Farmasetika II

Tujuan Matakuliah Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan cara-cara meracik obat, mengetahui sifatsifat senyawa obat dan memahami simbul-simbul dalam penulisan resep. Pokok Bahasan/sub Pokok Bahasan 1. Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Pendahuluan - Sejarah farmasi - Definisi dan istilah obat - Penggolongan obat - Ketentuan umum - Farmakope Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup farmasi 2. Kombinasi Obat - Alasan pemberian kombinasi obat - Efek interaksi dan faktor yang mempengaruhinya Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan makna kombinasi obat 3. Resep dan Bahasa Latin - Definisi resep - Kelengkapan resep - Resep narkotika - Penyimpanan resep - Etiket dan salinan resep - Bahasa latin untuk resep Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan selukbeluk yang berhubungan dengan resep dan pengelolaannya 4. Dosis Obat - Definisi - Macam-macam dosis - Faktor-faktor yang mempengaruhi dosis obat - Perhitungan Dosis Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan dosis obat dan caracara perhitungan dosis obat

Pembuatan sediaan larutan Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan tentang sediaan farmasi bentuk larutan 10.Pembuatan pil dan trokhisi Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan pil dan trokhisi 7.Keuntungan dan kerugian bentuk sediaan larutan . Suppositoria dan uvula .Pembuatan sediaan suspensi Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan sediaan farmasi . Pil dan trokhisi .Pembuatan suppositoria dan ovula Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan tentang suppositoria dan ovula 9.5.Defenisi tentang suspensi .Pengertian pil dan trokhisi .Pengertian kapsul lunak .Pengertian larutan .Bahan dasar suppositoria dan ovula .Keuntungan dan kerugian kapsul .Komposisi pil dan trokhisi .Sediaan farmasi yang berbentuk larutan .Serbuk terbagi dan tidak terbagi .Pengertian kapsul . Serbuk . Kapsul .Membasahkan partikel .definisi serbuk .Kosolven . Sediaan farmasi bentuk larutan .Pengertian suppositoria dan ovula .Meracik serbuk Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan tentang serbuk 6.Pengerjaan obat ke dalam kapsul Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan tentang kapsul 8. Suspensi .

Dasar salep .Pengertian emulsi . Sediaan semisolid .Pembuatan salep.Macam-macam ekstrak .Tipe-tipe emulsi .Pengertian ekstrak dan tinktur .bentuk suspensi 11.Pembuatan emulsi . krim.Pengertian infus dan dekok . pasta.Faktor-faktor yang mempengaruhi stabilitas emulsi Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan tentang sediaan bentuk emulsi 12.Penggolongan emulsi . salep mata. salep mata. Emulsi . krim.Pengertian salep.HLB dan HLB butuh . pasta dan linimentum Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan tentang sediaan farmasi semisolid 13.Pembuatan ekstrak dan tinktur Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan sediaan farmasi bentuk ekstrak dan tinktur 14. Ekstrak dan tinktur . Infus dan Dekok .Pembuatan infus dan dekok Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan sediaan farmasi bentuk infuse dan dekok .Maserasi dan perkolasi . dan linimentum .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful