P. 1
Analisis Keuangan FEDEX

Analisis Keuangan FEDEX

|Views: 809|Likes:
Published by Aditya Pamungkas

More info:

Published by: Aditya Pamungkas on Dec 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2013

pdf

text

original

PT.

JASA EKAKURIR TRANS
JALAN SLAMET RIYADI NO.275 SURAKARTA 57139 TELP. 0271-854202 EMAIL: jet@gmail.com, blog: jet.blogspot.com.

FINANCIAL ANALYSIS OF

OLEH KELOMPOK Z:

General Manager Manager Keuangan Staff

Wahyu Fitriyanto Adityo Bayu Pamungkas Nuria Hardi Sagitandi Hendra Hastomo Dionysius Andi Pradana Putra

Manager SDM Staff

Endah Wulaningsih Irim Rismi Hastyorini Adnan Agus Raharjo Dian Restiami Setyo Budi Hartanto

Manager Pemasaran Staff

Yacobs Wijanarka Antok Sigit Wahono Endi Darmawan Catur Budi Diantoro Yudik Bona Errfanto

Manager Operasional Staff

Tri Wahyuni Dhani Wahyu Wibowo Ida Purnama Dewi Wahyu Fajar Surya Baskoro Agrona Brajahadi Nus

2

FedEx Financial Performance Sebelum melihat pada kinerja keuangan Fedex Corp., kita akan melihat terlebih dahulu bagaimana kondisi perekonomian AS, analisis industri jasa pangiriman atau kurir, kemudian baru kita akan menganalisis kondisi keuangan Fedex. Hal ini dilakukan untuk melihat faktor-faktor eksternal yang dapat berdampak pada keuangan Fedex. A. ANALISIS PEREKONOMIAN AMERIKA SERIKAT Dalam analisis ini, akan di fokuskan pada analisis perekonomian Amerika Serikat di mana perusahaan Fedex berdiri, yaitu di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Dalam aspek perekonomian, tentunya perekonomian suatu negara sangat berpengaruh terhadap sebuah perusahaan yang berada di dalam suatu negara tersebut, karena kebijakan-kebijakan pemerintah juga akan berdampak pada kebijakan perusahaan. Selama beberapa periode, dominasi Amerika Serikat dalam sistem perekonomian dan keuangan dunia tidak dapat disangkal. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi, didorong keaktifannya dalam perdagangan bebas dalam bentuk ekspor barang dan jasa, serta keaktifannya dalam pembuatan berbagai kebijakan-kebijakan perdagangan dan moneter internasional, menjadikan Amerika Serikat (AS) sebagai negara yang tidak hanya kuat secara ekonomi, tapi juga merupakan negara yang menjadi pusat perekonomian dan keuangan internasional. Hingga tahun 2007, AS dengan kokoh berhasil mempertahankan posisinya sebagai pusat perekonomian dan keuangan internasional. Namun krisis finansial yang terjadi pada tahun 2008 seakan menggoyahkan posisi AS sebagai pusat ekonomi dunia. Perekonomian dalam negeri AS hancur, yang lantas berbuntut pada pengurangan peran AS dalam sistem ekonomi dan keuangan internasional. Krisis yang pada saat itu menimpa AS lebih disebabkan karena tingkat suku bunga yang terlalu rendah dan tingkat likuiditas yang tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Sumber:

www.tradingeconomics.com 3

4 .tradingeconomics.Seperti pada grafik di atas tingkat suku bunga mulai menurun pada tahun 2008 hingga mencapai titik terendah 0.8%. Pertumbuhan ekonomi yang semakin negatif memaksa para pemilik modal untuk memecat karyawannya karena produknya tidak laku di pasaran. yang pada akhirnya menyebar ke seluruh dunia melalui pergerakan surat-surat berharga.com Dapat dilihat pada grafik pertumbuhan produk domestik bruto AS. pada Maret 2008 sudah terlihat terjadi penurunan -0. Pada kuartal ke-3 2009 mulai terjadi peningkatan 1.25% sampai sekarang.7 % kemudian mencapai puncaknya pada akhir tahun 2008 hingga -6. yang dikenal dengan sebutan resesi ekonomi. Pertumbuhan GDP Amerika Serikat cukup baik pada September 2010 sebesar 2%. AS pun mengalami masa kehancuran perekonomian.6 % dan pada akhir tahun 2009 mencapai 5%. Sumber: www. Tingkat suku bunga yang sangat rendah ini lantas menyebabkan peningkatan jumlah kredit yang cukup signifikan di kalangan masyarakat dan perusahaan-perusahaan AS. Hal ini menunjukkan mulai terjadi pemulihan perekonomian pada tahun 2009. Tingkat pengangguran meningkat.

tradingeconomics. yang merupakan pertanda ekonomi telah tumbuh. inflasi AS tercatat sebesar 0. indeks sentimen konsumen adalah 60. skala pemulihan masih terlalu kecil dan diperkirakan belum stabil. Harga energi selama 2009 tercatat mengalami kenaikan sebesar 18. Pertumbuhan produksi manufaktur pada akhirnya harus didorong oleh 5 . tertinggi sejak 1979. Penjualan melalui Internet meningkat 15.1. Sektor yang mengalami peningkatan kapasitas adalah listrik dan gas yang didorong oleh kenaikan permintaan akibat musim dingin. penjualan ritel mengalami kenaikan 3.Inflasi dan produksi industri AS meningkat tipis pada Desember 2009. Hasil survey University of Michigan menyebutkan indeks sentimen konsumen pada Desember tercatat sebesar 72.1 persen. Meskipun secara keseluruhan mengalami kenaikan.5 persen pada musim liburan 2009.5 persen. Dengan tingkat infasi yang rendah. produksi industri pada Desember 2009 juga meningkat sebesar 0.4.com Sejalan dengan inflasi.3 persen.6 persen setelah terjadi krisis pada 2008. Berikut ini dapat kita lihat bagaimana pertimbuhan industri dan ekspor impor AS. Pencapaian tersebut lebih rendah dibandingkan perkiraan pasar yang sebesar 0. Industri pengiriman dan kurir tentunya sangat bergantung pada keadaan pertumbuhan produksi sektor industri yang merupakan mayoritas pengguna jasa pangiriman apalagi untuk kepentingan ekspor-impor. Konsumsi masyarakat meningkat pada musim liburan 2009. meningkat dari posisi November yang sebesar 67. Pada Desember. Salah satu kelompok pengeluaran yang mendongkrak inflasi Desember adalah energi.7 persen secara tahunan.2 persen. produksi industri manufaktur justru menurun 0. Sumber: www.6 persan lebih baik dibandingkan musim liburan 2008 yang justru turun 2.2 persen. Pada Desember 2008.5.1 persen dan 2. Tetapi. tertinggi sejak 1937. Inflasi secara tahunan terangkat karena basis perhitungan yang rendah. Sementara harga bahan bakar minyak sendiri naik 53. sebenarnya AS masih menghadapi ancaman disin-flasi.

com Ekspor-impor AS juga terjadi penurunan akibat resesi ekonomi pada tahun 2009 didorong oleh melemahnya produksi industri AS. 6 . Selama belum ada permintaan yang signifikan dari masyarakat. dan TNT. Sumber: www. DHL.tradingeconomics. Hal ini sangat berdampak volume permintaan pada industri jasa pengiriman seperti Fedex maupun pesaing-pesaingnya seperti UPS. sehingga perdagangan menurun.2%. Dari grafik produksi industri tersebut kita dapat melihat bagaimana dampak krisis ekonomi menyebabkan penurunan yang tajam pada produksi industri di AS mulai tahun 2008 dari -7. Namun. Produksi industri harus didorong dengan peningkatan konsumsi masyarakat yang masih rendah.7% hingga mencapai puncaknya pada awal tahun 2009 mencapai -12.9%. manufaktur sulit tumbuh. pada tahun 2010 mulai terjadi pemulihan perekonomian hingga mencapai level tertinggi pada 8.peningkatan aktivitas ekonomi.

sehingga meningkatnya penawaran saham yang menyebabkan jatuhnya harga saham di pasar modal AS. Oleh karena itu. di tempat kedua.Akibat jatuhnya perekonomian AS pada tahun 2008.com 7 . ANALISIS INDUSTRI JASA PENGIRIMAN Industri jasa pengiriman masih di dominasi oleh perusahaan UPS dan Fedex.ycharts. B. menyebabkan para pelaku pasar modal menjual sahamnya. Industri ini juga terkena dampak dari krisis ekonomi global pada tahun 2008. Air Delivery & Freight Services Industry : Revenues in Billion Sumber: www. kondisi perekonomian global sangat berpengaruh terhadap industri ini. terutama yang berorientasi ekspor dan produksinya tergantung pada bahan baku impor dari negara lain. Pendapatan dari industri ini sangat bergantung pada pertumbuhan industri dan perdagangan.

Kombinasi dari pasar express dan ground hancur tetapi FedEx memiliki pangsa jauh lebih besar (perkiraan 49%) pada bisnis express dan hanya bagian kecil (17% perkiraan) dari bisnis ground. yang menggambarkan bahwa pasar paket AS matang. Adanya faktor penurunan volume permintaan konsumen terhadap pelayanan jasa pengiriman menyebabkan pendapatan pada industri ini merosot tajam. DHL.com Di pasar jasa pengiriman inti AS (express dan ground).wikinvest. United Parcel Service (UPS). yang lebih terpecah daripada di AS. Harga merupakan salah satu titik jelas dari kompetisi. Bahkan. bagaimanapun biaya paket volume meningkat (biaya variabel) relatif rendah. 8 .3 miliar dolar. FedEx hanya memiliki satu pesaing besar. tidak sangat terfragmentasi.Dari grafik di atas menunjukkan pada tahun 2008 terjadi penurunan pendapatan pada industri jasa pengiriman akibat adanya krisis global. pada kuartal kedua tahun 2009. ANALISIS PERSAINGAN Perusahaan seperti FedEx harus membuat investasi besar di hub. Ditambah dengan harga minyak dunia yang masih tinggi walaupun sudah terjadi penurunan pada tahun 2009. Kemudian mulai terjadi perbaikan pada akhir tahun 2009 hingga 2010. Operator seperti FedEx sedikit lebih mungkin untuk bersaing pada harga di pasar internasional.UPS. Ciri bisnis mereka mendorong perusahaan jasa pengiriman untuk bersaing dalam bisnis pada basis yang tersedia. Tapi itu jarang menjadi masalah di pasar jasa pengiriman AS yang matang. dan tidak ramah untuk pendatang baru. beberapa pengamat takut perang harga akan terjadi dan mengurangi keuntungan bagi semua. harga tetap cukup stabil. Di luar AS. dan tknologi pelacakan untuk membangun jaringan yang membuat bisnis mereka berkembang. udara dan armada darat. Setelah jaringan ditetapkan. Company Pasar Domestik AS 48% 22% 7% Pasar Internasional 10% 7% 23% 11% 49% UPS FedEx DHL TNT Other 23% Sumber: www.dan banyak perusahaan swasta lain dan perusahaan pemerintah yang lebih kecil. Pada 2004-2005. dari 29. sebagai perusahaan jasa pengiriman internasional DHL didorong untuk memperluas pangsa pasar AS. TNT . FedEx bersaing dengan tiga operator yang sama .5 miliar dolar pada kuartal kedua tahun 2008 menjadi 23.

dibandingkan dengan UPS Next Day Air $ 21. Jika satu perusahaan dapat mengharapkan pengembalian lebih masih belum direalisasi atas investasi di tahun mendatang. GAMBARAN KEUANGAN FEDEX Federal Express Corporation atau yang lebih dikenal dengan FedEx adalah sebuah perusahaan global logistics dan supply chain yang menduduki peringkat atas dunia besamasama dengan UPS. yang didefinisikan sebagai pendapatan per paket.Yield. FedEx mulai memasuki dan menjadi pioneer di Internet Commerce. 9 . Tahun 1973 FedEx melakukan transformasi dari perusahaan express delivery menjadi global logistics dan supply chain dengan melakukan investasi besar-besaran di bidang IT. Hal ini tidak mengherankan bahwa FedEx hasil lebih tinggi dari UPS. hasil bukan ukuran sempurna untuk perbandingan. bahkan perbandingan harga. hasil hanya mencerminkan harga rata-rata biaya per paket dan FedEx telah lama memiliki reputasi untuk menjadi lebih mahal daripada pesaing. Laba itu naik dan turun dengan volume relatif terhadap ukuran jaringan perusahaan. Dengan investasi ini FedEx percaya bahwa investasi waktu dan uang ke dalam strategi dan teknologi yang membantu perusahaan lebih efisien menanggapi pelanggan akan memiliki dampak positif pada keberhasilan jangka panjang perusahaan. Struktur tetap tingginya biaya usaha transportasi berarti bahwa sering ada jeda waktu antara saat operator berinvestasi dalam ekspansi jaringan dan ketika mereka melihat peningkatan pendapatan yang dihasilkan (sebagai akibat dari peningkatan volume). Menurut definisi. Bisnis andalan Fedex. Pelanggan besar menegosiasikan harga dengan operator berdasarkan campuran layanan yang mereka gunakan dan volume yang diharapkan. hasil adalah nilai terbatas sebagai indikator karena tidak mengambil proyeksi pertumbuhan volume ke rekening. Selanjutnya. FedEx Express memiliki yield rata-rata $ 21. Namun. DHL dan TNT. merupakan salah satu ukuran penting dari bisnis jasa pangiriman. Dengan investasi di bidang infrastruktur dan meng-akuisisi sebuah perusahaan Caliber System.14.72. Jadi pelanggan individu mungkin menemukan bahwa FedEx menawarkan harga terbaik untuk mereka bahkan jika rata-rata mahal. Inc dengan biaya US$88 juta di tahun 1998. posisi mereka mungkin tidak sedekat dengan hasil yang mereka harapkan.

500 karyawan penuh dan paruh waktu dan mengapalkan lebih dari 5. partnernya dan suplaiernya. bisnis dan jasa informasi yang berhubungan dengan nilai tambah yang tinggi melalui perusahaan yang beroperasi secara terfokus. Keuntungan Fedex sangat fluktuatif.4 miliar dan pendapatan bersih $830 juta dari keuntungan sekitar $22. sehingga customer dapat melakukan single access untuk menghubungi seluruh FedEx group. Paket volume dan kekuatan ekonomi sangat erat berkorelasi bahwa ekonom akan mempelajari data volume paket dari perusahaan seperti FedEx sebagai indikator apakah aktivitas ekonomi yang melambat atau membaik. mereka bergantung pada kekuatan ekonomi AS dan kesehatan ekonomi dunia karena merupakan penentu kunci dari volume paket. Lima anak perusahaan FedEx secara kolektif melakukan kompetisi tetapi tetap pada fungsinya masing-masing. hal ini dilakukan agar membuat mereka lebih mudah melakukan bisnis dengan lima anak perusahaan FedEx. FedEx Custom Critical (yang sebelumnya Roberts Express). FedEx Group melakukan pemusatan fungsi-fungsi sales.4 juta barang tiap harinya.5 miliar. Di akhir 2003. Akan tetapi. Keselamatan akan dinomorsatukan dalam operasinya. 216. manajemen jaringan. Perusahaan hampir memilki sekitar 50 ribu sepeda. perusahaan tersebut berkembang bukan karena bisnis utama mereka. tetapi karena FedEx memiliki pengetahuan yang mendalam dan teknologi yang canggih di bidang barcode.Tahun 2000 FDX Corporation mengubah namanya menjadi FedEx Corporation dan melakukan reorganisasi. Fedex memiliki asset sekitar $24. transportasi. FedEx memiliki asset hampir $15. FedEx Logistics (yang sebelumnya Caliber Logistics). 625 aircraft.5 miliar. 250.2 miliar dan pendapatan bersih $98 juta dari pendapatan sebesar $35. FedEx akan berusaha keras mengembangkan hubungan penghargaan secara bermutu dengan karyawannya. 10 . Aktivitas perusahaan akan menghantarkan ke etika tertinggi dan standar profesional. marketing dan customer service. Visi dan Misi dari FedEx adalah menghasilkan pendapatan finansial yang tinggi untuk pemegang saham dengan menyediakan rantai suplai. Kebutuhan pelanggan dipertemukan dalam kesesuaian dengan gaya kualitas tertinggi untuk masing-masing segmen pasar yang dilayani. Viking Freight. Dengan bisnis utamanya mengirimkan barang ke hampir seluruh belahan dunia. Kemudian hingga pada tahun 2009. dan program linear mereka. komunikasi nir-kabel. Fedex memiliki sekitar 664 aircraft. FedEx Ground (yang sebelumnya RPS).000 karyawan. Lima anak perusahaan tersebut adalah : FedEx Express (yang sebelumnya Federal Express).

laba usaha 2010 $1.000 $- $3.000 $15.000 $1.000 $35. Dua dari tiga segmen operasi FedEx utama memiliki margin operasi positif.000 $25.000 $30. pendapatan terus menurun yang dimulai pada tahun 2008. FedEx 11 .000 $500 $Operating Income Net Income 7 9 1 8 9 1 9 1 0 2 1 0 2 0 2 3 0 2 4 0 2 5 0 2 6 0 2 7 0 2 8 0 2 9 0 2 1 0 2 Untuk keseluruhan tahun. Namun.500 $3. penurunan ini sedang melambat karena pendapatan untuk tahun 2010 adalah hanya mengalami penurunan 2.000 $2. Rvn e ee us $40.1% sejak tahun 2009.5% sejak 2008. naik dari satu tahun yang lalu sejak kuartal keempat FedEx mampu mengenakan harga yang lebih tinggi untuk meningkatkan margin operasi karena ada permintaan lebih tinggi untuk pengiriman terkait dengan tingkat pasca-resesi.000 $5.500 $1. Sejak 2008.Tahun 2010 laba meningkat sebagai hasil dari pertumbuhan pengiriman internasional dan dilanjutkan pertumbuhan di FedEx Ground. sedangkan yang turun 8.500 $2.000 $10. total pendapatan mengalami penurunan sebesar $ 3.000 $20. Namun.9 milyar adalah 167% lebih tinggi dari tahun 2009 $ 747 juta dan hanya $77 juta kurang dari tingkat pra-resesi 2008. FedEx memberikan hasil yang kuat pada kuartal keempat terutama disebabkan oleh sedikit pertumbuhan dalam volume paket.2 milyar karena permintaan konsumen yang menurun akibat resesi.

664 pesawat dan sekitar 49. meningkatkan operasi margin 5. bahkan lebih dari tingkat pra-resesi sebesar 5.00% 1.20% pada tahun 2010 dibandingkan 17. ANALISIS SEGMEN BISNIS FEDEX Fedex Corporation terbagi dalam beberapa segmen kerja yang memiliki fungsi dan spesialisasi masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. biaya bahan bakar menurun 18% selama tahun 2010 terutama karena penurunan harga rata-rata per galon bahan bakar dan konsumsi bahan bakar.00% 7.00% 5.000 kendaraan dan trailer dalam jaringan terpadu global. Untuk FedEx Express. FedEx Express mempekerjakan sekitar 141. seperti FedEx menurunkan jam terbang dan efisiensi rute ditingkatkan.00% 8.5%. handal.45% pada tahun 2009.730 miliar. FedEx beroperasi dalam 4 segmen: FedEx Express (62% dari total pendapatan) FedEx Express diciptakan sebagai pengiriman express pada tahun 1973 dan tetap menjadi pemimpin industri. Rata-rata 12 . Ia memperoleh pendapatan $21.00% 6.555 milyar pada tahun 2010. Pendapatan FedEx Express mengalami penurunan 4% pada tahun 2010 disebabkan oleh rendahnya hasil terutama didorong oleh penurunan biaya tambahan bahan bakar.00% 2.00% 4.00% 9.497 miliar.00% 0.00% 1997 1998 1999 2000 2001 2002 2003 2004 2005 2006 2007 2008 2009 2010 Pendapatan untuk tahun 2010 adalah $34. OperatingMarg in 10. domestik AS dan outbound biaya tambahan bahan bakar adalah 6.000 karyawan dan memiliki sekitar 59.00% 3.000 lokasi drop-off (termasuk pusat FedEx Office).8%. cepat.telah meningkatkan harga mereka berdasarkan peningkatan permintaan. turun dari tahun 2009 $35. Di sisi pengeluaran. waktu pengiriman yang tepat dan pengiriman ke lebih dari 220 negara dan teritori melalui satu jaringan global yang terpadu. Pendapatan menurun 2% selama tahun 2010 terutama karena hasil yang menurun pada FedEx Express dan FedEx Freight LTL Group sebagai hasil dari biaya tambahan bahan bakar yang lebih rendah dan harga yang kompetitif.

400 trailer milik perusahaan. FedEx Freight adalah bisnis baru tapi menjanjikan. di Amerika Serikat dan Kanada. tapi sebagian besar diimbangi dengan diskon pelanggan yang lebih tinggi dan biaya tambahan bahan bakar yang lebih rendah. FedEx Freight (12. dengan fokus pada bisnis dan perumahan pengiriman paket beratnya mencapai 150 pound. Pendapatan FedEx Ground meningkat 6% selama tahun 2010 karena pertumbuhan volume.439 milyar pada tahun 2010. sementara hasil menurun 14% selama tahun 2010 akibat perubahan pelanggan dan bauran layanan. FedEx Ground melakukan operasinya terutama dengan sekitar 26.4% dari pendapatan) FedEx Freight menyediakan jasa pengiriman (LTL) melalui FedEx Freight bisnisnya (LTL daerah layanan pengiriman) dan perusahaan FedEx bisnis LTL Nasional (jasa pengiriman LTL jarak jauh). volume tumbuh 48% selama 2010 terutama sebagai akibat dari kenaikan pangsa pasar.300 kendaraan yang dioperasikan pemilik dan 30. Pendapatan FedEx Freight menurun 2% selama tahun 2010 disebabkan oleh rendahnya hasil LTL dan penggabungan Karibia Jasa Transportasi ke FedEx Express menghasilkan LTL 13 . Ia memperoleh pendapatan $4.4% dari total pendapatan) FedEx Ground melayani pelanggan di pasar Amerika Utara untuk paket kecil. volume barang internasional dan volume US paket domestik karena perbaikan ekonomi kondisi global. Pelayanan tanah disediakan untuk 100% dari daratan Amerika Serikat dan penduduk Kanada dan pelayanan semalam sampai sampai 400 mil untuk hampir 100% dari jumlah penduduk benua Amerika Serikat. termasuk 32 hub. FedEx Ground beroperasi dengan sebuah pemilahan hub berganda dan sistem distribusi yang terdiri dari 520 fasilitas. Ia memperoleh pendapatan $7. Dirombak pada tahun 2001 setelah mengakuisisi FedEx LTL carrier Amerika Freightways.000 pada tahun 2010. FedEx SmartPost.321. volume tinggi dan berat yang ringan paket layanan bagian dari segmen tanah. Sekitar 44% dari seluruh pendapatan paket FedEx Express berasal dari pengiriman internasional.menurun selama tahun 2010. Sebagian diimbangi oleh peningkatan volume paket internasional. FedEx Ground (21.000. Perbaikan menghasilkan sedikit di FedEx Ground selama 2010 terutama disebabkan tingkat dasar yang lebih tinggi dan meningkatkan pendapatan layanan tambahan. FedEx Ground volume rata-rata harian meningkat 3% selama tahun 2010 karena pertumbuhan lanjutan dalam bisnis komersial dan layanan Home Delivery. terutama dari Asia.

FedEx Express dan FedEx Ground menjadi bagian terbesar dari operasi bisnis Grup FedEx. FedEx mengontrol lebih dari 50 % pasar pengiriman ekpress dan secara kasar 16 % pada pasar pengiriman barang melalui jalur darat (UPS mendominasi pasar industri ini dengan pangsa pasar lebih dari 69 persen). Memberikan jasa yang berharga pada siapapun yang memerlukan pengiriman surat. dan 14 .770 miliar pada 2010. fotokopi. FedEx menegaskan bahwa secara kasar. dan paket. bahwa 99 % pengiriman yang dilakukan oleh FedEx tiba tepat waktu. informasi yang luas dan jasa rantai pasokan. Segmen ini memperoleh pendapatan $ 1. Meskipun didasarkan pada data dan kondisi masa lalu.menurun 10% selama tahun 2010 karena adanya pasar yang sangat kompetitif. sehingga harus dilakukan pula analisis persaingan-persaingan yang sedang dihadapi oleh manajemen perusahaan dalam industri yang lebih luas. FedEx Service (5% dari total pendapatan) FedEx Office (sebelumnya FedEx Kinko's) memiliki dan mengoperasikan rantai lebih dari 1. Tetapi bila hanya memperhatikan satu alat rasio saja tidaklah cukup. FedEx Service menawarkan kepada pelanggan akses internet. akibat dari kelebihan kapasitas dan biaya tambahan bahan bakar yang lebih rendah. ANALISIS RASIO KEUANGAN Analisis rasio keuangan menggunakan data laporan keuangan yang telah ada sebagai dasar penilaiannya. tapi FedEx memberikan jasa “Kepastian ” dengan menghubungakan ekonomi global dengan jangkauan transportasi. FedEx tidak bergerak dalam bisnis pengiriman dokumen dan paket. Pada 2006 FedEx mencatatkan pendapatan operasional lebih dari 3 milliar dolar AS. fasilitas teleconference.3 Milliar Dollar. Menurut perusahaan. Pengukuran dan hubungan satu pos dengan pos lain dalam laporan keuangan yang tampak dalam rasio-rasio keuangan dapat memberikan kesimpulan yang berarti dalam penentuan tingkat kesehatan keuangan suatu perusahaan. Segmen ini diciptakan pada tahun 2004 ketika membeli FedEx Kinko's sebesar $2. yang mencerminkan operasi hanya dari Kinko pada September 2009.700 pusat toko bisnis di seluruh dunia. pencetakan dan jasa pengiriman Fedex. dokumen. analisis rasio keuangan dimaksudkan untuk menilai risiko dan peluang di masa yang akan datang. Harga Diskon memberikan peningkatan rata-rata pengiriman LTL harian 11% selama tahun 2010. Pendapatan Fedex Service.4 miliar. menurun 10% selama tahun 2010 karena permintaan menurun. dan secara keseluruhan pendapatan sebesar lebih dari 32.

Semakin tinggi rasio ini. Current Ratio menunjukkan kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek dengan aset lancar yang dimiliki.00 1. 1.51 0.dikombinasikan dengan analisis kualitatif atas bisnis dan industri manufaktur.35 1. Namun.77 1. Rasio Lancar (current ratio).11 1.29 0. Quick Ratio adalah rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam membajar kewajiban lancarnya dengan aktiva lancar yang dimiliki tanpa memperhitungkan persediaan karena dianggap memerlukan waktu relatif lama untuk dicairkan.02 0.32 0.49 Cash Ratio adalah rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan kewajiban-kewajiban lancarnya dengan menggunakan kas yang dimiliki. rasio kas Fedex lebih tinggi pada tahun 2008 dan 2009. maka semakin baik kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban lancarnya.92 1. cash ratio mengalami penurunan pada tahun 2007 dan 2010.57 1.57 1. serta penelitian-penelitian industri.26 1.18 1. Rasio Likuiditas Rasio ini digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menjamin kewajiban-kewajiban lancarnya.06 0.35 0. Quick ratio Fedex dapat dilihat lebih tinggi dari pesaingnya pada tahun 2008 dan 2009.25 1.22 1. analisis kualitatif.04 1. Hal ini menunjukkan kemampuan Fedex dalam memenuhi kewajiban lancarnya lebih baik.02 1. Rasio Leverage 15 . Rasio likuiditas ini menunjukkan bahwa Fedex memiliki kemampuan yang lebih baik dalam membayar kewajiban-kewajiban lancarnya dibandingkan dengan UPS dan DHL.04 1. Rasio Cepat (quick ratio). Quick ratio dan current ratio Fedex menunjukkan trend yang terus meningkat dari tahun 2005 hingga 2010. Dalam analisis ini akan dilakukan perbandingan rasio keuangan Fedex dengan rasio keuangan perusahaan leader dalam industri jasa pengiriman di pasar domestik AS yaitu UPS (United Parcel Service) dan dengan perusahaan leader untuk jasa pengiriman internasional yaitu DHL.11 Current Ratio 1. baik dengan kas maupun seluruh aset lancar yang dimiliki. Rasio Likuiditas 200 200 Fedex 200 200 200 201 UPS 200 200 DHL 200 2009 8 0.03 dalam membayar 5 6 7 8 9 0 8 9 Cash Ratio 0.10 1. Apabila dibandingkan dengan pesaingnya yaitu UPS dan DHL. 2.13 1.22 0.42 0.01 1. Pada rasio ini pun Fedex masih lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya.29 0. Rasio ini antara lain Rasio Kas (cash ratio).25 Quick Ratio 0.

Semakin rendah rasio utang. Dibandingkan dengan pesaingnya. Semakin rendah rasio ini menunjukkan semakin kuat posisi leverage perusahaan.39 38.01 1.76 22.80 kali.66 2010 44.81 17.70 54.64 16. semakin bagus kondisi perusahaan itu.14 UPS 2008 2009 78. financial leverage ratio. Long Term Debt Ratio.33 0.98 FEDEX 2007 2008 47.81 43.78 25.27 0. Rasio yang digunakan adalah debt ratio. dan interest coverage ratio. hanya dalam rasio ini menggunakan perbandingan hutang jangka panjang dengan total asset.54 DHL 2008 2009 89. sedangkan DHL 40%. Semakin tinggi rasio ini maka semakin tinggi resiko perusahaan karena menggunakan sebagian besar assetnya dengan hutang. Fedex mengalami penurunan penggunaan hutang dibandingkan dengan total ekuitas dan menggunakan hutang lebih rendah dibandingkan dengan total ekuitas.21 12.29 8.78 2006 49.18 75.65 61. artinya hanya sebagian kecil aset perusahaan yang dibiayai dengan utang. Dibandingkan dengan UPS yang menggunakan lebih banyak hutang yaitu 3. Interest coverage ratio digunakan untuk menentukan seberapa mudah perusahaan dapat membayar beban bunga atas utang. Kemudian debt rasio Fedex menunjukkan trend yang menurun.20 kali pada tahun 2009. Dalam rasio ini Fedex menunjukkan rasio yang lebih rendah dibandingkan dengan pesaingnya yaitu sekitar 25% dan UPS 56%.Rasio leverage menunjukkan berapa besar sebuah perusahaan menggunakan utang dari luar untuk membiayai operasi maupun ekspansi dirinya. yaitu pada tahun 2009 adalah 0.13 29. Rasio ini dihitung dengan membagi laba perusahaan sebelum bunga dan pajak (EBIT) dengan beban bunga perusahaan untuk periode yang sama. Hal ini menunjukkan Fedex menggunakan lebih sedikit pembiayaan dengan hutang jangka panjang dalam assetnya. debt to equity ratio.54 0.94 3.35 55.43 2009 43. menunjukkan pengurangan penggunaan hutang pada asset. Long Term Debt Ratio hampir sama dengan debt ratio.27 0.14 56.80 25. Rasio Leverage Debt Ratio Debt to Equity LT Debt Ratio Interest Coverage Ratio Debt ratio menunjukkan perbandingan total hutang terhadap total aktiva perusahaan.12 .6 0.73 3.04 8. Persentase yang rendah menunjukkan proporsi hutang untuk membiayai asset adalah kecil. Seperti halnya pada debt rasio.14 12.15 28.20 40. dibandingkan dengan UPS yang menggunakan proporsi hutang lebih besar yaitu 75% dan DHL 55%.31 -1. yaitu hanya menggunakan hutang sekitar 44% pada tahun 2009 dan 2010 dalam asset yang dimiliki.90 24.86 3. Debt to Equity menunjukkan perbandingan total kewajiban dengan total ekuitas dari pemegang saham.97 25.78 kali dan 2010 adalah 0. rasio Fedex lebih rendah.89 28. 16 2005 53. Sebab.14 kali dan DHL 3.80 0.

11 15.93 7.10% dan UPS 8.00% 6.50 0.17 P rofitability 18.39 15.10 0. perusahaan semakin banyak dibebani oleh beban utang.54. 17 .28 0.69 15. dan return on equity.42 2006 9.56 0. Hal ini menunjukkan Fedex lebih rendah dalam kemampuannya menghasilkan laba operasional dibandingkan dengan UPS.00% 0. UPS sebesar 8.39% pada tahun 2009.75 3.00% 10.47 2009 2.77 0.96 -9.29 27.41 4. Fedex memiliki rasio yang lebih besar. operating margin Fedex masih lebih tinggi.75 -0.96 7.66. Rasio Profitabilitas Rasio ini menggambarkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dari kegiatan penjualan atau operasinya.75 8. net profit margin.39 DHL 2008 2009 -1.00% 2.72 2. 3.00% 4.12.83 4.75 -2. return on investment.72 2010 5.32 9.96 8.30 5.40 4.15 4.42 6.74 5.00% 12.00% ROA ROE Net Profit Margin Operating margin menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba kotor dari operasional. maupun memutar modalnya. maka semakin baik profit perusahaan.00% 16. Dengan demikian kemampuan Fedex dalam membayar beban bunga atas hutang lebih tinggi dibandingkan UPS dan DHL.33 FEDEX 2007 2008 9.45 8.59 5. operating margin Fedex lebih rendah yaitu 2. Dibandingkan dengan pesaingnya UPS.54 44. Rasio Profitabilitas Operating Margin NPM ROA ROE 2005 8. Rasio yang digunakan adalah operating margin.75 3.93 5. Dibandingkan dengan pesaingnya.00% 8. Semakin tinggi rasio ini. dengan menggunakan asetnya. Para investor dan analis sangat memperhatikan rasio laba ini karena ia berkaitan dengan harga saham dan dividen perusahaan. yaitu pada tahun 2009 sebesar 12.10 7. Kemudian dibandingkan dengan DHL.00% 14.Semakin rendah rasio.57 UPS 2008 2009 10. dan DHL 0.40 0.

Return on Assets menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan return/laba dari penggunaan asset perusahaan. Pada tahun 2009 sebesar 0.72%.Net Profit Margin menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba setelah dikurangi dengan beban bunga.45 8.55 10.39% dan UPS 9. Dalam rasio ini menunjukkan Fedex lebih rendah dalam kemampuannya menghasilkan laba dari asset yang dimiliki dibandingkan UPS. Rasio yang digunakan adalah account receivable turnover. Pada tahun 2009 menunjukkan 0.91 2006 9. Pada tahun 2009. total assets turnover. dan pajak.75%. Dibandingkan dengan pesaing.42%.29% dan tahun 2009 adalah 27. fixed assets turnover.28% dan UPS 4.34 18 . Fedex mengalami penurunan profit margin akibat resesi AS dan didorong oleh permintaan konsumen yang menurun. Pada tahun 2008 NPM Fedex adalah 2.71 2009 2010 UPS 2008 2009 9.18 FEDEX 2007 2008 8.93 8. ROE Fedex masih lebih rendah yaitu pada tahun 2008 ROE UPS adalah 44. Rasio Manajemen Asset Account Receivable 2005 8. 4.44 DHL 2008 2009 7.83%. Pada tahun 2008 rasio Fedex adalah 4.11% menjadi 15.57%.74% dan 2009 menurun drastis menjadi hanya 0. Hal ini diakibatkan karena UPS lebih menggunakan banyak hutang dalam struktur modalnya. Return on Equity menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba untuk pemegang saham dari penggunaan modal yang disetorkan.28 8. Kemudian tahun 2010 mengalami peningkatan menjadi 8.40% dan UPS 6.76%. Namun pada tahun 2008 menurun menjadi 7.47 8.96% dan UPS 5. Apabila dibandingkan dengan DHL. Pada tahun 2005 hingga 2007 ROE Fedex mengalami peningkatan dari 15. Rasio Manajemen Asset Rasio ini digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam mengelola assetassetnya sehingga memberikan aliran kas masuk bagi perusahaan.93%.96%. Fedex masih lebih tinggi.

Dengan demikian menunjukkan perputaran piutang Fedex cukup baik. total asset turnover Fedex masih cukup baik. Rasio Penilaian Saham Rasio ini merupakan rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menciptakan nilai pada masyarakat. Sederhananya. Fixed asset turnover Fedex mengalami peningkatan dari tahun 2005 hingga tahun 2009. Fedex lebih tinggi.71 dan pada tahun 2009 mengalami peningkatan menjadi 10. semakin tinggi tingkat turnover tahunan.42 2. 5.07. Fedex lebih rendah. Bagi kebanyakan perusahaan.79 0.94 Turnover Total Assets 1. pada tahun 2008 UPS memiliki perputaran piutang sebesar 9.62 2. UPS memiliki perputaran piutang sebesar 8.44. hanya dalam rasio ini menggunaan total asset.39 2.28 dan tahun 2009. Hal ini 19 .48 2. Rasio perputaran tahunan dirancang untuk mencerminkan efisiensi perusahaan dalam mengelola aset yang signifikan.79 pada tahun 2008 dan 2. lebih rendah dibandingkan dengan UPS yaitu 2.99 1.06 1.06.00 1.Turnover Fixed Assets 1.24 1. Fedex lebih rendah. Sebuah rasio yang rendah berarti perusahaan harus kembali mengkaji kebijakan kredit dalam rangka untuk memastikan pengumpulan piutang tepat yang tidak mendapatkan bunga bagi perusahaan. Dan pada tahun 2009 mengalami sedikit peningkatan menjadi 2.07 1.00.24.76 Account Receivable Turnover atau perputaran piutang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mengumpulkan piutang usahanya dan menghasilkan pendapatan tunai bagi perusahaan. Dan apabila dibandingkan dengan DHL. Fixed Asset Turnover menunjukkan ukuran kasar produktivitas aktiva tetap sebuah perusahaan dalam menghasilkan pendapatan.30 2.46 1. investasi mereka dalam aset tetap merupakan komponen terbesar dari total aset mereka. Total Asset Turnover hampir sama dengan fixed asset turnover.42 2.78 pada tahun 2009. Apabila dibandingkan dengan pesaing. dan mengalami penurunan pada tahun 2010. sedangkan UPS hanya 2. perputaran piutang Fedex lebih tinggi.47 2. DHL memiliki fixed asset turnover sebesar 2. Dengan demikian menunjukkan bahwa produktivitas asset tetap Fedex dalam menghasilkan pendapatan kurang baik dibandingkan pesaing.78 1. Dibandingkan dengan UPS.44 Turnover 1. Fixed asset turnover Fedex tahun 2008 adalah 2. terutama para pemegang saham dan calon investor. semakin baik.03 1.97 1. Perputaran piutang Fedex pada tahun 2008 adalah 8.47. Dibandingkan dengan DHL.

64 13.4 2009 2010 Saham Price/Earning 21. Price/Book Value Ratio menunjukkan perbandingan harga saham terhadap nilai buku atau ekuitas perusahaan.6 Ratio Price/Book 3.79 1. Namun.51 3.33 26.8 0.31 5.06 5 P/E ratio menunjukkan seberapa besar pemegang saham atau investor bersedia membayar dari pendapatan perusahaan yang dihasilkan. seorang investor berharap akan memperoleh imbalan dan imbalan ini berupa laba atau peningkatan nilai ekonomi saham. Kemudian juka dillihat pada dividen payout ratio.5 1.44 22.66 73.37 0.46 0.02 139. Dari rasio di atas emnunjukkan dividen yang dibayarkan Fedex lebih rendah dibandingkan dengan UPS dan DHL.19 0.88 0.dikarenakan investasi dalam saham.32 11. jika terlalu tinggi juga mengindikasikan harga saham terlalu mahal bagi investor.6 Value Ratio Dividen per 0.79 265.95 0.71 18.40 8 1.93 0.92 0.6 112.27 Share Dividen Payout Ratio Dividen Yield 5.5 1. tetapi lebih tinggi jika dibandingkan dengan DHL.8 0. Semakin besar rasio ini menunjukkan bahwa para investor menilai perusahaan tersebut memiliki prospek yang baik ke depannya.91 0.44 1.46 0 0.89 81. Apabila dilihat trendnya.31 2.51 11. Peningkatan nilai ekonomi saham ini merupakan dampak dari pertumbuhan laba atau dividen yang diterima pada nilai saham.76 0.37 2.73 2.23 1.41 1.37 0.76 17.55 -8.38 0.91 18.92 0.35 5. Fedex juga lebih rendah dibandingkan dengan UPS. karena harga saham yang tinggi tidak disertai dengan pendapatan yang tinggi pula. Dividen per share menunjukkan besarnya dividen yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pemegang saham dari laba yang diperoleh. Rasio ini digunakan untuk mengetahui berapa kali besarnya harga saham yang diperdagangkan dari nilai buku perusahaan yang merupakan ekuitas dari pemegang saham. Rasio Penilaian 2005 2006 FEDEX 2007 2008 UPS 2008 2009 DHL 2008 2009 25.88 3. dividen Fedex mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.6 4. 20 .

48% 2010 -2.36% FEDEX 2007 9.99% 2008 3.91% 71.97% -90.30% 2009 -12.36 % 2005 16.11 % 16.38% 12.27% 13.19% -21. Dilihat pada tabel di atas.13 % 30.22% 26.34% -28.28% 13. Dividend yield yang tinggi bisa berarti harga sahamnya masih murah atau dividen berikutnya mungkin akan lebih rendah.63% Dividen per 9. dividend yield yang rendah bisa berarti harga sahamnya sudah mahal atau dividen berikutnya bisa lebih tinggi.96% Growth EPS Growth 0.97% 7. dividend yield mencerminkan tingkat keuntungan investasi di suatu saham.47% 0.61% 686.16% 1100.15% 1108.47% -91.37% 2009 -6.03% 2006 9.78% -44.64% Share Growth Revenue Growth Net Income Growth EPS Growth Dividen per Share Growth 2004 9.09% Growth Net Income 0. 6.20% -44.Dividen yield atau imbal hasil dividen adalah rasio nilai dividen terhadap harga saham. Rasio Pertumbuhan Revenue 2004 9.63% 11. pertumbuhan laba bersih. merupakan rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan mempertahankan posisi ekonominya di tengah pertumbuhan perekonomian dan sektor usahanya.83% 72.01 % 26.64% 23.43% 14.29% 10.25% 15. pertumbuhan EPS.09% 21 . Rasio pertumbuhan meliputi: pertumbuhan pendapatan.13 % 686.04% 11.45% % 9.15 % UPS 2006 2007 11. dividen yield Fedex masih sangat rendah dibandingkan dengan UPS dan DHL.40 % 16.73 4. Rasio Pertumbuhan Rasio Pertumbuhan (Growth Ratio). pertumbuhan dividend per saham.37 % -90.02% -28.89% 2005 18.98% 24. Sebaliknya. Dengan asumsi tidak ada kenaikan harga saham.11 % 15.29% -91.01 % 15.28% 9.04% 2008 7.

2.30% 40. Hal ini dapat dilihat dari rasio leverage yang menunjukkan lebih rendah dibandingkan pesaing-pesaingnya.Revenue Growth Net Income Growth EPS Growth Dividen per Share Growth 2004 7.60% 7.1% dari total biaya operasi. Opportunity (Peluang) 1.06% -221. Penurunan pendapatan pada tahun 2009 sebesar $ 3.69 % 38. 3.34%.23% -167. Fedex memiliki leverage yang kuat dimana struktur modalnya menggunakan proporsi modal sendiri yang lebih besar dibandingkan penggunaan hutang. Hal ini menunjukkan kemampuan Fedex dalam membayar hutang lancarnya dengan asset lancar yang dimiliki dan kas cukup baik.29% dibandingkan UPS yang hanya mengalami penurunan net income 28.19% -120.90% -17.76% 2005 3.86 0% ANALISIS SWOT KEUANGAN FEDEX Strenght (Kekuatan) 1. Rendahnya profitabilitas Fedex jika dibandingkan dengan pesaingnya UPS. Baru‐baru ini manajer Federal Express mampu menggunakan keunggulan perusahaan dalam distribusi yang mencakup seluruh dunia bersama dengan kekuatannya dalam 22 .33% 2009 -15. Fedex memiliki rasio likuiditas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingpesaingnya.74 -33.13% 20% 2008 -14.62% -137. Pengelolaan aset tetap maupun total aset yang dimiliki Fedex dalam menghasilkan pendapatan cukup optimal dibandingkan dengan pesaingnya UPS dan DHL.14% DHL 2007 4.19 % 40% 2006 35. Hal ini dapat dilihat pada ROA. Weakness (Kelemahan) 1. sehingga resiko kebangkrutan perusahaan dinilai rendah. Net Income turun sebesar 91. menyebabkan Fedex rentan terhadap fluktuasi harga bahan bakar. operating margin maupun net profit margin yang menunjukkan penurunan pada tahun 2008 hingga 2010 dan lebih rendah dari UPS. 3.62% -19. 2.41% -28.2 milyar karena permintaan konsumen yang menurun akibat resesi.77% -6. ROI.87% 4. Ketergantungan operasional Fedex yang tinggi terhadap biaya bahan bakar yaitu 11.

dan program linear mereka. dan pelaporan tagihan. memberikan ancaman terhadap pendapatan Fedex akibat menurunnya volume permintaan konsumen seperti pada tahun 2009. Biaya impairment dapat mengurangi 23 . Logistik mencakup mengelola pergerakan dan penyimpanan material. pergudangan. Keselamatan akan dinomorsatukan dalam operasinya. dan barang jadi dari pemasok lewat perusahaan. FedEx akan berusaha keras mengembangkan hubungan penghargaan secara bermutu dengan karyawannya. serta memerlukan sumber daya tambahan untuk membangun kembali reputasi dan mengembalikan nilai dari merek Fedex. 4.01%) menghasilkan $ 1. suku cadang. Kondisi perekonomian Amerika Serikat yang sedang dalam pemulihan dari resesi. akuntansi. manajemen jaringan. Sebuah perubahan persentase kecil akan mengakibatkan pengurangan dari sebagian besar pendapatan operasi. Kerusakan reputasi Fedex dan hilangnya ekuitas merek dapat mengurangi permintaan atas layanan Fedex dan dengan demikian memiliki efek buruk pada kondisi keuangan. pembukuan. bila terjadi krisis ekonomi global lagi dalam waktu dekat dapat diprediksikan Fedex akan mengalami kerugian yang sangat besar. Oleh karena itu. Adanya biaya impairment atau penurunan goodwill atau aset tak berwujud dari akuisisi Fedex Kinko dan Fedex National LTL akibat penurunan hasil pada segmen tersebut karena ekonomi yang lemah. komunikasi nir-kabel. partnernya dan suplaiernya. 3. Kebutuhan pelanggan dipertemukan dalam kesesuaian dengan gaya kualitas tertinggi untuk masing-masing segmen pasar yang dilayani.7 juta dalam biaya pensiun tambahan. FedEx sangat sensitif terhadap discount rate ini: Sebuah penurunan satu basis poin (0. sampai ke pelanggan.manajemen informasi dan tekhnologi untuk memasuki pasar lain: perencanaan logistik untuk perusahaan global. pengriman. penerimaan barang. Threat (Ancaman) 1. likuiditas dan hasil usaha. Unit jasa Logistik Bisnis yang baru memiliki Federal Express menawarkan kepada pelanggan sejumlah jasa bisnis seperti pesanan pembelian. Biaya pensiun pada tahun 2011 diperkirakan akan meningkat secara signifikan. Aktivitas perusahaan akan menghantarkan ke etika tertinggi dan standar profesional. sediaan. 2. FedEx memiliki pengetahuan yang mendalam dan teknologi yang canggih di bidang barcode. Kenaikan ini disebabkan oleh penurunan suku bunga yang digunakan untuk diskon perkiraan pembayaran manfaat pensiun. 2.

75 3.11 2006 9.54 -9.57 2008 10.10 15. Rendahnya profitabilitas Fedex jika dibandingkan dengan pesaingnya UPS.75 27.17 DHL 2009 0.77 -2.30 5.47 2.96 15.15 24 . ROI.75 6.93 7. karena dicatat juga sebagai asset dalam balance sheet.72 2010 5.45 5.32 -0.40 15.8 milyar sejak tahun 2008.75 3.56 0. Rasio Profitabilitas Operating Margin NPM ROA ROE 2005 8.50 0. IDENTIFIKASI MASALAH 1.33 5.40 0.39 4.29 UPS 2009 8.28 0.41 4. operating margin maupun net profit margin yang menunjukkan penurunan pada tahun 2008 hingga 2009 dan lebih rendah dari UPS.39 7.10 0.96 4.69 FEDEX 2007 2008 9.96 2008 -1.74 2009 2.42 44. Selain itu penurunan goodwill juga berpengaruh pada penurunan asset. Hal ini dapat dilihat pada ROA.93 5. Biaya impairment mencatat sebesar $1.42 4.72 8.83 9.75 8.pendapatan operasional karena dicatat sebagai biaya operasional dalam laporan laba rugi.59 7.

040 2. Profitabilitas juga dijadikan indikator kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham atau investor. Fedex Ground. Kemudian menghitung operating margin. Net Income turun sebesar 91.555 Average Revenue FedEx Groun d 5. Masing-masing segmen ini memiliki asset yang digunakan dalam setiap operasionalnya untuk menghasilkan laba untuk Fedex.321 FedEx Servic e 2.088 2.34%. jumlah asset.047 7. baik ROI maupun operating margin. kita akan mengetahui segmen mana yang memiliki profitabilitas rendah maupun yang tinggi.586 4. Untuk analisis ini.29% dibandingkan UPS yang hanya mengalami penurunan net income 28.770 25 . maka dilakukan analisis terhadap masing-masing segmen bisnis Fedex.439 FedEx Freigh t 3.645 4.364 2010 21. yaitu Fedex Express.138 1. Profitabilitas Dari kata profitabilitas. Untuk mengetahui penyebab rendahnya profitabilitas Fedex.306 6.977 1. Penurunan pendapatan pada tahun 2009 sebesar $ 3. dan ROI dari masing-masing segmen untuk mengetahui perbandingan profitabilitasnya.446 2007 22. yang terlintas adalah bagaimana sebuah perusahaan memanfaatkan atau mengelola asset yang dimiliki dari kegiatan investasi untuk operasionalnya dan kemampuannya untuk menghasilkan laba sesuai dengan yang diharapkan. Dengan begitu.681 2008 24.2.043 6.751 7. sehingga nantinya dapat diambil kebijakan investasi yang tepat.421 2009 22.2 milyar karena permintaan konsumen yang menurun akibat resesi.934 4. asset turnover. Fedex Freight dan Fedex Service. PEMBAHASAN 1.415 4. dan operating income dari masingmasing segmen. FedEx Expre ss Revenue 2006 21. misalnya kita mengambil data keuangan dari annual report Fedex tahun 2006 hingga 2010 untuk pendapatan.

957 4.483 2010 14.245 3. Fedex Freight dengan operating margin 4.378 3.86 4.40%.56% dan ROI sebesar 23.52%.941 2.651 3.937 2.52 % 23. Padahal apabila dilihat dari rata-rata asset operasi.517 705 822 736 807 1.044 2.276 3.19 % 10.127 Average Operating Income Segment assets 1. Fedex Service dengan operating margin -19.45%. yaitu dengan operating margin 12.416 2009 13.767 2007 1.493 Operating income 2006 1.96% dan ROI sebesar -11.96 % 0.74% dan ROI 10.574 19.93% dan ROI sebesar 7.819 Average operating assets Operating Margin Turnover (Revenue / Average Operating Aset) ROI (Margin x Turnover) 14.93% 1.118 3.408 6.56 6.901 2009 794 2010 1.150 3.991 2008 1.079 3.786 2.003 57 45 (891) (810) (400) 2. dapat dilihat bahwa segmen yang paling menguntungkan adalah segmen Fedex Ground.900 4.45% Dari perhitungan di atas.51 2.56 % 1.291 4.40 % 7.240 4. Fedex Service 26 .19%.516 2006 14.56 11. Dengan demikian dapat diketahui penyebab dari rendahnya profitabilitas adalah segmen Fedex Service yang sudah tidak memberikan keuntungan bagi perusahaan Fedex.024 819 3.650 2008 13.673 2007 15.499 12. Mulai tahun 2008 Fedex service telah mencatat kerugian sebesar $ 891 juta dan $ 810 juta yang didorong oleh perekonomian yang lemah dan permintaan yang menurun.380 485 463 329 (44) (153) 216 2.22. Kemudian Fedex Express dengan operating margin 6.770 3.74% 1. yang ditunjukkan dengan ROI dan operating margin yang minus.

Disebabkan karena penjualan lebih besar dari pada laba. segmen ini diperkirakan akan mengulang kerugian yang mungkin akan lebih besar. Kemudian pada Fedex Express dengan mengganti armada pesawatnya dengan yang baru. sudah menunjukkan trend yang menurun. Untuk lebih meningkatkan profitabilitas Fedex. Misalnya pada segmen Fedex Ground dengan menambah truk hybrid yang menggunakan listrik yang lebih menghemat biaya operasional dengan kapasitas muatan yang lebih besar. menutup beberapa kantor atau fasilitas Fedex Office yang permintaannya rendah. Fedex sudah melakukan upaya untuk mengurangi biaya operasional dengan menutup beberapa fasilitas dan mengurangi jumlah karyawan akibat permintaan yang menurun.memiliki asset yang lebih tinggi dibandingkan dengan Fedex Ground dan Fedex Freight yang sebenarnya lebih menguntungkan. perusahaan dapat mengalihkan investasinya pada segmen yang lebih menguntungkan seperti Fedex Ground dan Fedex Express yang memiliki margin operasi dan ROI yang tinggi dan lebih stabil. Apabila terjadi krisis seperti pada akhir tahun 2008. b. Beberapa tindakan yang perlu dilakukan Fedex adalah melakukan pengurangan karyawan pada Fedex Office untuk mengoptimalkan kinerja. setiap divisi manajer mengadakan rapat untuk membahas penurunan gaji. sejak tahun 2007 pada saat Fedex Office masih bernama Fedex Kinko. yang lebih hemat bahan bakar dengan muatan yang lebih besar dan dapat menghemat biaya perawatan. Meninjau ulang besarnya biaya gaji untuk diminimalkan lagi. Untuk memperbaiki rasio keuangan ROI. dan mengurangi investasi maupun menunda rencana ekspansi untuk segmen Fedex Office. yang dapat Fedex lakukan adalah: 1. karena dilihat dari besarnya gaji yang cukup tinggi. biaya expenxe dapat diatasi dengan menekan gaji dari segmen yang mengalami penurunan seperti bagian operasi. Untuk Fedex Freight. FedEx harus melihat atau memperhatikan bagian yang mengalami pembengkakan seperti. Fedex Express juga dapat menyewa beberapa pesawat untuk lebih menghemat biaya perawatan dan mengurangi biaya depresiasi. . Fedex perlu untuk melakukan reorganisasi pada Fedex Office yang merupakan salah satu bagian dari Fedex Service. Mengurangi biaya perawatan dan bahan bakar. Menambah outletoutlet yang lebih dekat dengan konsumen. Rekomendasi: Untuk dapat meningkatkan profitabilitas Fedex secara keseluruhan. Memperhatikan biaya gaji dan fuel a. Karena apabila dilihat dari pendapatannya. 27 c.

2. penjualan aset. yaitu biaya operasional. 2. Biasanya arus kas didapatkan dari penjualan produk atau jasa. Hal ini didorong oleh permintaan konsumen yang menurun dan melemahnya sektor industri. perusahaan tidak dapat bertahan. penggudangan. dan investasi pemilik. resesi dengan disertai inflasi. Pendapatan Fedex menurun 6. Contohnya. bagaimanapun krisis global merupakan suatu bencana keuangan yang juga dialami oleh perusahaan jasa pengiriman lain bahkan seluruh negara juga terkena dampaknya. kas juga bisa didapatkan dengan melalui pinjaman. Namun. angsuran pinjaman. Meskipun krisis global tidak dapat dihindari. pengiriman. Meningkatkan kas akan lebih sulit pada saat permintaan pasar menurun. karena saat ini FedEx baru bekerja sama dengan pihak swasta. Pendapatan Menurun Akibat Krisis Global Timbulnya krisis global merupakan pukulan bagi Fedex dimana perusahaan ini sangat bergantung pada kondisi perekonomian global. Bentuk kerja sama dan timbal balik atas kerja sama dengan pemerintah seperti penawaran potongan harga dari pihak FedEx kepada lembaga yang bekerja sama dengan FedEx dan FedEx dapat memperolah subsidi fuel serta dapat meminimalkan biaya. Kerja sama dapat dilakukan dengan dengan pemerintah negara lain. Beberapa strategi yang dapat dilakukan Fedex untuk mengatasi krisis global antara lain: 1. pengiriman dan pelayanan terhadap pelanggan. Fedex dapat menempuh beberapa strategi untuk meminimalkan dampak krisis global terhadap keuangan Fedex.47% dan lebih parahnya lagi net income menurun 91. dan lain-lain. Melindungi arus kas adalah bagaimana meningkatkan arus kas masuk dan mengurangi aliran kas keluar tanpa mempengaruhi kualitas. Tanpa arus kas yang baik. Membeli komoditas dari 28 . penjualan. FedEx dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah Cina. Namun. FedEx dapat mengadakan kerja sama dengan lembaga pemerintahan seperti yang telah dilakukan oleh UPS. Karena dapat memperoleh suntikan subsidi fuel. Misalnya memulai dengan mengevaluasi audit operasional dan biaya dari semua penjualan atau jasa. Aliran kas keluar melalui jalan yang sama dengan aliran kas masuk. dan dividen untuk pemilik saham. persediaan. Melindungi arus kas Melindungi arus kas adalah melindungi perusahaan dari badai atau krisis.29% pada tahun 2009 dari tahun sebelumnya akibat krisis global. Kemudian mengurangi biaya-biaya tinggi seperti biaya tenaga kerja.

Kemudian. Misalnya dengan mempermudah sistem pembayaran online yang disertakan pada website. harus lebih cermat dalam menggunakan anggaran pemasaran dengan segmentasi pasar yang tepat. karena volume permintaan diperkirakan menurun pada saat krisis. Gambar di atas menunjukkan pendapatan per paket yang dilayani oleh masingmasing segmen dari tahun 2007-2010. Mengubah target segmentasi pasar Fedex dapat lebih memfokuskan pada segmen-segmen bisnis yang permintaannya lebih stabil.supplier lain yang menawarkan harga yang lebih murah dan mengurangi jumlah pemesanan. langkah terakhir adalah meningkatkan perputaran piutang atau penagihan terhadap pelanggan dari aktivitas penjualan jasa untuk menambah arus kas yang masuk dan mengurangi resiko kredit. Fedex juga harus menunda rencana ekspansi dan menyimpan anggaran belanja modalnya menunggu hingga kondisi perekonomian membaik. Dibandingkan dengan segmen yang lain yaitu Fedex Freight dan Fedex Express mengalami penurunan yang cukup signifikan. Kemudian dari sisi pemasaran. Hal ini akan dapat meningkatkan penjualan tanpa biaya yang tinggi. Dari analisis tersebut. 29 . 2. Dari ketiga segmen di atas pendapatan per paket yang diperoleh Fedex Gorund tetap menunjukkan peningkatan pada masa resesi tahun 2009 hingga 2010.

Kebanyakan bisnis mengabaikan loyalitas pelanggan lama dan lebih memilih mengejar pelanggan yang baru yang memerlukan biaya yang lebih tinggi. dan lain-lain untuk memindahkan resiko atau menguranginya. 4. Memperkuat loyalitas pelanggan Salah satu kunci sukes bisnis adalah loyalitas pelanggan. Membantu pelanggan dalam menyelesaikan masalah bisnisnya. Membangun keandalan dan kepercayaan kepada pelanggan. karena konsumen lebih menginginkan produk pelayanan yang lebih murah. 4. dan semakin pasti kemampuan perusahaan untuk bertahan dalam setiap risiko. untuk mengurangi biaya operasional. 3. Menyampaikan kepuasan pelanggan yang satu kepada yang lain. Membangun loyalitas karyawan. Mengoptimalkan pengelolaan manajemen resiko Tujuan utama manajemen risiko keuangan adalah untuk meminimalkan potensi kerugian yang timbul dari perubahan tak terduga dalam harga mata uang. Contoh resiko: mata uang asing Resiko kredit 30 . 3. kredit. Apabila pelanggan dapat dipertahankan ini merupakan keuntungan bagi perusahaan. 5. situasi dan kondisi. opsi beli. komoditas. dengan mengurangi penggunaan pesawat dan intensitas pengiriman untuk efisiensi bahan bakar dan biaya perawatan. Kemudian mengurangi aktivitas operasionalnya pada segmen yang lain. 6. Melatih staf dan karyawan dalam memperlakukan pelanggan dengan baik. karena semakin banyak jumlah pelanggan setia di perusahaan. dan mereka akan membangun loyalitas dengan pelanggan. futures/forward. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan instrument derivatif seperti opsi jual. semakin pasti besarnya keuntungan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara: 1. Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan.Fedex sebaiknya lebih meningkatkan operasionalnya pada segmen Fedex Ground pada masa krisis. Resiko volatilitas harga yang dihadapi ini disebut dengan resiko pasar. dan ekuitas. Pada Fedex Express misalnya. 2.

Drs. 2001. Strategi Generik: Kepemimpinan Biaya. 2009. Heru. Memberikan kredit kepada pelanggan yang benar-benar memiliki prospek dan asset perusahaan yang baik. Optimalisasi produktivitas karyawan itu bisa tercapai.Cara mengatasi yaitu mengurangi transaksi kredit dengan mengevaluasi kebijakan kredit yaitu dilihat dari waktu lamanya meminjam dan likuiditas perusahaan. Kurs Cara mengatasi yaitu dengan menggunakan kebijakan hedging terhadap valuta asing. Edisi Empat. Manajemen Keuangan: Teori Dan Aplikasi. Perekrutan terutama dilakukan jika ada ekspansi. Jika tidak ada. Potensi perampingan karyawan juga dikurangi dengan sedikit merekrut karyawan baru. Universitas Ahmad Dahlan. REFERENSI Annual Report Fedex 1998-2010 Sartono. Pelatihan atau pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kompetensi agar level kemampuannya naik. BPFE UGM:Yogyakarta Sukarno. jika perekrutan dilakukan dengan benar. perusahaan lebih baik mencarikan pekerjaan yang sesuai kemampuan atau the right man on the right job. 5. manajemen sebaiknya berupaya mengoptimalkan karyawan yang ada daripada melakukan perampingan. Mengoptimalkan kinerja karyawan Untuk mengoptimalkan kinerja karyawan. 31 . Dengan kata lain. Agus. perusahaan akan mengoptimalkan kinerja karyawan yang ada. R.

businessweek.com www.com www.com www.com www.finance.tradingeconomics.fedex.com 32 .softcov.com www.www.wikinvest.yahoo.ycharts.com www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->