Imam Hambali Imam Hambali bernama Ahmad bin Muhammad bin Hambal, lahir di Baghdad pada tahun 780855

M. Beliau dibesarkan oleh ibunya lantaran sang ayah meninggal di masa mudanya, pada usia 16 tahun, keinginannya yang besar membuatnya belajar Al Qur¶an dan ilmu ilmu agama lainya kepada ulama ulama yang ada di Baghdad, dan setiap kali mendengar ada ulama terkenal di suatu tempat, beliau rela menempuh perjalanan jauh dan waktu yang cukup lama untuk menimba ilmu dari sang ulama, beliau mengunjungi para ulama terkenal di berbagai tempat, seperti Bashrah, Syam, Kufa, Yaman, Mekkah dan Madinah, beberapa gurunya antara lain : Hammad bin Khalid, Ismail bin Aliyah, Muzaffar bin Mudrik, Walin bin Muslim dan Musa bin thariq. Kecintaanya terhadap ilmulah yang membuat beliau tidak menikah di usia muda, nanti di usia 40 tahun barulah beliau menikah. Kepandaian Imam hambali dalam ilmu hadis tak diragukan lagi, menurut putra sulungnya Abdullah bin Ahmad bahwa Imam hambali telah hafal 700.000 hadis di luar kepala. Hadis sebanyak itu kemudian diseleksinya secara ketat dan ditulis kembali dalam kitabnya Al Musnad berjumlah 40.000 hadis berdasarkan susunan nama nama sahabat yang meriwayatkan. Dengan kemampuan dan kepandaiannya, mengundang banyak tokoh ulama yang berguru kepadanya yang melahirkan banyak ulama dan pewaris hadis terkenal semisal Imam bukhari, Imam Muslim dan Imam Abu Daud. Menurut Ibnu Al Qayyim, ada lima landasan pokok yang dijadikan dasar penetapan hukum dan fatwa dalam mazhab hambali yaitu : 1. Al Quran dan Sunnah, jika ada nashnya dalam Al Quran dan hadis maka tidak berpaling pada sumber lainnya. 2. Fatwa Sahabat yang terkenal dan tak ada yang menentangnya. 3. jika para sahabt berbeda pendapat, maka beliau akan memilih pendapat yang dinilainya lebih sesuai dan mendekati Al Quran dan Sunnah, namun jika perbedaan pendapat tersebut tidak ada kesesuaiannya dengan Al Quran maupun Sunnah maka beliau mengambil sikap diam atau meriwayatkan kedua duanya. 4. Mengambil hadis Mursal (sanadnya tidak disebutkan perawinya) dan hadis Dhaif (lemah), dalam hal ini hadis dhaif lebih didahulukan dari pada Qiyas. 5. Qiyas, digunakan bila tidak ditemukan dasar hukumnya dari keempat sumber di atas. Hasil karaya Imam hambali yang paling terkenal adalah Musnad Ahmad bin Hambal dan buku buku karangan lainnya, seperti,Tafsir Al Quran, Annasikh Walmansukh, AlTarikh, Jawab Al quran, Taat Arrasul dan Al Wara¶.

Nama : Zulvita Isti P Kelas : XI Ap2 No : 38

terutama pemikiran plato dan plotinus.Al-Farabi Sebutan Al-Farabi berasal dari kota Farab. wujud yang memiliki keempat sebab Aristetolian: material. maka pembahasan makalah ini mengecil pada basis ontologis yang khas Faribian Nama : Pipit Eka P Kelas : XI Ap2 No : 22 . tujuan filsafat itu memikirkan kebenaran. Usaha Al-Farabi diperluas lagi. bukan hanya mempertemukan aneka aliran filsafat yang bermacam-macam. justru sama-sama membawa kebenaran . Tentang prinsip tertinggi ini hanya terbatas pada pengetahuan tentang hal itu dan bukan prinsip-prinsip wujudnya. Pertama. Al-Farabi berkeyakinan bahwa agama dan filsafat tidak bertentangan. Menurutnya. meskipun berbeda-beda corak dan macamnya . dan final. Al-Farabi adalah orang pertama yang memberikan uraian sistematik terhadap hirearki wujud dalam kerangka hirearki intelegensi dan jiwa serta pemancaran (faidh)-nya dari Tuhan. juga antara agama dan filsafat . tidak ada yang lain . Al-Farabi umumnya dianggap sebagai pendiri dan seorang wakil paling terkemuka aliran utama filsafat Islam.yang lain daripada wujud benda di dalam atau menempati benda-benda . karena kebenaran itu hanya ada satu. yaitu aliran Masysyai (Peripaterik) filosof-keilmuan. Al-Farabi membagi wujud menjadi tiga jenis berdasarkan jumlah sebabnya. Ia menjadi anutan/guru dari filosof-filosof Islam sesudahnya. Al-Farabi adalah seorang filosof muslim dalam arti yang sebenarnya. dan telah memainkan peranan penting dalam perkembangan pemikiran filsafat di dunia Islam. Al-Farabi juga mempertemukan hasil-hasil pemikiran filsafat dengan wahyu dengan bersenjatakan ta¶wil (interpretasi batini) . Jenis kedua ini mengacu kepada genus-genus benda terindra. wujud yang sepenuhnya immaterial . Hal ini terbukti dengan karangannya yang berjudul Al-Jami¶ Baina Ra¶yani Al-Hakimain dengan maksud mempertemukan pikiran-pikiran plato dengan Aristoteles. Al-Farabi menyebut wujud ini sebagai wujud pertama atau sebab pertama yang merupakan prinsip tertinggi eksistensi setiap wujud lainnya. Ketiga. Al-Farabi pernah tinggal di Baghdad selama 20 tahun. Atas dasar tiga skema klasifikasi wujud di atas. kemudian ia pindah ke Aleppo untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan filsafat dan juga mengarang . termasuk benda langit. seperti Ibnu Sina dan Ibnu Rusyd . formal. tapi ia berkeyakinan bahwa aliran-aliran tersebut pada hakikatnya satu. Kedua. wujud keberadaannya sama sekali tidak memiliki sebab. Ia telah menciptakan sistem filsafat yang relatif lengkap. Kendatipun begitu. Al-Farabi terkenal sebagai filosof sinkretisme yang mempercayai filsafat. Tidak heran jika ia mendapat gelar Al-Mu¶alim Al-Tsani . Al-Farabi berusaha meemadukan beberapa aliran filsafat yang berkembang sebelumnya. Nama lengkap Al-Farabi : Abu Nashr Muhammad Ibnu Muhammad Ibnu Tharkhan Al-Farabi. efisien. belajar pada Bishr Matta Ibnu Yunus dan Juhana Ibnu Haylam.

Imam Syafi'i lahir pada tahun 150 H. saudara dari Hasyim. ia juga pergi ke Irak. Mesir 204H / 819M) adalah seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Syafi'i. yaitu keturunan dari al-Muththalib. Yang pertama namanya Qaulun Qadim dan Qaulun Jadid. namun diantara pendapat ini terdapat pula yang menyatakan bahwa dia lahir di Asqalan. Imam Syafi'i juga tergolong kerabat dari Rasulullah. Saat usia 20 tahun.Fusthat. Palestina. Kelas : XI Ap2 No : 18 . Imam Syafi'i pergi ke Madinah untuk berguru kepada ulama besar saat itu. Imam Syafi`i mempunyai dua dasar berbeda untuk Mazhab Syafi'i. 150 H / 767 . sebuah kota yang berjarak sekitar tiga farsakh dari Gaza. Nama : Meilani Nur P. yang mana pada tahun ini wafat pula seorang ulama besar Sunni yang bernama Imam Abu Hanifah. Kelahiran Kebanyakan ahli sejarah berpendapat bahwa Imam Syafi'i lahir di Gaza. Menurut para ahli sejarah pula.Imam Syafi¶i Ab Abdull h Muhammad bin Idr s al-Shafi atau Muhammad bin Idris asy-Syafi`i (bahasa Arab: yang akrab dipanggil Imam Syafi'i (Gaza. Imam Malik. untuk berguru pada murid-murid Imam Hanafi di sana. Dua tahun kemudian. Palestina. yang merupakan kakek Muhammad. ia termasuk dalam Bani Muththalib.

Filsafat Al-Kindi Bagi Al-Kindi. daya pemarah.Al-Kindi Al-Kindi adalah salah satu dari 12 pemikir terbesar di abad pertengahan. Tuhan tidak memiliki sifat-sifat dan atribut-atribut lain yang terpisah denganNya. Dalam pandangan filsafat Al-Kindi. Menurut Al-Kindi. tetapi sifat-sifat dan atribut-atribut tersebut haruslah tak terpisahkan dengan Zat-Nya. Ilmuwan kelahiran Kufah. Al-Kindi membagi roh atau jiwa ke dalam tiga daya. Tuhan adalah Pencipta.A Kelas No : XI Ap2 : 05 . Tuhan tidak merupakan genus atau species. Menurut dia. Jiwa atau roh adalah salah satu pembahasan Al-Kindi. dan akal yang telah mencapai tingkat kedua dari aktualitas. yakni akal yang selamanya dalam aktualitas. tak bisa mempunyai sifat aktual.´ cetus sarjana Italia era Renaissance. Oleh karena itu. Ia menguasai beragam ilmu pengetahuan. yakni akal yang bersifat potensial. baik hakikat secara juz¶iyah atau aniyah (sebagian) maupun hakikat kulliyyah atau mahiyah (keseluruhan). Filsafatnya tentang keesaan Tuhan selain didasarkan pada wahyu juga proposisi filosofis. Nama : Apriliya F. Tuhan adalah yang Benar Pertama (al-Haqq al-Awwal) dan Yang Benar Tunggal. dan daya berpikir. Ia berasal dari sebuah keluarga pejabat. masih ada satu macam akal lagi. yakni daya nafsu. filsafat adalah ilmu pengetahuan yang mulia. Geralomo Cardano (1501-1575). daya yang paling penting adalah daya berpikir. jika tak ada kekuatan yang menggerakkannya dari luar. Al-Kindi juga membagi akal mejadi tiga. papar Al-Kindi. akal yang telah keluar dari sifat potensial menjadi aktual. menurut Al-Kindi. Al-Kindi merupakan manusia terbaik pada zamannya. Menurutnya. Akal yang bersifat potensial. karena bisa mengangkat eksistensi manusia ke derajat yang lebih tinggi. ALKindi juga menolak pendapat yang menganggap sifat-sifat Tuhan itu berdiri sendiri. Tuhan tak mempunyai hakikat. Dunia pun mendapuknya sebagai filosof Arab yang paling tangguh. Bukan keesaan metaforis yang hanya berlaku pada obyekobyek yang dapat ditangkap indera. Ia juga merupakan filosof Muslim pertama yang membahas hakikat roh secara terperinci. Di mata sejarawan Ibnu Al-Nadim. 185 H/801 M itu bernama lengkap Abu Yusuf Ya¶qub bin Ishak bin Sabah bin Imran bin Ismail bin Muhammad bin Al-Asy¶ats bin Qais Al-Kindi. Tuhan haruslah merupakan keesaan mutlak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful