1

BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Indonesia merupakan salah negara yang banyak mengkonsumsi kacang kedelai, dimana kacang kedelai dikonsumsi dalam bentuk olahan diantaranya adalah tahu, tempe, kembang tahu dan susu kedelai. Di Indonesia penggunaan kacang kedelai masih terbatas pada bahan makanan manusia dan ternak. Tetapi penggunaan biji kedelai ini harus diolah terlebih dahulu sebelum di konsumsi. Hal ini disebabkan karena biji kedelai ini mengandung tripsine inhibitor, yang dapat dinetralkan dengan cara direbus atau direndam dengan air panas terlebih dahulu. Adapun kandungan zat yang terdapat pada Kacang Kedelai adalah sebagai berikut : Tabel 1. Kandungan Zat Gizi Kacang Kedelai No 1 Kadar Air 2 Energi 3 Protein 4 Lemak 5 Karbohidrat 6 Serat 7 Kalsium 8 Magnesium 9 Fosfor Sumber : AAK, 1989 Komposisi Kandungan 93,7 gram 33 kalori 2,75 gram 1,91 gram 1,81 gram 1,3 gram 4 miligram 19 miligram 49 miligram

Tabel di atas menjelaskan zat-zat gizi yang terdapat pada kacang kedelai yang telah diolah. Kandungan zat gizi di atas adalah per 100 gram bahan. Jelasnya terlihat bahwa begitu banyak zat-zat gizi yang terdapat pada susu kedelei murni.

1

2

Susu kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Protein berfungsi untuk pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan dan stamina tubuh, serta mengganti sel-sel yang rusak atau tua. Susu kedelai bernilai gizi tinggi dengan kandungan asam amino yang penting terdapat di dalam kedelai yaitu : Isoleucine, Leucine, Lysine, Methionine, Phenylalanine, Threonin, Tryptophane, dan Valine. Selain itu kacang kedelai juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B. Susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu sapi. Keunggulan lain dari susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Kandungan protein dalam susu kedelai dipengaruhi oleh varietas kedelai, jumlah air yang ditambahkan, jangka waktu dan kondisi penyimpanan, serta perlakuan panas. Semakin banyak jumlah air yang digunakan untuk mengencerkan susu, maka akan semakin sedikit kadar protein yang diperoleh. Tabel 2. Perbandingan Kadar Protein dengan Bahan Makanan Lain No 1 2 3 4 5 6 Bahan Makanan Kedelai Kacang Hijau Daging Ikan Segar Telur Ayam Beras Protein (%Berat) 35,00 22,00 19,00 17,00 13,00 6,80

Berdasarkan Tabel 2 diatas dapat disimpulkan bahwa kedelai mempunyai kadar protein tertinggi jika dibandingkan dengan bahan makanan pokok lainnya. Oleh karena itu, sejak dahulu kedelai diketahui merupakan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi, sehingga banyak bahan makanan yang menggunakan kedelai sebagai bahan baku.

3

Tetapi hingga saat ini, hasil rata-rata tanaman kedelai masih sangat rendah di Indonesia, khususnya di Provinsi NAD. Hal ini disebabkan karena masih belum dimanfaatkannya teknologi budidaya tanaman kedelai, cara bercocok tanam dan pemeliharaan yang kurang intensif, mutu benih kurang baik, daya tumbuh rendah, pencegahan hama belum intensif serta faktor curah hujan juga termasuk di dalamnya dan lain sebagainya. Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu daerah yang banyak terdapat industri pengolahan kacang kedelai, diantaranya tempe, tahu, tauco, susu kedelai dan beberapa pengolahan bahan makanan ternak. Kabupaten Aceh besar yang mempunyai kawasan yang cukup luas yaitu mengelilingi Kota Banda Aceh merupakan daerah yang cukup strategis dalam membangun usaha, diantaranya di Kecamatan Blang Bintang dimana terdapat usaha pengolahan kacang kedelai yaitu susu kedelai. Susu kedelai yang dibahas dalam tulisan ini adalah usaha susu kedelai murni yang dimiliki oleh Bapak Nasrol Adil yaitu SKM ( Susu Kedelai Murni ) Blang Bintang yang beralamat di komplek Bandara Sultan skandar Muda kecamatan Blang Bintang kabupaten Aceh Besar. Salah satu alasan konsumen menyukai susu kedelai adalah karena pengolahannya tanpa bahan pengawet. Dari tahu ketahun permintaan susu kedelai semakin meningkat disebabkan karena kandungan gizi yang terkandung dalam susu kedelai, sehingga banyak masyarakat mengkonsumsi susu kedelai siap saji ini. Karena susu kedelai ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet maka tidak tahan lama yaitu hanya bertahan selama 48 jam.

Minimnya pengembangan usaha pengolahan susu kedelei dalam skala besar lebih disebabkan adanya ketakutan dari para pengusaha yaitu tidak layaknya usaha yang dibangun dibandingkan profit yang diterima.4 Susu kedelai yang dikembangkan oleh Bapak Nasrol Adil telah banyak dipasarkan di seputaran Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dimana banyak terdapat di warung-warung kopi atau cafe-cafe besar di Kota Banda Aceh. maka saat ini skala usaha usaha pengolahan susu kedelei tergolong kecil. Adapun permasalahan yang banyak dihadapi oleh Bapak Nasrol Adil adalah tentang bagaimana peluang dalam pengembangan usaha pengolahan susu kedelei itu sendiri. produksi dan sumberdaya manusia. hal ini disebabkan banyak permasalahan yang terdapat dalam usaha pengolahan susu kedelei seperti kacang kedelai yang sering putus. Berkenaan dengan tingginya permintaan akan produk susu kedelei murni tentunya perlunya pengembangan usaha pengolahan susu kedelei yang lebih besar sehingga dapat memenuhi permintaan para pedagang dan konsumen di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. adapun judul penelitian ini adalah ³Analisis Pendapatan Usaha Agroindustri Susu Kedelai Di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar´ . Jika dilihat dari skala usaha pengolahan susu kedelei. Berdasarkan paparan tersebut maka dalam kajian ini akan dirancang analisis kelayakan ekonomi yang terdiri dari analisis marketing. kondisi ini tentunya akan membuat para pengusaha ragu dalam mengembangkan usaha pengolahan susu kedelei tersebut. atau tingginya harga kacang kedelai.

Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi peneliti sendiri dalam upaya mengembangkan dan memperdalam pengetahuan di bidang Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian khususnya dan ilmu-ilmu pertanian umumnya. Kegunaan Penelitian Penelitian ini dilakukan dalam rangka penyusunan skripsi untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan keserjanaan di Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama Lampoh Keude Aceh Besar. Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pendapatan usaha agroindustri Susu Kedelai di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar 4.5 2. kimia atau dengan tangan sehingga . 5. Identifikasi Masalah Berdasarkan pada uraian di atas. masalah dapat dirumuskan sebagai berikut :Berapa besar pendapatan usaha agroindustri Susu Kedelai di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar? 3. Kerangka Pemikiran Industri pengolahan adalah suatu kegiatan ekonomi yang melakukan kegiatan mengubah barang dasar secara mekanik. penelitian ini juga diharapkan dapat berguna sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan bagi Pemerintah dan Dinas Pertanian Khususnya dan instansi-instansi yang terkait umumnya.

industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah. barang setengah jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri. yang bersifat setengah jadi maupun final yang dapat segera di konsumsi. ketrampilan khusus serta peralatan atau dengan menggunakan mesin (Aziz. Hal ini terlihat dari pengertian agroindustri yaitu suatu kegiatan industri yang memanfaatkan produk primer hasil pertanian sebagai bahan bakunya untuk diolah sedemikian rupa sehingga menjadi produk baru dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri. tenaga kerja dan sumber daya alam (bahan baku). Agroindustri pada dasarnya mencakup kegiatan pengolahan yang sangat luas baik dari tahapan prosesnya maupun jenisnya. meningkatkan daya tahan perekonomian nasional. Agar dapat berproduksi. inovasi. memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha sekaligus mendorong berkembangnya kegiatan sektor pembangunan lainnya. 1993: 39). . Pembangunan industri ditujukan untuk memperkokoh struktur ekonomi nasional dengan keterkaitan yang kuat dan saling mendukung antar sektor. bahan baku. Selain itu juga diperlukan teknologi. maka setiap industri harus memiliki modal. dan atau mengubah barang dari yang kurang nilainya menjadi barang yang lebih tinggi nilainya dengan maksud mendekatkan produk tersebut kepada konsumen akhir. Menurut Anonymous (1993: 248).6 menjadi barang jadi/setengah jadi.

kualitas lahan Bibit Bioteknologi Analisis Sensitifitas mengenai penyediaan bahan baku Pembelian : kuantitas. 7. 6. industri menengah dan industri kecil yang termasuk di dalamnya industri rumah tangga. harga dan waktu Persediaan (inventory) Produksi Jumlah dan macam dari industri kedelai akan meningkat di kemudian hari. industri-industri pengolahan kedelai ini sering dihadapkan pada masalah ketersediaan bahan baku kedelai yang tidak kontinyu sehingga dapat menghambat produktivitas industri. 5. Penentuan industri ini berdasarkan besar kecilnya modal yang digunakan dan banyaknya tenaga kerja yang dipakai. mengingat peranan bahan baku bagi industri sangat besar sebaiknya diperhatikan juga mengenai hal-hal sebagai berikut : 1. Banyak industri yang mulai berkembang di Kota Banda Aceh salah satunya industri pengolahan kedelai. Dalam melakukan kegiatan produksi.7 Agroindustri sebagai inti dari agribisnis adalah kegiatan industri yang mengolah hasil pertanian baik sebagai industri hilir yang berlokasi di pedesaan dan secara fungsional meningkatkan posisi petani dalam meraih nilai tambah dengan memperoleh pangsa pasar yang lebih besar dari harga yang dibayarkan oleh konsumen (Adjid. Area : luas lahan. hal ini merupakan prospek baik bagi petani dan industriawan untuk selalu berusaha .1998: 25). 2. kualitas. Industri pengolahan kedelai ini digolongkan kedalam industri rumah tangga karena jumlah tenaga kerja yang digunakan tidak lebih dari empat orang. 3. Menurut Aziz (1993 : 90). Industri merupakan kegiatan untuk menghasilkan barang dimana industri ini dapat dibedakan atas industri besar. 4.

Selanjutnya dinyatakan bahwa permintaan digunakan untuk mengetahui hubungan jumlah barang yang dibeli oleh pembeli atau konsumen dengan harga alternatif untuk membeli barang tersebut dengan anggapan bahwa harga barang lainnya adalah tetap (ceteris paribus). Harga adalah jumlah uang yang mungkin dibutuhkan untuk mendapatkan jumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya. Mekanisme harga adalah proses yang berjalan atas dasar gaya (kekuatan) tarik menarik antara konsumen dengan produsen yang bertemu di pasar. Adanya diversifikasi produk yang dipasarkan juga mendorong makin bervariasinya industri di sektor pertanian dan skala usaha pun bervariasi. Dalam perekonomian pasar (market economy) yang menjadi pertanda bagi pihak produsen mengenai kebutuhan dan keinginan para konsumen (pembeli) adalah gerak perubahan harga. Kadariah (1994 : 4) mendefinisikan harga sebagai tingkat kemampuan suatu barang ditukarkan dengan barang lain. 1999 : 91).8 meningkatkan produktivitas dan ketrampilannya. Menurut Soekartawi (1993 : 118). Harga sangat menentukan jumlah produksi yang akan ditawarkan dan jumlah penjualan menentukan jumlah keuntungan yang akan diterima (Sukirno. 1989 : 59). ada yang merupakan industri kecil atau industri rumah tangga sampai industri padat modal (Tjokroadikoesoemo. . Dalam pengertian sehari-hari tentang permintaan tentu berbeda dengan pengertian dari sudut ilmu ekonomi. pengertian permintaan adalah jumlah barang yang sanggup dibeli oleh konsumen atau pembeli pada tempat dan waktu tertentu dengan harga yang berlaku saat itu.

Sedangkan pada gudang yang dilengkapi AC dan alat penyerap kelembaban. penyimpanan kedelai paling lama 4 bulan. Apabila kedelai disimpan dalam waktu lama. kuantitas dan kualitas serta tersedia secara berkelanjutan akan menjamin penampilan perusahaan/industri dalam waktu yang relatif lama. Implikasinya adalah diperlukannya manajemen stock (bahan baku) yang terencana secara baik (Soekartawi. maka setiap 2-3 bulan sekali harus dijemur kembali (Danarti. Ketersediaan bahan baku industri yang tersedia secara tepat waktu. kedelai dapat disimpan lebih lama sekitar satu tahun (Suprapto. Ciri khusus tersebut yaitu bahwa produk pertanian itu umumnya bersifat musiman dan karenanya produk tersebut sulit tersedia sepanjang tahun.9 Bahan baku merupakan bahan dasar utama yang mempengaruhi jalannya kegiatan produksi untuk menghasilkan suatu produk baru. dan sebagainya. Bila gudang penyimpanan tidak dilengkapi alat pendingin dan pengatur kelembaban. maka karaktetistik produk pertanian yang digunakan sebagai bahan baku tersebut perlu diketahui secara baik. Dalam kaitannya dengan bahan baku. Karung-karung kedelai ini ditumpuk pada tempat yang di beri alas kayu agar tidak langsung menyentuh tanah/lantai. Produk pertanian sebagai bahan baku indusrti mempunyai ciri khusus yang tidak dapat disamakan dengan produk manufaktur. Bahan baku industri adalah sebagian besar dari produk pertanian dan sebagian besar pula umumnya dari produk pertanian yang dihasilkan di dalam negeri. kapan dapat diusahakan. misalnya bagaimana sistem produksinya. 2001 : 59). 2000 : 27). 1998 : 44). Kedelai sebaiknya disimpan pada tempat yang kering. .

titik impas usaha.10 Tinggi rendahnya pendapatan yang diperoleh usaha sangat tergantung pada teknik pemasarannya. Dengan demikian akan diketahui keuntungan usaha pengolahan minuman susu kedeleiterhadap parameter kelayakan. maka peternak harus memilih jalur pemasaran yang pendek dengan langsung ke konsumen. (1987 : 89) adalah jumlah yang dibayarkan oleh pembeli yakni jumlah uang yang dibutuhkan mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. sehingga lebih efisien serta menguntungkan bagi peternak. . Untuk mengatasi krisis demikian. tingkat efisiensi modal dan tingkat pengembalian modal. Seperti diketahui harga jual produk pengolahan berfluktuasi dari waktu ke waktu akibat panjangnya rantai pemasaran. maka diperlukan analisis biaya dan manfaat. tingkat kelayakan. Untuk mengetahui kelayakan usaha pengolahan minuman susu kedelei. 6. Hipotesis Hipotesis yang diturunkan dalam penelitian ini adalah pendapatan usaha agroindustri Susu Kedelai di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besarlayak diusahakan secara analisis finansial. Definisi harga menurut Swastha.

Dimana penelitian ini dilakukan pada usaha pengolahan susu kedelei Pak Nasrol Adil di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar 3. publikasi ilmiah. dan instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian ini. . Data primer diperoleh langsung dari usaha pengolahan susu kedelai yang terpilih sebagai sampel. Tehnik Pengumpulan Data Data yang diperlukan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Objek dan Ruang Lingkup Penelitian ini dilaksanakan pada usaha pengolahan susu kedelei Pak Nasrol Adil di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar.11 BAB II METODE PENELITIAN 1. Metode Penelitian dan Penentuan Sampel Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi perpustakaan. Lokasi. Objek penelitian ini adalah usaha Mitra Mandiri yang mempunyai usaha pengolahan susu kedelai dengan ruang lingkup penelitian yaitu : yang berhubungan dengan investasi usaha pengolahan susu kedelai 2. melalui wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah disusun terlebih dahulu.

c. Biaya Investasi adalah jumlah biaya yang digunakan pengusaha untuk pengembangan usaha pengolahan minuman susu kedelei. Biaya produksi adalah hasil perjumlahan antara biaya investasi dengan biaya operasional. Model Analisis dan Pengujian Hipotesis Data yang diperoleh dari lapangan diolah dan ditabulasikan menurut kebutuhan analisis. baik dalam keluarga maupun luar keluarga untuk melakukan pekerjaan rutin sehari-hari diukur dalam satuan hari kerja pria (HKP).12 4. Analisis Pendapatan Usaha Agroindustri Susu Kedelai Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar dilakukan dengan menggunakan formula sebagai berikut : . Harga jual adalah nilai penjualan susu kedelai. diukur dalam satuan Rp/Kg. diukur dalam satuan kg/hari. 2. Tenaga kerja adalah jumlah tenaga yang berusia 15 tahun ke atas. Operasional dan Pengukuran Variabel Adapun definisi dan pengukuran variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1. d. Biaya Operasional adalah jumlah biaya yang yang digunakan dalam menjalankan usaha pengolahan minuman susu kedelei. a. Kacang kedelei adalah bahan baku utama untuk pengolahan susu kedelai. serta diukur dalam satuan rupiah. 5.Biaya ini terdiri dari biaya peralatan dan sebagainya. b.diukur dalam satuan rupiah.

...(Hardibroto.. 1998 : 77) = PrT ± (BT + BTT ) Keterangan : = Pendapatan bersih PrT BT BTT = Nilai penjualan susu kedelai = Biaya tetap susu kedelai = Biaya tidak tetap susu kedelai Untuk melihat Reveunue Cost Ratio maka digunakan rumus sebagai berikut: R/C = Keterangan R = Total Penerimaan C = Total Biaya Kriteria yang dipakai adalah Jika R/C>1 Usaha Pengolahan susu kedelai tersebut layak Jika R/C<1 Usaha Pengolahan susu kedelai tersebut tidak layak Jika R/C=1 Usaha Pengolahan susu kedelai tersebut berada dalam keadaan titik pulang pokok Sedangkan untuk melihat besarnya perbandingan keuntungan dengan modal dari usaha pengolahan susu kedelai maka digunakan analisis ROI (Return on Invesment) sebagai berikut : ROI = euntungan x100% .(Yan..... 2002:161) Total Biaya .. 1986:88) Total iaya Total Penerimaan .13 = PrT ± B ««««««««««(Soekartawi..... Firdaus dkk.

...(Yan.....(Yan.14 Keterangan R = Pendapatan Bersih C = Total Biaya Sedangkan untuk melihat titik balik pokok atau break even point (BEP) maka digunakan BEP jumlah produksi dan BEP harga produksi adalah sebagai berikut : BEP harga jual = Total Biaya . 2002:161) arga Jual ..... 2002:161) Jumlah Produksi BEP Jumlah produksi = Total Biaya ... Firdaus dkk... Firdaus dkk.

Sejarah Usaha A.15 BAB III GAMBARAN UMUM USAHA 3. Berikut tabel jumlah penduduk desa Kampung Blang Tabel 3. 4. Kampung Blang memiliki daerah yang luas dengan batasan ± batasannya sebagai berikut : y y y y Sebelah timur berbatasan dengan desa montasik Sebelah barat berbatasan dengan desa Ulee Kareng Sebelah selatan berbatasan dengan Lambaro Sebelah utara berbatasan dengan desa Darusalam 750 jiwa yang terdiri Desa Kampung Blang memiliki jumlah penduduk 355jiwa laki ± laki dan 395 perempuan. Jumlah Penduduk Desa Kampung Blang Berdasarkan Umur No 1. 2 3. Umur ( tahun ) Lelaki ( jiwa ) Wanita ( jiwa ) 22 102 107 119 45 395 Jumlah ( jiwa ) 37 193 224 224 72 750 0±5 15 6 ± 15 91 16 ± 25 117 26 ± 55 105 56 keatas 27 Jumlah 355 Sumber : Kantor Desa Kampung Blang .1. Kampung Blang terletak di kecamatan Blang Bintang kabupaten Aceh Besar. Deskripsi Lokasi Usaha Usaha Susu Kedelai Murni ( SKM ) Blang Bintang terletak di desa Kampung Blang tepatnya di Komplek Perumahan Bandara Sultan Iskandar Muda. 5. Penduduk di desa kampung Blang terdiri dari 200 kk ( kepala keluarga ).

Penduduk Kampung Blang memiliki mata pencaharian sebagai petani. Persentase Tingkat Pendidikan Penduduk Desa Kampung Blang NO PENDIDIKAN 1 SD / sederajat 2 3 4 SMP / sederajat SMU / sederajat Perguruan Tinggi JUMLAH ( JIWA ) 204 125 140 16 485 Jumlah Sumber : Kantor Desa Kampung Blang Perekonomian desa Kampung Blang digerakkan oleh beberapa sektor yang meliputi pertanian. Penduduk usia produktif berada pada golongan angkatan kerja sehingga dapat bekerja secara optimal dan terdiri dari penduduk berusia 15 ± 22 tahun. Infrastruktur yang ada di desa . Geografis desa Kampung Blang terdiri dari lahan pertanian yang luas sehingga mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Sedangkan penduduk usia non produktif tidak termasuk angkatan kerja dan berusia dibawah 15 tahun dan diatas 5 tahun. infrastruktur yang ada dan kegiatan ekonomi yang berkembang di daerah tersebut. Tabel 4. Penduduk usia non produktif sangat bergantung pada penduduk usia produktif ( Simanjuntak 1985: 2. kerajinan dan lain sebagainya. Pekerjaan penduduk desa Kampung Blang sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan masyarakat.16 Berdasarkan tingkat usia produktivitasnya. transportasi. perdagangan. pedagang. penduduk desa Kampung Blang dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu penduduk usia produktif dan penduduk usia non produktif.3 ). tukang dan lain ± lain. Berikut Tabel tingkat pendidikan penduduk desa Kampung Blang.

maka akan semakin sedikit kadar protein yang diperoleh. jangka waktu dan kondisi penyimpanan.Susu kedelai yang dibuat dengan kadar protein 3 mempunyai mutu gizi yang mendekati susu sapi. . kandungan kolesterol pada susu sapi masih tergolong sangat rendah jika dibandingkan bahan pangan hewani lainnya.2 .2. minum dua gelas susu kedelai sudah dapat memenuhi 30% dari total kebutuhan proteinnya setiap hari. dan 2. Kadar protein dalam susu kedelai yang dibuat dengan perbandingan kedelai dan air 1:8. 3. serta perlakuan panas. Karena kadar asam amino lisin yang tinggi. 3.Kandungan Susu Kedelei Susu Kedelai merupakan hasil produk olahan dari kacang kedelai.6 . desa Kampung Blang cukup berpotensi untuk dikembangkannya berbagai usaha seperti usaha Susu Kedelai Murni Blang Bintang. jumlah air yang ditambahkan.17 Kampung Blang seperti bandara. 1:10.4 . Pada anak balita. jalan dan irigasi sangat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Namun. yang umumnya rendah kadar lisinnya. dan 1:15 berturut-turut adalah 3. susu kedelai dapat digunakan untuk meningkatkan nilai gizi protein pada nasi dan makanan serealia lainnya. Keunggulan lain dari susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu sapi. Kandungan protein dalam susu kedelai dipengaruhi oleh varietas kedelai. Semakin banyak jumlah air yang digunakan untuk mengencerkan susu. Sebagai daerah yang ekonominya terus berkembang.

sedangkan PER susu sapi adalah 2. hormon estrogen ini dapat menimbulkan efek samping. semakin tinggi nilai PER mencerminkan semakin baik mutu protein tersebut. perubahan perasaan mendadak. dianjurkan untuk melakukan fortifikasi (penambahan) vitamin dan mineral pada susu kedelai untuk mensejajarkan kualitasnya dengan susu sapi. Salah satu manfaat dari susu kedelai adalah dapat menghambat laju osteoporosis. Namun. seperti sakit kepala. Oleh karena itu. Dengan demikian. Manfaat Susu Kedelai Susu kedelai memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.18 Mutu protein susu kedelai hampir sama dengan mutu protein susu sapi.3 gram. Secara umum susu kedelai mengandung vitamin B1. merasa depresi dan ingin muntah. Yang terutama dianjurkan melakukan terapi hormon estrogen adalah mereka yang berhenti menstruasi sebelum usia 40 tahun atau mereka yang menderita osteoporosis pada usia muda.3. Dewasa ini. yang juga diharapkan dapat menghambat laju osteoporosis. Namun. Protein eficiency ratio (PER) susu kedelai adalah 2.3 artinya setiap gram protein yang dimakan akan menghasilkan pertambahan berat badan sebesar 2. . B2 dan niasin dalam jumlah yang setara dengan susu sapi atau ASI. masalah menopause dapat ditunda dengan terapi hormon estrogen (estrogen replacement therapy). B. susu kedelai tidak mengandung vitamin B12 dan kandungan mineralnya (terutama kalsium) lebih sedikit dibandingkan susu sapi. serta mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang cukup banyak. PER 2.5.

2. Protein yang terkandung dalam kedelai diketahui kaya akan asam amino arginin dan glisin yang merupakan komponen penyusun hormon insulin dan glukogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh kita. . lisin. niasin. treonin. maka beberapa peneliti mulai mencari bahan pengganti estrogen yang aman untuk menghambat laju osteoporosis. susu kedelai juga dapat dijadikan alternatif terbaik pengganti susu formula yang kencenderungan mengandung bakteri jahat yang membahayakan kesehatan balita dan anak-anak. Hal itu disebabkan pada kedelai terdapat senyawa alami mirip estrogen. leusin. penambah imunitas tubuh. selain sebagai pengganti susu sapi. Karena terapi hormon estrogen bisa berdampak negatif. isoleusin. perbaikan jaringan yang rusak.19 Dampak negatif lainnya yaitu kanker payudara dan kanker rahim. Salah satu bahan pangan yang kini menjadi pusat perhatian dalam hubungannya dengan osteoporosis adalah kedelai. Fitoestrogen terbukti mampu menghambat osteoporosis. Lemak Nabati Sangat baik untuk tubuh manusia. Kandungan dan manfaat yang terdapat dalam susu kedelai adalah: 1. Protein pada susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino (lesitin / HDL. yang disebut fitoestrogen. fenilalanin). Menurut penelitian susu kedelai mengandung banyak sekali gizi dan manfaat di dalamya. bahkan jauh lebih kaya akan gizi dibandingkan susu sapi. glisin. Protein Berguna untuk pertumbuhan. arginin. triptofan.

dan kuku. keguguran. Selain itu. 6. Karbohidrat. membantu kelancaran fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang. 5. Orang yang rajin mengkonsumsi antioksidan akan terlihat lebih muda ketimbang orang yang jarang mengkonsumsinya 9. dan penyakit jantung kardiovaskuler. . bail susu sapi susu manusia.20 3. Sebagai sumber energi atau tenaga didalam tubuh 4. Vitamin B1 Vitamin B1 atau yang sering disebut tianin sangat berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh yang menghasilkan energi 7. Mineral Berfungsi dalam menambah kekuatan struktur tulang. maupun susu kedelai. Vitamin A Pada biji kedelai berasal dari karoten. meningkatkan produksi air susu. dan sebagai antioksidan. Serat / fiber Berguna untuk system pencernaan dalam tubuh. merupakan pigmen yang banyak terdapat pada susu. gigi. Vitamin E Melancarkan proses reproduksi dan proses menstruasi. serta dapat menambah daya tahan tubuh terhadap gangguan penyakit. Vitamin B2 Disebut jugaflavin. yang merupakan bahan dasar vitamin A. 8. menegah impotensi. membantu memperpanjang umur.

serta menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial (setelah makan). c. Senyawa ini biasanya memiliki ciri khas. Flavonoid adalah sejenis pigmen. fungsi isoflavon itu bagi tubuh adalah untuk : a. Secara ilmiah. Bau langu yang terdapat pada biji kedelai adalah salah satu tanda bahwa dalam biji tersebut terdapat flavonoid. flavonoid sudah dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai dan amat bermanfaat bagi kesehatan adalah isoflavon. Melancarkan metabolisme Melancarkan pencernaan Merupakan nutrisi pelengkap Meningkatkan sistem imunitas . seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau. 10. b. yaitu mengeluarkan bau tertentu.21 mineral juga berfungsi dalam proses reproduksi pertumbuhan tulang mereka yang menuju dewasa. pada tahun 1998 menganjurkan setiap manusia mengkonsumsi isoflavon kedelai sebanyak 50-100 mg perhari. Polisakarida Yang mampu menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial. Isoflavon Ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedelai ada yang membentuk flavonoid. Seorang peneliti Jepang. d. sehingga sangat membantu mengendalikan penyakit gula. Asupan susu kedelai dapat membantu mengendalikan kadar gula darah yang melebihi batas normal tersebut. 11.

HDL (High Density Lipoprotein) bersifat sebaliknya yaitu menahan proses pengapuran dengan cara menyedot timbunan kolesterol didalam pembuluh darah. q. r. l. f. h. k. Menambah daya ingat dengan meningkatkan fungsi kognitif 12. terutama kanker payudara dan prostate s. j. o. Karenanya dikenal sebagai kolesterol jahat. Mengurangi gejala rematik dan asam urat n. Mengurangi gejala maag Menghilangkan rasa lelah dan lesu Mengurangi gejala symptom menopause Memperlambat penuaan sel Mencegah tumbuhnya kanker. HDL (Kolesterol Baik) LDL (Low Density Lipoprotein) Bersifat sangat mampu untuk membuat proses pengapuran pembuluh darah. i. lalu membawanya ke lever dan selanjutnya dibuang melalui empedu. p. g. Oleh karenanya HDL dikenal sebagai kolesterol baik.Sebetulnya yang harus selalu di perhatikan terlebih dahulu . Memperkuat strukturmatriks tulang Menstabilkan tekanan darah Menurunkan kadar kolestrol darah Menstabilkan kadar gula darah Mencegah obesitas Mencegah penyakit ginjal Mengurangi gejala jantung koroner (kardiovaskuler) Mengurangi gejala stroke m.22 e.

14. C. Membantu peredaran darah secara normal d. peredaran darah dan fungsi otot urat b. Fungsi Kalsium Merupakan mineral yang sangat penting yaitu a. 99% dari kalsium dapat ditemukan pada tulang dan 1% dialirkan pada selaput cair. guna mencegah tulang keropos (osteoporsis) c. di dalam struktur sel dan selaput sel. Mengontrol asam lemak (fatty acids) pada usus yang dapat mengurangi formasi sel kanker dengan tujuan mencegah terjadinya kanker usus. maka sebaiknya harus dilihat lagi kadar HDL nya. Vitamin B kompleks Mencegah terjadinya kurang gizi pada anak-anak. Asam linoleat (Omega-3) . Pengaruh Neurotransmitter. Membantu formasi sel protein dan membantu mengatur fungsi otot e.23 adalah kadar kolesterol total yang harus senantiasa di jaga jangan lebih dari 200 mg % Barulah apabilah seseorang mempunyai kadar kolesterol yang selalu normal. Lecitin Membantu meningkatkan kecerdasan anak dan dapat menurunkan kadar kolesterol B. Kalsium Adalah salah satu mikro mineral yang berguna bagi tubuh manusia. 13. Membantu meningkatkan kekuatan pada tulang.

konsumsi susu kedelai oleh bayi bisa membuat rambutnya jadi lebat. Panili f. fosfor. Air dingin untuk perendaman d. kita perlu menggunakan kedelai yang berkualitas baik. Gula pasir e. D. Penggunan air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dengan rasa yang lebih enak. Semua zat gizi tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh.3. Filoestrogen Mencegah tumbuhnya sel tumor/kanker. Air panas c. Dari 1 kg kedelai dapat dihasilkan 10 liter susu kedelai. 3. vitamin B. dan vutamin C. serta tidak memerlukan keterampilan khusus.Proses Pengolahan Susu Kedelei Susu kedelai dapat dibuat dengan teknologi sederhana. vitamin A. Untuk memperoleh susu kedelai yang baik. Susu kedelai juga mengandung karbohidrat. besi. Berikut proses pembuatan susu kedelai 1.24 Menjaga kesegaran saraf otak sehingga bermanfaat untuk menangkal penuaan dini. Beberapa orang berpendapat pula. kalsium.Karena memiliki kandungan protein tinggi. susu kedelai baik diberikan kepada anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan. Garam . lemak. Kedelai 1 kg 8 liter 3 liter 100 ± 200 gram 2 gram 15 gram b. Bahan : a.

e. panili dan garam kedalam larutan susu lalu aduk rata dan panaskan hingga mendidih. Alat : a. Hancurkan dengan mesin penggiling d. Campur kedelai yang sudah halus dengan air panas. Mesin penggiling c. Kain penyaring d. Rebus kedelai yang telah bersih selama kira ± kira 15 menit. lalu rendam dalam air bersih selama kira ± kira 12 jam c. Saring campuran dengan kain saring sehingga diperoleh larutan susu kedelai f. Aduk ± aduk campuran sampai rata. Cuci hingga kulit arinya terkelupas.25 2. Tungku atau kompor 3. Cara pembuatan a. Tambahkan gula pasir. Panci b. Bersihkan kedelai dari segala kotoran b. .

26 Gambar 1. Diagram Alir Pembuatan Susu Kedelai .

Pada karakteristik pengusaha mempunyai tingkat umur yaitu 36 tahun dengan pendidikan tamatan D-III (Diploma) atau 15 tahun pendidikan. Mengenai keadaan kondisi usaha pengolahan susu kedelei dimana karakteristik pengusaha dan karakteristik usaha. jumlah tenaga kerja perusahaan. karena aspek ini dapat mempengaruhi daya kerja perusahaan dalam mengelola serta meningkatkan produksi usaha kecilnya.27 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4. modal perusahaan. Adapun daerah pemasaran produk mencakup Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Karakteristik Pengusaha Pembangunan suatu usaha kecil menengah perlu memperhatikan karakteristik perusahaan. . tingkat pengalaman 8 tahun dan tanggungan sebanyak 5 orang.000.2. Berdasarkan Data di atas dapat dilihat bahwa usaha pengolahan susu kedelei ini telah mempunyai pengalaman yang cukup yaitu 8 tahun.1. Maksud dari kondisi usaha pengolahan susu kedelei dalam penelitian ini adalah umur perusahaan. Sedangkan karakteristik usaha yaitu usaha ini berdiri pada tahun 2002 dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan sebanyak 3 orang dan modal usaha sebesar Rp.000.

200 No 1 2 3 4 5 6 Berdasarkan Tabel 3 di atas dapat dilihat bahwa besarnya biaya sarana produksi tidak tetap yang mencakup bahan baku yang terdiri dari 6 jenis bahan baku serta packing yaitu gelas plasctik Rp.12 0. Tahun 2010.000 24. Penggunaan Sarana Produksi Tidak Tetap Pada Usaha Agroindustri Pengolahan Susu Kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Hal ini penting bagi pimpinan perusahaan dalam menentukan besarnya keuntungan secara tepat. Proses Produksi Susu Kedelei 2. tidak terlepas dari masalah biaya.000 869.200 4.2.28 4.200 per bulan.5 15 1.440 gelas air susu kedelei. .000 720.000 500 Jumlah (Rp) 60. Penggunaan Sarana Produksi Setiap perusahaan yang menghasilkan suatu produk.440 Satuan Kg Kg Kg Kg Liter Buah Harga (Rp/Satuan) 10.1.2.000 4.000 12. Dimana rata-rata dalam 1 bulan dapat menghasilkan sebanyak 1.000 60.000 8.000 10. Adapun biaya produksi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah biaya sarana produksi variabel (tidak tetap) dan biaya sarana produksi tetap.869. 2. Komponen Biaya Kacang Kedelei Gula Pasir Vanili Garam Minyak Gelas Plastik Jumlah Jumlah 6 2 0. Biaya Sarana Produksi Tidak Tetap Perhitungan seluruh jumlah biaya produksi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk setiap kali produksi dimana akan menghasilkan susu kedelei untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Tabel 3 berikut Tabel 3.000 1.

Sarana Produksi Tetap Adapun sarana produksi tetap yang digunakan dalam usaha pengolahan daging giling diantaranya adalah Tabel 4. dan vanilli merupakan kelompok biaya yang terkecil. Harga Jumlah (Rp/Satuan) (Rp) 120. gula. garam.29 Berdasarkan data di atas maka dapat dilihat bahwa penggunaan biaya dalam proses produksi usaha daging giling terlihat bahwa biaya pembelian gelas packing plastik merupakan kelompok biaya terbesar. Kegiatan proses produksi ini dilakukan dalam satu bulan 6 kali proses produksi. 2. Penggunaan Sarana Produksi Tetap Pada Usaha Agroindustri Pengolahan Susu Kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar.883 No 1 2 3 4 5 6 7 Jumlah (Buah) Panci 3 Mesin Penggiling 2 Kain Penyaring 3 Kompor 3 Dandang 3 Ember 2 Blender 1 Jumlah Komponen Biaya Berdasarkan Tabel 4 di atas dapat dilihat besarnya biaya tetap yang dikeluarkan oleh usaha agroindustri pengolahan susu kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar.000 540.000 3.583 154.500 2.154. .800 31.000 150.671.000 Nilai Susut (Rp) 15. sedangkan biaya pembelian bahan baku mentah lainya yang terdiri dari kacang kedelei.3.000 62.per bulan.000 750.000 180.000 360.000 1.500 6.000 7.000 350.000 750.250 14.000 350.000 250.. Tahun 2010. dimana besarnya biaya yang digunakan untuk mencapai Rp. hal ini disesuaikan dengan permintaan susu kedelei.883.250 22.000 21.500.000 75.

Penyaringan Setelah proses penggilingan. begitu juga halnya pada usaha agroindustri pengolahan susu kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. setelah itu kacang kedelei di giling kembali untuk memperoleh hasil yang lebih baik dengan kandungan susu kedelei yang bagus. . b. Tanpa adanya tenaga kerja semua kegiatan yang akan dilaksanakan tidak akan tercapai.30 2. Adapun penggunaan tenaga kerja pada usaha agroindustri pengolahan susu kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besarmencapai 3 orang. Sebagaimana kita maklumi bahwa tenaga kerja merupakan faktor produksi yang utama. dimana masing-masing pekerja bisa memperoleh pekerjaan rangkap demi efisiensi biaya produksi.4. Kegiatan ini menggunakan tenaga kerja sebanyak 2 orang yang berasal dari dalam keluarga. Jumlah tenaga kerja yang digunakan sebanyak 2 orang yang berasal dari tenaga kerja dalam keluarga. Penggilingan Kacang Adapun penggilingan kacang pada umumnya dilakukan di tempat produksi. maka dilakukan proses penyaringan untuk mengambil sari kacang kedelei untuk dijadikan susu kedelei murni. Tenaga Kerja Tenaga kerja adalah faktor yang mutlak dan dibutuhkan oleh setiap usaha. Adapun kegiatan yang dilakukan pada proses produksi tersebut diantaranya adalah : a.

5. yang dihasilkan per satu kali proses produksi berbeda. . Packing Botol Setelah daging giling dingin baru kemudian dimasukkan kedalam ruangan penyimpanan yang mempunyai temperatur suhu 10ºC 2. Proses perebusan ini dilakukan selama 2 jam. Produksi dan Nilai Produksi Produksi yang dihasilkan pada usaha agroindustri pengolahan susu kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besaradalah susu kedelei yang telah di packing dalam botol plastik. e. f. Pengadukan Proses pengadukan yaitu bahan baku susu kedelei di campur dengan vanili dan garam serta gula pasir kemudian di rebus d. Hal ini tergantung dari ketersediaan bahan baku dan juga besarnya permintaan konsumen. Besarnya jumlah produksi usaha agroindustri pengolahan susu kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Perebusan Proses perebusan dilakukan setelah bahan baku dimasukkan kedalam plastik pembungkus. Pendinginan Kegiatan pendinginan dilakukan setelah proses perebusan siap.31 c. Proses pendinginan dilakukan dengan suhu ruangan sampai dingin atau tidak terasa panas lagi.

- No 1 2 3 Dari Tabel 5 di atas dapat dilihat bahwa nilai produksi yang dihasilkan usaha agroindustri pengolahan susu kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besarper bulan sebesar Rp.000 per bulan. 4. Setelah proses pembuatan selesai.000. Harga dari usaha agroindustri pengolahan susu kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besarper botoladalah Rp. . Daerah pemasaran meliputi kecamatan Blang Bintang.3.32 Jumlah produksi susu kedelei adalah 240 botol per satu kali proses produksi atau 1.4. Proses pembuatan susu kedelai murni biasanya dibuat pada pagi hari. Ulee Kareng.320.320. hasil olahan susu kedelai murni dimasukkan kedalam botol kaca. Pemasaran Susu Kedelei Adapun pemasaran susu kedelei yaitu di pasarkan di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.000. Tabel 5.-.000 . Uraian Jumlah Produksi Harga Jual Nilai Hasil Produksi Satuan Botol Rupiah/Kg Rupiah Daging Giling 1.4. Jumlah Produksi. Tahun 2010.3.440.3.440 botol per bulan. Harga dan Nilai Hasil Produksi Pada Usaha Agroindustri Pengolahan Susu Kedelei Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Susu kedelai yang sudah berada dalam botol kaca dipasarkan ke warung ± warung atau toko ± toko yang menjadi konsumen atau langganan.

33 .

Budidaya Pemanfaatan Hasil dan Limbah Analisis Usaha dan Pemasaran. Studi Kelayakan Bisnis. Fauzi. Bumi Aksara. Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2009. Dinas Peternakan Provinsi NAD. Koswara. Suprapto. P. Satyawibawa. Ibrahim. Jakarta . 1998. Jakarta. Teknologi Pengolahan Kedelai. __________2000. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Jakarta . Jakarta.A. Penebar Swadaya. 1998. Jakarta. Permodalan Agroindustri. LPFEUI. Garis-garis Besar Haluan Negara. 2002. PT. 1999. Bangkit. Y. Jakarta. Jakarta. Cliver Gray. ________1993. Bunga Rampai Agribisnis Menuju Abad 21. Jakarta. Jakarta. Rineka Cipta. Rajawali Pers.E. 1992. Ketetapan MPR-RI Nomor II MPR 1993. 1978.T. R. Jakarta. Penebar Swadaya. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Kadariah. A. 2001. 2002. Bertanam Kedelai. Sukirno. Jakarta. Laporan Perkembangan Usaha Peternakan. 1993. Daniel. HFS dan Industri Ubi Kayu. Raja Grafindo Persada. Adjid. Gramedia. Pengantar Agroindustri. Pengantar Evaluasi Proyek. Yacob. S. Soekartawi. Jakarta. 1993. M. 1994. Tjokroadikoesoemo. Lien Karlina. Jakarta. Yan. Surat Kabar Sinar Tani. I dan Hartono. Pustaka Sinar Harapan. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Teori Ekonomi Makro. UIP. _________.D. Widyastuti. LPFEUI.34 DAFTAR PUSTAKA Anonymous. Aziz. Jakarta. HS. 1989. PT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful