Reaksi Golongan IA (Alkali

)
Disusun oleh : Latifa Dinna Prayudipta XII IPA 1

Reaksi dengan Air Reaksi antara logam alkali dan air adalah sebagai berikut: 2L(s) + 2H2O(l) 2LOH(aq) + H2(g) (L = logam alkali) .

Na dan K bereaksi dengan keras dan cepat.  Reaksi antara logam alkali dengan air merupakan reaksi yang eksotermis.    Li bereaksi dengan tenang dan sangat lambat. dengan demikian basa paling kuat yaitu dihasilkan oleh Cs. .Reaksi dengan Air  Produk gas hidrogen dan logam hidroksida (basa kuat)  Makin kuat sifat logamnya basa yang dihasilkan makin kuat pula. Rb dan Cs bereaksi dengan keras dan dapat menimbulkan ledakan.

Rb. Cs .bereaksi) L(s) + O2(g) LO2(s) Cenderung pada oksigen berlebih  Nitrogen (Li bereaksi) 6Li + N2 2Li3N .Reaksi dengan Udara  Oksigen  Oksida 4L(s) + O2(g)  2L2O(s) Peroksida (Na bereaksi) 2Na(s) + O2(g) Na2O2(s)  Superoksida (K.

.Reaksi dengan Hidrogen Reaksi antara logam alkali dan hidrogen adalah sebagai berikut: 2L(s) + H2(g) 2LH(s) (L = logam alkali. H = hidrogen) Dengan pemanasan logam alkali dapat bereaksi dengan hidrogen membentuk senyawa hidrida. Senyawa hidrida yaitu senyawa logam alkali yang atom hidrogen memiliki bilangan oksidasi -1.

X = halogen) .Reaksi dengan Halogen Reaksi antara logam alkali dan unsur-unsur halogen adalah sebagai berikut: 2L + X2 2LX (L = logam alkali.

kereaktifan semakin meningkat. .Reaksi dengan Halogen Produk Garam Halida Semakin ke bawah golongan. Oleh sebab itu reaksi yang terjadi antara logam alkali dengan halogen merupakan reaksi yang kuat. Unsur-unsur halogen merupakan suatu oksidator sedangkan logam alkali merupakan reduktor kuat.

a. Senyawa logam alkali yang atom hidrogen memiliki bilangan oksidasi -1 disebut « Garam halida Senyawa hidrida Oksida logam Amoniak Minyak Jawab : b. d.Contoh Soal 1. Biloks senyawa hidrida = -1 . b. e. senyawa hidrida Senyawa hidrida merupakan senyawa yang dibentuk melalui reaksi logam alkali dengan hidrogen. c.

Rb d. Jawab : d. Li b.yang terbentuk akan semakin tinggi. Cs e. Unsur golongan IA yang menghasilkan basa terkuat adalah« a.akan semakin mudah (berhubungan dengan energi ionisasi) sehingga konsentrasi OH. Na c.Contoh Soal 2. Cs . Maka Cs yang paling membentuk basa kuat. H Dari Li ke Cs pelepasan OH.

Na d. K e. Hal ini disebabkan ukuran kedua atom yang tidak berbeda jauh dan struktur yang dihasilkanpun sangat kompak dengan energi kisi yang besar. 6X + N2 2X3N Unsur golongan IA yang dapat melengkapi (X) reaksi alkali dengan udara di atas adalah «.Contoh Soal 3. Li c. a. H b. Li Litium merupakan satu-satunya unsur alkali yang bereaksi dengan nitrogenmembentuk Li3N. Jawab . Rb : b.

K d. unsur-unsur golongan IA semakin reaktif terhadap air. Cs Jawab : e. Li b.Contoh Soal 4. Unsur golongan IA yang cenderung bisa memecahkan wadah ketika bereaksi dengan air adalah «. Kereaktifan logam alkali sesuai kenaikan nomor atomnya. Cs Karena semakin ke bawah. . Na c. a. Rb e.

Contoh Soal 5. Fr e. H b. Unsur golongan IA yang cenderung akan selalu membentuk oksida logam adalah « a. Li Ion lithium walaupun hanya memiliki satu muatan dan cukup kecil namun memiliki kepadatan muatan yang tinggi sehingga setiap ion peroksida di dekatnya akan terurai menjadi sebuah oksida dan oksigen. Rb c. Li Jawab : e. . Cs d.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful