Ayu Puspita Sari 2) Christiyono 3) Evi Lenawati 4) Indira Nidya W. 5) Marini Dwi Jayanti 6) Marini Kustianti 7) Ninik Nurjanah 8) Nur Akasyah Azis 9) Nurul Ainis Sakinah 10) Oktavina Furu Naya 11) Praditta Riandini 12) Vanny Sakinah
1)

Penyebab DBD III. Tanda atau Gejala DBD IV.I. Pengobatan DBD . Faktor ² faktor DBD V. Pencegahan DBD VI. Definisi Penyakit DBD II.

 Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe virus dari genus Flaviviru. Afrika.  Wabah pertama terjadi pada tahun 1780-an secara bersamaan di Asia. Wabah besar global dimulai di Asia Tenggara pada 1950 an dan hingga 1975 demam berdarah ini telah menjadi penyebab kematian utama di antaranya yang terjadi pada anak-anak di daerah tersebut.  Penyakit demam akut yang ditemukan di daerah tropis. Penyakit Demam Berdarah Dengue atau Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) ialah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus . dengan penyebaran geografis yang mirip dengan malaria . Penyakit ini kemudian dikenali dan dinamai pada 1779. . famili Flaviviridae. dan Amerika Utara.

2. 6. 8. 5. 7. 3. 4.1. Pertumbuhan jumlah penduduk yang tidak terkendali Urbanisasi yang tidak terencana Sistem pengelolaan limbah dan penyediaan air bersih yang tidak memadai Berkembangnya penyebaran dan kepadatan nyamuk Kurangnya sistem pengamatan nyamuk yang efektif Meningkatnya pergerakan dan penyebaran virus dengue Perkembangan endemisitas Melemahnya infrastruktur kesehatan masyarakat .

AGENT KESEHATAN KELUARGA PENJAMU (MANUSIA) KEADAAN LINGKUNGAN .

Siklus Hidup Nyamuk Menetas a enti / arva .

DBD tidak pandang status sosial masyarakat .

Hepatomegali (pembesaran hati). muntah. cepat. Demam tinggi mendadak dan terus menerus selama 2-7 hari (38 °C. diare.000 mm3.1. lemah. Gejala-gejala klinis lainnya yang dapat menyertai : anoreksia (hilangnya nafsu makan). Hemokonsentrasi. 2. 4. pada hari ke 3-7 ditemukan penurunan trombosit sampai 100. 3. Manifestasi pendarahan. Rasa sakit pada otot dan persendian.40 °C). 5. Trombositopenia. . 8. 6. meningkatnya nilai hematokrit. 7. Shock yang ditandai dengan nadi lemah. tekanan nadi menurun menjadi 20 mmHg atau kurang dan tekanan sistolik sampai 80 mmHg atau lebih rendah. kejang dan sakit kepala. mual. sakit perut.

3. jumlah platelet akan jatuh hingga pasien dianggap afebril. nyeri-nyeri pada tulang. mulut. oleh karena itu setiap Penderita yang diduga menderita Demam Berdarah dalam tingkat yang manapun harus segera dibawa ke dokter atau Rumah Sakit. 4. Bentuk abortif.15 hari orang yang tertular dapat mengalami menderita penyakit ini dalam salah satu dari 4 bentuk berikut ini : 1. Demam berdarah umumnya lamanya sekitar enam atau tujuh hari dengan puncak demam yang lebih kecil terjadi pada akhir masa demam. mengingat sewaktu-waktu dapat mengalami syok kematian. Secara klinis. Dengue klasik. diikuti dengan munculnya bintikbintik atau bercak-bercak perdarahan di bawah kulit. 2.Sesudah masa tunas inkubasi selama 3 . Dengue Haemorrhagic Fever (Demam berdarah dengue DBD) gejalanya sama dengan dengue klasik ditambah dengan perdarahan dari hidung (epistaksis/mimisan). Dengue Syok Sindrom. penderita mengalami demam tinggi selama 4 . Karena seringnya terjadi perdarahan dan syok maka pada penyakit ini angka kematiannya cukup tinggi. Bentuk ini sering berujung pada kematian. . dsb. penderita tidak merasakan suatu gejala apapun. gejalanya sama dengan DBD ditambah dengan syok presyok.7 hari. dubur.

y MANUSIA : .BUDAYA MENYIMPAN AIR .KEPADATAN PENDUDUK .DAERAH TROPIS .KEBERSIHAN LINGKUNGAN y AGENT : VIRUS : 4 SEROTYPE ( D1 ² D4 ) GENOTYPE y VEKTOR : TERSEBAR DIMANA-MANA .MOBILITAS y LINGKUNGAN : . .MUSIM HUJAN .PERILAKU .

Faktor Resiko Penularan .

Jenis kontainer yang berpotensi menjadi tempat perkembang biakan nyamuk Ae.aegypti .

Insiatif untuk menghapus kolam-kolam air yang tidak berguna (misalnya di pot bunga) telah terbukti berguna untuk mengontrol penyakit yang disebabkan nyamuk. .y Tidak ada vaksin yang tersedia secara komersial untuk penyakit demam berdarah.hal yang dapat mengakibatkan sarang nyamuk demam berdarah Aedes Aegypti. y Pencegahan utama demam berdarah terletak pada menghapuskan atau mengurangi vektor nyamuk demam berdarah. menguras bak mandi setiap seminggu sekali. dan membuang hal .

seperti makan makanan bergizi. dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang perkembangan jentik-jentik nyamuk. 2. meski pun dalam hal mengubur barangbarang bekas tidak baik. karena dapat menyebabkan polusi tanah. menutup wadah yang dapat menampung air. 3. 4. Melakukan kebiasaan baik. sebagai berikut: 1. Segera berikan obat penurun panas untuk demam apabila penderita mengalami demam atau panas tinggi .Hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit demam berdarah. yaitu menguras bak mandi. Akan lebih baik bila barang-barang bekas tersebut didaur-ulang. rutin olahraga. Memasuki masa pancaroba. sedangkan bubuk abate akan mematikan jentik pada air. Keduanya harus dilakukan untuk memutuskan rantai perkembangbiakan nyamuk. perhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal dan melakukan 3M. Fogging atau pengasapan hanya akan mematikan nyamuk dewasa. dan istirahat yang cukup.

Bahan itu juga meningkatkan trombosit tanpa efek samping Bahan itu juga mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping. ekstrak daun jambu biji bisa menghambat pertumbuhan virus dengue. Sang pasien disarankan untuk menjaga penyerapan makanan. Jika hal itu tidak dapat dilakukan. Pengobatan alternatif yang umum dikenal adalah dengan meminum ekstrak daun jambu biji. terutama dalam bentuk cairan. penambahan dengan cairan intravena mungkin diperlukan untuk mencegah dehidrasi dan hemokonsentrasi yang berlebihan. Peningkatan tersebut diperkirakan dapat tercapai dalam tempo delapan hingga 48 jam setelah ekstrak daun jambu biji dikonsumsi. . Transfusi platelet dilakukan jika jumlah platelet menurun drastis.Bagian terpenting dari pengobatannya adalah terapi suportif.

Pelaksanaan Pemeriksaan Jentik Berkala ± Pemberantasan Sarang Nyamuk di sekolah .

3M Larvasiding Ikanisasi Obat Nyamuk Semprot Obat Nyamuk Gosok plus Pencahayaan Ventilasi Kasa .

POSTER ² POSTER Waspada DBD .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful