BAB I MAKSUD DAN TUJUAN

1.1 Maksud

komposisi dan umur relatif serta distribusi perlapisan tanah dan interpretasi lapisa-lapisan batuan untuk menjelaskan sejarah bumi. Penanggalan mutlak (absolute dating) menggunakan berbagai teknik dan hasilnya dinyatakan dalam rangka tahun sebelum sekarang. dan grafi yang berarti pemerian/gambaran lapisa. Dalam geologi dipergunakan dua macam umur. Secara luas pengertian dari stratigrafi adalah salah satu cabang ilmu geologi yang membahas tentang urutan-urutan. yakni 1.BAB II TINJAUAN PUSTAKA Stratigrafi berasal dari kata srata (stratum) yang berarti lapisan (tersebar) yang berhubungan dengan batuan.stratigrafi adalah ilmu yang mempelajari pemerian perlapisan batuan pada kulit bumi. Umur relatif Didasarkan pada material bumi atau kejadian-kejadian yang berlangsung di bumi dinyatakan dengan dua cara yang berbeda. 2. yakni : 1. Jadi. Penanggalan relatif menempatkan berbagai proses geologi dalam urutan kronologis tertentu. Yang paling razim adalah penaggalan radiometrik dengan menggunakan unsur-unsur radioaktif di dalam batuan. ditentukan dengan melakukan perhitungan alamiah. hubungan dan kejadian batuan di alam (sejarahnya) dalam ruang dan waktu geologi. Umur absolut Umur yang dinyatakan dalam satuan waktu. Para geolog menggunakan dua pendekatanberbeda untuk menentukan waktu geologi sesuai debgab umur geologi. Penanggalan relatif (relative dating) yang menempatkan berbagai peristiwageologi dalam urutan kronologis berdasarkan posisinya dalam rekaman data geologi. metode ini tidak dapat mengetahui kapan suatu proses geologi . 2.

16381686) Sedimen melempar secara horizontal ke segala arah hingga menipisdan berakhir di tepi cekungan pengendapan. Biasanya dibawa oleh air. gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi yang kita amati saat ini . menyebabkan lapisan pengendapan ikut horisontal. Prinsip Uniformitarisme (James Hutton. biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau. Hal ini wajar karena suatu lapisan terbentuk di atas lapisan lain yang telah terbentuk sebelumnya. kimia. diperlukan tempat tertampungnya partikel-partikel sedimen. 2. Artinya.terjadi pada masa lampau. berarti batuan tersebut telah mengalami pergerakan setelah pengendapan. Proses Akumulasi Vertikal (Original Horizontaly) (Nicolas Steno. 1785) Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologi modern yang menyatakan bahwa hukum-hukum fisika. lapisan batuan yang kebih tua akan berada di bawah lapisan yang lebih muda.Dalam suatu pembentukan batuan sedimen. Prinsip Superposisi (Superposition of Srata) ( Nicolas Steno. 4. Dengan demikian. 1381686) Pada prinsipnya mengatakan pertikel-partikel sedimen ketika diendapkan membentuk lapisan-lapisan horisontal yang hampir sejajar dengan permukaan bidang pengendapan. bila dijumpai batuan sedimen dalam keadaan miring atau terlipat. Prinsip Kesinambunga Lateral (Lateral Continuity) (Nicolas Steno. Prinsip-prinsip yang dipergunakan dalam penaggalan relatif adalah : 1. 3. Dengan kata lain bahwa apabila pelamparan suatu lapisan batuan sepanhang jurus prlapisannya berbeda litologinya maka dikatakan bahwa prlapisan batuan tersebut berubah facies. Urutan stratigrafi yang disusun berdasarkan fosil ideks dan umur relatif dari seluruh benua memperlihatkan kesamaan. 1638-1686) Menyatakan bahwa dalam suatu urutan perlapisan yang belum terganggu. Dari korelasi startigarafi si seluruh dunia disusun suatu kolom geologi. Karena sifat air yang memiliki ketinggian sama.

Prinsip Faunal Succesion (William Smith. Ada 3 macam ketidakselarasan : 1. hingga sekarang terbentuk makhluk hidup dengan sistem yang kompleks. kemudian bersel banyak. Suatu fragmen (yang direkatkan) dalam batuan sedimen selalu lebih tua dari semen (perekatnya). Makhluk hidup yang mati kemudian memfosil. 1726-1797) Suatu unit batuan yang terpotong mempunyai umur geologi yang lebih tua dari batuan yang memotongnya. fosil mayat yang terawetkan dalam suatu urutan batua n secara bergradasi berubah kenampakan fisiknya sesuai dengan waktu. 6. dan tertimbun dalam lapisan bumi sesuai zaman hidupnya. Hal ini dapat diumpamakan sebagai sepotong kue lapis. 179-1839) Karena evolusi. Kue itu dapat dipotong jika kue itu sudah ada dahulu.telah berlangsung sejak terbentuknya bumi. 5. erosi µmenghilangkan¶ batuan yang semula ada. Tidak mungkin kue itu terpotong dahulu baru kemudian muncul. Hampir sama seperti prinsip cross-cutting. Sehingga dengan mengetahui umur fosil itu dapat diketahui umur lapisan batuan. Batuan yang menjadi inklusi batuan lain terbentuk lebih dahulu daripada yang mengingklusinya. 7. Menurut teori evolusi awal kehidupan dimulai dengan makhluk bersel satu. kemudian pengendapan berlangsung kembali. Doktrin ini lebih terkenal sebagai: The present is the key to the past. Dengan demikian jelaslah bahwa geologi sangat erat hubungannya dengan waktu. Prinsip Cross-Cutting Relationship (James Hutton. Sejak itulah orang menyadari bahwa bumi selalu berubah. KETIDAKSELARASAN (UNCONFORMITY) Bidang ketidakselarasan menunjukkan suatu periode panjang dimana selama itu tidak brlangsung pengendapan. Prinsip Inklusion Batuan yang diterobos materianya ikut masuk ke batuan yang menerobos. Ketidakselarasan menyudut (Angular unconfomity) .

3. Nonconformity Salah satu jenis ketidakselarasan yang hubungan antara satu lapis batuan (sekelompok batuan) dengan satu batuan beku atau metamorf atau perbatasan batuan beku dan batuan sedimen. Biasanya batuan beku berada di bawah batuan sedimen. . Ketidakselarasan sejajar (Disconformity) Salah satu jenis ketidakselarasan yang hubungan antara satu lapis batuan (sekelompok batuan) dengan satu batuan lainnya (kelompok batuan lainnya) yang dibatasi oleh satu rumpang waktu tertentu (ditandai oleh selang waktu dimana tidak terjadi pengendapan). 2. bisa dilihat pada umur batuan pada sebelah menyebelah bidang ketidakselarasan. Untuk menentukan kapan terjadinya deformasi.Salah satu jenis ketidakselarasan yangb berhubungan antara satu lapisan batuan (sekelompok batuan) dengan batuan yang lainnya yang memiliki hubungan/kontak yang membentuk sudut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful