You are on page 1of 9

Pecahan Parsial

Tidak semua fungsi akan merupakan fungsi parsial. Fungsi yang tidak bisa diselesaikan dengan tabel pasangan Laplace, maka perlu dilakukan pemecahan fungsi sehingga menjadi fungsi-fungsi parsial yang dapat dengan mudah diselesaikan dengan tabel pasangan tranformasi Laplace.

-

Jika X(s) berbentuk pecahan parsial yang pembilang dan penyebutnya berbentuk polinomial

y y

Derajat P(s) < derajat Q(s) Akar-akar Q(s) berbeda, tidak ada yang sama

Ž‹

x(t) menjadi

y Jika pi = pk*,maka penyelesaian dapat diselesaikan secara khusus yang menghasilkan x(t) merupakan fungsi Cosinus dan Sinus y Q(s) mempunyai akar rangkap

Ž‹ Ž‹

Membuat polinom penyebut menjadi faktor-faktor dan kemudian menguraikannya .Tabel Pasangan Transformasi Laplace                        Langkah penyelesaian: 1.

maka kita tidak bisa menghitung K nya. maka persamaan ke-1 harus diferensialisasikan terhadap s   Contoh 3: Tentukan fungsi berikut ini menjadi persamaan parsial! .2. Karena akar-akarnya riil. Untuk menghitung K2 maka ikuti pola seperti langkah pada nomor 2    Contoh 2 : Tentukan fungsi berikut ini menjadi pecahan parsial         ! Hasil bagi polinom dengan akar-akar kembar pada penyebut Bila dilakukan dengan cara yang sama. kalikan persamaan dengan •     •   3. karena itu untuk menghitung K.

Untuk menghitung K2 maka ikuti pola seperti langkah pada nomor 2 •     •   .Kalikan persamaan di atas dengan . maka akan diperoleh:   Latihan soal: No. Membuat polinom penyebut menjadi faktor-faktor dan kemudian menguraikannya !Hasil bagi polinom dengan akar- 2. maka akan diperoleh:   Kalikan persamaan di atas dengan . kalikan persamaan dengan •     •    3.1 Tentukan fungsi berikut ini menjadi pecahan parsial akar kembar pada penyebut ? Jawab: 1. Karena akar-akarnya riil. maka akan diperoleh:    Kalikan persamaan di atas dengan .

maka persamaan ke-1 harus diferensialisasikan terhadap s   No. maka akan diperoleh:   . maka akan diperoleh:   Kalikan persamaan di atas dengan . No. maka kita tidak bisa menghitung K nya. maka akan diperoleh:    Kalikan persamaan di atas dengan .2 Tentukan fungsi berikut ini menjadi pecahan parsial kembar pada penyebut ? Jawab:          !Hasil bagi polinom dengan akar-akar Bila dilakukan dengan cara yang sama. karena itu untuk menghitung K.3 Tentukan fungsi berikut ini Jawab: menjadi persamaan parsial ? Kalikan persamaan di atas dengan .

Karena akar-akarnya riil. Membuat polinom penyebut menjadi faktor-faktor dan kemudian menguraikannya !Hasil bagi polinom dengan akar- 2.4 Tentukan fungsi berikut ini menjadi pecahan parsial akar kembar pada penyebut ? Jawab: 1.No. kalikan persamaan dengan •     •    3. Untuk menghitung K2 maka ikuti pola seperti langkah pada nomor 2 •     •    .

5 Tentukan fungsi berikut ini menjadi pecahan parsial kembar pada penyebut ? Jawab:          !Hasil bagi polinom dengan akar-akar Bila dilakukan dengan cara yang sama. maka kita tidak bisa menghitung K nya. karena itu untuk menghitung K.No. maka persamaan ke-1 harus diferensialisasikan terhadap s   .

 '26(13(0%.1*'UV)$5.03G00      TUGAS KE .0%.11 Kelompok 16 Disusun oleh : FERI FEBRIANTO IHKWAN PRATIKNO M RAHMA HANY S TRI ABA I 5115092510 5115092499 5115092486 5115090160 PEND.(':$'-'. TEKNIK ELEKTRO (S1 REGULER) TEKNIK ELEKTRO .

FAKULTAS T KNIK UNIV SITAS NEGERI JAKARTA 2010 .