You are on page 1of 8

Proposal Kerja Praktek PG WATU TULIS 2009

PROPOSAL KEGIATAN KERJA PRAKTEK Proses Produksi Gula PG Watu Tulis
PROGRAM STUDI D3 TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

SURABAYA

BAB I PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan salah satu faktor penunjang perkembangan perindustrian di Indonesia yang cukup pesat. Kondisi ini mengharuskan pembangunan di bidang pendidikan, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitasnya. Sehingga dapat mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkepribadian mandiri, berkualitas, dan memiliki kemampuan intelaktual yang baik. Konsep pengembangan IPTEK dibangun oleh dua pihak yang saling berkaitan, yakni praktisi di dunia industri dan akademisi di kalangan pendidikan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di kawasan timur Indonesia, berupaya menghasilkan output yang berkualitas sehingga dapat siap secara fisik maupun mental dalam menunjang pembangunan industri yang ada di Indonesia. Program Studi D3 Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, yang berada dalam naungan ITS memiliki sasaran dalam pengembangan dan penggunaan proses industri, unit operasi, dan perancangan alat. Untuk menunjang hal tersebut maka Jurusan D-3 Teknik Kimia FTI-ITS mewajibkan mahasiswanya untuk melaksanakan Kerja Praktek untuk member wawasan industri (khususnya dalam bidang keahlian) yang dipelajari di bangku kuliah. Kerja praktek suatu sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan teori-teori yang sudah didapatkan diperkuliahan ke aplikasi di lapangan. Agar nantinya dapat membentuk serta mengembangkan sikap profesionalisme setelah menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan. Disamping itu Kerja Praktek juga sebagai mata kuliah wajib yang harus ditempuh pada tahap Diploma pada Program Studi Diploma III Teknik Kimia ITS Surabaya. Berdasarkan hal tersebut, maka kami memilih PABRIK GULA WATU TULIS, sebagai tempat untuk Kerja Praktek karena terdapat berbagai proses yang berhubungan dengan disiplin ilmu keteknik-kimiaan. Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS

I. 3. dan dapat digunakan oleh pihak-pihak yang memerlukan. agar kondisi riil (nyata) yang terjadi selama proses produksi dapat diketahui.2 TUJUAN KERJA PRAKTEK Tujuan dan pelaksanaan Kerja Praktek di PABRIK GULA WATU TULIS. Krian.3 MANFAAT KERJA PRAKTEK 1.2. Jawa Timur ini adalah sebagai berikut : I. Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS .2. Bagi Perguruan Tinggi Sebagai tambahan referensi khususnya mengenai perkembangan industri di Indonesia maupun proses dan teknologi yang mutakhir. I. Meningkatkan 2. Bagi mahasiswa Mahasiswa dapat mengetahui secara lebih mendalam tentang kenyataan yang ada dalam dunia industri sehingga nantinya diharapkan mampu menerapkan ilmu yang telah didapat dalam bidang industri.1 Umum 1. Mengenal lebih lanjut tentang teknologi yang sesuai dengan bidang yang dipelajari di jurusan D3 Teknik Kimia FTI-ITS. 5. jelas dan terarah antara dunia perguruan tinggi dengan dunia kerja sebagai pengguna outputnya. Mengenal secara khusus bidang yang menjadi minat peserta yakni tentang manajemen proses dan produksi di PG WATU TULIS. Terciptanya suatu hubungan yang sinergis. kepedulian dan partisipasi dunia usaha dalam memberikan kontribusinya dalam sistem pendidikan nasional. Untuk memenuhi beban satuan kredit semester (SKS) yang harus ditempuh sebagai persyaratan akademis di jurusan D3 Teknik Kimia FTI-ITS.Proposal Kerja Praktek PG WATU TULIS 2009 I. 2.2 Khusus 1. 2. Menumbuhkan dan menciptakan pola berpikir konstruktif yang lebih berwawasan bagi mahasiswa. 3. Mahasiswa memahami dan mengetahui sistem kerja di dunia industri sekaligus mampu mengadakan pendekatan masalah secara utuh. 4. Membuka wawasan mahasiswa agar dapat mengetahui dan memahami aplikasi ilmunya di dunia industri pada umumnya dan mampu menyerap serta berasosiasi dengan dunia kerja secara utuh.

usaha.Proposal Kerja Praktek PG WATU TULIS 2009 I. Proses Industri Kimia Mempelajari dan menganalisis proses industri kimia dari bahan baku sampai barang setengah jadi atau barang jadi. Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS . kerja.4 MATERI YANG AKAN DIPELAJARI Kerja praktek ini lebih dititikberatkan pada pengamatan kondisi di lapangan yang berhubungan dengan bidang perancangan sistem kerja. yaitu: NAMA MATA KULIAH Pengantar Lingkungan Thermodinamika Teknik Kimia Industri Kimia KETERANGAN Ramah Mempelajari syarat-syarat pendirian industri yang ramah lingkungan Mempelajari sifat ideal gas. Materi kerja praktek didasarkan pada mata kuliah yang telah dan akan diperoleh selama masa perkuliahan di Jurusan D3 Teknik Kimia. panas. dalam suhu dan hukum di thermodinamika industri kimia. tekanan. energi. penggunaan Neraca Massa Mempelajari perhitungan massa yang digunakan dalam industri kimia mulai dari raw material hingga menjadi product.

Unit pengolahan air untuk industri c. Laboratorium : uji kualitas bahan baku dan produk.ITS dan pembimbing dari pabrik). Sejarah dan Manajemen Perusahaan. 4. 3. BAB II Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS . 6. Peralatan–peralatan utama yang digunakan dalam proses produksi.Proposal Kerja Praktek PG WATU TULIS 2009 Mengenai bidang yang diminati. Utilitas pendukung lainnya (pengadaan energi.cara kerja. dan teknologi instrumentasi dalam proses industri kimia. Pemeliharaan. pada dasarnya berkaitan dengan disiplin ilmu NAMA MATA KULIAH KETERANGAN Neraca Panas Mempelajari perhitungan panas yang digunakan dalam industri kimia mulai dari Utilitas raw material hingga menjadi product. yang didapat yaitu keteknik-kimiaan. Fakultas Teknologi Industri . Alat kontrol : performance dan cara kerja. pembimbing dari Jurusan D3 Teknik Kimia. Mempelajari kesatuan pokok pendukung dalam proses industri. 5. Secara spesifik materi yang akan kami pelajari antara lain : 1. dll) Perhitungan neraca massa dan neraca energi pada suatu alat (tergantung dosen 8. Misalnya air dan Instrumentasi dan pengendalian proses bahan bakar Mempelajari dasar – dasar. 7. bahan bakar. Sumber energi untuk pengolahan bahan baku b. Sistem utilitas : a. terutama dari bahaya korosi. Pengenalan Proses Produksi. Dalam kerja praktek ini kami tertarik untuk mempelajari usaha untuk memproduksi gula. listrik. Unit pengolahan limbah yang digunakan d. 2.

3. FAISAL RAKHMATULLAH NRP : 2308 030 063 Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS . Pengenalan proses secara umum.Prambon KRIAN Jawa Timur II.3 WAKTU PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK Apabila dari pihak pabrik tidak keberatan.2 TEMPAT PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK Kerja praktek ini akan dilaksanakan di : Tempat Alamat : PG WATU TULIS. dan studi Pelaksanaan tugas-tugas yang diberikan perusahaan selama Kerja Praktek Penulisan laporan.5 PESERTA KERJA PRAKTEK Peserta kerja praktek adalah mahasiswa Jurusan D3 Teknik Kimia. Fakultas Teknologi Industri-Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Pengumpulan data. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan Pabrik Gula Watu tulis II. Raya Watutulis Km 3.4 PENYELENGGARA Kerja praktek dilaksanakan atas kerja sama antara Jurusan D3 Teknik Kimia . literatur. 4. Fakultas Teknologi Industri. yang meliputi observasi/pengamatan di lapangan. SEI IRAWAN NRP : 2308 030 067 2. 2. yang mencakup aktivitas (sesuai dengan materi yang dipelajari) antara lain: 1. II. Krian-Jawa Timur :Jl.1 BENTUK KEGIATAN Kerja praktek merupakan suatu kegiatan studi lapangan dalam bidang industri. II. 1.Proposal Kerja Praktek PG WATU TULIS 2009 PELAKSANAAN II. kami mengharapkan kerja praktek ini dapat terlaksana antara bulan Juni – September 2010 (Bertepatan dengan libur semester genap).

Perusahaan tempat dilaksanakannya kerja praktek berhak menerima laporan resmi dari mahasiswa peserta kerja praktek.Jawa Timur. Penyusunan laporan sementara yang dilakukan pada minggu terakhir kegiatan kerja praktek dilaksanakan. BAB III PENUTUP Demikian proposal kerja praktek di Pabrik Gula Watu tulis. Penilaian dari pembimbing lapangan akan diserahkan pada dosen pembimbing kerja praktek di Jurusan D3 Teknik Kimia-ITS Surabaya. Selanjutnya laporan sementara ini dimintakan persetujuan kepada pembimbing kerja praktek yang bersangkutan. Krian . Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS . Laporan sementara ini selanjutnya dijadikan dasar untuk pembuatan laporan resminya. Dalam memberikan persetujuan terhadap laporan sementara ini maka pembimbing lapangan memberikan penilaian terhadap pelaksanaan kerja praktek yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Penilaian kedua diberikan berdasarkan hasil penyusunan laporan resmi yang dibuat oleh mahasiswa paling lama 1 bulan dari waktu selesai dilaksanakannya kerja praktek. 3. 4.6 PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK 1.Proposal Kerja Praktek PG WATU TULIS 2009 II. Penilaian ketiga diberikan berdasarkan hasil presentasi laporan resmi kerja praktek. 2.

Budi Setiawan. Agung Subyakto.Proposal Kerja Praktek PG WATU TULIS 2009 Besar harapan kami agar proposal kerja praktek ini dapat diterima dan terlaksana sesuai dengan rencana. NIP. Atas bantuan dan kerjasama serta perhatiannya kami ucapkan terima kasih Surabaya. 19540220 198701 1 001 Ir. MS. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan petunjukNya kepada kita semua. MT NIP. 19580312 198601 1 001 Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS . 29 Desember 2009 Pemohon I Pemohon II Sei Irawan NRP : 2308 030 067 Faisal Rakhmatullah NRP : 2308 030 063 Mengetahui : Ketua Program Studi D-3 Teknik Kimia FTI-ITS Koordinator Kerja Praktek D-3 Teknik Kimia FTI-ITS Ir.

Proposal Kerja Praktek PG WATU TULIS 2009 Lampiran : BIODATA MAHASISWA 1. Telepon Agama Riwayat Pendidikan ♦ ♦ ♦ ♦ : Sei Irawan : Jl Menanggal 2/37 Surabaya : 085730879501 : Islam : .Tahun 1996 . Taruna II Blok GG/5.Tahun 2008 - Tempat & Tanggal Lahir: Surabaya.Tahun 2002 .Tahun 2005 .2002 .Tahun 2002 .2008 . Nama Lengkap Alamat Asal No. Taman. 03 Desember 1988 MI Ar-Rohman Bangah SMP Negeri 1 Taman SMA Negeri 1 Gedangan Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS Surabaya Sekarang Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS .2005 . Sidoarjo : 085732232999 : Islam : . Telepon Agama Riwayat Pendidikan ♦ ♦ ♦ ♦ : Faizal Rakhmatullah : Jl. Wage. Nama Lengkap Alamat Asal No.Tahun 1996 .2005 .2008 .Tahun 2008 - Tempat & Tanggal Lahir: Surabaya. 19 Maret 1989 SDN Dukuh Menanggal IV Surabaya SMP Negeri 22 Surabaya SMA Khadijah Surabaya Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS Surabaya Sekarang 2.2002 .Tahun 2005 .