LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA KEDOKTERAN BLOK ENDOKRIN DAN METABOLISME

PEMERIKSAAN TRIGLISERIDA
(Metode CHOD-PAP)

Oleh : Nama NIM Kelompok Asisten : Rhatri Aktaria Parisaputri : G1A007116 : 19 : M. Julian Aldwin

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU-ILMU KESEHATAN JURUSAN KEDOKTERAN PURWOKERTO 2008 LEMBAR PENGESAHAN

Desember 2008 Asisten M.Oleh : Nama : Rhatri Aktaria Parisaputri NIM : G1A007116 Kelompok : 19 Disusun untuk memenuhi persyaratan mengikuti ujian praktikum Biokimia Kedokteran Blok Endokrin dan Metabolisme pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan Jurusan Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Diterima dan disahkan : Purwokerto. Julian Aldwin (K1A006133) BAB I PENDAHULUAN .

PAP” Mahasiswa dapat mengukur kadar trigliserida dengan metode “CHOD- 2. Empat perbedaan klas lipoprotein menunjukan hubungan yang nyata . IV.Tujuan Praktikum 1. Ada 4 klas lipoprotein : 1. 3. 4. 2. High Density Lipoprotein (HDL) Low Density Lipoprotein (LDL) Very Low Density Lipoprotein (VLDL) Khilomikron Sementara LDL berperan dalam pengangkutan kolesterol ke sel di perifer. 11 Desember 2008 III. HDL bertanggungjawab terhadap pengambilan kembali kolesterol dari sel. yang disebut kompleks antara lipid dan apolipoprotein. 3. Kolesterol diangkut di dalam plasma melalui lipoprotein. Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pemeriksaan kadar trigliserida darah pada saat praktikum setelah membendingkan dengan nilai normal Mahasiswa dapat melakukan diagnosa dini penyakit apa saja yang disebabkan oleh peningkatan kadar trigliserida dengan bantuan hasil praktikum yang dilakukan. Tanggal Praktikum Kamis. Dasar Teori Kolesterol adalah komponen membran sel dan pekursor untuk hormon steroid dan asam empedu yang disintesa oleh sel tubuh dan diserap dengan makanan.I. Judul Praktikum Pemeriksaan Trigliserida dengan metode “CHOD-PAP” II.

Penentapan kadar kolesterol total individu yang lebih baik.terhadap atherosklerosis kororner. HDL-C mempunyai efek perlindungan dengan menghambat pembentukan plak dan menunjukan hubungan terbaik dengan angka kejadian PJK. Prinsip Praktikum Kolesterol ditentukan setelah hidrolisa enzimatik dan oksidasi. beberapa uji coba klinis terkendali menggunakan diet. Alat Praktikum : 1. Spuit 3 cc . nilai HDL-C yang rendah merupakan factor resiko independen. Pada saat kolesterol total dalam rentang nilai normal peningkatan konsentrasi LDL-C menunjukan resiko tinggi. Pada kenyataannya. LDL-cholesterol (LDL-C) menyumbang pembentukan plak atherosklerotik di dalam intima arteri dan terkait erat dengan penyakit jantung koroner (PJK) dan berhubungan dengan mortalitas. Akhir-akhir ini. Alat dan Bahan A. Indikator kalorometrik yaitu quinoneimine terbentuk dari 4-aminoantipyrine dan phenol oleh hidrogen peroksida dengan katalis peroksidase (reaksi trinders). perubahan gaya hidup dan atau obat-obat yang berbada (khususnya HMG CoA reductase inhibitors [statins]) telah menunjukan bahwa rendahnya kadar koresterol total dan LDL-C mengurangi resiko PJK secara drastis. Metode Pemeriksaan Metode yag digunakan dalam pemeriksaan adalah ”CHOD-PAP” : enzymatic photometric test. maka perlu mengukur HDL-C dan LDL-C sebagai tambahan. (Asscalbiass) V. VII. VI.

Tabung reaksi 3 ml 7. Plakon 4. Diambil darah probandus sebanyak 3 cc dengan menggunakan spuit. Kuvet 13. kemudian diambil serumnya untuk sampel 2. Mikropipet (10 μl – 100 μl) 9. b. Blue tip 12. Sampel (serum) sebanyak 10 μl kemudian dicampur dengan reagen trigliserid sebanyak 1000 μl. Darah simasukkan ke dalam tabung eppendorf dan disentrifugasi dengan kecepatan 4000 rpm selama 10 menit. Yellow tip 11. 2.2. Sentrifugator 6. VIII. Rak tabung reaksi 8. Sampel (serum) Reagen trigliserid Cara Kerja Persiapan sampel a. Spektrofotometer B. . Torniquet 3. Bahan Praktikum : 1. Nikropipet (100 μl – 1000 μl) 10. Eppendorf 5. 1.

IX. Nilai Normal Nilai normal trigliserid : < 200 mg/dl BAB II HASIL DAN PEMBAHASAN . Campuran diinkubasi selama 15 menit dalam suhu ruangan (20-25˚ C).3. kemudian diukur pada spektrofotometer dengan panjang gelombang 546 nm.

Reaksi Triglierida LPL Gliserol + asam lemak Gliserol + ATP Gliserol 3-P + O2 GK Gliserol 3-P + ADP GPO dyhidroxyaceton phospate + H2O2 POD quinoneimine + HCl + 4H2O 2H2O2 + aminoantipyrine + chloro phenol . Hasil Pengamatan Identitas Probandus: Nama Umur Jenis kelamin : Amalia Anita H : 19 tahun : Perempuan II.I. Hasil Kadar tligiserid serum probandus: 110 mg/dl b. Hasil Pengamatan + inkubasi ( menit) inkubasi (20 menit) 1000 µl reagen Trigliserid 10µl serum diukur pada spektrofotometer λ 546 a.

Pembahasan Pada percobaan pemeriksaan kadar kolesterol darah dengan menggunakan reagen CHOD.III. santan. Trigliserida merupakan lemak utama di dalam tubuh yang sangat erat kaitannya dengan kolesterol. Trigliserida merupakan lemak darah yang secara khusus berada pada lapis kedua low-density lipoprotein atau LDL. yang dikenal sebagai kolesterol "jahat" karena perannya dalam memicu serangan jantung dan stroke. tapi obat itu seringkali tak mampu menurunkan trigliserida lemak darah yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi dan lemak dalam tubuh. Borge Noerdestgaard dari Copenhagen University Hospital . makanan manis. didapatkan hasil bahwa kadar kolesterol darah probandus adalah 110 mg/dl. Nilai tersebut masih dapat dikatakan normal mengingat kadar glukosa darah normal adalah < 200 mg/dl. Konsumsi alkohol. Obat penurun kolesterol yang dikenal sebagai 'statin' memang dapat mengurangi LDL. Trigliserida dan lemak lain biasanya diukur setelah orang berpuasa selama delapan sampai 12 jam. Trigliserida dibentuk di hati dari gliserol dan lemak yang berasal dari makanan dengan rangsangan insulin atau ada kelebihan kalori akibat asupan yang berlebihan. dan karbohidrat secara berlebihan akan meningkatkan kadar trigliserida. di mana keduanya mempunyai hubungan yang tidak dapat dipisahkan dalam proses metabolism. Trigliserida sendiri adalah faktor risiko independen penyakit jantung. Penelitian di Denmark yang dimuat Journal of the American Medical Association. yang merupakan penyebab utama kematian di AS.

. HDL ini akan menyerap kolesterol bebas dari pembuluh darah. Sementara orang dengan kadar trigliserida paling rendah. maka 3 bentuk lemak tersebut harus bercampur dengan zat pelarut untuk dapat beredar dalam darah. Perbedaan tersebut membuat terdapat beberapa jenis LP yaitu HDL. hal inilah yang membuat HDL dijuluki kolesterol baik. Lipoprotein (LP) berbeda dalam ukuran. kilomikron dan Lp(a). orang yang berusia 55 tahun atau lebih dengan kadar trigliserida tertinggi --di atas 443 ml/dl memiliki 17 persen risiko stroke dalam waktu 10 tahun. trigliserida dan fosfolipid. Dibentuk di usus dan hati. trigliserid. komposisi lemak dan komposisi Apo. kemudian membawanya ke hati. VLDL.menganalisis kadar trigliserida tanpa harus berpuasa untuk melihat seberapa baik mereka dapat meramalkan risiko stroke. Jadi harus dimengerti bahwa istilah HDL atau LDL dll itu adalah suatu bentuk gabungan kolesterol. densitas. memiliki resiko sebesar 3 persen untuk terserang stroke. fosfolipid dan protein HDL (high density lipoprotein) adalah bentuk LP yang memiliki komponen kolesterol paling sedikit. yaitu kolesterol. Di dalam darah hanya ada 3 jenis lemak dasar. Oleh karena sifat lemak yang tidak dapat larut dalam air (sedangkan darah kita terdiri dari air sebagai komponen utama). atau bagian tubuh lain seperti sel makrofag. Zat tersebut adalah suatu jenis protein yang disebut Apoprotein (disngkat Apo). 89 persen per deciliter. LDL. Jadi LP adalah kolesterol + trigliserida + fosfolipid + Apo. Misalnya. Senyawa lemak (gabungan dari 3 jenis lemak diatas) yang bergabung dengan Apo membentuk lipoprotein (LP). IDL.

sedangkan bila kadar VLDL dan LDL tinggi maka akan terjadi hal sebaliknya yang akan memperberat penyempitan pembuluh darah. Bila kadar kolesterol di pembuluh darah tinggi. . Pada keadaan yang berat dimana terjadi sumbatan total dari pembuluh darah maka akan terjadi kerusakan organ. misalkan bila pembuluh koroner yang tertutup. Bentuk LP ini memiliki komponen kolesterol paling banyak dan akan membawa kolesterol tersebut ke jaringan seperti dinding pembuluh darah. HDL akan membawa kolesterol bebas dari pembuluh darah ke hati sehingga diameter pembuluh akan melebar. Bentuk L-VLDL ini akan menjadi LDL yang sangat mudah teroksidasi dan merusak HDL yang pada akhirnya akan memperberat kandungan kolesterol pembuluh darah. hal ini akan membuat diameter pembuluh darah menjadi sempit. Apa artinya bila kadar TG tinggi?apakah berbahaya?. (analogikan dengan selang air yang dinding dalamnya tertutup oleh lumut. Tidak seperti kolesterol yang disimpan dalam jaringan hati atau dinding pembuluh darah.VLDL (very low density LP) adalah LP yang dibentuk di hati yang kemudian akan diubah di pembuluh darah menjadi LDL (low density LP). maka aliran air tidak akan lancar). atau bila pembuluh darah otak yang tertutup akan terjadi stroke. trigliserida (TG) adalah salah satu bentuk dari 3 lemak dasar manusia. Kadar TG yang tinggi akan merubah metabolisme VLDL menjadi suatu bentuk large VLDL. TG akan disimpan dalam sel lemak dibawah kulit (yang menjadikan six pack abs sangat sulit diperoleh). maka terjadi serangan jantung.

Peningkatan ini dapat dipengaruhi oleh diet. Keadaan ini menimbulkan berbagai predisposisi. Hipertirigliserid Hipertrigliserid primer disebabkan oleh peningkatan sintesis TG di hati atau (jarang) gangguan pemecahan kilomikron dan VLDL (hiperlipoproteinemia I).Trigliserida merupakan ester dari alkohol gliserol dengan asam lemak. Pada lemak alami. misalnya pankreatitis. Hampir seluruhnya merupakan asil gliserol campuran. selain itu HDL juga berkurang dan resiko aterosklerosis menjadi meningkat. Peningkatan kadar trigliserida ini dapat disebabkan bila kita mengkonsumsi kalori berlebihan. Trigliserida ditransport dalam limfe intestinal dan plasma pada pusat lipoprotein besar. Jadi dapat dikatakan trigliserida merupakan unsur lipid yang dominan pada kilomikron dan VLDL. IV. Endapan lemak (ateroma atau plak) terbentuk secara bertahap dan tersebar di . Kadar normal dari trigliserida adalah kurang dari (<) 165 mg/dl. VLDL merupakan 55% trigliserida. 2. Penyakit Jantung Koroner Penyakit Arteri Koroner / penyakit jantung koroner (Coronary Artery Disease) ditandai dengan adanya endapan lemak yang berkumpul di dalam sel yang melapisi dinding suatu arteri koroner dan menyumbat aliran darah. kilomikron merupakan 86% trigliserida. yaitu lebih besar daripada kebutuhan kita. Aplikasi Klinis 1. yang terjadi akibat defisiensi LPL atau ApoCII. proporsi molekul triasilgliserol yang mengandung residu asam lemak yang sama pada ketiga posisi ester sangatlah kecil.

yang mengelilingi jantung dan menyediakan darah bagi jantung. Malas berolah raga. Makanan mempengaruhi kadar kolesterol total dan karena itu makanan juga mempengaruhi resiko terjadinya penyakit arteri koroner.percabangan besar dari kedua arteri koroner utama. Resiko terjadinya penyakit arteri koroner meningkat pada peningkatan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Penyakit Stroke Stroke merupakan penyakit serebrovaskuler mengacu kepada setiap gangguan neurologik mendadak yang terjadi akibat pembatasan atau terhentinya aliran darah melalui suplai arteri otak. Jika terjadi peningkatan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL bisa memperlambat atau mencegah berkembangnya penyakit arteri koroner. Dan glukosa yang lainya akan diubah menjadi asam lemak dan gliserol . faktor-faktor yang meningkatkan resiko terjadinya penyakit arteri koroner adalah: a. Pada stroke kadar glukosa darah tinggi karena kelebihan glukosa dalm darah disimpan dalam bentuk glikogen cadangan energi. Diet kaya lemak b. maka resiko terjadinya penyakit arteri koroner akan menurun. 3. Merubah pola makan (dan bila perlu mengkonsumsi obat dari dokter) bisa menurunkan kadar kolesterol. Secara spesifik. Merokok c.

pembentukan trigliserid naik. 2006) . (IPD. Karena glukosa naik. terjadi sroke.untuk pembentukan trigliserida.

b.BAB III KESIMPULAN 1. Kadar trigliserid serum probandus pada percobaan adalah normal yaitu 110 mg/dl. low density cholesterol (LDL) dan trigliserida. Trigliserida merupakan lemak darah yang secara khusus berada pada lapis kedua low-density lipoprotein atau LDL. Kolesterol terdiri atas high density cholesterol (HDL). Hipertrigliserid Penyakit Jantung Koroner Stroke . sedangkan nilai normalnya < 200 mg/dl. c. Aplikasi klinis pada kelainan kadar trigliserida: a. 4. 3. 2.

Jakarta. Jilid 3. EGC.php?option=com_content&view=article&id=40:lemakkolesterol-dan-trigliserida&catid=11:main&Itemid=14 Anonym. Waspadai Ancaman Trigliserida. 2006. William F. http://cpddokter. Robert K. edisi 20. http://probescorian.Edisi IV. 2003. metabolisme dan nutrisi. Jakarta. Fakultas Kedokteran UI: 1926. Dalam:Ilmu Penyakit Dalam. Biokimia Harper.net/index.php? option=com_content&do_pdf=1&id=712 Available at: .com/home/index2. 292-6. Jakarta: EGC. 2003. Dislipidemia. Dalam: Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Murray.DAFTAR PUSTAKA Departemen Ilmu penyakit Dalam. 2008. Keseimbangan energi. Ganong.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful