ISLAM, WAWASAN KEBANGSAAN DAN NASIONALISME

Prof. Dr. H. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi Agama IAIN Sunan Ampel

. etnis. ekonomi dan budaya.Pengertian ‡ Nasionalisme berasal dari kata natie dan national yang berasal dari kata latin natio yang berarti bangsa yang dipersamakan karena kelahiran ‡ Nasionalisme ada karena adanya kesamaan kepentingan secara umum meskipun terdapat perbdaan dalam ras. politik. agama dan golongan sosial.

Pengertian ‡ Nasionalisme adalah suatu sikap mental di mana loyalitas tertinggi dari individu adalah untuk negara-bangsa ‡ Suatu sikap sosial dan politik dari kelompok-kelompok suatu bangsa yng mempunyai kebudayaan. . bahasa dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan serta merasakan adanya kesetiaan yang mendalam terhadap bangsa.

Nasionalisme ‡ Nasionalisme merupakan perwujudan kesadaran nasional bagi individu atau kelompok sebagai suatu bangsa ‡ Nasionalisme merupakan perwujudan dari imajinasi sebagai bagian atau anggota suatu bangsa ‡ Nasionalisme mensyaratkan adanya solidaritas individu atau kelompok atau masyarakat terhadap bangsa ‡ Nasionalisme terkait dengan kewarganegaraan di dalam suatu bangsa .

Prinsip Dalam Nasionalisme ‡ ‡ ‡ ‡ Kesatuan berbangsa Kemerdekaan berbangsa Persamaan berbangsa Kepribadian berbangsa .

Konsep Agama ‡ Konsep ummah: dari Ummah Islamiyah ke ummah arabiyah ke ummah wathoniyah ‡ Prinsip al-adalah ‡ Prinsip al-musawah ‡ Prinsip al-syuro .

Perlawanan Masyarakat Nusantara terhadap penjajahan Belanda. Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 ‡ Modal Sosial: solidaritas masyarakat nusantara dalam menghadapi berbagai persoalan umum (common enemy) ‡ Modal politik: pergolakan dan konsensus politik dalam ranah kebangsaan dan nasionalisme ‡ Modal kebangsaan: pluralitas dan multikulturalitas yang menyatu dalam bhinneka tunggal ika .Tonggak Nasionalisme Indonesia ‡ Modal sejarah: Sumpah Amukti Palapa. Boedi Oetomo 1908. Jepang dan Inggris.

Tantangan Nasionalisme 1 ‡ Hukum berbasis keadilan ‡ Ekonomi berbasis pemerataan ‡ Politik berbasis artikulasi kepentingan bangsa ‡ Pemerintahan berbasis demokrasi ‡ Sentralisasi dan desentralisasi ‡ Lokalisasi dan globalisasi .

Tantangan Nasionalisme 2 ‡ Gerakan ideologi trans-nasional (Gerakan syariahisasi dan Gerakan Khilafah) ‡ Gerakan ideologi Liberal ‡ Gerakan ideologi kiri .

Yang Bisa Dilakukan ‡ Memperkokoh wawasan bangsa ‡ Menegakkan supremasi hukum ‡ Membina keutuhan NKRI .

UUD 1945.Wawasan Kebangsaan ‡ Wawasan kebangsaan menjadi landasan dan orientasi dari kehidupan bermasyarakat. solusi permasalahan bangsa dan kesetiaan terhadap empat konsensus tentang Pancasila. NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika .

politik dan kemasyarakatan ‡ Supremasi hukum harus ditegakkan di dalam setiap strata dan tatanan kehidupan . eksekutif dan yudikatif ‡ Supremasi hukum harus ditegakkan di dalam kehidupan organisasi sosial.Supremasi Hukum ‡ Supremasi hukum harus ditegakkan dalam penyelenggaraan legislatif.

Kehadiran institusi formal bukan jaminan untuk terwujudnya nilai-nilai syariah di dalam masyarakat. . Sahal Mahfudz ‡ ³«NU berkeyakinan bahwa syariat Islam dapat diimplementasikan tanpa harus menunggu atau melalui institusi formal. Apalagi NU sudah berkesimpulan bahwa NKRI dengan dasar Pancasila sudah merupakan bentuk final bagi bangsa Indonesia´. NU lebih mengidealkan substansi nilai-nilai syariah terimplementasi di dalam masyarakat ketimbang mengidealisasikan institusi.KH.

Dien Syamsudin ‡ ³hubungan antara Islam dan negara adalah hubungan yang simbiotik mutualisme.´ ‡ Indonesia merupakan contoh model hubungan negara yang simbiotik mutualisme . dan agama membutuhkan negara untuk mengembangkan agama dimaksud. negara membutuhkan agama sebagai pijakan moralitasnya.

Menyongsong Perubahan ‡ Negara bukan sebagai eksperimen ‡ Perlu waktu untuk membangun masyarakat sejahtera. adil dan makmur ‡ Proses yang terus berlangsung .

‡ Yang penting adalah masyarakat yang adil. ‡ Demokrasi. UUD 1945 dan NKRI. Radikalisme bukan tujuan tetapi instrumen. HAM. Liberalisme. Liberalisme.KHM. radikalisme dan sebagainya hanyalah pupuk bagi bangsa Indonesia. ‡ Menjadi NU menjadi Indonesia . Muchid Muzadi ‡ Menjadi Orang Indonesia Islam ‡ Berbagai Gerakan seperti demokrasi. HAM. sejahtera dan damai berdasarkan Pancasila.

Akhirnya ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Terima kasih Matur nuwun Matur kasoon Thank you very much Syukran Katsiran .