You are on page 1of 5

Infrastruktur

Keberadaan sarana dan prasarana yang memadai merupakan salah satu syarat yang sangat
penting, agar roda kegiatan perkotaan pada suatu wilayah dapat berjalan dengan baik.

A. Prasarana Jalan dan Perhubungan

Sebagai ibukota provinsi, Kota Bengkulu memiliki sarana pelabuhan darat, lau dan udara.
Prasarana jalan dan perhubungan yang memadai merupakan salah satu syarat yang sangat
penting, agar roda kegiatan perekonomian suatu wilayah dapat berjalan dengan baik dimana
Kota Bengkulu sebagai pusat pelayanan regional memiliki beberapa terminal sebagai tempat
perpindahan manusia atau barang, baik yang keluar maupun yang masuk ke Kota Bengkulu.

Dengan melihat jenis transportasi yang ada, di Kota Bengkulu transportasi darat (dalam hal ini
jaringan jalan) memegang peranan yang lebih dominan dibandingkan transportasi udara maupun
transportasi laut.

1. Transportasi Darat

Transportasi darat yang dilayani 4 (empat) terminal di Kota Bengkulu dimanfaatkan untuk
sebagai angkutan orang dan lalu lintas perdagangan barang antar kota dan antar provinsi yang
juga merupakan jalur lintas barat Sumatera yang menghubungkan Lampung - Bengkulu -
Sumatera Barat.

Terminal regional berada di Kecamatan Selebar melayani Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), 2
(dua) terminal yang melayani trayek antar kota yaitu Terminal Betungan dan Terminal Sungai
Hitam sedangkan rute dalam kota dilayani 1 (satu) terminal yaiti Terminal panorama di
Kecamatan Gading Cempaka.

Sedangkan kondisi jalan di Kota Bengkulu sampai tahun 2008 panjang jalan yang telah dibangun
mencapai 539,766 km. Berdasarkan data tahun 2008 kondisi jaringan jalan Kota Bengkulu terdiri
dari 269,382 atau 49,9% jalan hotmix , 154,956 Km atau 28,7 % merupakan jalan penetrasi,
74,260 Km atau 13,8 % dari jalan kerikil dan 41,168 Km atau 7,6 % jalan tanah dengan kondisi
jalan mantap atau dalan kondisi baik dan sedang sepanjang 319.622 Km atau 59,2% dan kondisi
jalan tidak mantap atau kondisi rusak ringan dan rusak berat sepanjang 22.144 Km atau 4,1 %.
Selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Tabel Kondisi Jalan Kota Bengkulu Tahun 2007

Sumber : Kimpraskot Bengkulu. tahun 2008 Gambar Kondisi Jalan Kota Bengkulu Tahun 2007 Tabel Status Jalan Kota Bengkulu Per Kecamatan Tahun 2008 .

sungai melalui saluran terbuka atau tertutup. 3. Transportasi Udara Pelabuhan udara yang memiliki landasan 2. Prasarana Air Limbah/Sanitasi Lingkungan Sebagaimana kebanyakan kota sedang di Indonesia sampai dengan saat ini Kota Bengkulu belum memiliki jaringan perpipaan air limbah. C. B.Transportasi Laut Pelabuhan Laut Pulau Baai di Kecamatan Kampung Melayu sebagai pelabuhan utama dimanfaatkan sebagai angkuatn barang. 2008 2. Sedangkan air limbah yang berupa tinja manusia diolah sementara melalui septic tank atau cubluk yang kemudian bila penuh akan ditransfer ke IPLT (Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja). Prasarana Air Bersih Tabel Distribusi Air Bersih PDAM Menurut Jenis Pelanggan NO PELANGGAN JUMLAH PELANGGAN VOLUME . mencuci. tetapi yang aga hanya pembuangan air dari bekas cucian mandi. Saat ini cukup berperan dengan beroperasinya pelabuhan peti kemas dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekspor-impor. IPLT yang dimiliki Kota Bengkulu berlokasi Sawah Lebar dimana keberadaan IPLT sangat membantu system sanitasi kota walaupun pembuangan lumpur tinja dari sumbernya masih belum menggunakan saluran riol melainkan menggunakan mobil tanki khusus tinja. dan memasak yang dialirkan ke drainase.250 Meter bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar dengan frekuensi penerbangan 5 (lima) kali sehari.Sumber : Dinas Kimpraskot Bengkulu.

Saluran drainase di Kota Bengkulu sebagian masih bersifat alami hanya pada kawasan-kawasn tertentu yang sudah permanen. Direncanakan membuat suatu kawasan pengendali banjir berupa dam.5 Ha.552 M3 5 Lain-lain 1. (M3/TAHUN) 1 Rumah Tangga 19.352 M3 3 Rumah Sakit/Sosial 11. E.437 M3 Sumber : PDAM Bengkulu.4 M3/hari. F.637 26.067 572. 2008 D. Prasarana Telekomunikasi Untuk keperluan telekomunikasi di Kota Bengkulu telah terlayani oleh jaringan telepon. telegraph dan telex yang dilayani oleh 1 (satu) unit Sentral Telepon Otomat (STO).000 M3. Sampai saat ini baru 45. Sarana dan Prasarana Pengelolaan Persampahan Kota Bengkulu memiliki tempat pembuangan akhir sampah (TPA) seluas 11 Ha yang terletak di Kelurahan Sukarami Air Sebakul Kecamatan Selebar.370 M3 2 Industri 1. namun untuk hal itu diperlukan pembebasan lahan pada kawasan tersebut.233 M3 4 Hotel 13 27. Sejauh ini pengelolaan sampah di TPA baru berupa open dumping.606. Di Kota Bengkulu kawasan yang sering mengalami genangan air adalah Teluk Sepang dan Tanjung Agung. Prasarana Drainase dan Pengendalian Banjir Kota Bengkulu merupakan wilayah yang relatif datar dengan perbedaan elevasi kecil terhadap permukaan air laut yang memungkinkan sebagian wilayah dipengaruhi oleh pasang surut air laut yang mengakibatkan aliran drainase tidak lancar dan meluasnya genangan.186 5.260 148.209 4.930 M3 33.6 % dari keseluruhan sampah kota yang dapat diolah setiap harinya mengingat daya angkut armada yang dimiliki hanya mampu mengangkut sampah sebanyak 338. namun dari luas tersebut dipergunakan efektif saat ini adalah 3. Rencana . TPA ini mampu menampung sampah sebesar 330.381.

yang diharapkan dapat menjangkau seluruh kawasan Kota Bengkulu untuk seluruh Kota Bengkulu.pengembangan telekomunikasi selain oleh PT. . Telkom juga oleh Vendor Telepon Seluler maupun Pixed Telepon.