L

1.Laban: Pintu air utama, yang memasukkan dan mengeluarkan air laut, dari unit tambak air payau. 2.Labirin: Organ respirasi tambahan yang mampu mengambil oksigen langsung dari udara. Organ ini dimiliki oleh jenis ikan tertentu.

3.Laju tetas: Pebandingan jumlah telur yang menetas dengan yang tidak menetas.

4.Larva: Kondisi belum matang dari hewan, yang sangat berbeda penampilannya dan sifatnya dibandingkan dengan dewasanya.

5.Larutan hipoklorit: Larutan yang mengandung senyawa HclO.

6.Laut dalam: Istilah yang digunakan untuk wilayah lautan di luar paparan benua dan di bawah zona yang masih menerima cahaya matahari.

7.Lotik: Perairan yang mempunyai aliran air relatif deras, misalnya sungai dan anak sungai.

8.Lentik: Perairan yang aliran airnya relatif rendah, misalnya danau atau kolam.

9.Lernea: Salah satu organisme parasit dari kelompok copepoda yang dapat menimbulkan penyakit lerneasis.

10.Limnologi: Ilmu tentang segi-segi fisika,kimia,dan biologi perairan tawar; ilmu yang mempelajari seluk-beluk perairan tawar.

11.Lethal: Bersifat mematikan atau membunuh.

12.Leukosit: Butir-butir atau sel-sel darah putih.

13.Laju mortalitas: Laju kematian.

14.Lebung: Bagian lebak yang tetap berair selama musim kemarau hingga musim hujan berikutnya. Merupakan tempat pelarian bagi ikan-ikan selama musim kemarau.

15.Longbek: Sistem pemeliharaan ikan yang dikombinasikan dengan pemeliharaan kambing. Kandang kambing biasanya terletak di atas kolam ikan.

16.Lewat batas populasi: Tingkat kepadatan populasi yang tinggi sehingga menimbulkan gangguan pada populasi itu sendiri.

17.Lewat batas tangkap: Penangkapan ikan dengan intensitas tinggi sehingga mengurangi jumlah populasi sampai di bawah titik keseimbangan.

18.Lewat matang: Kondisi telur dalam indung telur yang pada saat matang tidak mengalami pembuahan sehingga menjadi lewat dari masak dan tidak dapat dibuahi lagi.

19.Limnetik: Wilayah perairan yang terbuka (tidak dibatasi oleh tepian) dari permukaan air sampai kedalaman kompensasi, yang menunjang kehidupan plankton nabati semata-mata.

20.Labium: Bibir

21.Laju jalan ikan: Laju kecepatan air yang diperbolehkan melintasi jalan ikan.

22.Lemak: Suatu senyawa ester yang dibentuk oleh paduan satu molekul gliseral (gliserin) dan tiga molekul asam lemak. Merupakan salah satu sumber pakan penghasil energi dan larut dalam pelarut nonpolar (misalnya eter, benzen, dan kloroform).

23.Lemak jenuh: Lemak yang mengalami hidrogenasi sempurna.

24.Lembing: Alat penangkap ikan berbentuk tombak yang ujungnya runcing da bermata, terbuat n dari logam, dan biasanya khusus di pergunakan untuk menangkap ikan besar yang bergerombol di suatu tempat.

25.Lebak: Suatu genangan air (dataran rendah yang lebar) yang terbentuk karena sungai tidak mampu mengalirkan air yang harus dialirkan sehingga menggenang daerah di sekitarnya. Luas areal lebak bervariasi tergantung dari banyaknya air yang menggenang. Kedalaman lebak hanya beberapa meter dan pada bagian yang dangkal banyak dijumpai rumput -rumput, tumbuhan semak, dan tumbuhan air lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful