Agar Anak Suka Buah dan Sayur

Dec 29th, 2008 | By admin2 | Category: Tips & Trik

Buah dan sayur mengandung zat gizi yang penting. Simaklah cara menyiasati anak yang kurang suka buah dan sayur. Rasanya Tidak Enak Ada beberapa faktor yang membuat anak tak suka buah dan sayur, di antaranya rasa yang kurang berkenan, pengenalan terhadap aneka rasa yang tak dilakukan dengan baik, serta pengalaman tak mengenakkan saat memakan buah atau sayur. Tapi, penyebab yang paling sering adalah kurangnya pengenalan aneka rasa saat anak masih kecil, terutama pada usia bayi. Akibatnya, memori rasa di otak anak sangat sedikit. Bila ia menikmati sesuatu yang sebelumnya tak pernah dicoba, anak merasa aneh dan tak menyukai rasa tersebut. Berbeda dengan anak yang diperkenalkan pada aneka macam rasa, umumnya mereka lebih mudah diberikan buah dan sayur karena memori tentang rasa di otaknya banyak sekali sehingga mudah beradaptasi dengan rasa baru. Sebenarnya, pengenalan terhadap aneka macam rasa sudah dimulai sejak bayi, yakni ketika anak sudah diperbolehkan makan makanan lembut seperti bubur saring, semipadat (nasi tim), dan padat (nasi). Pada saat ini sangat penting bagi kita untuk mencampurkan aneka macam buah dan sayuran dalam menu sehari-hari anak. Dengan begitu, kelak anak lebih mudah menerima rasa yang lain. Memang, banyak orangtua sudah berusaha mengenalkan aneka rasa kepada bayinya. Namun hal ini tak berjalan baik, mungkin kurang konsisten dalam mengenalkannya atau tak bekerja sama dengan pengasuh. Ketidakkonsistenan ditandai dengan hanya sesekali mengenalkan aneka rasa dari berbagai variasi menu, tapi menu yang monoton, seperti nasi dan nugget yang lebih sering diberikan kepada anak. Buah-buahan pun demikian, anak hanya sesekali diberi jeruk atau apel. Orangtua Harus Kreatif Jangan pernah memaksa anak untuk suka buah dan sayur dengan cara menjejalkannya. Sebab, ketidaksukaan yang dipaksakan hanya akan menimbulkan penolakan yang sangat keras. Mungkin saja dari pemaksaan itu anak akan trauma dan semakin tak mau diberi buah dan sayur. Justru orangtua harus kreatif dengan mencari cara supaya anak suka buah dan sayur. Caranya antara lain:

Menyembunyikan sayuran di dalam makanan yang disukai anak. Jika anak suka dengan bubur nasi, risoles, atau bahkan mi instan, kita bisa memasukkan ke dalamnya aneka sayuran. Potonglah sayuran tersebut kecil-kecil supaya tidak mencolok sehingga ketika kita menyuapinya, anak tidak sadar kalau di dalam makanan kesukaannya terdapat sayur.

modifikasikanlah bentuk potongnya. Dengan sayuran pun demikian. ada beberapa hal lagi yang perlu dilakukan orangtua agar anak mau makan buah dan sayur: • Orangtua harus menjadi contoh Perlihatkan kepada anak bahwa kita begitu menyukai buah dan sayur. mulutnya dengan wortel dan telinganya dengan irisan tomat. dengan memotong kotak-kotak kecil untuk dijadikan mata. makan siang dengan menu sayur sup. kotak memanjang agak lebar untuk membuat mulut. selingan pagi makan buah jeruk atau apel. Saat ini banyak alat makan seperti piring maupun sendok yang bergambar aneka karakter tokoh kartun. Supaya terasa lezat. dia akan melihat betapa buah dan sayur bukanlah makanan yang perlu ditakuti. Bila anak tak mau memakannya langsung. Kemudian ajak anak bermain dengan bentuk buah tersebut sambil memintanya memakan satu per satu. Apalagi kita selalu menyempatkan makan bersama sehingga anak terbiasa dengan menu-menu yang kita makan. buat telur dadar lalu letakkan di atas piring. kita bisa memodifikasinya dengan membuat sayuran tersebut terasa crispy atau garing. kita bisa membuat jus jeruk. Contoh. dengan mengungkapkan kegunaan . kotak memanjang untuk dijadikan hidung. Caranya. jelaskanlah aneka manfaat makan buah dan sayur. Alat makan pun perlu dipilih yang menarik. atau lainnya. selalu melengkapi menu keseharian dengan buah dan sayur. lalu letakkan di atas piring yang berwarna kontras. Berbeda bila kita juga tak suka buah dan sayur. Nah. Nah. Bayam misalnya. alpokat. bisa digoreng bersama tepung dan dicampur bumbu sedikit supaya terasa garing dan lebih nikmat. Contoh. Bentuk matanya dengan irisan sosis. akan lebih sulit meminta anak mengonsumsinya. kita bisa memadukan antara sayuran. • Berikan penjelasan tentang manfaatnya Anak balita dapat memahami penjelasan sederhana yang kita berikan. dan sosis. Jadilah Contoh Di samping kreatif. Ketika kita minta anak untuk makan pepaya. jambu. mangga. telur. kita bisa campur dengan nasi saat memakannya. hidungnya dengan irisan daun selada.• • • • • Bila anak tak suka dengan sayuran yang lembek. kita bisa menggunakan alat-alat tersebut sebagai salah satu daya tarik anak untuk mengonsumsi buah dan sayur. Bila kita memberikan contoh yang baik pada anak. Bila ingin meminta anak mengonsumsi buah. sarapan dengan sayur bayam. Misal. selingan siang dengan jus jambu. tambahkan susu kental. Rasa manis dari susu akan membuat anak menyukainya. Membuat bentuk yang menarik dari buah atau sayuran. Umpama. Dengan begitu akan lebih mudah bagi kita untuk meminta anak makan buah dan sayur. apel. dan makan malam dilengkapi oseng-oseng tempe campur kacang panjang.

dan. • Hindari junk food Banyak sekali junk food atau “makanan sampah” yang beredar di supermarket maupun warung-warung.buah. tentu hanya akan menghilangkan nafsu makan anak sehingga semakin sulit bagi kita untuk memintanya makan buah atau sayur. Nafsu yang besar membuat anak lebih mudah mengonsumsi apa saja termasuk buah dan sayur. Dan sebaiknya .suka. supaya kamu tidak gampang sakit. ganti snack kemasan anak anda dengan potongan buah yang segar dan lezat. Jadi.anak. Rasanya yang sangat gurih sering kali membuat anak tak bernafsu makan karena lidahnya sudah terbiasa dengan rasa yang kuat dari junk food tersebut. Dengan begitu.” Penjelasan-penjelasan seperti ini setidaknya dapat membuka pemahaman anak akan manfaat sayur dan buah. anak akan merasa nyaman sehingga ia bernafsu untuk makan.kompas. Biasakan sedini mungkin. Perlu trik-trik khusus untuk membuat anak mau melahap buah dan sayur. kita bisa menggunakan tokoh kartun kesukaannya semisal Popeye.” Atau. meminta anak makan dengan membentak-bentak misalnya. • Ciptakan suasana menyenangkan di meja makan.vitamin C dari buah jeruk. Berbeda bila kita bersikap tegang.sayur Tips Agar Anak Mau Makan Buah & Sayur oleh: glassTera • • • • Not yet rated Kunjungan : 33 kata:300 More About : agar si kecil menyukai buah-buahan Anak anda tidak suka makan buah dan sayur? Untuk membiasakan si kecil memakan buah dan sayur memang hal yang tidak mudah. 1.com/read/xml/2008/05/06/14170367/agar. hindari anak dari makanan seperti ini agar ia lebih mudah mengonsumsi buah atau sayur. “Kak. ketika kita ingin anak suka dengan sayur bayam. Adek harus suka dengan sayur bayam. “Kalau Adek ingin kuat seperti Popeye. Sebaiknya anda memulai untuk membiasakan si kecil memakan buah-buahan. Sumber: Irfan Hasuki http://www. kamu perlu makan buah jeruk ini yang mengandung banyak vitamin C.

anggur tanpa biji yang disajikan dengan berbagai cara. Jumlah buah dan jenis buah yang disajikan sama banyaknya antara yang disajikan dengan cara dipotongpotong biasa dengan yang disajikan dengan lebih menarik dengan cara ditusuk seperti sate. tambahkan buah-buahan agar si kecil mulai menyukai buah-buahan tersebut. Saat Anda berbelanja di supermarket. anak Anda pun akan melihat dan meniru hal tersebut. Biarkan si kecil memilih. anakanak ternyata lebih antusias. Murid kencing berlari. Seperti pepatah. Kombinasikan dengan menu kesukaannya. cobalah untuk memotongnya dan menaruh es krim dan coklat tabur diatasnya agar tampilannya lebih menarik. Ajarkan dengan contoh. Mengubah cara penyajian ternyata mendorong anak lebih banyak makan buah. tapi jangan remehkan anak-anak anda. Ajarkan manfaat dan alasannya. 5. Mungkin Anda berfikir bahwa dengan menjelaskan manfaat brokoli kepada anak tidak akan didengar oleh mereka. Jadi orangtua didorong untuk kreatif cara menyajikan buah untulk putra putrinya agar mereka lebih suka makan buah. tidak susah untuk membiasakan si kecil memakan buah dan sayur Agar Anak Doyan Makan Nyaris semua orangtua mengeluh bagaimana agar si kecil suka makan buah.hindari membiasakan anak mengonsumsi junk food atau makan cepat saji. Terutama yang disajikan dengan ditusuk seperti sate dan diberi variasi semangka yang tampilan warnanya jadi lebih menarik. stroberi. Mereka perlu tahu alasan dan manfaat memakan makanan sehat. Pisang akan terlihat sangat membosankan bila dimakan begitu saja. Guru kencing berdiri. Mereka kurang antusias saat buah-buahan itu hanya disajikan di atas piring warna putih. si kecil pasti akan suka memakannya. 4. 3. Jika Anda memakan makanan yang tidak sehat. anak anda menyukai es krim. Anda pun bisa mengajarkan cara kreatif untuk memakannya. Anda bisa memancing si kecil dengan mencampur buah atau sayur pada menu makanan kesukaannya. Dengan diberi pilihan. 2. Asal Anda tau triknya. sehingga dia tidak terpaku dengan sayur atau buah yang ditambahkan tersebut. Nah hasil penelitian terakhir baru-baru ini di Belanda dan Belgia menunjukkan bahwa penampilan saat disajikan ikut menentukan selera anak. buah-buahan yang sudah dipotong-potong dan disajikan dengan cara ditusuk seperti sateternyata membuat anak-anak lebih cenderung untuk menambah lagi dan lagi. . Jadi mulai sekarang mulailah dari diri Anda sendiri dan berikan contoh yang baik dengan memakan makanan sehat bersamanya. jangan lupa mengajak si kecil dan membiarkannya memilih buah atau sayur yang menjadi kegemarannya. Dalam penelitian ini anak-anak berusia 4-7 tahun disajikan buah apel. Dalam satu penelitian yang melibatkan 100 siswa. misalnya.

Jawaban dari Pakar Dijawab oleh Pakar Psikologi & Tumbuh Kembang Balita. atau diblender jadi juice.. bunda ayo makin kreatif dan ajak anak untuk turut serta menusuki sate buah sebelum sama-sama menyantapnya! . "ga enak" katanya begitu.. setahun yang lalu | 1 Saran dari bunda lain boleh dicoba. setiap kali saya belikan buahbuahan anak saya pasti menolak untuk memakannya. anak diajak sikat gigi. mereka juga tahu rasa buah yang disajikan dalam bentuk sate dengan yang disajikan pakai piring toh rasanya sama. misalnya dengan menambahkan �mainan� akan menjadi semacam �Happy Meal� untuk anak-anak agar suka buah dan sayuran sebagaimana layaknya yang ditawarkan restoran cepat saji. dan mengurangi persediaan makanan tak sehat di rumah. saya khawatir anak saya kekurangan serat dan vitamin dari buah2an. Nah. caranya dengan menaruh potongan coklat di mangkok tahan panas. Buah juga bisa dijadikan sate. Diskusi anakku tidak suka buah Ditanyakan oleh faisaljibril. misalnya dipotong kecil dan jadi es buah atau jeli. Tehnik lain seperti yang dikatakan Dr Laura Wyness dari Brisith Nutrition Foundation adalah mencoba menyembunyikan buah dan sayuran dalam menu makanan seperti layaknya sosis. setahun yang lalu | 125 Kunjungan | 8 Jawaban | 0 bagaimana ya supaya anak usia 2 th suka makan buah. Kalau Bunda sudah banyak memberi contoh (tanpa memaksa). si mangkok ditaruh di atas panci yang ada air panasnya). sya jadi bingung.Jumlah yang dimakan anak-anak hampir dua kali lipat ketika disajikan dalam bentuk sate buah. Kemasan yang menarik... Bunda juga bisa mengenalkan buah lewat berbagai bentuk. Selamat mencoba! . tentunya anak akan lebih banyak makan buah dibandingkan kalau Bunda mudah menyerah dan menukar buah dengan permen / coklat. Yang penting setelah makan yang manis-manis. Meskipun saat ditanya. sekaligus memang banyak menyediakan buah dan sayur. lebih seru lagi kalau dilapisi dengan jeli atau coklat leleh (tim coklat..

mangga.. untuk anak2 yang tidak suka buah.dan para bunda hrs bisa menyesuaikan buah mana yg hrs diberikan sesuai usia ank kita.. dan di sekolah kamipun ada kegiatan makan siang bersama.jeruk..tp kita hrs srg2 mkan buah di hadapan nya jd dia bisa ikut2 an suka mkan buah.Jawaban Dijawab oleh ss25052009.coba aja suruh rasa berbagai macam buah yg ada mungkin dr salah satunya dia akan makan Dijawab oleh dhedie_x. beliin aja buag yang unik2 (yang Lagi musim misal lengkeng.usia yang saya ajarkan juga 2-6tahun.. saya selalu . sambil berkata ini manis lo dek... putra sya suka skli mkan buah durian..jambu biji tp itu pun tdk terlalu sering. dimana lauk pauk 4 sehat 5 sempurna tersedia.jeruk. rambutan dll) kadangkadang kalo buahnya jeruk ia suka ngupasin sendiriselain itu coba cari buku cerita dan mewarnai tentang buah-buahan supaya anak lebih kenal dekat dengannya. Dijawab oleh hud_abdurrohim. kebetulan saya guru KB dan TK.salak.. tanpa saya suruh ia juga ikut-ikutan. saya biasa makan buah didepan anak. jadi buah juga disajikan. sbnr nya serat serta vitamin sngt bnyk terdpt di buah2an. Dijawab oleh nicksharma. coba dech bunda belikan buah spt semangka karna warna nya merah jd bisa menggugah selera buah hati kita.. setahun yang lalu | 1 Caranya harus kita mulai dari diri sendiri dan keluarga dulu bu. setahun yang lalu | 2 salam para bunda smua... setahun yang lalu | 0 Dear bunda..rambutan. setahun yang lalu | 3 mungkin anda tidak pernah melatih anak anda sedri kecil lagi utk mengenal rasa buahbuahan.

...membuat ilustrasi yang menyenangkan untuk mereka.. misalnya buah melon vit.. coba divariasikan bentuknya. coba lihat mata teman kita (misalnya... setahun yang lalu | 0 Salam bahagia Ibu Faisal Jibril Jika anak ibu tidak suka makan buah secara langsung. mungkin ibu bisa coba dengan cara memberikan buah yg sudah dijus.. anak2 saya juga suka angot2an makan buahnya saya sering berikan pengertian manfaat dari buah2an.) selamat mencoba!!! Dijawab oleh sitiindriyati. Ibu Faisal. setahun yang lalu | 0 benar sekali bun. tapi dia sangat suka sekali jus buah terutama jus alpokat. atau dengan membelikan vitamin sirup rasa buah.. atau bisa juga dicampur puding selamat mencoba :) Dijawab oleh sylvia. Jika anak tidak suka dengan buah coba ibu buatkan jus. yang ingin matanya indah. 1 gelas besar bisa habis oleh anak saya. Cnya banyak gunanya bisa membuat tubuh tdk mudah sakit.. misalnya : Ayo nak. selain itu ibu jga cba memberikan pelajaran mengenai buah dengan cara membeli buku mengenai buah dan buahnya itu sendiri agar anak bisa mengetahui bentuk dan rasa buah sekaligus Dijawab oleh didie.karena dia sangat suka dengan buah-buahan. jika diberikan jus alpokat... dan bisa membuat kulit/rambut sehat. setahun yang lalu | 0 Ass. Nabila) indah bukan. dst. lalu spy tdk bosan sekali2 saya jus.. . ato dibuat es buah. agar mata kita jadi lebih indah. yuk kita makan buahnya" biasanya jurus ini amat sangat ampuh saya berikan kepada teman2 kecil. dimakan buah pepayanya.nah.. atau lagi dengan vitamin tablet rasa buah untuk merangsang anak menyukai buah. Anak saya juga tidak suka makan buah. spt yg sdh dijelaskan bunda2 yg lain.

mulai dari emncuci dan memotong sayuran. Duduk di samping anak yang sedang makan sayur lalu ikut menyantap menu yang sama akan membuat anak merasa spesial 2. Minggu (8/8). Seorang peneliti dari Mahidol University di Bangkok membuktikan. hingga meracik bumbu akan menumbuhkan rasa menghargai makanan pada anak. ia memasukkan berbagai program interaktif seperti: 1. Prof Chutima Sirikulchayanonta yang memimpin penelitian tersebut mengakui. salah satunya dengan memperkenalkan Popeye sebagai tokoh idola. Sebab dalam eksperimen tersebut. Popeye sang pelaut merupakan tokoh kartun yang sudah populer sejak era 1930-an. Prof Chutima memberi catatan tentang beberapa hal yang bisa membuat anak makin gemar makan sayur. Akibat terpengaruh oleh perilaku tokoh idola. pemutaran film kartun memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan. beberapa catatan tersebut adalah sebagai berikut: 1. Tutorial memasak sup bagi para murid. . Selain itu para orang tua juga melaporkan bahwa murid-murid TK merasa bangga telah mengkonsumsi sayur saat makan siang di sekolah. Dalam sebuah eksperimen yang berlangsung selama 8 pekan. propaganda dengan memanfaatkan multimedia semacam itu sangat efektif dalam meningkatkan konsumsi sayuran pada anak. tetapi mengapa kebanyakan anak-anak tidak menyukainya? Dibutuhkan strategi yang tepat agar anak gemar dan terbiasa makan sayur. ia memutarkan serial Popeye di sela-sela jam makan siang para murid TK. sebab tokoh tersebut digambarkan senang makan bayam yang membuatnya menjadi sangat kuat hanya dalam sekejap. Melibatkan anak dalam tahap-tahap menyiapkan makanan. asupan sayur dan buah pada anak meningkat 2 kali lipat setelah mengikuti program tersebut. Kemunculannya sering dikaitkan dengan propaganda makan sayur di kalangan anak-anak pada masa itu. Mencicipi bermacam-macam rasa buah dan sayuran adalah cara yang menyenangkan bagi anak untuk mengenal berbagai jenis makanan 3.Selamat mencoba Ibu semoga tips dari saya bermanfaat. Sementara bagi para orang tua di rumah. Mengajak para murid menanam sayur bersama 2. Sayuran mengandung banyak nutrisi penting. Mengadakan pesta kebun dengan menu sayur dan buah-buahan 3. Terima kasih. Dikutip dari Sciencedaily.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful