal itu membuat bangsa kita merasa tidak rela budayanya dicuri oleh negara lain. e. c. Betapa pentingnya anak bangsa bagi orang tua dan lingkungannya.( 3 ) Sebaliknya . Kalimat 1 dan kalimat 5. d. Betul saudara-saudara . b. d. belum lama ini kita menghadapi masalah yang cukup membuat bangsa kita marah.( 4 ) Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan dan bahasa negara di Indonesia. Selain unggas.

matahari dan gerak. Oleh karena itu energi harus digunakan berdasarkan kebutuhan. Susunlah kalimat-kalimat di bawah ini ! 1. dua kali dalam sebulan dan di kelas V-VI bisa sampai tiga kali dalam sebulan. dilakukan . 1-2-3-4-5 b. Namun jika digunakan terus menerus akan terancam habis. Membaca cepat salah satu aspek berbahasa yang perlu setiap siswa. Memiliki . Semua energi yang ada sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. mengembangkan . Hal ini hendaknya guru melatih siswa dengan membuat grafiknya agar . terperoleh . dilakukan . e. diketahui. Memiliki . mengembangkan . 1-3-2-4-5 d. melakukan . Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah a. Manfaatkanlah putra-putri kita sedemikian rupa dengan hal-hal yang berhubungan dengan budaya Indonesia sejak mereka kecil agar mereka bangga terhadap bangsanya. 5. 4. Dimiliki . c. diketahui. melakukan . Dengan demikian . diketahui. terperoleh . Menurut Mulyati dan Harjasujana dikelaskelas rendah . kecepatan membaca dapat siswa. d. Dimiliki . diketahui. 1-3-2-5-4 c. 11 . perkembangan . 2. dilakukan . 3. perkembangan . b. latihan membaca cepat dapat . memperoleh . diperoleh . listrik .e. perkembangan . diketahui. Susunan kalimat yang benar untuk menjadi paragraf eksposisi adalah a. Kita mengenal bermacam-macam energi. 10 . Untuk keterampilan ini diperlukan pelatihan yang intensif. 3-2-1-5-4 . Seperti energi cahaya . di tingkat SMU harus lebih intensif lagi. diperoleh . Dimiki .

sering mengantuk saat beraktivitas dan sebagainya.12 . b. Dewasa ini . 3 d. 4 13 . Ani dan Ina pergi pada hari Sabtu. . Perhatikan dialog di bawah ini ! Ani : Bagaimana jika kita ke perpustakaan saja? Ina : Aku rasa perpustakaan saja tidak cukup untuk penelitian kita ini. Kalimat penjelas dari paragraf argumentasi di atas adalah a. banyak insiden kecil akibat meremehkan kedisiplinan . Ani : Bagaimana jika kita adakan uji lapangan juga? Ina : Boleh . psikotropika yang sangat membahayakan bagi tubuh manusia. c. Zat Bahan Material Kandungan 14 . c. seperti terlambat ke sekolah atau bekerja . Ani dan Ina akan ke perpustakaan. 2 c. Narkoba merupakan . Biasakanlah hidup dalam kedisiplinan. Kedisiplinan merupakan kebiasaan yang terpatri . Ani dan Ina akan mengadakan uji lapangan. b. Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah a. d. rangkuman yang sesuai adalah a. d. hari Sabtu kita laksanakan ya! Dari naskah dialog di atas . 1 b. Ani dan Ina membicarakan bahan untuk penelitian mereka dan mereka memutuskan untk mencarinya di perpustakann serta mengadakan uji lapangan pada hari Sabtu. tertanam dan mendarah daging bagi pelakunya karena dari kedisiplinan kebiasaan hidup yang cenderung rumit akan terkesan sederhana. Bacalah paragraf di bawah ini ! Disiplin Banyak orang menganggap disiplin adalah hal yang ringan.

d. Ketua OSIS yakni M. c. Seharusnya siswa yang membolos dihukum saja. Arca adalah salah satu benda seni yang tidak ternilai harganya. Para peserta rapat antara lain kepala sekolah . 1 Februari 2007 . disiplin Wanita maksimal 28 tahun . Membentuk arca merupakan pekerjaan yang sangat sulit. Arca merupakan barang warisan leluhur 17 . Kirim lamaran lengkap dengan mencantumkan kode di kiri atas amplop ke Jalan Semeru Selatan 40 Komplek Dekta Mas C15-177 .arifin mencanangkannya sebagai aturan disiplin sekolah sejak Oktober lalu. Hasil dari rapat tersebut ialah sanksi tegas bagi siswa yang membolos berupa skorsing selama 3 hari. min D-3. Staf Accounting ( SA ) 2.15 . salah satu benda tersebut adalah arca. guru-guru pembimbing dan perwakilan siswa mendukung adanya peraturan baru tersebut. Rapat tersebut juga mendapat dukungan dari kepala sekolah dan guruguru pembimbing sehingga semakin sulit saja jika keputusan tersebut diganggu gugat. Dicari segera 1. Rapat tersebut mengahasilkan sanksi tegas bagi para siswa yang membolos berupa skorsing selama 3 hari. Benda seni tersebut tergolong barang dagangan yang harganya tidak ternilai . Kompas . d. Arca merupakan barang antik. c. Pernyataan yang tepat sebagai kesimpulan dalam notulen adalah a. kesiswaan . Rapat tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu 9 November 2009. Kepala Gudang ( KG ) Pria maksimal 35 tahun . min SMU . Kalimat yang paling efektif untuk kalimat di atas adalah a. b. e. Banyak orang mencari arca hanya untuk dijual. b. Jakarta. 16 .

. Sehubungan dengan iklan yang dimuat di surat kabar kompas 1 Februari 2007. Berhubungan saya merasa memenuhi syarat sebagaimana diumumkan dalam iklan Kompas. e. Pada bulan September yang lalu telah terjadi bencana gempa bumi di Jawa Barat. dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan kepala gudang. Tugas itu akan saya selesaikan sore ini. b. Bencana itu terjadi . c. 1 Februari 2007 dengan ini saya melamar untuk mengisi lowongan tersebut. Andi dipanggil ayahnya. Banyak korban jiwa akibat bencana tersebut. d. 20 . e. a. saya melamar untuk mengisi lowongan tersebut. Koran itu diletakkan adik di atas kursi. Klausa yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah .. Karno membelikan pacarnya telepon seluler. saya dengan ini mengajukan lamaran. d. c. a. Saya telah membaca iklan dari perusahaan Bapak di kompas . Berhubung dengan adanya iklan di harian kompas 1 Februari 2007. Setara Bertingkat Idiomatis Atributif berimbuhan 19 . 1 Februari 2007. b.Kalimat pembuka yang baik untuk surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan tersebut adalah a. b. Novel Jakarta Undercover sedang dibaca oleh ayah. Setelah membaca iklan lowongan pekerjaan di perusahaan bapak . 18 . dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan. c. Dinas pendidikan mengadakan rapat tertutup untuk membahas standar nilai untuk kenaikan kelas. . Kalimat yang berpola sama dengan kalimat di atas adalah . d. Bobi mencarikan saya pekerjaan. . Frase rapat tertutup dalam kalimat di atas merupakan frase .

c.a. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat resmi untuk pembuka surat lamaran adalah . penyiksaan. Namun orang-orang beraktivitas. d. saya ingin menjadi karyawan Bapak. b. Berdasarkan iklan dalam harian Pikiran Rakyat tanggal 5 April 2000 bahwa lembaga Bapak memerlukan karyawan lulusan D-3 . e. a. Penganiayaan terhadap PRT merupakan salah satu bentuk kekerasan dalam rumah tangga (family violence). Ketika masyarakat sedang beraktivitas. c. Berdasarkan iklan dalam harian Pikiran Rakyat tanggal 5 April 2000 bahwa lembaga Bapak membutukan karyawan lulusan D-3 dengan ini saya mengajukan permohonan untuk mengisi lowongan kerja sebagai staf administrasi. Berperikemanusiaan. Tiba-tiba. d. kejadian yang luar biasa. Menurut seleranya. perkosaan. emosianal. Tetapi mereka bersenang-senang. Perhatikan ilustrasi berikut? Tindakan semena-mena kepada pembantu rumah tangga (PRT) dalam bentuk penganiayaan. b. keruwetan keluarga. b. kebiasaan seseorang. bahkan pembunuhan sering kita dengar. sifat jahat dan congkak. Munculnya tinggah laku yang tidak baik terhadap PRT disebabkan oleh beberapa faktor misalnya. kelainan seseorang. Sesuka hati. Semaunya. Perilaku tidak manusiawi. tindakan menyimpang. Perbaikan kata yang bercetak miring dalam paragrap tersebut dengan kata bermakna kias a. 21 . 22 . Lalu berhenti. c. . saya mohon untuk diterima jadi karyawan Bapak. e. Berdasarkan lowongan pekerjaan yang Bapak berikan . gangguan jiwa dan sebagainya. Berdasarkan iklan dalam harian Pikiran Rakyat tanggal 5 April 2000 bahwa lembaga Bapak memerlukan karyawan lulusan D-3 dengan ini saya meminta agar menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak pimpin. d.

23 . kaum Ibu rumah tangga kehilangan alat memasak mereka. d. c. d.e. kata Joko Purwanto . Warga Ngompro kebanyakan memang memasak menggunakan tungku dari tanah liat dan berbahan bakar kayu. menggambar dan menghitung diyakini sudah diambil alih oleh alat-alat elektronika seperti komputer. Kertas tetap digunakan sebagai alat mencatat meskipun bidang teknologi mengalami kemajuan. . Sementara itu. kertas tidak akan digunakan lagi. Perhatikan paragraf berikut ! Dulu orang pernah berpikir bahwa dengan semakin majunya teknologi terutama teknologi informasi . b. Kepala Desa Ngompro. Perahu tak berani masuk karena arus sangat deras. Hal itu disebabkan semua kegiatan yang biasanya menggunakan kertas seperti untuk mencatat . Adanya anggapan bahwa kemajuan teknologi informasi akan menyingkirkan kertas. lalu dijadikan tungku. b. Banyaknya sawah dan rumah yang rusak membuat warga trauma bila diminta mengingat kembali banjir yang menerjang dusun mereka. warga yang tinggal di tepi kali Madiun itu terus berjuang meneruskan hidup. 24 . Warga Ngompro memang kebanyakan memasak menggunakan tungku dari tanah liat. Saat banjir . kertas tidak akan diperlukan lagi. c. Saya berharap Bapak menerima saya menjadi staf administrasi di tempat Bapak. Dengan kemajuan teknologi kertas tidak diperlukan lagi. Sementara itu . Warga Ngompro saat itu terendam sejak Rabu sampai Jum at. Banyaknya sawah dan rumah yang rusak membuat warga trauma bila diminta mengingat kembali banjir yang telah menerjang dusun mereka. kaum Ibu rumah tangga kehilangan alat memasak mereka. Setelah kebanjiran . kayu-kayu masih basah dan tidak bisa dipakai lagi. Dulu orang berpikir bahwa dengan kemajuan teknologi informasi . Pikiran utama paragraf di atas adalah a. warga yang tinggal di tepi kali Madiun itu terus berjuang meneruskan hidupnya. Ada pula yang nekat menjadikan meja mereka dialasai seng . Kalimat yang merupakan ide pokok paragraf di atas adalah a. Selepas kebanjiran .

Pertambahan penduduk yang paling banyak yaitu 1990-1995. Kalimat 2. Makanan yang berlemak dan banyak mengandung garam berbahaya. Penggemar makanan yang asin atau banyak mengandung garam juga memberi kesempatan penyakit hipertensi mudah timbul. Penyakit hipertensi dapat dicegah jika tahu penyebabnya. a. seperti minyak sawit mentah dan turunannya. 26 . dapat memicu timbulnya penyakit hipertensi bagi mereka yang suka mengkonsumsinya secara berlebihan. Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah a. 27 . Simak isi paragraf di bawah ini dengan baik ! Daging hewan berkaki empat . Total ekspor Indonesia pada tahun 2007 terhitung sebesar 9. Di samping itu . Total ekspor Indonesia selama September 2007 dibandingkan dengan Agustus tahun lalu sama-sama negatif. 32 juta jiwa 1995 199 . c. turun 0. 12 juta jiwa 2005 231 .25 . c. 65 juta jiwa 2000 216 . Hal ini diperkirakan akan memperberat kinerja pemerintah selanjutnya untuk mengangkat kembali pamor komoditas andalan. d. d. Bacalah paragraf berikut dengan seksama ! Nilai ekspor nonmigas pada September 2007 kembali turun. Melemahnya kinerja ekspor tampak mencolok pada penurunan nilai dan volume ekspor komoditas andalan . Kalimat 1.52 miliar dollar AS . b. seperti kambing . 42 juta jiwa Data tabel tersebut menunjukan bahwa a. Kalimat 5.91 persen dibandingkan nilai ekspor bulan Agustus 2007. Penyebab hipertensi adalah pola makan dan faktor keturunan. Perhatikan tabel berikut ! Biro pusat statistik ( BPS ) membuat perkiraan jumlah penduduk Indonesia sampai tahun 2005 berikut ini Tahun Jumlah penduduk 1990 179 . Banyaknya hal yang dapat menyebabkan munculnya hipertensi. . b. ada kalanya penyakit hipertensi disebabkan oleh faktor keturunan. Kalimat opini pada paragraf di atas adalah . Kalimat 4.

sehari semalam berlayar . c. Seorang laksamana yang gagah dan perkasa dan suka mengarungi lautan untuk mencari nafkah. maka kelihatanlah suatu rupa . lalu dituduh pembawa sial atas terbakarnya toko buku keluarga Aminah. d. akan tetapi sumber segala persoalan sebenarnya bermula dari kehadiran sosok Farida. 57 jiwa. Maka Laksamana pun bertanya. Seorang laksamana yang berani berlayar untuk mencari nafkah untuk keluarganya. Seorang laksamana yang sabar berlayar dari pulau ke pulau untuk kepentingan dirinya. Tahun 2005 jumlah penduduk Indonesia berkisar 232 juta jiwa. . itulah pulau yang bernama Biram Dewa itu. Seorang laksamana yang sanggup berlayar dari hari ke hari untuk mencari pulau yang terasing. Mula-mula ia dituduh sebagai pembawa sial dalam kehidupan Ibu Aminah . 29 . Maka antara sehari semalam . b. maka kita bertemu dengan sebuah pulau. Hai panglima kami .b. Hai panglima kami . Setiap manusia yang melakukan suatu tindakan tertentu akan memetik buah tindakannya. Adapun di pulau itu tiada pernah orang singgah. maka sampailah kejajahan benua keling. Bahkan perkawinan Raffi dan Tarisa pun terancam bubar. Tahun 2010 jumlah penduduk diperkirakan 240 . pulau apa namanya itu. e. Maka kata mualim .Hooykass . Hai mualim . 1952 Halaman 161 . Pertumbuhan penduduk paling banyak yaitu antara tahun 1995-2000. b. Dari pada jajahan itu tujuh malam . Seorang laksamana yang tangkas yang tidak takut berlayar untuk kepentingan negaranya. Bencana bisa datang kapan saja. c. 28 . seperti gajah kelihatan dari jauh. Maka kata mualim itu . Singkat cerita . Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah a. d. c. kehadiran Tarisa dipandang sebagai sumber malapetaka dan kehancuran Ibu Aminah. Maksud baik belum yentu dapat diterima sebagai suatu kebaikan. Tiga hari tiga malam lagi . Bacalah kutipan cerpen berikut ! Tarisa banyak difitnah oleh keluarga Raffi. Oleh C. Penyedar Sastera Nilai kepahlawanan yang terkandung dalam penggalan hikayat di atas adalah a. maka sampailah ke kuala benua Keling. Maka Laksamana pun berdiam dirilah.

Alur dan latar e. Ia mendapat sepotong roti kecil pada hari minggu. d. Dialog drama diatas dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan masalah a. Pertengkaran kakak beradik dalam sebuah keluarga. Ia makan tiga kali hanya dengan sedikit sup setiap harinya. sedangkan perempuan satu bagian begitu hukumnya. Pelayan itu dibantu oleh seorang atau dua orang pembantu wanita. Ia harus bekerja dan merasa lebih sering kelaparan dari pada sebelumnya. Ternyata Oliver lebih banyak tidak bahagia di rumah penampungan. Tema b. Jika waktu makan tiba . Alur 31 . Sebuah periuk besar ada di ruangan itu.d. Perlu ada pendamai jika ada pertengkaran. bagian abang tinggal satu bukan yang ada dibagi lagi. Sudut pandang d. Kita harus waspada terhadap kehadiran orang ketiga yang justru sering menimbulkan masalah dan kehancuran keluarga. sebagian besar berupa kuah. Dalam sup itu hanya terdapat sedikit daging . c. saya tidak setuju ! : Kenapa kau tidak setuju ? Bukankah pembagian itu adil ? Laki-laki dapat dua bagian . 30 . Ruangan tempat anak-anak tinggal berwujud sebuah bangunan yang luas. Dalam hidup selalu ada perbedaan pendapat. b. Bacalah dialog berikut ini ! Perempuan : Laki-laki Tidak bang . Latar c. Laki-laki selalu diuntungkan dalam pembagian harta waris. Jadi . . seorang pelayan mengambil sup dari peiuk itu untuk anak-anak. Tapi abang harus ingat bahwa dari satu bagian yang abang ambil dari saya waktu mau mencari pekerjaan di Jakarta. Abang sudah diuntungkan oleh hukum . Itu namanya tidak adil. Pertengkaran dalam pembagian harta waris. Perempuan : Hukum itu saya setuju. Apakah unsur intrinsik pada penggalan novel di atas ? a. eh mau nambah lagi. e.

Pokok persoalan yang diungkapkan dalam esai di atas adalah a. e. pada dasarnya Armyn Pane menerapkan prinsip bilang begini . terjang Chairil Anwar Tema yang tersirat dalam puisi di atas adalah a.32 . maksudnya begitu . Maju Bagimu negeri Menyediakan api Punah di atas menghamba Binasa di atas ditindas Sungguhpun dalam ajal baru tercapai Jika hidup harus merasai Maju serbu Serang . Bacalah kutipan di bawah ini ! Barang siapa membuat jasa Mulia namanya sepanjang masa Kutipan di atas termasuk a. Bidal 33 . tetapi ia menggunakan serangkaian perbandingan. Syair b. Karmina e. Armyn Pane tidak secara langsung menyatakan maksudnya . Pantun c. d. Dalam sajak Kembang Setengah Jalan . c. Armyn Pane menerapkan prinsip bilang begini maksudnya begitu dalam karya sastranya. . Gurindam d. Pendidikan Perjuangan Penjajahan Pengorbanan Kesetiaan 34 . bahkan boleh dikatakan sastra pada umumnya. dalam pergaulan sehari-hari pun tidak jarang kita melaksanakan prinsip tersebut. Sebenarnya . Prinsip itu tampaknya memang merupakan landasan puisi . b..

industrialis. lalu 36 . telah Yang . d. Hakikat . Kata serapan yang tepat melengkapi paragraf di atas adalah a. praktisi . Arsitektur . Hakikat . c. d. Cermati paragraf berikut ! Sebagai . industri . Hakekat . . Bentuk baku dari kata-kata tidak baku dalam kalimat di atas adalah a. Hakikat . Gairah hidup . warga. Kadipaten Lumajang tampak muram dari luar . sepi. nasihat. tentu Dan . d. Arsitek . Hidayat meyakini bahwa kota berperan penting dalam membangkitkan . praktik . kreatif . b. kreatif . Arsitek . Prinsip itu merupakan landasan sastra pada umumnya. b. d. nasehat. kreatifitas . e. akan Tidak . 35 . Perhatikan kalimat berikut ! Pada hakekatnya masih banyak atlit Indonesia yang dapt berprestasi lebih baik lagi bila mau mendengar dan mengikuti nasehat para pelatih dan pengurus. c. sebersih dulu lagi. Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah a. atlet . praktikum . c. industiral. atlit . Ekonomi kreatif di sejumlah negara dengan Inggris sebagai pelopor terbukti membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja lebih besar daripada ekonomi berbasis gelombang kedua. praktek . Prinsip tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Armyn Pane menggunakan serangkaian perbandingan. kreativitas . 37 . Arsitek . dan juga sebagai dokter yang membuka di rumahnya. industry. Beberapa petugas yang bertugas membersihkan kadipaten tampak duduk-duduk di pendopo.. Memang . industri. atletik . e. memang Telah .b. c. nasehat. kreativitas . nasehat. Tembok yang mengelilingi kadipaten . e. Arsitektur . Kembang setengah jalan merupakan sajak Armyn Pane. b. atlet . Sirna akibat kemarau yang berkepanjangan. praktek .

Sebuah kursi roda didudukkan di luar kamar. dilakukan. b. . Dibanjiri . tampak pohon-pohon dan bunga-bunga yang beraneka ragam. Puncak gunung b. Kata-kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah a. Tampaknya mereka mahir dan terampil mengayuhkan dayungnya sehingga dalam sekejap mereka muncul ke tengah. kursi itu biasa digunakan Sudiharjo melihat-lihat sekitar rumah. 39 . e. Membanjiri .. Rumah bambu itu cukup jauh masuk dari jalan utama Imogiri-Oanggang . Sebuah dipan lengkap dengan kelambu anti nyamuk dan kipas angin kecil tertata apa adanya. atlet . Satu peralatan lagi yang selalu dekat dengan Sudiharjo adalah pispot dan alat bantu jalan ( kerk ). 38 . Sebuah kursi roda tergeletak di luar kamar. Frase yang tepat untuk mengawali paragraf deskriftif di atas adalah a. Semua peralatan tersebut harus selalu tersedia agar korban gempa itu dapat beraktivitas.. dilakukan. Di tepi danau . lakukan. Sebuah kursi rida teronggok di luar kamar. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf deskripsi tersebut adalah a. ditangani .e. melakukan . kembali. c. Kabupaten Gunung Kidul. seluruh tanaman pangan dapat . Sebuah kursi roda diletakan di luar kamar. Banjir . menangani . menangani . panen jagung dan keledai. e. Dibanjiri . c. seperti Kecamatan Semin . Pegunungan . Membanjiri . Ngawi . tangani . ditangani . nasehat. Hakekat . 40 . d.. Sebuah kursi roda tersimpan diluar kamar. Di wilayah utara .yang hijau menambah indahnya pemandangan. dan Nglipar sudah . b. d. Hujan yang turun empat hari terakhir di wilayah Gunung kidul mampu . melakukan. 5000 hektare lahan padi yang semula telah layu. Air jernih tidak bergelombang seperti kaca besar mengkilap disinari matahari. Selain sempit sekali rumah itu juga sangat sederhana. Bahkan . Perahu-perahu kecil hilir mudik didayung anak-nak.

c. Tentu kita akan mengalami sesuatu yang sangat busuk dan berbau sebab tubuh kita tidak bisa menoleransinya. Jelaslah . Kondisi lingkungan kita di masa yang akan datang tentunya bergantung pada perilaku kita terhadap lingkungan itu.. Kalimat simpulan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah a. Air laut e. dan rusak seperti pohon-pohon yang kekurangan air di musim kering. Jadi . menggunakan musik sebagai pengantarnya. bila diberi gaya hidup yang tidak benar . bahwa musik dapat dijadikan sebuah bahasa yang universal karena dapat dipahami oleh siapapun. rapuh . Jelaslah . Dengan demikian . ubahlah gaya hidup kita. Oleh karena itu . c. musik harus terus menerus dibina dan dibiayai oleh pemerintah agar berkembang pesat. b. Bacalah paragraf analogi berikut dengan baik ! Tubuh manusia dapat diumpamakan dengan lingkungan atau bumi. digunakan untuk mengobarkan semangat. Maka antisipasilah tubuh kita dengan makan makanan yang dIbutuhkan seperti yang dIbutuhkan bumi juga. pertunjukan-pertunjukan dan iklan-ikaln sebaiknya memakai musik saja agar berhasil. suatu saat tubuh kita akan rusak seperti bumi. d. e. bahwa musik memengaruhi perkembangan jiwa dan kepribadian seseorang. tentu kita akan mewarisi bumi yang gersang dan berbau busuk .c. Pohon 41 . Event-event penting yang digelar dengan dana yang tidak sedikit . d. bagi dunia industri musik juga bisa memberikan image produk lewat iklannya. b. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah a. Musik dengan irama mars misalnya . Cermati paragraf generalisasi berikut ! Musik mampu menyampaikan pesan ke seluruh bangsa tanpa harus memahami bahasanya. Bila kita terus mencemari bumi dengan limbah beracun . 42 . . Tubuh kita akan menjadi renta . Perkembangan kepribadian seseorang pun dipengaruhi oleh jenis musik yang didengarnya. Demikian juga dengan tubuh kita . Hilir mudik d. Perkembangan dan pertumbuhan lingkungan mampu mengantisipasi permasalahan tersebut.

e. c. untuk mencapai terminal . Saya bertanya kepada seorang petugas. Akan banyak orang yang hidup senang. b. apabila hujan lebat karena tidak ada penopang dan resapan air. Keluarga Pak Burhan dan peserta lomba harus menaati semua peraturan yang ditetapkan panitia. e. Keluarga Pak Burhan harus menaati ketentuan panitia lomba. Premis Khusus Simpulan : Keluarga Pak Burhan merupakanm peserta lomba gerak jalan santai. d. Seluruh keluarga Pak Burhan harus tunduk pada peraturan. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi di atas adalah a. dan jenisnya. Premis Umum : Semua peserta lomba gerak jalan harus menaati ketentuan panitia lomba.30 saya masih di terminal. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas agar menjadi paragraf sebab-akibat adalah a. . 43 . sedangkan pukul 14. Pesawat ke singapura take off pukul 15. Namun saya tidak menghiraukan. setiap tempat . Pak Burhan sekeluarga sebaiknya menaati pearturan bila mengikuti lomba gerak jalan santai. Maka musik harus terus digalakkan setiap saat . Lahanlahan ini dijadikan perumahan dan apartemen mewah. Hal itu akan membuat orang menjadi kaya. : Simpulan yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah a. Hal itu akan mengakibatkan banjir . longsor . c. d.. Saya langsung lari mengikuti petunjuk petugas untuk mengejar bus yang ada di bawah terminal. b. Tidak ada akibat apapun. Akan tetapi .Ternyata saya harus kembali ke pintu sinar X yang telah saya lewati tadi. Banyaknya pohon yang ditebang dan dijadikan lahan untuk kepentingan pribadi . Kalau saya jalan kaki . Akan banyak orang yang membeli rumah. e. Saya cepat merasakan ada kesalahan. 44 . . saya harus naik bus yang sudah menunggu di bawah terminal. saya butuh waktu 1 jam. .15 . Pak Burhan harus menaati ketentuan panitia lomba. 45 . b.

anak buruh percetakan Gok Bok Kwie. TEGUH SRIMULAT 1. Dilahirkan di Solo tahun 1926. d. 46 . Saudara-saudara! Banyak di antara kita menghabiskan waktu untuk menonton tayangan televisi yang semakin menarik dan bervariasi. Jelaslah bahwa tayangan televisi telah menganggu waktu belajar kita di rumah dan lingkungan sekolah. Saya harus kembali. kita harus berjuang dengan keras untuk meraih cita-cita masa depan kita. mengulangi pelajaran dan mengerjakan PR tinggal sedikit sekali. Urutan paragraf yang benar adalah a. Mari kita menggunakan waktu secara efektif dalam belajar untuk mencapai prestasi. Bila hal itu terus berkanjut . Teguh dapat mengaplikasikan prinsip manajemen secara professional dalam kelompoknya. 2. 3. Mari kita kurangi menonton televisi dan waktu yang tersedia kita gunakan untuk mengulangi pelajaran. 5. Saya berlari kembali ke pintu sinar X. d. Teguh . d. b. c. Menurut hasil penelitian ada pelajar yang lebih dari lima jam menghabiskan waktunya untuk menonton televisi setiap hari. 1-2-3-4-5-6 6-5-4-3-2-1 3-2-4-6-1-5 3-1-2-4-6-5 47 . e. e. Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah a. tentulah waktu untuk membaca . 4. c.c. Teguh meninggal dunia di solo September 1996. b. Akibatnya pesawat yang akan saya tumpangi telah take off. Saudara-saudara hendaknya meninggalkan kebiasaan berlama-lama menonton televisi sejak sekarang. Oleh karena itu . 6. Meski berangkat dari kelompok tradisional . . Hal itu tentunya akan berpengaruh pada prestasi dan cita-cita serta masa depan bangsa. Awal karirnya adalah grup keroncong Bunga Mawas .

Ibu dapat lebih bergerak bebas . Penanganan b. Akan tetapi . Ketika masyarakat masih dalam fase tradisional. pada waktu yang sama . b. a. . Kalimat latar belakang yang tepat untuk karya tulis adalah. Perbaikan d. Ibulah yang dianggap bertanggung jawab tidak hanya dalam mengendalikan urusan domestik . bahkan mungkin memburuk. Alasan kami memilih tema dari permasalah Kenakalan Remaja adalah karena kian maraknya penyimpangan moral yang dilakukan oleh para generasi penerus bangsa. Wassalamualaikum Wr. Anak penyandang epilepsi dapat terganggu belajarnya . Di dan dipunya b. teknologi pengolahan dan kualitas batu bara yang dipunya bisa dikatakan masih rendah. Kata kiasan campur tangan di atas dalam karya tulis lebih tepat menjadi . peran domestik Ibu makin terbuka luas. harapan masyarakat atas peran Ibu ternyata tidak beranjak jauh kalaupun permasalahan domestik itu tidak tertangani dengan baik akibat ulah si bapak . Dari hasil penelitian .. Penelitian ini memang tuntutan. 49 .Wb. harapan masyarakat atas peran Ibu sangat besar. Wanita yang selalu menggeluti masalah domestik dipandang kurang mengikuti zaman. Tampaknya tidak ada peran sesulit peran Ibu. Pada masyarakat industri . Memang benar bahwa dalam masyarakat industri. Kaum wanita dituntut lebih aktif.48 . Tugas ini untuk memenuhi nilai. Percobaan 50 . d. tetapi si Ibulah yang dianggap bertanggung jawab. Pengobatan c. tetapi juga dalam menjaga citra keluarga secara umum. baik demi tuntutan ekonomi keluarga maupun sekadar apresiasi diri. c. Dipunya dan di 51 . karena bila tak ada campur tangan ahli medis maka jiwanya akan terganggu. a. Di dan dimiliki c.. Kata dalam dan dipunya lebih tepat diganti menjadi a. Dalam dan dipunya d. Pemakaian batu bara dalam negara kita saat ini masih terbatas hanya ada PLTU dan pabrik semen. situasi itu tidak berubah .

d.Jika bacaan tersebut dipandang sebagai karya tulis . bahasa yang lancar . Sesuai dengan iklan yang Bapak tawarkan . dalam novel Ladang Perminus diambil dari masalah kehidupan manusia sehari-hari .. c. Peristiwa yang diungkapkan oleh Ramdan K. Dengan membaca novel ini dapat memberikan masukan kepada pembaca tentang nilainilai kehidupan. . dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut. Bertempat tinggal di Jakarta Lamaran ditujukan ke PT GARUDA NUSABTARA Jalan Keling 84 Jakarta Pusat Pembuka surat lamaran kerja yang paling tepat berkaitan dengan iklan tersebut adalah a. Bahan bahan itu dituangkan kembali oleh pengarang dalam cerita yang lebih segar . e. Novel ini pernah memenangkan Hadiah Yayasan buku Utama Departemen P dan K tahun 1993. PT GARUDA NUSANTARA Membuthkan segera tenaga pembukuan dengan syarat 1. dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut. waktu . di suatu tempat . 53 . judul yang tepat untuk bacaan itu adalah. e. d. lingkungan dan budaya tertentu. b. Sarjana Akuntansi 2. c. b. dengan ini saya mengajukan lamaran untuk mengisi lowongan kerja tersebut. a. Dengan ini saya mengajukan surat lamaran kerja sesuai dengan yang Bapak iklankan. Kalimat resensi yang berisi tentang keunggulan novel yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah a.H. Nasib kaum Ibu Dilema Peran Ibu Emansipasi Wanita Peran Ibu dalam Rumah Tangga Tugas Ibu dalam Era Globalisasi 52 . Berdasarkan iklan yang Bapak beri tahukan. Pengalaman kerja minimal dua tahun 3. Bersama ini saya melamar pekerjaan sesuai dengan yang Bapak iklankan. Berdasarkan lowongan kerja yang Bapak iklankan untuk tenaga pembukuan . sesuai imajinasi pengarang dengan nada cerita yang spesifik.

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog drama di atas adalah. b. Kesulitan memahami bahasa tidak merupakan kendala yang berarti dalam memahami jalan cerita. Lengkapilah dialog drama di bawah ini ! Ibu Anak Ibu Anak : Bagaimana hasil ulangan kamu hari ini nak? : Alhamdulillah bu . . Novel ini salah satu novel terbaik yang mendapat Hadiah Yayasan buku Utama Departemen P dan K.. Seperti kelapa menjadi minyak. e. Bagai air di daun talas.. Cermati kutipan puisi berikut dengan baik ! Andai besok tak ada lagi mentari Arah langkah terhenti seketika Langit berubah warna kelabu Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi di atas adalah a. : Baguslah nak . d. d. Udara dingin sekali Gerimis pun mulai reda Tanpa lentera akan gelap sekali Pembawa berita bercerita Angin dan embun pagi berhenti menyapa 55 . e. tetapi kau harus tetap : Iya bu. b. . c. aku mendapat nilai seratus.b. Novel ini sangat sesuai dibaca oleh para pengusaha muda yang mempunyai cita-cita yang maju. kian berisi kian merunduk. c. c. Seperti ilmu padi .. Menjilat air ludah. 54 . d. e. Air tenang menghanyutkan. Novel Ladang Perminus mengangkat cerita kehidupan manusia dengan bahasa yang segar. a.

56 . Sore hari di desa. sendau sepi bermalas-malas. . Sekalikali lampu motor menyorot dan hilang menggebu. Angin bertiup menyejuk. c. 58 . Latar cuplikan novel di atas adalah a. irwan juga punya ciri khas lain yang membuat karya-karyanya menjadi lebih khas . Bintang bertaburan di langit laksana permata berserakan di atas permadani. tapi pasti akan berakhir bahagia . ( 3 ) Meski kadang terkesan sentimentil . c. ( 4 ) Kisah-kisah fiksi yang digarap Irwan Kelana tidak jauh dengan tema sehari-hari yang dIbungkus oleh gaya bahasa ringan yang kadang menjenuhkan seharusnya bahasa yang digunakan dalam karya Irwan lebih menarik agar tidak membuat jenuh pembaca. Siang hari di tengah laut. b. . Siang hari di kota. d. mau tidak mau kita akan diingatkan pada novel-novel ringan dan populer sejenis misalnya karya Mira W. e. Malam hari di langit biru. masing-masing memengang obor.. Kalimat yang merupakan kritik atas karya sastra adalah a. b. Malam hari di laut lepas. Jalanan yang masih berselubung kelam. Saat terbit fajar di desa. . Siang hari di desa. ( 2 ) dunia dalam karya Irwan adalah dunia dengan beragam kepahitan maupun kegetiran . d. Latar penggalan cerita tersebut adalah a. b. Bising suara knalpotnya merobek anak telinga dan merobek alam. e. Di sana melancarlah biduk nelayan yang sedang mengadu untung. Dari jendela itu bambang melihat langit di timur mulai mengarak warna merah dan di jalan sekelompok bakul berjalan beriringan seperti khalifah dalam gelap fajar. Kalimat 1 Kalimat 2 Kalimat 3 Kalimat 4 Kalimat 5 57 . Malam hari di jalanan. (1) Membaca kisah-kisah fiksi karya Irwan . c. yakni ceritanya sangat realistis sesuai dengan latar belakang profesinya sebgai jurnalis yang biasa bergelut dengan fakta. menantang gelombang yang penuh marabahaya. biasa saja. Cuaca cerah cemerlang kena sinar rembulan.

oh anak zaman yang megah Biarkan aku memandang ke timur untuk mengenangmu 59 . menaklukan kejemuan Merubuhkan kesangsian Dan menyusun batu demi batu ketabahan . karena Bandung Bondowoso telah membunuh ayahnya bahkan mengancam akan membunuh Rorojongrang dan seluruh rakyatnya bila ia menolak dinikahinya. Kutipan di atas merupakan cerita lahirnya legenda a.d. Malam hari di jalan raya. kalau berani kita main. Tangkuban Perahu d. 60 . Candi Borobudur b. b. woi!! Sedang apa kalian? masak. e. c. Di lapangan. Candi Prambanan c. Candi Mendut e. benteng kemerdekaanmu Pada setiap matahari terbit . Rorojongrang tak sudi dilamar oleh Bandung Bondowoso . dan yang kalah harus menuruti perintah yang menang. Robe Evan Eki Hendra : : : : Sapandi Djoko Damono . Di sekolah. Danau Toba 61 . e. Akhirnya Rorojongrang mencari akal untuk menolak Bandung Bondowoso. Ia minta dIbuatkan seratus candi dalam satu malam. Latar dari dialog drama di atas adalah a. Pagi hari di samudera. Bacalah puisi di bawah ini ! Selamat pagi Indonesia Seekor ayam jantan menegak . dan menjeritkan salam padamu Ku bayangkan sehelai bendera berkibar di sayapnya Aku pun pergi bekerja . Di rumah. Di jalan. Di terminal. d.ya lagi judi lah!!!dasar katro! kita bilangin kepala sekolah baru tahu rasa! beraninya maen bilangin aja.

Mutaharroh dalam huruf Latin adalah 64 .. Mutakharah d. c. Angin berhembus lemah lembut b. Petir membelah bumi . Angin datang dengan kencang c. Monang telah menyetujui gadis batak pilihannya. Muttaharah c. Monang bertanggung jawab kepada Manen. Muttaharoh e. d. Dia kawin dengan gadis pilihan Ibunya. Sementara itu janin yang dikandung Manen mengalami kelainan . 63 . b. d. Mutohharah b. Ketabahan manusia mengahadapi bermacam-macam tantangan dari hari ke hari. Puncak kelapa melambai-lambai Di ruang angkasa awan bergelut Kalimat yang tepat untuk melengkapi puisi di atas dengan majas yang sama adalah . e. Janin yang dikandung Manen mengalami kelainan. 62 . ( Raunamen . a. e. Budaya menjodohkan anak yang selalu memaksakan kehendak orang tua untuk menikahkan anaknya. Dan kenyataan lain Ibu Monang telah menjodohkannya dengan gadis Batak pilihan Ibunya. Ketabhan selalu mengikuti jejak-jejak kehidupan. b. c. bati itu akan lahir cacat. Bayi Manen akan lahir cacat. karya Mariane Katoppo ) Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam penggalan novel di atas adalah a. Penulisan kata a. Monang sendiri tidak bisa menolaknya.Kutipan puisi di atas menggambarkan a. Di tempat inilah terjadi peristiwa yang menyesatkan. Namun Monang yang bertanggung jawab dan mengawininya. Ketabahan manusia mengahadapi kehidupan. Ombak bergemuruh d. Perhatikan puisi di bawah ini ! Ombak memecah di tepi pantai . Ketabahan merupakan benteng kemerdekaan. Ketabahan merupakan cita yang abadi.

Sukab hanya bermimpi menjadi pemain bola. e. Sementara itu . b. 66 . Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang tidak padu dalam paragraf di atas adalah a.. Cover yang berwarna-warni. Harga buku Rp. Kalimat yang tepat untuk melengkapi cerpen di atas adalah . Tetapi . Buku ini meluruskan pandangan keliru dari sisi pengamat komik. Nuraini khawatir jangan-jangan Israfil merasa takut karena cerita itu. Penjaga gawang melawan Sukab di tengah lapangan.25. d. Laut berubah jadi merah 65 . Sukab menggiring bola sepanjang lapangan rumput dengan kecepatan lari kuda balap . b. Sudah seribu jala gawang digetarkannya . Kalimat resensi yang sesuai dengan data tersebut adalah . Jalan pikiran anaknya acap kali tidak bisa diterkanya. sudah seribu pemain belakang sekelas Franco Baresi dilibasnya . Tidak ada daftar isi tetapi ada daftar pusaka dalam buku ini. Bacalah kutipan cerpen di bawah ini ! Sukab ! Sukab ! Mau kemana kamu Sukab ? Dimana gawangnya ? Sukab menggiring bola . c.000 . Dia tidak mengerti mengapa Ibunya tidak menjawab pertanyaanya. e. 67 . a. Sukab merasa lelah dan ingin beristirahat. Israfil sering kali mengagetkannya. mencuri gawang dari penjaga gawang yang hebat. Pikiran anak kecil tidak sama dengan pikiran orang dewasa. Israfil menangis mendengar cerita tersebut. Ibunya menceritakan dongeng yang sulit dipahami oleh Israfil. Dari kecil . c. Dia tidak mengerti pikiran Ibunya. Perhatikan data buku di bawah ini ! Buku ini menyoroti komik Indonesia mulai dari sejarahnya. jelas setiap anak merupakan manusia unik. Pikiran kecilnya terlalu lugu untuk membaca kerumitan pikiran orang dewasa yang selalu punya banyak pertimbangan. Sukab keluar lapangan karena melakukan pelanggaran. Buku ini menggunakan bahasa yang ringan. sudah seribu kiper terbaik dikecohnya .e. Dia terlalu kecil untuk membaca kerumitan pikiran Ibunya. ia ingin membuat gol di dunia maka diburunya gawang yang tersisa meskipun terletak di ujung dunia. d. tapi Sukab belum merasa puas jika belum menaklukan kipper terhebat di muka bumi . Bacalah kutipan ceroen di bawah ini ! Lama israfil brpikir.

69 . kita pergi menumpang ke rumah tetangga sebelah Ibu. Di bawah ini kaliman esai sastra yang tepat adalah a.a. Banyak anak yang tidak suka membaca. Anak-anak zaman sekarang lebih suka membaca komik Sinchan dibandingkan cerita 1001 malam. Anak-anak zaman sekarang banyak menyukai cerita 1001 malam.A Kosasih Rizaldi. a. Buku ini mahal harganya. Menurut anda saran anda cukup baik. buku ini memiliki banyak keunggulan seperti bahasa yang digunakan sangat ringan yang memudahkan pembaca untuk memahaminya serta cover yang berwarna-warni menarik peminat untuk membeli. : Silahkan tuan . di sini juga bagus ! c. 68 . R. : Tidaklah baik tuan . Menurut anda manakah yang harus didahulukan? b. seharusnya d. : Penggalan untuk naskah drama tersebut yang paling tepat adalah . d. sekedar memenuhi. Buku ini bisa meluruskan pandangan keliru dari sisi pengamat komik. Ibu kami dibawa ke tempat lain untuk ditanyai karena mungkin angin subuh begini kuarang baik bagi beliau. Sudahlah . . c. Tidak . Manakah kalimat kritikan di bawah ini yang tepat a. Saya setuju dengan pendapat anda. b. biar cepat beres. Baiklah . c. Yan Mintaraga . c. Kira-kira dimana ya tempatnya ? d. b. Ayo beli buku ini. saya akan jawab sedapat saya. Namun buku ini memiliki kelemahan yaitu tidak ada daftar isi sehingga pembaca sulit untuk mengetahui halaman bagian buku yang akan di baca. Menurut saya pernyataan yang anda ungkapkan kurang tepat. d. 70 . Anak zaman sekarang lebih menyukai komik. Banyak anak yang menyukai cerita. Komik Indonesia mengalami zaman keemasan pada era Ganes . Polisi Kartina Polisi Irwan Polisi : Selamat malam ! saya petugas yang diberi perintah untuk memeriksa perkara kebakaran ini. Dengan harga yang cukup terjangkau . : Cuma beberapa hal saja . e. b.

c. Kali ini ia tidak menolak bantuan tersebut. Anak-anak itu membantunya dengan menarik tangan lek war. Atur barisan menuju cita-cita selagi masih muda. b. apa guna ku sesalkan Menyesal tua tiada berguna Hanya menambah luka sukma Kepada yang muda ku harapkan Atur barisan di hari pagi Menuju ke atas padang bakti ! ( A. Anak-anak juga membantu mengambilkan sandal jepitnya dan memasangkannya di kakinya. Karena nila setitik rusak susu sebelangga. Walaupun sudah tua tuntutlah ilmu. Peribahasa yang menyatakan kewaspadaan adalah a. d. Mati semut karena gula. Air tenang menghanyutkan.Hasjmi . Tuntutlah dan carilah harta. Berjalan peliharakan kaki . Bacalah puisi di bawah ini ! Menyesal Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang dating membayang Batang usiaku sudah tinggi Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracun hati Miskin ilmu . 73 . Ia mulai tampak . Selagi muda carilah harta sebanyak-banyaknya. 72 . Puisi Baru . d. c. miskin harta Ah .e. Apa yang akan anda lakukan agar proyek ini berjalan lancer? 71 . STA ) Amanat yang sesuai dengan isi puisi di atas adalah a. Lelaki buta itu kemudian mencoba naik kembali ke jalan. b. berkata peliharakan lidah.

74 . bukanlah engkau orang jemputan yang seharusnya mengejar-ngejar gadis. Budaya bangsa seorang laki-laki menjadi orang jemputan.. b. d. Latar belakang novel tersebut di daerah Minangkabau. sebaik-baik meminta buat laki-laki lebih mulailah jika ia diminta. a. Secara adat kita di Minangkabau. yang datang. melainkan patutlah engkau memilih diantar. yang mana yang engkau sukai. Sawah. Menurut adat yang kita pakai. Seorang anak harus menuruti orang tuanya. Latar tempat peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut adalah a. Selokan. Jalan raya. .menggigil kedinginan karena hampir seluruh tubuhnya basah. e. c. Kampung. d. meminta-minta kasihnya. Pihak perempuan tersebut membawa uang untuk melamar laki-laki tersebut. . c. tapi air irigasi untuk mengairi puluhan petak sawah di sebelah selatan kampung itu. b. Salah asuhan karya Abdul Muis Unsur ekstrinsik dalam kutipan novel di atas adalah . Novel di atas beralur maju. Tema novel tersebut adalah percintaan. Untung selokan itu tidak berisi air comberan. jika ia kawin menurut adat yang biasa pihak perempuan yang melamar. Maksudnya.