Manajemen Pemasaran Jasa

pelaksanaan dan pengendalian kegiatan menghimpun dana.Strategi Pemasaran ‡ Strategi Pemasaran ‡ Pengertian Pemasaran Bank ± Suatu proses perencanaan.: ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Produk bank Rasa aman berhubungan dengan bank Kenyamanan berhubungan dengan bank Dihormati Persahabatan Diberi perhatian Pretise ± Keinginan nasabah. merupakan kebutuhan yang dibentuk oleh kultur dan kepribadian individu seperti : ‡ Pelayanan yang cepat bermutu / memuaskan ‡ Memproleh komitmen bank ‡ Dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi .l. menyalurkan dana dan jasa keuangan lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kepuasan masyarakat ± Kebutuhan nasabah a.

bank memiliki sasaran yang hendak dicapai antara lain peningkatan pelayanan dan menyediakan ragam produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah ‡ Untuk mencapai sasaran bank perlu : ± ± ± ± ± ± ± Menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah Memberikan nilai lebih terhadap produk yang ditawarkan Menciptakan produk yang memberikan keuntungan Memberikan infotmasi yang dibutuhkan nasabah Memberikan pelayanan maksimal Berusaha menarik minat konsumen untuk menjadi nasabah Berusaha mempertahankan nasabah lama dan mencari nasabah baru ‡ Untuk mengatahui kebutuhan nasabah / masyarakat. bank perlu melakukan riset pemasaran dan memiliki sistem informasi pemasaran .‡ Dalam melakukan pemasaran.

‡ Riset juga dilakukan untuk mengatahui apa yang telah dilakukan pesaing sehingga bank dapat menawarkan produk yang berbeda ‡ Bank juga perlu mengetahui lingkungan pemasaran karena lingkungan pemasaran akan sangat berpengaruh terhadap produk yang ditawarkan ‡ Dengan diketahuinya kebutuhan calon nasabah dan lingkungan pemasaran yang mempengaruhinya akan memudahkan bank dalam menentukan strategi guna merebut hati calon nasabah ‡ Strategi yang dilakukan meliputi : ± ± ± ± Strategi produk Strategi harga Strategi lokasi Strategi promosi .

‡ Tujuan Pemasaran ± Merangsang konsumsi sehingga menarik nasabah untuk membeli produk bank secara berulang ulang ± Memaksimumkan kepuasan konsumen melalui berbagai pelayanan yang diinginkan nasabah ± Memaksimumkan pilihan ragam produk sehingga nasabah memiliki berbagai ragam pilihan ± Memaksimumkan mutu hidup dengan memberikan berbagai kemudahan kepada nasabah dan menciptakan iklim yang effisien .

‡ Konsep Penjualan ± Konsep mempunyai landasan berfikir bahwa konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk terkecuali perusahaan menjalankan suatu usaha promosi dan penjualan yang kokoh ± Konsep ini menekankan pada kegiatan promosi yang agresif dan gencar ‡ Konsep Pemasaran ± Konsep yang menyatakan bahwa kunci untuk mencapai sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan pemenuhan kepuasauan yang diinginkan pasar ± Dasar konsep ini antara lain adalah : ‡ Mencintai pelanggan ‡ Temukan keinginan pelanggan dan penuhi keinginan tersebut ‡ Membuat produk yang dapat anda dijual bukan menjual produk yang dapat anda buat .

‡ Konsep Pemasaran ± Terdapat beberapa konsep pemasaran dimana masing masing konsep memiliki tujuan yang berbeda. oleh karena itu perusahaan harus senantiasa melakukan pengembangan produk (product development) . sesuai perkembangan pengetahuan produsen (bank) dan konsumen (nasabah) dan juga terkait dengan jenis usaha dan tujuan perusahaan ‡ Konsep Produksi ± Konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan konsumen maka manajemen harus berkonsentrasi pada peningkatan efisiensi produk dan distribusi ± Konsep ini menekankan pada volume produksi yang seluas luasnya dengan harga yang serendah mungkin ‡ Konsep Produk ± Konsep ini berpegang pada prisip bahwa konsumen akan menyenangi produk yang menawarkan mutu dan kinerja yang paling istimewa ± Konsep ini menekankan pada kualitas dan penampilan produk.

‡ Bagi dunia perbankan konsep yang layak adalah Konsep Pemasaran karena dalam konsep ini pelanggan (nasabah) benar benar mendapat perhatian sehingga tetap setia menggunakan produk jasa yang dihasilkan bank .

Kepuasan Nasabah ‡ Persaingan yang semakin ketat menyebabkan perhatian dan orientasi pada kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama. hal ini tercermin dengan semakin banyaknya komitmen terhadap kepuasan pelanggan baik yang disampaikan melalui pariwara atau humas ‡ Menurut Philip Kotler.: ± Hubungan antara bank dengan nasabah menjadi harmonis ± Terciptanya loyalitas pelanggan sehingga transaksi berulang kembali ± Memberikan rekumendasi dari mulut ke mulut .l. bahwa kepuasan pelanggan (nasabah) adalah tingkat perasaan sesorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya ‡ Terciptanya kepuasan pelanggan memberikan manfaat pada bank a.

yaitu keinginan para staf dan karyawan untuk membantu para pelanggan dan memberikan pelayanan dengan tanggap ± Jaminan. kesopanan. pegawai dan sarana komunikasi ± Keandalan yaitu kemampuan memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera. kemampuan.‡ Dalam mengevaluasi jasa yang bersifat maya (intengible) pelanggan menggunakan beberapa faktor sbb : ± Bukti langsung meliputi: fasilitas fisik. akurat dan memuaskan ± Daya tanggap. dipercaya dan bebas dari bahaya keragu raguan ± Empati. perlengkapan. perhatian pribadi serta memahami kebutuhan pelanggan . mencakup pengetahuan. meliputi kemudahan dalam melakukan hubungan komunikasi yang baik.

‡ Philip Kotler mengidentif 4 metode untuk mengukur kepuasan pelanggan / nasabah: ± ± ± ± Sisitem saran dan keluhan Ghost Shopping Lost Customer Analysis Survey kepuasan pelanggan ‡ Variabel utama yang menentukan kepuasan pelanggan yaitu: ± ± ± ± ± Harapan (expectation) Kinerja (perceived performance) Bila Harapan > Kinerja = nasabah tidak puas Bila Kinerja > Harapan = nasabah puas Jadi Kepuasan Pelanggan = f (harapan & kinerja) .

‡ Untuk meningkatkan kepuasan nasabah diperlukan beberapa strategi ± Relationship Marketing ‡ Jaringan personal sehingga kemitraan dengan nasabah dapat berlanjut ± Superior Customer Services ‡ Menawarkan pelayanan yang lebih baik ± Unconditional Guarantees ‡ Komitmen untuk memelihara kepuasan nasabah dengan mendinamiskan penyempurnaan produk ± Penanganan Keluhan Nasabah ‡ Merupakan peluang untuk merubah nasabah yang tidak puas menjadi nasabah yang puas ± Peningkatan kinerja bank ‡ Memberikan pendidikan dan pelatihan kepada karyawan ± Quality Function Development ‡ Merancang suatu proses sebagai tanggapan terhadap kebutuan nasabah .

: ± Merupakan kesempatan untuk memperbaiki kekeliruan dalam pelayanan ± Kesempatan untuk merubah dari nasabah yang kurang puas menjadi nasabah yang puas ± Menangani keluhan nasabah dengan benar. merupakan untuk mencegah nasabah lari ke bank pesaing ± Keluhan nasabah pada dasarnya baik karena keluhan yang terjadi menuntut pelayanan yang bermutu .l.l.‡ Nasabah mengeluh a.karena : ± Pelayanan yang diharapkan tidak didapatkan ± Nasabah merasa tidak dipedulikan ± Tidak ada yang bersedia mendengar apa yang disampaikan nasabah ± Nasabah diperlakukan dengan kasar ± Tidak ada perhatian pribadi untuk nasabah ± Tidak seorangpun petugas yang menerima tanggung jawab bila ada kesalahan dalam pelayanan yang diberikan ‡ Perlunya penanganan keluhan nasabah a.

teknologi serta lingkungan. struktur. wewenang yang diberikan kepadanya (Authority) dan kekuatan untuk melakukan perubahan (Force) Jadi Power = Influence + Authority + Force Dalam proses organisasi hubungan orang akan dapat mempercepat atau memperlambat gerak dalam organisasi ‡ ‡ ‡ ‡ . dengan orang sebagai titik sentrlanya) Dengan demikian terlihat bahwa prilaku orang didalam organisasi dipengaruhi oleh ³Power´ yang mencerminkan berapa besarnya ppengaruh yang dimiliki seseorang (influence). proses. tujuan.Organisasi Pemasaran ‡ Setiap hubungan kerja dalam organisasi selalu ada hubungan vertikal antara atasan dan bawahan dan hubungan horizontal antara bank dengan masyarakat yang dilayani Pada dasarnya setiap prilaku orang dalam organisai adalah ³Sistemik´ yaitu prilaku para anggota organisasi yang terkait dengan elemen organisasi (orang.

cepat dan akurat ± Pelayanan yang diberikan hendaknya merupakan proses yang wajar dan tidak perlu memberikan janji janji muluk (over services) yang menyesatkan . disebabkan emosi. nilai dan kebiasaan yang berbeda ± Fisik. tempat pelayanan terpusat sehingga nasabah antri berjejal ± Semantik atau Euphemisme. penghalusan makna (tolong atur.‡ Hambatan hubungan orang dalam organisasi disebabkan : ± Pribadi. dengan demikian diperlukan kearifan dalam berkomunikasi ± Menghindari birokrasi yang berlebihan agar menjadi lebih pendek dan lancar sehingga ungkapan ³small is beautiful´ menjadi realitas dalam bentuk pelayanan yang baik. pasti saya tidak lupa) ‡ Untuk mengatasi hambatan hubungan tersebut perlu ditumbuhkan : ± Kepekaan untuk membiasakan diri bagaimana mempresentasikan diri yang mapu menerobos hati orang lain hingga berkenan dihatinya.

Account Officer ‡ Peran seorang Account Officer pada pemasaran jasa sangat menonjol karena: ± Melakukan consultative selling. meelalui langkah: ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Mengidentifikasi masalah Menentukan alternatif Pengumpulan fakta dari alternatif Evaluasi alternatif Merumuskan rencana kegiatan pelayanan ± Menanamkan rasa kesetiakawanan (partnership) pada nasabah sehingga dipercaya dalam mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi nasabah ± Membantu mengembangkan usaha nasabah dalam posisi seorang penjual jasa finansial. menjadi posisi yang penting / menentukan akan suksesnya strategi pemasaran bank . Peran Sales Force yang dilaksanakan account officer dalam situasi pasar yang begitu persaing.

‡ Account Officer selaku banker harus memelihara etika bisnis. karena itu seorang banker adalah: ± 1/5 ± 2/5 ± 3/5 ± 4/5 ± 10/5 Accountant Lawyer Economist Gentleman Double size man . etika profesi dan social responsibility yang memerlukan disiplin diri serta meningkatkan kualitas intelektualnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful