STATISTIKA

Uji Reabilitas dan Validitas
Resto D COST

Kelompok
-Vita Harmani -Arrizqy nur Shabrina

12
5208100099 5209100053

kelas

-Irwan Haryo Yudananto 5209100076 -Yosua PW Simaremare 5209100161

SISTEM INFORMASI-

FTIF

INSTITUTE TECHNOLOGY SEPULUH NOPEMBER

Tugas Statistik Uji Reabilitas dan Validitas
Hasil jawaban responden dari kuisioner yang telah dibuat dimasukkan ke dalam SPSS. Dalam variable view ditulis dalam bentuk seperti gambar dibawah ini

Kemudian pada data view dimasukkan semua jawaban dari responden sesuai dengan skala yang sudah ditentukan pada awalnya (skala 1-5 dimana 1=sangat tidak puas sampai 5=sangat puas).hasilnya

Setelah semua jawaban dari responden dimasukkan akan dilakukan uji-uji yaitu uji reliabilitas dan uji validitas Uji Reliabilitas Uji realibilitas ialah alat untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan indikator dari variabel. Suatu kuisinoer dikatakan reliabel atau handal jika jawaban sesorang terhadap pertanyaan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Sehingga uji reliabilitas digunakan sekaligus untuk mengecek konsistensi dari jawaban responden. klik Analyze Scale Reliability Analysis . Setelah memasukkan semua jawaban dari responden. Suatu kuisioner dikatakan reliabel bila nilai Cronbach Alpha bernilai >0. untuk mengukur reliabilitas adalah dengan menggunakan uji statistik Cronbach Alpha. Reliabel pasti konsisten.6 di setiap segmen pertanyaan dari quisioner tersebut Langkah-langkah melakukan uji Cronbach Alpha 1. namun konsisten belum tentu reliabel. Pada SPSS.

Jangan langsung diOK. Setelah itu klik Continue . 3. Beri tanda (v) pada checkbox Item. Scale if item deleted. Setelah keluar kotak seperti dibawah ini. dan pada inter-item yang Correlations. Scale.2. Klik Statistics dipojok kanan. masukkan semua variabel dari segmen yang ingin diuji (segmen kelezatan).

.4. Jika kita lihat di nilai Cronbanch s Alpha telah mencapai 0. Jika nilai cronbanch s alpha dibawah 0.6 atau sampai minus.6) oleh karena itu segmen kelezatan telah reliable. Setelah itu klik OK dan lihat hasil ujinya. coba dilihat pada jawaban responden apakah ada yang nol.673 ( > 0.

kecepatan. bila pertanyaan tersebut dihapus. Lakukan uji yang sama pada segmen-segmen yang lain (kenyamanan. Segmen Kenyamanan Cronbanch s Alpha = 0. 6.dan keramahan). maka nilai Cronbach Alpha akan berubah menjadi seperti itu 5.743 reliable. .Untuk menaikkan nilai Cronbach Alpha dapat dilihat pada Crobach Alpha if Item deleted Disitu dimaksudkan.

Segmen kecepatan Cronbanch s Alpha = 0.668 reliable. .7.

.

8.808 reliable. . Segmen keramahan Cronbanch s Alpha = 0.

.

Klik Analyze Dimension Reduction Factor . Uji Confirmatory Factor Analysis digunakan untuk menguji apakah konstruk mempunyai unidimensionalitas. Langkah-langkah melakukan Uji Confirmatory Factor Analysis 1. dan menguji apakah indikator-indikator dapat digunakan untuk mengkonfirmasikan variabel. Jika memang benar dapat mengindikasikan variable. Suatu kuesioner dinyatakan valid jika pertanyaan pada kuesioner mampu mengungkapkan sesuatu yang akan diukur oleh kuesioner tersebut.Uji Validitas Uji validitas dilakukan untuk mengukur sah (valid) atau tidaknya suatu kuesioner.5. maka nilai loading factor dan KMO MSA akan bernilai > 0. Uji validitas yang digunakan pada SPSS adalah Uji Confirmatory Factor Analysis.

Klik Descriptives pada pojok kanan. Masukkan semua variabel yang berskala linkert . jangan langsung di OK 3.2. Kemudian klik Continue . Beri tanda (v) pada checkbox KMO and Bartlett s test of sphericity.

Setelah itu klik OK.4. Kemudian klik Continue 5. Kemudian klik Rotation pada pojok kanan. kita dapat melihat nilai KMO-nya adalah 0.5) oleh karena itu quisioner ini adalah valid. . Maka akan keluar hasil dari Uji Confirmatory Factor Analysis. Pilih yang Varimax.524 ( > 0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful