SILABUS MATA KULIAH PROGRAM DOKTOR (S3) PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

A. Mata Kuliah Komponen Konsentrasi Program Bobot B. Dasar Pemikiran:

: Metodologi Penelitian (Hukum) : MKU : Hukum Islam (HI) : Doktor ( S 3) : 3 SKS

Mata Kuliah Metodologi Penelitian membahas metode-metode yang ditempuh oleh para ilmuan dalam melakukan penelitian (dalam konteks ini penelitian hukum) yang sangat berguna dalam mengembangkan kajian ilmu hukum dan meneliti permasalahan aktualnya. Mata kuliah ini memiliki arti penting dalam membangun kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan, oleh sebab itu mengikuti mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari kajian metodologi penelitian pada tingkat S.1 dan S.2 dan lebih difokuskan pada konsentrasi keilmuan mahasiswa. C. Tujuan: Agar mahasiswa memahami secara baik dan mendalam tentang metodemetode penelitian terbaru yang terkait dengan konsentrasi kajiannya, kemudian mampu melakukan penerapan metode-metode penelitian tersebut dalam proses penulisan disertasi dan pengembangan ilmu konsentrasinya.

D. Metode Mata kuliah ini diberikan dalam bentuk seminar. Setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah tentang topik-topik yang telah ditentukan, dan mempresentasikannya sendiri dalam pertkuliahan di kelas.

E. Arahan Setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini diwajibkan untuk : Mengikuti kuliah pengantar yang akan disampaikan oleh dosen dalam dua kali tatap muka. Kuliah pengantar ini dianggap sangat penting, karena dosen akan memberikan gambaran umum tentang mata kuliah yang akan

diikutinya. Kuliah pengantar juga memberikan penjelasan kontrak belajar dan tugas-tugas lain yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Memperhatikan setiap butir yang terdapat dalam silabus. Membaca semua bahan kuliah yang diwajibkan dan yang dianjurkan. Berperan aktif dalam mengikuti perkuliahan dalam bentuk bertanya, mengoreksi, memberi masukan kepada makalah yang disajikan, dan lain sebagainya. Mengikuti semua ketentuan perkuliahan, termasuk format makalah, yang ditentukan oleh Program Pascasarjana.

-

F. Materi Perkuliahan: Orientasi Umum Metodologi Landasan Filosofik Penelitian Landasan Teoritik Penelitian Metoda Penelitian Pendekatan Rasionalistik a. Berfikir Rasionalistik b. Konseptualisasi Teoritik c. Grand Konsep dan Grand Teori 5. Metode Penelitian Pendekatan positivistik a. Berfikir positivistik b. Konseptualisasi 6 .Metode Penelitian Pendekatan Penomenalogik a. Paradigma Naturalistik b. Aksioma Naturalistik c. Kausalitas dan Naturalistik 7. Metode Penelitian Studi Kasus a. Arti Studi Kasus b. Studi Kasus Klinik c. Studi Kasus Genetik 8.Metode penelitian Survey a. Penelitian Survey b. Sample dan Papulasi c. Pengembangan Disain Survey 9. Metode penelitian Eksperimen a. Penelitian Eksperimen b. Populasi dan Sampel c. Validitas Eksperimen 10.Metode Penelitian Evaluasi a. Penelitian Nilai b. Basic research c.Action research 11. Grounded risearch a. Tata Kategori b. Variabel dan Generalisasi 12. Kontent Analisis a. Arti Analisis b. Infastruktur 1. 2. 3. 4.

13.Disein Penelitian a.Pendekatan Rasionalistik b.Pendekatan Posivistik 14. Metode Penelitian Hukum a.Obyektivitas b. Rebialisitas c. Validitas G. Referensi: 1. Robert G. Bodan and Sari Knoop Bikley Qualitatiple Research For Education : and Introduction To Theory and Methode baston : Ally and Bacon 1982 2. Klaus Krippenddasiff, Content Analiysis : Are Introduction to its Methodology, Boverley Hills, California Fublication 1980 3. Modseg Muhadjir Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta roahe Sarasin, 1992 4. Thomas Keoan, The Structure Of Scientific Revelutions. Chicago: The University Of Chicago Rew

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful