You are on page 1of 9

Prinsip Rekam Magnetik

Perekaman magnetik lahir ke dunia perekaman pada tahun 1898, ketika rekaman telegraphone kawat-mesin diciptakan oleh penemu Denmark Valdemar Poulsen. Sayangnya, mesin ini adalah miskin dalam kualitas karena tidak mengandung penguat yang tepat dan kawat, magnet rekaman jadi tertunda selama beberapa dekade melibatkan Present-hari. rekaman menggunakan pita daripada kawat. Sebuah tape recorder terdiri dari beberapa motor yang mentransfer rekaman itu dari satu gulungan yang lain. Lain. Mo tor menyelenggarakan fungsi cepat -maju dan mundur, dan memberikan torsi untuk mengambil -up reel selama pemutaran mesin Kebanyakan memiliki tiga kepala, satu untuk pemutaran , satu untuk penghapusan, dan satu untuk merekam. Rekaman itu sendiri biasanya terbuat dari bahan plastik - selulosa asetat atau poliester - dan umumnya 1 / 4 ³lebar untuk digunakan di rumah. Hal ini dilapisi di satu sisi dengan begitu banyak partikel oksida besi yang satu inci dari tape berisi hampir satu triliun partikel berbeda! gulun gan berukuran Beberapa tersedia, serta peluru dan kaset, yang memerlukan mesin -mesin khusus untuk mengoperasikannya. Perekaman magnetik lebih unggul untuk merekam disk karena itu dengan mudah dapat diedit. Tape dapat dipotong dan disambung dengan mudah.. S elain itu, rekaman dapat digunakan kembali tanpa batas dengan menghapus dan kembali rekaman Sayangnya, rekaman tape tidak bisa diproduksi secara massal murah seperti catatan dapat Disc. mudah dapat ditekan dengan cara mekanis, tetapi banyak kaki rekaman yang terdiri dari sebuah kumparan harus dicatat secara manual.
y

Cara Kerja Alat Perekam

Untuk merekam kaset, langkah pertama adalah penghapusan rekaman sudah ada sebelumnya.. Untuk mencapai hal ini, bias osilator menghasilkan arus yang digunakan untuk memberi makan menghapus kepala ini menghapus setiap magnet yang mungkin sudah hadir dalam rekaman. Langkah berikutnya tergantung pada apakah mesin adalah perekam stereo atau mono.. Mono Sebuah perekam akan mencatat dengan dua lagu, satu untuk setiap sisi dari tape recorder stereo A menggunakan empat lagu, satu untuk setiap saluran di setiap sisi. Pencatatan dan kepala pemutaran ditempatkan sedemikian rupa sehingga satu sisi menggunakan trek pertama dan ketiga, sedangkan dua sisi dan keempat menggunakan trek kedua (lihat ilustrasi di bawah). Dengan cara ini, ketika rekaman itu diserahkan kepada pihak lain, sebaliknya dua trek yang digunakan untuk merekam dan playback.

Macam-macam Tape (pita) Komputer : . yang kemudian diubah menjadi listrik saat ini dan diperkuat sebagai disc dengan rekaman sinyal tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sebuah elektromagnet yang disebut kepala rekaman. Playback justru sebaliknya. Memvariasikan arus listrik yang menghasilkan berbagai derajat dan pola-pola magnet dalam rekaman itu. Cassette Tape (Pita Kaset) dibagi menjadi 3 bagian : 1. Suara atau musik dimasukkan ke dalam mikrofon.Proses rekaman relatif sederhana. Kaset Komputer (Binary Cassette) Berfungsi untuk menyimpan data komputer dengan sistem binary digit. karena melewati pemutaran kepala. listrik menginduksi arus di elektromagnet sinyal ini kemudian diperkuat dan direproduksi melalui speaker. Lihat ilustrasi di bawah untuk penjelasan dari proses.. Rekaman itu. magnetisme. Alat Pemutar dan Penyimpan data berupa perangkat komputer. [Sumber : "Here"] Jenis-jenis Kaset dan Kegunaannya Secara Garis Besar. Adalah penting untuk menyadari bahwa menempatkan sebuah magnet dekat dengan tape akan menyebabkan penghapusan.

tidak menggunakan sebuah penggulung. Catridge Tape atau disebut streaming tape. Hal ini digunakan terutama di dikte mesin dan juga digunakan sebagai penyimpanan data untuk P2000 Philips komputer rumah. Sebuah kaset format yang sama (tapi tidak kompatibel) sangat ini diproduksi oleh Hewlett Packard dan Verbatim (yang HP82176A Mini Data Kaset) untuk penyimpanan data pada tape drive HP82161A mereka. untuk merekam lagu. Banyak digunakan di komputer mikro. Sebuah versi lebih kecil dari Mini-Kaset itu kemudian diperkenalkan yang dapat digunakan dalam pemutar standar menggunakan adaptor. sering minicassette tertulis. Mini-Kaset. yang biasanya terdapat hard disk dan disk drive di dalamnya. Banyak digunakan untuk komputer mini. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder. Dirancang untuk menyimpan hasil backup suatu file di disk. sama seperti mini-Kaset. Teknik untuk mewakili bilangan binari di cassette tape adalah FSK (Frequency Shift Keying). adalah sebuah format kaset diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1962. b. namun ini tidak menjadi meluas. Cassette Tape.a. c. Macam-macam Kaset Audio : . Alat untuk membaca dan merekam data di cartridge tape adalah cartridge tape unit. 2. Kaset Audio (Audio Cassette) Berfungsi untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying.

DVCAM serta HDV . hanya lebih besar-sekitar dua kali ukuran. b. Elcaset adalah singkat audio format yang dibuat oleh Sony pada tahun 1976. d. Macam-macam Kaset Video : a. c. RCA Victor pita cartridge adalah format pita magnetik yang dirancang untuk menawarkan stereo seperempat inci -to-reel tape reel dalam format yang lebih nyaman untuk kebutuhan rumahan. juga dikenal sebagai MiniDV atau ukuran kaset S. melalui adaptor.a. cassette ukuran L bisa digunakan pada kedua Sony . tetapi telah menjadi diterima di produksi profesional juga. pada saat yang sama dengan stereoponis piringan hitam .5 inch. b. setelah empat tahun pembangunan. Alat Pemutar dan Perekam Video/gambar bergerak berupa Video Cassette Recorder. Kaset mini. ukuran kaset M digunakan dalam peralatan Panasonic profesional dan sering disebut kaset DVCPRO. Casstte tape juga dapat diputar dan direkam melalui tape recorder. Selain digunakan dari Komputer. juga dikenal dengan merek dagang ³Cassingle´ atau dikapitalisasi sebagai merek dagang ³Kaset Single´) adalah sebuah musik tunggal dalam bentuk Kaset Compact . MiniDV kaset digunakan untuk merekam awal DV. Kaset itu sendiri tampak sangat mirip dengan kaset standar. Cassette Tape. Kaset tunggal (CS. membangun ide diperkenalkan 20 tahun sebelumnya di cartridge tape RCA . Kaset Audio Video (Audio Video Cassette) Berfungsi untuk Menyimpan video/gambar bergerak dengan format DCC (Digital Compact Cassette) yang dikembangkan dari format Audio Binary Digit. 3. mereka juga akan memainkan kaset kecil berisi DV atau perekaman DVCAM. Ukuran kaset-L diterima oleh sebagian besar DV tape recorder standalone dan digunakan dalam banyak bahu-mount camcorder. telah dirancang untuk digunakan amatir. perekam video kaset Panasonic yang menerima media dapat memainkan kembali dari dan merekam ke kaset menengah di berbagai rasa format DVCPRO. c.Itu diperkenalkan pada tahun 1958. Memiliki ukuran panjang 4 inch dengan lebar 2.

[Sumber: "Here"] Prinsip Kerja Compact Cassette Recorder (Tape Recorder) Compact Cassette Recorder atau kadang disebut sebagai tape recorder adalah alat yang digunakan untuk merekam dan memainkan ulang audio yang tertanam pada pita magnetik. Selama merekam. Blok oscilator bias frekuensi tinggi menghasilkan tegangan frekuensi tinggi untuk pragmentasi pita supaya proses merekam terhindar dari cacat.Sony deck lama tidak akan bisa memutar kaset besar dengan rekaman DVCPRO. tetapi model baru bisa. Dari celah udara kepala rekam keluar medan magnetis dengan seirama dengan sinyal dari mikrofon. Sebelum terjadi proses pada point 2 dan 3. pita bergerak beraturan melalui muka celah udara kepala rekam. bagaimanapun. Pita rekam telah dilewatkan dari head hapus dimana menghasilkan frekuensi tinggi yaitu sekitar lebih dari 1 KHz. Sinyal ini diperkuat oleh penguat . Pada pita rekam terjadilah bidang-bidang rekam (zone) magnetis karena adanya induksi dari kepala rekam. Dengan melewati pita rekam ini. maka o zone-zone magnetis leh diimbaskan tegangan imbas pada kepala reproduksi. tape recorder masih digunakan dalam hal-hal tertentu yang bersifat Resmi. seluruh fluks magnetis yang tertanam pada pita rekam telah dihapus. Berikut akan kami bahas tentang Blok Diagram Compact Cassette Recorder secara sederhana dengan disertai prinsip kerjanya. Pita yang telah mengandung rekaman magnetis apabila bergerak beraturan dengan kecepatan yang sama pada waktu merekam. y y y y y Sinyal dari Microfon diperkuat oleh penguat perekam.dan peralatan Panasonic. Meskipun saat ini Tape Recorder sudah mulai menghilang dari pasaran namun. mereka sering disebut kaset DVCAM.

y Reproduksi dan oleh Loudspeaker diubah menjadi getaran mekanik. Tanda seru di dalam segitiga di maksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya intruksi penting pengoperasian & perawatan penting dalam literature yang menyertai produk. Blok Oscilator Hapus berfungsi sebagai Oscilator pembangkit frekuensi tinggi guna menghapus pita dari rekaman yang terdahulu. sinyal audio tersebut dapat dimainkan kembali sehinggan terdengar pada loud speaker. seperti tape compo. Dalam pengoperasiannya terdapat bagian sumber seperti microphone. peralatan musik . perhatikan sumber daya yang akan digunakan ( listrik atau baterai ) Membersihkan pesawat cukup dengan kain kering atau diberi sedikit air. Atur knob atau tombol ³ Function ³ pada posisi ³Tape´ 2. Tanda seru di dalam segitiga di maksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya intruksi penting pengoperasian & perawatan penting dalam literature yang menyertai produk. atau radio AM atau FM. dimana difungsikan untuk menyimpan sinyal audio dalam kaset. Perhatian 1. Buka tempat kaset dengan menenak tombol ³ Stop/Eject ³ . 2. Simbol petir di dalam segitiga dimaksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya tegangan tinggi di dalam yang tidak terisolasi. dan walkman. bensin. [Sumber : "Here"] Mengoperasikan Compact Cassette Recorder Pesawat cassette recorder difungsikan untuk mereproduksi ulang informasi suara yang ada didalam pita kaset menjadi suara. Salah satu fungsi dari pesawat casette recorder adalah perekaman. Selain itu juga berfungsi untuk merekam informasi suara ke dalam pita Pesawat Cassette Recorder sering terlihat sudah terintegrasi dengan peralata Audio lain. tape deck. alcohol. sehingga suatu saat bila diperlukan. Kecermatan memahami langkah atau prosedur pengoperasian peralatan Audio Untuk dapat mengoperasikan peralatan Audio yang benar agar tidak terjadi kesalahan maka sebaiknya memahami hal-hal dibawah ini : 1. 2. Inilah yang disebut keadaan ³Main Ulang´. dll. Pengoperasian Pada Pesawat Cassette Recorder yaitu : 1. Hubungi service terdekat jika pesawat mengalami kerusakan. Perawatan y y y y y Pilih tempat yang bebas debu & bebas goncangan Letakan pesawat pada posisi * Pada waktu melakukan instalasi pesawat harus dalam keadaan mati ( off ) Sebelum mengoperasikan pesawat. Simbol petir di dalam segitiga dimaksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya tegangan tinggi di dalam yang tidak terisolasi. jangan menggunakan bahan kimia seperti spirtus.

[Sumber : "Here"] Merawat Compact Cassette Recorder Pertama. 10. 12. 14. Nyalakan Tape Recorder dengan menekan tombol power yang ada pada Tape Recorder. Matikan pesawat Tape Recorder dengan menekan tombol ³power´ 18. 16. Masukkan kaset ke tempat kaset sesuai dengan sisi kaset yang akan dimainkan. Keluarkan kaset jika setelah digunakan dengan menekan tombol ³Eject´. 4. Pastikan kaset tersimpan dalam kotaknya dalam kondisi habis (pita putih) untuk menghindari perubahan kualitas suara kaset . 17. Tekan tombol ³Play´ untuk memutar/memainkan kembali Audio yang telah direkam. 13. Lepas konektor Mic dengan Jack Mic yang berada pada Tape Recorder. 9. Tekan tombol ³Play + Rec´ untuk memulai proses perekaman audio. Atur volume & graphic equalizer sesuai dengan selera anda. Tekan tombol ³ Play ³ untuk memainkannya. 7. Masukkan Kaset Audio ke dalam tempat kaset Tape Recorder. Persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan. Hubungkan steker Tape Recorder ke sumber tegangan 220 VAC. 15. 4. [Sumber : "Here"] Menginstall Compact Cassette Recorder 1. Lepas steker Tape Recorder dari tegangan sumber 220 VAC. 20. Hubungkan Microphone pada sambungan Mic (Jack Mic) yang tersedia pada Tape Recorder. Tekan tombol ³Rewind´ hingga kaset kembali ke letak awalnya. Rangkaikan alat seperti pada Gambar Kerja 1. 6. Kembalikan semua pesawat dan alat yang digunakan ke semua tempat semula. 8. Tekan tombol ³Stop´ jika perekaman telah selesai atau untuk memberhentikan proses perekaman. Ambil Kaset dan tutup kembali tempat kaset yang terbuka. Tekan tombol ³Eject´ untuk membuka tempat kaset Tape Recorder. 2. Persiapkan suara untuk memulai perekaman melalui Tape Recorder. jangan pernah menyimpan kaset dalam kondisi setengah habis (masih terdapat pita hitam). Tekan tombol ³Stop´ untuk memberhentikan proses pemutaran kaset. 5.1. 11. Tutup tempat kaset yang telah berisi kaset tersebut. 5. 19. 3.3.

kemudian ikuti langkah-langkah pemecahan masalah di bawah ini « 1. b) Gunakan kaset pembersih dalam tape. Head tape adalah medan magnet yang bisa membuat koleksi kaset mengalami perubahan suara naik turun. 2. Silahkan langsung beralih ke pos yang mengacu pada masalah pemutar rekaman Anda mengalami. c) Kaset yang Anda gunakan mungkin telah direkam dalam recorder dengan baterai rendah atau masalah lain. POOR SOUND QUALITY (Kualitas Audio Rendah) a) Cobalah mengganti baterai pemain tape atau menghubungkannya ke sumber listrik AC.Kedua. keringkan kaset di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung sampai kaset benar-benar kering. biasanya nular ke koleksi lain Jika koleksi kaset sudah terlanjur terkena jamur. Pemakaian silica gel dipercaya ampuh mencegah kaset-kaset terkena jamur. Rendam kaset ke dalam ember berisi air selama 1-2 hari. jika belum menggunakan satu. ada beberapa langkah pemecahan masalah yang dapat Anda coba sebelum membeli pengganti atau membayar untuk diperbaiki. [Sumber : "Here"] Memperbaiki Compact Cassette Recorder Jika kaset player atau recorder tidak bekerja dengan baik. Berikan silica gel di tempat menyimpan koleksi kaset. Setelah didengarkan. Ketiga. siapkan rak khusus koleksi kaset dengan sirkulasi udara yang baik. Setelah itu. Berikan rongga antar kaset. TAPE TIDAK DAPAT BERPUTAR . coba tips dengan tape yang berbeda. sehingga meminimalisir koleksi dari resiko terkena jamur. [Kalo udah dempetdempet dan salah satu koleksi kena jamur. Beberapa pembersih sedikit lebih mahal termasuk fitur de-magnet yang menghilangkan daya tarik yang tidak diinginkan dari mekanisme. keluarkan segera kaset dan simpan pada kotaknya. kebiasaan menyimpan kaset di dalam tape bukanlah hal yang baik.

mencari mic.com/ http://faisalbrong. e) Pertimbangkan untuk mengganti adaptor listrik / supply. ³DC´ untuk baterai atau pemantik daya rokok). b) Jika Anda menggunakan mikrofon. coba tips dengan menggunakan speaker eksternal atau headphone yang berbeda. tidak dapat direkam kecuali anda melepas tabs kaset di atas lubang.a) Pastikan ³PAUSE´ dan ³MUTE´ tombol tidak ditekan dalam.blogdetik. ada kemungkinan sedikit itu bisa gagal. tetapi tidak ada suara. b) Pemutar kaset Banyak memiliki ³AC-DC´ mengaktifkan bagian depan atau samping.com/17/ . menghentikan pemutar kaset sesegera mungkin dan lepaskan pita dengan hatihati. jika memiliki satu dan sama sekali tidak ada tanggapan dari pemain (tidak ada lampu indikator. jika ada. Coba menggunakan mikrofon yang berbeda. Konfirmasikan bahwa setiap kabel listrik atau pengeras suara terpasang dengan benar. kaset gerakan. volume control pada perekam kaset. b) Coba gunakan tape yang berbeda. jika demikian. memastikan dalam posisi yang tepat (´AC´ untuk kabel listrik. cobalah menekan ringan di pintu kaset sedangkan tombol ³PLAY´ ditekan. 4. d) Jika Anda dapat melihat kaset bergerak. berusaha untuk tidak kerusakan bagian dalam PLAYER. radio.blogdetik.com/2010/12/18/compact-cassette-recorder/ http://rizkifahmi. DAPAT DIMAINKAN TETAPI TIDAK DAPAT MEREKAM a) Periksa untuk melihat apakah plastik kaset kita tulis-perlindungan tab (s) telah dihapus. Jika ini tidak berhasil. jika rekaman itu sudah sangat tua. dll) 3. Daftar pustaka http://sekiguchi. PITA MENYANGKUT PADA BAGIAN TAPE RECORDER a) Pertama.blogspot. Mungkin ditolak terlalu rendah. Saya telah menemukan bahwa beberapa unit tape yang dinyatakan bekerja dengan baik akan ingin menyangkutkan pita sebuah kaset tertentu. c) Keluarkan dan masukkan kembali kaset.