You are on page 1of 10

§   Y         .

 Y         .

     Y Y    Y   Y   Y              Y .

   Y  .

  Y   Y Y .

 Y     Y Y .

.Karena muatan DNA negatif sedangkan muatan membran positif maka fragmen DNA akan menempel (blot) pada membran. Blot Southern merupakan sebuah metode yang sering digunakan dalam bidang biologi molekuler untuk menguji keberadaan dari suatu sekuen DNA dalam suatu sampel DNA . Membran yang digunakan pada proses blot southern adalah membran nitroselulosa.

   Y  Y    .

      Y Y         Y  .

  Y Y .

           @   .

.

      Y   Y   Y   Y          Y   Y   Y             Y Y  Y    Y               Y Y.

 Y         YY Y    Y   .

  Y    Y   .

  Y   Y Y Y               .  Y Y Y             .

    .

 .

dan memurnikan fragmen DNA. Pergerakan ini dapat dijelaskan dengan gaya Lorentz. elektroforesis digunakan untuk memisahkan. . Kecepatan gerak molekul tersebut tergantung pada nisbah muatan terhadap massanya serta tergantung pula pada bentuk molekulnya. . yang terkait dengan sifat-sifat dasar elektris bahan yang diamati dan kondisi elektris lingkungan: Secara umum. mengidentifikasi.

..

DNA dipisahkan terlebih dahulu dengan elektroforesis. diperlukan suatu pelacak (probe). Blot Southern mendeteksi DNA rantai tunggal dengan menggunakan DNA sebagai pelacak. . Probe yang dilabel akan hibridisasi pada pita-pita DNA untuk mengetahui apakah DNA tersebut mengandung gen yang diinginkan. ˜ntuk mengidentifikasi ataupun melacak suatu fragmen DNA spesifik. .

       ! Y    # Y                  .

 Y ".

 Y     .

              .                   Y      Y             Y Y    .

. kemudian dideteksi dengan visualisasi pada film X-ray melalui autoradiografi. membran diletakkan pada bagian bawah gel. Probe membran sehingga yang tinggal diinkubasi dengan membran agar hanya probe yang hibrid dengan dapat berhibridisasi dengan DNA DNA di membran. Tekanan diberikan Proses transfer berlangsung dengan secara merata pada gel untuk memanfaatkan daya kapilaritas memastikan terjadi kontak antara setalah DNA ditransfer ke gel gel dengan membran membran dicampur dengan probe membran nitroselulosa dipanaskan (pelacak) yang telah dengan suhu tinggi (60oC-100oC) dilabel radioaktif tetapi dapat juga kemudian membran diberi radiasi digunakan label nonradioaktif ˜ agar terbentuk ikatan kovalen yang dapat berpendar dan permanen antara pita-pita DNA dengan membran Probe yang digunakan adalah DNA Setelah proses hibridisasi. probe . utas tunggal yang memiliki sekuen yang tidak terikat dicuci dari yang akan dideteksi. Pola hibridisasi yang ada pada membran.