PENGANTAR MANAJEMEN RUMAH SAKIT & GAMBARAN UMUM RUMAH SAKIT

Dr. H. Masyhudi AM, M.Kes.

artinya tangan yang pegang kendali kuda agar sang kuda dapat diarahkan mencapai tujuan dengan baik .Pengertian Manajemen ‡ Manajemen berasal dari bhs Latin manui.

Definisi Manajemen (1) ‡ Manajemen : Suatu seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain (definisi klasik) ‡ Manajemen : seni dan ilmu. 1974) . atau seni yang mempunyai landasan ilmiah (Modern Health Administration.

organizing. (Kadarman & Udaya. pengorganisasian.Definisi Manajemen (2) ‡ Manajemen : proses perencanaan. 1993) . controlling (POAC) ‡ Manajemen : rentetan langkah terpadu yang mengembangkan organisasi sebagai suatu sistem yang bersifat sosio-ekonomis-teknis. actuating. memimpin dan mengawasi usaha-usaha dari anggota organisasi dan dari sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan / planning.

taktik & kebijakan teknik yg telah ditetapkan .Tiga Tingkatan Manajer ‡ Manajer puncak : penentu kebijakan umum yang strategis ‡ Manajer menengah : pengarah kegiatan praktis & implementasi kebijakan organisasi ‡ Manajer rendah : operasionalisasi strategi.

keilmuan & latar belakang .Karakteristik Manajer RS ‡ Manajemen bebek merenangi kolam ‡ Bersifat unik. berperan ganda dalam pelayanan (customer eskternal & internal).

Lingkup Manajemen RS ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) RS Manajemen Keperawatan Manajemen Farmasi Rumah Sakit Manajemen Logistik Rumah sakit Manajemen Pemasaran Rumah Sakit Manajemen Keuangan & Akuntansi Rumah Sakit Manajemen Informasi Rumah Sakit Manajemen Resiko & Keselamatan Kerja Rumah Sakit Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Rumah Sakit Dll .

Pengertian Istilah Rumah Sakit ‡ Istilah Hospital berasal dari kata latin : ± hostel : tempat bagi para pengungsi yang sakit. lemah dan sakit ± Institusi sosial untuk pendidikan dan kaum muda ± Institusi untuk merawat mereka yang sakit dan cedera . menderita dan miskin ± hospitium : tempat/ruangan untuk menerima tamu ‡ Dalam kamus Inggris Oxford didefinisikan : ± Tempat untuk istirahat dan hiburan ± Institusi sosial untuk mereka yang membutuhkan akomodasi.

1978) . baik yang bersifat bedah maupun non bedah (American Hospital Association.Definisi RS (1) ‡ Institusi (atau fasilitas) yang menyediakan pelayanan pasien rawat inap (definisi klasik) ‡ Institusi yang fungsi utamanya memberikan pelayanan kepada pasien diagnostik dan terapetik untuk berbagai penyakit dan masalah kesehatan.

Definisi RS (2) ‡ Sarana kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara merata dengan mengutamakan upaya penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dalam upaya peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit dalam suatu tatanan rujukan serta dapat dimanfaatkan untuk pendidikan tenaga kesehatan dan penelitian (SK Menkes) .

dan gawat darurat .Definisi RS menurut UU No. rawat jalan. 44 Tahun 2009 ‡ Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap.

Hospital Administration Handbook (1984) menyatakan : Rumah Sakit adalah salah satu sistem kesehatan yang paling komplek dan paling efisien di dunia .

Karakteristik RS ‡ Padat Modal ‡ Padat Teknologi ‡ Padat Profesi ‡ Padat Karya ‡ Padat Sistem ‡ Padat Mutu ‡ Padat Masalah ‡ Padat Risiko ‡ Padat Error .

Organisasi Fungsional RS (Sistem Tripartit) ‡ Badan Pengampu (BP) : kekuasaan kepemilikan ‡ CEO : Kekuasaan ekskutif manajerial untuk mengoperasikan Rumah Sakit ‡ Staf Medis Fungsional : Kekuasaan keahlian untuk memenuhi kebutuhan konsumen .

Tiga Bidang di Rumah Sakit ‡ Pelayanan Medis & Keperawatan ‡ Pelayanan Penunjang Medis ‡ Administrasi Umum & Keuangan .