P. 1
Penemuan empiris

Penemuan empiris

|Views: 97|Likes:
Published by Setiyadi Teddy

More info:

Published by: Setiyadi Teddy on Jan 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2011

pdf

text

original

Teddy Setiyadi No=24/JRK4A Penemuan empiris

1. Alat Bantu Jantung
Alat bantu jantung pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Paul Zoll pada sekitar tahun 1952. yang kemudian terus diembangkan. Suatu ketika, Wilson Greatbatch , seorang peneliti kedokteran sedang meneliti pasiennya. Tanpa sengaja, saat memasang salah 1 komponen penunjangnya, ia menggunakan resistor yang berbeda dari ukuran biasanya. Bukannya menimbulkan masalah, tapi justru sebaliknya. Kesalahan yang dilakukan Wilson membuat alat itu mempunyai pola kerja baru yang justru lebih padu padan dgn kerja jantung pada umumnya. Hingga akhirnya, ia berhasil membuat alat bantu jantung yg lebih ringkas dan tidak berbahaya, bahkan bisa diimplantasikan langsung pada tubuh. Ia juga menemukan tenaga baterai yang bebeas korosi sebagai bahan tenaga dari alat bantu itu..

2. Teflon
Penemuan Teflon ini dimulai ketika Dr. Plunkett (ahli kimia Du Pont) sedang mencari suatu bahan pendingin yang tidak beracun. Pada suatu hari Plunkett membuka tangki yang berisi gas tetrafluoroetilen, berharap untuk dapat membuat bahan pendingin yang dicarinya. Tetapi Plunkett dan asistennya, Jack Rebok heran karena tidak ada gas yang keluar. Padahal dari berat tangki menunjukkan tangki itu seharusnya penuh dengan fluorokarbon dalam bentuk gas. Bukannya membuang tangki dan mengambil tangki lain untuk melanjutkan penelitian bahan pendinginnya, Plunkett justru memutuskan untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Setelah memutuskan bahwa kesalahan tidak terletak pada katupnya, ia menggergaji tangki hingga terbuka dan melihat dalamnya. Di dalam tangki itu dia menemukan bubuk warna putih seperti lilin dan, sebagai seorang ahli kimia, ia menyadari hal tersebut pasti ada artinya. Molekulmolekul gas tetrafluoroetilen mengalami polimerisasi sampai pada tingkat tertentu sehingga molekul-molekul tersebut menjadi zat padat. Terdorong oleh penemuannya yang secara kebetulan dan oleh sifat-sifat polimer yang luar biasa ini, Plunkett dan para ahli kimia Du Pont segera menemukan cara untuk menghasilkan ³politetrafluoroeti len´ .

3. Cara mengukur volume benda tak beraturan
penemuan cara mengukur volume benda tak beraturan oleh Archimedes. Penemuan ini terjadi pada saat Archimedes berada di sebuah tempat pemandian umum, ketika dilihatnya air melimpah keluar dari bak mandi saat ia masuk ke dalamnya. Ia menyadari bahwa volume limpahan air itu sama dengan jumlah anggota badannya yang dimasukkan ke dalam air. Begitu mendapatkan

Geolog Charles Lyell (1830) menyatakan bahwa batu-batuan di bumi selalu mengalami perubahan. dan Rafinisque (1836). antara lain: y y y y Ekspedisi ke lautan Galapagos ditemukan bahwa perbedaan bentuk paruh burung Finch disebabkan perbedaan jenis makanannya. WC Wells (1813). dan yang menganut paham teori penciptaan (Universal Creation).idenya. Evolusi terjadi melalui seleksi alam. Perkembangan tentang teori evolusi sangat menarik untuk diikuti. Pendapat ekonom Malthus yang menyatakan adanya kecendrungan kenaikan jumlah penduduk lebih cepat dari kenaikan produksi pangan. Yoseph Hooker dan Thomas Henry Huxley (1825-1895). dia segera keluar dari bak mandi dan lari dalam keadaan telanjang sambil berseru ³Eureka!´ Pada saat itu sebenarnya Archimedes sedang mendapatkan tugas dari raja bagaimana mengetahui logam dasar sebuah mahkota raja. agen tunggal penyebab terjadinya evolusi adalah seleksi alam. Seleksi alam adalah ³process of preserving in nature favorable variations and ultimately eliminating those that are µinjurious¶´. dan evolusi terjadi melalui seleksi alam. Menurut Darwin. Secara umum. Freke (1851). EVOLUSI Darwin (1858) mengajukan 2 teori pokok yaitu spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup sebelumnya. Menurut Darwin. Hal ini menimbulkan terjadinya suatu persaingan untuk kelangsungan hidup. . 4. Darwin berpendapat bahwa berdasarkan pola evolusi bersifat gradual. Tahun 1858 Darwin mempublikasikan The Origin yang memuat 2 teori utama yaitu: 1. Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies lain yang hidup di masa lampau. Mendapat tantangan terutama dari golongan agama. Grant (1826). Pikiran ini juga didasarkan pada penyelidikannya pada fosil. berdasarkan arah adaptasinya bersifat divergen dan berdasarkan hasilnya sendiri selalu dimulai terbentuknya varian baru. b. Pendapat beberapa ahli seperti Geoffroy (1829). 2. tanggapan ahli lain terhadap teori Darwin adalah: a. Mendapat pembelaan dari penganut Darwin antara lain . hal-hal tersebut kemungkinan mempengaruhi makhluk hidupnya. Banyak hal dan pemikiran ahli lain yang mempengaruhi perkembangan teori Darwin. Oleh Darwin hal ini dibandingkan dengan seleksi yang dilakukan oleh para peternak untuk memperoleh bibit unggul.

Kompetisi antar individu karena keberadaan besaran individu melebihi sumber daya lingkungan tidak cukup untuk menyokongnya. Perubahan dan genotype yang terakumulasi seiring berjalannya waktu. dan genetic drift. aliran gen. Seleksi alam tidak lagi menjadi satu-satunya agen penyebab terjadinya evolusi. proses evolusi oleh seleksi alam (Neo Darwinian) terjadi karena adanya: a. Perubahan frekuensi gen dari satu generasi ke generasi berikutnya. Mendapat kritik dan pengkayaan dari banyak ahli antara lain Morgan (1915).c. e. Dengan berbagai perkembangan dalam perkembangan dalam ilmu biologi. Generasi berikut mewarisi ³kombinasi gen yang sukses´ dari individu fertile (dan beruntung) yang masih dapat bertahan hidup dari kompetisi. Fisher (1930). melainkan ada tambahan faktor-faktor penyebab lain yaitu: mutasi. khususnya genetika maka kemudian Teori Evolusi Darwin diperkaya. Dobzhansky (1937). Secara singkat. Produksi varian baru melalui pada materi genetic yang diturunkan (DNA/RNA). b. Oleh karenanya teori evolusi yang sekarang kita seirng disebut Neo-Darwinian atau Modern Systhesis. c. d. . Goldschmidt (1940) dan Mayr (1942).

Kecepatan ini melebihi kecepatan gelombang suara yang besarnya 330 m/s. dengan kata lain partikel gas itu bergerak dengan kecepatan yang berbeda-beda. Teori gas kinetik memberikan hubungan proporsional antara energi rata2 kinetik dengan temperatur gas: . Prinsip gerak ini mudah sekali.Penemuan secara Rasional 1. Penyebaran kecepatan ini dapat dirumuskan dengan penyebaran kecepatan Maxwell yang memberikan gambaran bahwa kecepatan partikel tergantung dari temperatur ruang dan lingkungannya. artinya partikel-partikel ini tidak pernah dalam keadaan stasioner atau sepenuhnya diam. maka kecepatan serta arah vektornya ikut berubah. Brown mengamati beberapa partikel dengan mikroskop dan dia menemukan bahwa pergerakan terus menerus dari partikel-partikel kecil tersebut makin lama makin cepat bila temperaturnya makin tinggi. Gerak ini dapat diamati pada zat cair koloid atau gas. pertama kali dibuktikan dan dicetuskan oleh Robert Brown seorang botanis Skotlandia pada tahun 1827. Energi dari partikel gas ideal juga tergantung dari suhu udara. Bila partikel gas tersebut menabrak partikel gas lain atau menabrak tembok dinding ruang. Kecepatan rata-rata pergerakan molekul di udara adalah 500m/s atau 1800 km/h. Hal ini. Di dalam suatu ruang pergerakan partikel gas tersebut (analogie terhadap zat cair juga) bergerak bebas dan tidak teratur. GERAK BROWN Gerak Brown adalah gerakan terus menerus dari suatu partikel zat cair ataupun gas.

Seperti keyakinan Prof. Morikawa. Namun kombinasi antara ketekunan. Lawatan ini cukup unik. Tahun berikutnya. Satu hal penting yang dapat kita pelajari dari kuliah ini adalah fakta bahwa sebagai manusia biasa Einstein pernah hampir putus-asa karena sulitnya problem relativitas. Kuliah ini merupakan bagian dari lawatan Einstein ke Jepang selama 43 hari di penghujung tahun 1922 bersama istrinya Elsa. TEORI RELATIVITAS ALBERT ENSTAIN Pengantar: Siapa yang tidak kenal formula Einstein E = m c2 atau paradoks si kembar yang mendapati saudara kembarnya sudah jauh lebih tua setelah ia melakukan perjalanan dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya? Namun tidak semua orang tahu kalau "keajaiban" tersebut hanyalah bagian kecil dari teori relativitas Einstein. Selama kunjungan tersebut. merupakan faktor yang akhirnya menentukan keberhasilan Einstein melahirkan kedua teori relativitas tersebut. Saya pun tidak ingin menyampaikan secara rinci perkembangan pemikiran saya berdasarkan makalah-makalah ilmiah saya.2. kerja keras. Pada tanggal 14 Desember 1922 Albert Einstein menyampaikan kuliah umum di depan mahasiswa Kyoto Imperial University tentang ide-ide yang melatar-belakangi lahirnya teori relativitas khusus dan umum. Einstein memiliki jadwal yang sangat ketat. saya pun sependapat bahwa artikel ini selayaknya diketahui masyarakat. Hal ini disebabkan oleh adanya beragam kompleksitas yang secara tidak langsung memotivasi pemikiran manusia. Saya tidak dapat mengatakan secara eksak darimana ide semacam ini muncul. Masahiro Morikawa dari Ochanomizu University menerjemahkan artikel tersebut ke dalam bahasa Inggris dalam buletin Asosiasi Himpunan Fisikawan Asia Pasifik yang terbit bulan April lalu. Bukanlah suatu hal yang mudah untuk menceritakan secara lengkap bagaimana saya mendapatkan teori relativitas. kejeniusan. serta bagaimana sebenarnya Einstein mendapatkan teori relativitas tersebut. Pertamakali saya mendapatkan ide untuk membangun teori relativitas sekitar 17 tahun lalu (1905). namun saya akan secara sederhana menyampaikan pada anda esensi perkembangan pemikiran tersebut. Oleh karena itu gerakan ether . Berikut adalah terjemahan pidato Einstein tersebut. Cahaya merambat dalam lautan ether dan bumi bergerak dalam ether yang sama. karena inilah satu-satunya lawatan Eistein ke Asia. catatan kuliah ini diterbitkan oleh sebuah majalah bulanan Jepang yang bernama Kaizo. Hal ini tentu saja patut menjadi renungan bagi para ilmuwan di republik ini. namun saya yakin ide ini berasal dari masalah optik pada benda-benda yang bergerak. hubungan baik dengan sesama ilmuwan. ia harus memberikan kuliah untuk para profesional (fisikawan) serta publik umum. Prof. serta keberuntungan yang ia miliki.

sebuah percakapan dengan teman saya di Bern membantu saya memecahkan masalah besar ini. kesimpulan ini bertentangan dengan hukum komposisi kecepatan yang dianut saat itu. Esoknya saya katakan kepadanya : "Terimakasih banyak. jelas memperlihatkan sifat invarian (tidak berubah) cahaya. dengan kata lain gerakan bumi di dalam ether.haruslah dapat diamati dari bumi. Masalah ini terlihat terlalu berat untuk saya! Suatu hari. Waktu haruslah bergantung pada kecepatan sinyal. Saya berkenalan dengan hasil-nihil (null-result) eksperimen Michelson saat saya masih mahasiswa dan sejak saat itu saya sangat terobsesi dengan ide saya. Ini adalah langkah pertama yang menarik saya ke arah teori relativitas khusus. Lebih-lebih pada fakta bahwa persamaan yang sama berlaku dalam sistem koordinat bergerak serta sistem vakuum. Sejak saat itu saya mulai yakin bahwa jika bumi bergerak mengelilingi matahari maka gerakannya tidak pernah dapat dideteksi dengan eksperimen yang menggunakan cahaya. Sebenarnya saya mengharapkan kemungkinan pengamatan pada perbedaan antara kecepatan cahaya yang bergerak searah dengan gerakan bumi dan cahaya yang bergerak berlawanan (dengan bantuan pantulan cermin). Walau demikian. namun saat itu saya tidak begitu familiar dengan eksperimen Michelson." Ide utama saya untuk pemecahan masalah ini berkenaan dengan konsep waktu. Masalah besar ini dapat diselesaikan dengan konsep baru tentang waktu. Setelah itu saya mencoba mengembangkan argumen Lorentz pada hasil eksperimen Armand Fizeau dengan mengasumsikan bahwa persamaan gerak elektron. Ide ini mirip dengan eksperimen interferensi Albert Michelson. Pada saat itu saya sama sekali tidak meragukan eksistensi ether serta gerakkan ether tersebut." Saya menghabiskan pelbagai diskusi dengannya. Tiba-tiba saya mendapatkan ide yang sangat penting. Saya harus menghabiskan setahun penuh dengan sia-sia dalam mengeksplorasi kesempatan memodifikasi teori Lorentz. Saya juga tidak memiliki keraguan akan keabsahan prinsip ini dari sisi filosopis. Pada tahun 1895 saya membaca makalah Hendrik Lorentz yang mengklaim bahwa ia dapat memecahkan problem elektrodinamika seutuhnya melalui pendekatan pertama. berlaku dalam sistem koordinat baik yang mengacu pada benda bergerak maupun pada vakuum. . sebagaimana telah dibuktikan Lorentz. Sekarang saya ingin membagi masalah ini dengan anda. yaitu suatu pendekatan dimana pangkat dua atau lebih dari rasio antara kecepatan benda dan kecepatan cahaya diabaikan. Saya sangat terdorong untuk membuktikan aliran ether relatif terhadap bumi. Hanya dalam lima minggu saya dapat menyelesaikan prinsip relativitas khusus setelah penemuan tersebut. Waktu tidak boleh didefinisikan a priori sebagai suatu realitas absolut. Saya yakin dengan keabsahan elektrodinamika yang disusun oleh Maxwell dan Lorentz dan saya sangat yakin bahwa mereka dengan tepat menjelaskan fenomena alam yang sebenarnya. Saya telah memecahkan seluruh masalah saya. Namun saya tidak pernah menemukan satu bukti pengamatan aliran ether tersebut di dalam literatur fisika. Secara intuisi saya merasakan bahwa jika kita menerima hasil-nihil tersebut maka ia akan mengantarkan kita pada satu kesimpulan bahwa pandangan kita tentang bumi yang bergerak di dalam ether adalah salah. Saya mengunjunginya pada hari yang cerah dan bertanya padanya: "Saat ini saya sedang dihadapkan pada masalah besar yang saya kira tidak pernah dapat diselesaikan. Mengapa kedua hukum dasar ini bertentangan satu sama lain? Masalah besar ini membuat saya berfikir keras. Ide saya dapat direalisasi dengan menggunakan sepasang termokopel untuk mengukur perbedaan panas atau energi mereka.

apa yang harus saya letakkan sebagai landasan teori saya? Masalah ini tetap tak terselesaikan hingga tahun 1912. Pada tahun 1907 saya diminta oleh Johannes Stark untuk menulis ulasan tentang pelbagai hasil eksperimen dari teori relativitas khusus dalam laporan tahunannya Jahrbuch der Radioaktivitaet und Elektronik. sementara relasi antara kelembaman dan berat (inersia dan sistem gravitasi) tidak tersentuh sama sekali. paling tidak sebagian jika dibandingkan dengan kesuksesan teori relativitas umum. Saya curiga bahwa masalah ini berada jauh di luar cakupan teori relativitas khusus." Pengamatan yang dilakukan oleh orang ini sebenarnya dilakukan pada sistem yang dipercepat. Hal ini disebabkan karena jika sistem-sitem semacam ini diizinkan. Saya memutuskan untuk memperluas prinsip relativitas dengan memasukkan percepatan. Saya juga berharap. Saya benarbenar ingin mencari jalan untuk menerapkan teori ini pada kasus gravitasi." Ide sederhana ini memberi saya pemikiran yang mendalam. Namun saya tidak dapat menyelesaikan hal ini dengan mudah. Ketika diminta untuk menulis artikel ini saya sadar bahwa teori relativitas khusus dapat diterapkan pada semua fenomena alam kecuali gravitasi. Langkah pertama menuju teori relativitas umum muncul dua tahun kemudian (1907) dengan cara yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa orang yang jatuh bebas tidak merasakan berat badannya akibat adanya medan gravitasi lain yang menghilangkan medan gravitasi bumi. Saya tidak terlalu puas dengan teori relativitas khusus karena prinsip relativitas hanya terbatas pada gerak relatif dengan kecepatan konstan namun tidak dapat diaplikasikan pada gerak secara umum. Namun jelas hal ini tidak cocok dengan geometri biasa.Lagipula prinsip ini sesuai dengan prinsip Mach. Suatu hari saya sedang duduk di atas sebuah kursi di Kantor Paten Swiss di Bern. Kita harus mempersiapkan kata-kata tersebut sebelum kita dapat menjelaskan pemikiran kita. "Seseorang yang jatuh bebas tidak akan mengetahui berat badannya. Inilah saatnya sebuah ide cemerlang melintas di benak saya. dengan menggeneralisasi teori ini saya akan sekaligus memecahkan masalah gravitasi. koordinat permukaan Gauss merupakan peralatan yang sangat penting. Satu hal yang membuat saya frustrasi adalah fakta bahwa meski teori relativitas khusus memberikan relasi yang sempurna antara kelembaman dan energi. saya hanya mendapatkan potonganpotongan dasar teori tersebut. Namun saya tidak mengetahui bahwa George Riemann sebelumnya telah mengembangkan . Inilah cara saya membangun teori relativitas khusus. Dengan kata lain. Meski demikian saya tidak dapat memecahkan masalah ini secara utuh. Emosi liar yang melanda saya saat itu mendorong saya ke arah teori gravitasi. Saya kembali berfikir. maka geometri Euclidean tidak berlaku di setiap sistem. Menjelaskan hukum fisika tanpa geometri sama saja dengan menjelaskan suatu pemikiran tanpa kata-kata. Ernst Mach juga mengklaim prinsip ekivalensi antar sistem-sistem yang dipercepat. Pada tahun itu saya menyadari bahwa teori permukaan Karl Friedrich Gauss dapat menjadi dasar yang baik untuk memecahkan misteri di atas. setiap benda yang dipercepat membutuhkan medan gravitasi baru. Bagi saya. Sebelum itu. "Seseorang yang jatuh bebas memiliki percepatan. Jadi. Delapan tahun saya habiskan untuk menurunkan relasi yang nyata.

Riset ini didasarkan pada pembahasan syarat batas teori relativitas umum dan argumen kelembaman Mach. Selanjutnya. saya berkolaborasi dengannya dalam menulis sebuah makalah pada tahun 1913. Inilah untuk pertamakali saya belajar darinya hasil karya Curbastro Ricci serta makalah-makalah Riemann. seorang ahli matematika. Dengan demikian saya berhasil memecahkan masalah kosmologi. Dua tahun berikutnya berlalu saat saya masih memutar otak untuk memecahkan masalah ini. sayangnya. Pada akhirnya saya menemukan satu kesalahan pada perhitungan saya sebelumnya. Saya yakin jika sifat penting ini membuat teori relativitas umum memuaskan kita bahkan dalam pandangan epistemologi sekalipun. Saya hanya ingat teori Gauss yang saya dapat dalam kuliah dari seorang dosen matematika bernama Carl Friedrich Geiser ketika saya masih mahasiswa. Riset yang saya lakukan menyangkut geometri dan waktu jagad raya. Marcel Grossmann. meski persamaan gravitasi yang sesungguhnya belum dapat diturunkan saat itu. Meski saya tidak mengetahui sejauh mana dampak ide Mach pada substansi relativitas umum dari kelembaman. menghasilkan banyak kesimpulan yang bertentangan dengan harapan saya. Sekembalinya saya ke Zurich dari Praha saya menemui teman dekat saya. Sebagai hasilnya diperoleh bahwa kelembaman muncul sebagai satu sifat relatif di antara materi dan haruslah lenyap jika tidak ada benda lain yang berinteraksi dengannya. saya yakin bahwa pemikiran besar ini merupakan filosopi dasar saya. Saya tanyakan kepadanya apakah masalah saya dapat diselesaikan dengan teori Riemann. Mula-mula saya mencoba membuat syarat batas persamaan gravitasi menjadi invarian. Ia membantu saya mencarikan referensi-referensi matematika yang agak asing bagi saya ketika saya masih di kantor paten Swiss di Bern. yaitu apakah invarian dari elemen garis cukup untuk menentukan seluruh koefisien yang saya cari.dasar-dasar geometri yang sangat mendalam. Terimakasih banyak. Saya kembali mencoba menurunkan persamaan gravitasi yang benar berdasarkan teori invarian. . Belakangan saya bahkan dapat menghilangkan batasan ini dengan asumsi bahwa jagad raya bersifat tertutup. jawaban akhir muncul di depan saya. Dengan ini saya ingin mengakhiri cerita singkat saya tentang bagaimana saya membangun teori relativitas. Penyelidikan lebih lanjut dengan menggunakan teori Riemann. Setelah tahun 1915 saya mulai mengerjakan problem kosmologi. Setelah dua minggu bekerja. Jadi saya semakin yakin bahwa sifat-sifat dasar dari geometri haruslah memiliki arti fisis.

Di masa depan hidup kita akan benar-benar simpel! wattson wireless electricity wireless electricity . Mereka mengidentifikasi bahwa getaran listrik dapat mentransfer energi antara dua titik tanpa menggunakan media dengan menggunakan resonansi. ³Selama laptop berada dalam ruangan yang menggunakan wireless power. laptop itu dapat menge*-charge secara otomatis´ Riset ini di danai oleh Army Research Office.Tim riset dah MIT telah menemukan cara untuk menghantar listrik tanpa media. salah satu anggota tim riset tadi. PENEMUAN LISTRIK WIRELESS Unik tapi Fakta . alias wireless! Mereka telah berhasil menghantarkan listrik tanpa media sejauh dua meter dengan menggunakan prinsip yang sama dengan bagaimana penyanyi opera dapat meretakkan gelas dari jarak jauh. National Science Foundation dan the Departement of Energy. Resonansi berarti transfer energi antara dua bidang yang berjauhan yang mempunyai frekuensi yang sama. Professor Peter Fischer.3. Tim MIT menamakan konsep ini ³WiTricity´ (Wireless Eletricity) dan merealisasikannya dengan menyalakan lampu bohlam 60Watt dari jarak dua meter. menjelaskan bahwa teknologi tadi dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan listrik lebih besar seperti laptop.

Hukum induksi Faraday. Gaya mekanik (seperti yang ditimbulkan oleh air pada bendungan) memutar sebuah magnet besar. dan perubahan medan magnet ini menciptakan medan listrik yang mendorong arus listrik yang kemudian disalurkan melalui jala-jala listrik Hukum Ampere menyatakan bahwa medan magnet dapat ditimbulkan melalui dua cara: yaitu lewat arus listrik (perumusan awal Hukum Ampere). Hukum Gauss untuk magnetisme. Hukum Gauss adalah penjelasan utama mengapa muatan yang berbeda jenis saling tarik-menarik. Kutub-kutub utara dan kutub-kutub selatan selalu saling berpasangan. muatan listrik dan arus listrik. Hukum induksi Faraday mendeskripsikan bagaimana mengubah medan magnet dapat menciptakan medan listrik. masih dimungkinkann buat memiliki gelombang osilasi medan magnet dan medan listrik yang stabil dan dapat menjalar terus-menerus. dan Hukum Ampere. Keempat persamaan ini digunakan untuk menunjukkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik. dan yang sama jenisnya tolak-menolak. Ini merupakan prinsip operasi banyak generator listrik. dan lebih lanjut lagi meramalkan bahwa gelombang ini mestilah memiliki laju . Muatan-muatan tersebut menciptakan medan listrik. dan sebaliknya. Deskripsi konseptual y Hukum Gauss menerangkan bagaimana muatan listrik dapat menciptakan dan mengubah medan listrik. Keempat persamaan ini dengan Hukum Lorentz merupakan kumpulan hukum lengkap dari elektrodinamika klasik. Keempat persamaan Maxwell ini mendeskripsikan gelombang ini secara kuantitatif. meskipun tidak ada muatan listrik atau arus listrik. y y y Koreksi Maxwell terhadap Hukum Ampere cukup penting: dengan demikian. dan dengan mengubah medan listrik (tambahan Maxwell). keempat persamaan ini masing-masing disebut sebagai Hukum Gauss. Teori MAXWELL Persamaan Maxwell adalah himpunan empat persamaan diferensial parsial yang mendeskripsikan sifat-sifat medan listrik dan medan magnet dan hubungannya dengan sumbersumbernya. hukum ini menyatakan bahwa perubahan medan listrik dapat menimbulkan medan magnet. yang ditanggapi oleh muatan lain melalui gaya listrik Hukum Gauss untuk magnetisme menyatakan tidak seperti listrik tidak ada partikel "kutub utara" atau "kutub selatan". menurut teori elektrodinamika klasik. Medan listrik cenderung untuk bergerak dari muatan positif ke muatan negatif. Secara terpisah. Dengan demikian.4.

Bunyi teori maxwell adalah : Karena perubahan medan magnet dapat menimbulkan medan listrik. Akan tetapi maxwell belum dapat membuktikan hipotesanya selama hidupnya. Dengan demikian. maka sebaiknya perubahan medan listrikpun akan dapat menimbulkan medan magnet. . dengan menggunakan kumparan Ruhmkorf. Maxwell mengenai gelombang elektro magnetic ini adalah Heinrich hertz.tertentu yang universal. Ia berhasil membuktikan teori Maxwell pada tahun 1880. seorang fisikawan Jerman. gelombang radio dan lain-lainnya). elektromagnetisme dan optika. Maxwell memadukan dua bidang yang sebelumnya terpisah. Laju ini dapat dihitung cukup dari dua konstanta fisika yang dapat diukur (konstanta elektrik dan konstanta magnetik) Laju yang dihitung untuk radiasi elektromagnetik tepat sama dengan laju cahaya. Orang yang pertama kali menguji hipotesa. Cahaya memang merupakan salah satu bentuk radiasi elektromagnetik (seperti juga sinar X.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->