PROPOSAL PROYEK USAHA MANDIRI

PRODUKSI FISH STICK TENGGIRI

Disusun Oleh : M.YUSUF NIM. B3208281
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Pendidikan di Politeknik Negeri Jember Jurusan Teknologi Pertanian Program Studi Teknologi Industri Pangan

POLITEKNIK NEGERI JEMBER JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN JEMBER 2010

HALAMAN PENGESAHAN USUL PROYEK USAHA MANDIRI 1. Judul Kegiatan 2. Pelaksana Kegiatan a. Nama Lengkap b. NIM c. Program Studi d. Jurusan e. Alamat Rumah/Telp Jember 3. Dosen Pembimbing a. Nama Lengkap b. NIP 4. Biaya Kegiatan Total a. Sumber Lain 5. Jangka Waktu Pelaksanaan : Produksi dan pemasaran fish stick tenggiri : M.Yusuf : B320 8281 : Teknologi Industri Pangan : Teknologi Pertanian : Jl. Hos Ckroaminoto No.56 Balung,

: Ir.Agus Santoso, MSi : 19630815 199202 1 001 : Rp. : Juli 2010 s/d Oktober 2010

Jember, 9 Januari 2011

Menyetujui, Dosen Pembimbing

Pelaksana,

Ir. Agus Santoso, MSi NIP. 19630815 199202 1 001

M.Yusuf NIM. B3208281

Fish stick adalah salah satu produk yang belum banyak dikenal oleh konsumen layak ramai dan demikian pula namanya masih kdengaran asing. Contoh produk olahan perikanan yang siap saji adalah otak-otak ikan. asma. namun produk ini dapat diusahakan sebagai usaha maupun sabagai industry rumah tangga.LATAR BELAKANG MASALAH Indonesia yang tiga perempatnya wilayahnya berupa laut (5. berapa jenis penyakit ginjal membantu penyembuhan penyakit depresi. Di Indonesia pemanfaatan ikan tengegiri sebagai bahan baku untuk pembuatan produk-produk pangan komersial masih kurang sekali . colitis. stroke dan darah tinggi. Produk olahan hasil perikanan begitu marak d pasaran untuk memenuhi kebutuhan protein bagi masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kehidupan modern yang serba sibuk dan banyak menyita waktu. dan sebagainya. dermatitis serta psoriasis.4 juta ton/tahun atau sekitar 7 % dari total penangkapan ikan laut lebih kecil dari 6. rata-rata mengandung 20% protein yang mudah dicerna dengan komposisi aman amino ensensial yang seimbang. Ikan juga mengandung omega 3 yang sangat penting bagi perkembangan jaringan otak. sosis ikan. Lebih dari itu omega 3 dapat mencegah penyakit inflamasi seperti arthritis. fish finger. mencegah terjadinya penyakit jantung .4 juta ton/tahun maka kegiatan usaha perikanan tangkap semestinya dapat berlangsung secara lestari . fish nugget. bakso ikan. Fish stick ikan tenggiri merupakan makanan baru . bakso ikan. memiliki potensi lestari ikan larut seluruhnya 6. skizofrenia serta gejala hiperaktif pada anak-anak. Produk olahan memiliki nilai gizi yang sangat dibutuhkan oleh konsumen.abon ikan. Dalam dua puluh lima tahun terakhir banyak sekali penemuan ilmiah dari para ahli gizi dan kesehatan dunia yang membuktikan bahwa ikan dan jenis seafood lainnya sangat baik untuk kesehatan serta kecerdasan manusia. dibuat dari daging ikan tenggiri terdiri dari jenis ikan demersal yang memiliki daging putih. Jenis daging yang demikian sangat baik digunakan untuk membuat fish stick ikan tenggiri.fish burger.8 juta km2) dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

D. . Bagaimana teknik menentukan strategi pemasaran yang tepat dari berbagai alternatif strategi pemasaran. Di goreng sampai warna putih kecoklatan. 4. Bagaimana mengoperasikan peralatan/Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digunakan untuk membuat stick ikan tenggiri. Produk dipasarkan ke toko-toko kecil. Cara membuat stick ikan tenggiri dengan melakukan penggiligan dan kemudian di campur bumbu penunjang. PERUMUSAN MASALAH Dari latar belakang masalah di atas maka masalah yang dapat dirumuskan dalam Program Usaha Mandiri Kewirausahaan (PUM-K) ini adalah sebagai berikut: A. sehingga menimbulkan image positif terhadap kualitas produk yang dikemas tersebut. Kemasan menggunakan plastik dan diberi label. C. Bagaimana cara membuat Stick ikan tenggiri Dengan Substitusi sebagai kreativitas yang inovatif guna membuka peluang usaha yang bersifat profit oriented.B. B. 3. C. PEMECAHAN MASALAH Alternatif pemecahan untuk mengatasi beberapa masalah yang telah dirumuskan adalah sebagai berikut : 1. 2. kemasan yang bersih dan rapi akan mampu menarik konsumen. Bagaimana teknik membuat merek dan kemasan yang sesuai dengan jenis produk hasil PUM-K yang akan dipasarkan.

perkotaan. Memberikan peluang kepada mahasiswa pelaksana program untuk mengembangkan kemandirian melalui kegiatan memproduksi stick ikan tenggiri. Melakukan analisa usaha. Membuat stick ikan tenggiri dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat luas.. 2. Mengemas produk produk yang sesuai dengan sanitasi dan higiene. E. Mendorong terciptanya kreativitas yang inovatif dalam membuka peluang usaha yang bersifat profit oriented. 2. Memupuk jiwa berwirausaha dan meningkatkan ketrampilan dalam berproduksi dan memasarkan produk stick ikan tenggiri. Inovasi kreatif dari mahasiswa pelaksana program yang berupa stick ikan tenggiri yang dapat menunjang pembangunan di lingkungan kampus. sebagai bekal pembentukan pribadi unggul sesuai profesinya. LUARAN YANG DIHARAPKAN Luaran program yang diharapkan melalui Program Usaha Mandiri Kewirausahaan (PUM-K) ini adalah sebagai berikut: 1. Menambah pengetahuan produk dari perikanan. mengenalkan dan memasarkan stick ikan tenggiri.D. 3. Mempraktekkan kemampuan dan keahlian mahasiswa pelaksana program dalam memproduksi stick ikan tenggiri. serta sikap tanggung jawab dan kerja tim mahasiswa di bidang profesi masing-masing. dan pedesaan. . 6. 5. 4. 3. TUJUAN PROGRAM 1.

Md). Dapat digunakan untuk membentuk terciptanya kreativitas yang inovatif dalam membuka peluang usaha yang bersifat profit oriented. 2. khususnya bagi yang berminat untuk mendalami lebih lanjut berkenaan dengan pembuatan stick ikan tenggiri . khususnya di Politeknik Negeri Jember guna mempersiapkan mahasiswa menjadi kreatif. inovatif serta produktif dan bernalar ilmiah. Dapat meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Dapat dihasilkan produk-produk yang menjadi landasan selanjutnya bagi mahasiswa pelaksana program untuk berkarya kreatif guna membuka profit oriented di masyarakat setelah lulus peluang usaha yang bersifat sebagai Ahli Madya (A. 3. maka dari hasil Program Usaha Mandiri Kewirausahaan (PUM-K) ini diharapkan sebagai berikut: 1. KEGUNAAN PROGRAM Berdasarkan pada tujuan dan luaran program di atas.F.

Ikan segar Kandungan Ikan ternyata tak hanya enak dimakan. Fungsi tepung terigu yaitu membangun kerangka kue. Tepung terigu yang digunakan dalam pembuatan brownies adalah tepung terigu dengan kadar protein sedang. dan kanker. tekanan darah tinggi. Hal ini karena proses pengeringan telah mengurangi kadar air sedemikian rupa hingga kandungan protein per 100 gram bahannya menjadi lebih tinggi. dan di atas protein serelia dan kacang-kacangan. TINJAUAN PUSTAKA A. Mutu protein ikan setingkat dengan mutu protein daging. Tepung terigu Tepung terigu merupakan jaringan kerangka dari cake sebagai akibat dari pembentukan gluten dan merupakan bahan pokok untuk pembuatan cake dan memiliki kandungan protein antara 11-13%. mengikat bahan lain dan memndapatkan tekstur yang baik. tetapi kandungan gizinya juga bisa mencegah penyakit degeneratif. B. seperti jantung koroner. sedikit di bawah mutu protein telur. .G. dan tepung protein rendah. Berdasarkan jenis protein yang dikandungnya jenis tepung terigu dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu tepung protein tinggi. stroke. tepung protein sedang. tepung protein sedang mempunyai kandungan protein 10-11% dan terbuat dari campuran gandum jenis hard wheat dan soft wheat (masing -masing 50%) sedangkan tepung terigu protein rendah terbuat dari gandum soft wheat dengan kandungan protein 9-10%. Tepung protein tinggi terbuat dari 100% gandum jenis hard wheat dengan kandungan protein 1113%. Ikan olahan yang sudah dikeringkan umumnya mengandung protein lebih tinggi daripada ikan segar.

tokoferol. sinistrine.C. kalsium. Sedangkan umbi 12 mengandung zat aktif awnin. anti platelet. mineral. Bawang putih termasuk dalam familia Liliaceae dan mempunyai nama ilmiah Allium sativum. camphene. besi dan vit. kalium. B. Sering digunakan dalam memasak dan juga. hal ini sering dipergunakan untuk menginduksi tikus agar hepatotoksik. - Efek yang sering ditemukan pada bawang putih adalah sebagai antikolesterol. Tumbuh baik pada ketinggian 600-1200 dpl dan tumbuh baik pada tanah gromosol (ultisol). . awn. beralur dan berwarna hijau. C). Kandungan kimia yang berada dalam bawang putih ialah vit.terpinen dan histidin.7 Ada juga efek hepatotoksik jika dikonsumsi secara tidak beraturan dan kronik. asam askorbat (vit. Sedangkan antioksidan diteliti dapat membuat resistensi LDL agar tidak teroksidasi. scordinin.dapat berfungsi sebagai tanaman obat. selenium. Bawang sendiri sebenarnya adalah pangkal batang yang berubah fungsi dan bentuknya sedangkan batangnya sendiri merupakan batang semu. germanium. enzim alinase. fosfor. sativine. Aktivitas antioksidannya adalah melalui penangkapan radikal peroksida dengan mekanisme transfer elektron dengan proton berpasangan. allicin berasal dari alinin yang bereaksi dengan allinase membentuk ammonium piruvat dan asam 2-profesulfenat setelah itu akan berkondensasi sendiri menjadi diallil thiosulfinat allicin.4 Sedangkan fungsi antioksidannya adalah dari kandungan alanine. Kandungan bawang yang berfungsi sebagai antioksidan adalah allicin. Hampir mirip dengan bawang merah tetapi pada bawang putih tidak membentuk rumpun melainkan rumput dan siung. Efek samping dari bawang putih yang perlu mendapat perhatian adalah dapat menyebabkan pendarahan. hal ini perlu diwaspadai terutama bagi yang akan menjalani operasi baik operasi besar maupun operasi kecil seperti mencabut gigi. C. untuk mencegah atherosklerosis dan juga anti hipertensi. nicotinic acid. . eugenol. Bawang putih Bawang putih adalah tanaman biasa yang berakar berwarna putih.

Bilangan peroksida dibawah 2 bebas dari warna kuning dan merah (harus berwarna pucat. Mutu minyak kelapa yang baik mempunyai kadar air kurang dari 1. Kandungan asam lemak bebas terendah mungkin (kurang lebih 2% kurang). aktifitas air dalam bahan dapat . Sebelum minyak tersebut belum mengalami perubahan warna dan aroma. Garam dapur bersifat osmosis sehingga mampu menarik air keluar dari jaringan. Dengan demikian. Minyak Goreng Minyak goreng adalah minyak yang berasal dari lemak tumbuhan yang dimurnikan dan berbentuk cair dalam suhu kamar. (Ketaren. garam juga berfungsi menambah cita rasa dan menambah rasa enak pada stick. E. 1984).1% dan kadar kotoran lebih kecil dari 0. merusak tekstur.1986). Minyak goreng biasanya bisa digunakan hingga berkalikali penggorengan. tidak terlalu berakibat kerusakan pada nilai gizi. Selain sebagai bahan pengawet. menambah rasa gurih dan menambah nilai gizi (Winarno. berkurang sehingga daya awet bahan dapat meningkat. Garam Garam dapur (NaCL) merupakan bahan tambahan yang sangat dibutuhkan dalam proses ³ kuring ³. Minyak goreng berfungsi sebagai media penghantar panas.01%. flavour dari bahan pangan.D. biasanya digunakan untuk menggoreng makanan. jernih dan kandungan logam berat serendah mungkin / bebas dari ion logam).

Alat dan Bahan * Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan Stick ikan yaitu : Pisau. tepung terigu.loyang. 3. 1. penimbangan.serok.penirisan. Tempat dan Waktu Proyek Usaha Mandiri Kewirausahaan (PUM-K) ini akan dilaksanakan di Laboratorium Pengolahan. Proses Pembuatan Stick ikan Tenggiri. Persiapan bahan Pembuatan pasta ikan bertujuan untuk memudahkan dalam proses pencampuran. Tahapan proses produksi dalam pembuatan Stick ikan dengan meliputi: pembuatan pasta ikan.dan Proses pembuatan pasta ikan (setelah dilakukan proses pemfiletan) dengan menggunakan pisau.gunting.grinder.dan pengorengan.bawang putih. Penimbangan .sutil.baskom.wajan.pengemasan. * Bahan yang digunakan dalam pembuatan Stick ikan yaitu : Daging ikan(yang sudah halus). METODE PELAKSANAAN PROGRAM 1.minyak goreng.I. 2.pencampuran bumbu dan tepung terigu. 2.pencetakan. Pengecilan ukuran daging ikan bertujuan untuk memudahkan dalam proses pencampuran dan dilakukan dengan cara dipotong kecil-kecil dan dilakukan penghalusan dengan menggunakan grinder.tampa .garam. Politeknik Negeri Jember mulai bulan Juli ± November 2010.pencetak emi.

Pencampuran Hasil adonan ikan di campur dengan bumbu stick dan masukan tepung terigu. . Penimbangan bahan ini meliputi bahan baku secara keseluruhan.kemudian di aduk sampai homogeny. Adonan yang sudah digiling dipotong dengan ukuran panjang. 3. 6. Tahap akhir dalam proses pembuatan stick yaitu pengemasan dengan menggunakan plastik yang telah berlabel. Dalam hal ini pengontrolan suhu dan waktu penggorengan harus diperhatikan. Tujuan pendinginan bertujuan untuk penirisan minyak goring yang masih mngendap di dalam stick yang sudah dilakukan penggorengan. 7. Penimbangan ini bertujuan untuk mendapatkan berat yang sesuai dengan formulasi yang telah ditentukan. Pencetakan Adonan yang sudah dicampurkan dendan bumbu dan tepung terigu yang sudah homogen. Pengemasan Proses pengemasan dilakukan untuk melindungi produk terkontaminasi dari luar dan menghindari kontak langsung dari udara. Pendinginan Stick yang masih panas.Proses penimbangan dilakukan sebelum proses produksi. 4. 1 cm atau sesuai dengan selera. Penggorengan Stick yang sudah di cetak dilakukan penggorengan dengan suhu 120 stick yang telah matang ditandai dengan permukaan stick nampak kering dan berwarna kekuningan.penggorengan juga berpengaruh terhadap produk yang dihasilkan. 5. didinginkan terlebih dahulu dengan suhu ruang.dilakukan pencetakan dengan menggunakan penggiling mie. 4 cm dan lebar.

Gambar 1. Diagram Alir Realisasi Proses Pembuatan Fish Stick Tenggiri Persiapan Bahan Penimbangan Pencampuran Pencetakan Penggorengan Pendinginan Pengemasan Fish Stick .

Pencetakan pengorengan Pendinginan Stick didinginkan hingga dingin untuk Persegi panjang menghindari penyusutan pada stick 7. Standart Operating Prosedure No. 6. Pengemasan Mempertahankan produk dari kontaminasi dan menambah daya tarik 1. . 5. Dalam hal ini mutu merupakan persepsi relatif dan selalu dikaitkan dengan harapan yang didasarkan pada pengalaman yang lalu. karena adanya perubahan dalam tuntutan. Diusahakan dalam setiap produksi produk yang dihasilkan selalu dalam kualitas yang sama atau lebih baik. 3. 1994) Pengawasan mutu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan kualitas dalam setiap produksi. (Hubbies.Standart operasional prosedur (SOP) yang digunakan selama proses produksi adalah sebagai berikut : Tabel 3. Tolak Ukur Keberhasilan Pengawasan Mutu Mutu hari ini dan besok tentu tidak selalu sama. Penimbangan Pencampuran Diketahui berat yang sesuai dengan ketentuan Adonan ikan dan bumbu mengembang sesuai standart 4. 1. Tahapan Proses Persiapan bahan SOP/ Tolak Ukur Bahan yang digunakan harus sesuai dengan standart yang ditetapkan 2.

Kering. halus. Tabel 4. Pada produk sosis ayam dengan substitusi pasta wortel bahan baku yang digunakan harus dalam kondisi masih baru dan berkualitas baik. Pengawasan Mutu Bahan Baku Bahan baku merupakan penentu utama terhadap keberhasilan hasil akhir. putih. Pengawasan Mutu Proses Produksi Pengawasan mutu proses dilakukan dengan cara mengawasi setiap tahap proses produksi untuk menghindari kesalahan yang menjadi penyebab terhadap hasil akhir produk agar produk yang dihasilkan seragam. bersih dari kotoran. tidak rusak. 4.dan masih keadan utuh.A. putih. Pengawasan Mutu Bahan Baku Pembuatan fish stick Ikan tenggiri No 1. 5. 2. . Bawang putih Garam Minyak filma Berwarna putih tidak mengkerut Butir pasir. bersih dan bebas dari kotoran Berwarna kuning bening. besih. Bahan Ikan tenggiri Tepung terigu segitiga biru Tolak Ukur Segar. aroma khas minyak tidak tengik B. tidak terdapat serangga. bau dan rasa normal 3.

Agak padat 4. Sangat tidak kering 2. Sangat tidak padat 2.C. Khas fish stick tengiri 3. Tabel 5. Pengawasan Mutu Produk Akhir Pengawasan mutu produk jadi dilakukan dengan melakukan uji organoleptik berupa uji mutu hedonik dan uji hedonik terhadap stick ikan. tidak kuning tua 3. Khas 4. Tidak kering 3. Skala Mutu Hedonik Organoleptik Sosis Ayam Dengan Subsitusi PastaWortel No 1. Rasa : * Khas sosis ayam dan gurih 1. Tekstur : * Padat 1. Skala hedonik dan mutu hedonik diterapkan sebagai acuan untuk menentukan kualitas produk (Tabel 5 dan Tabel 6). sangat tidak khas fish stick tengiri 2.Agak khas fish stick tengiri 4. Tidak padat 3. Agak kering 4. Tidak khas 3. Agak khas 4. Tidak khas fish stick tengiri 3. Aroma : * Khas ikan tenggiri 1. Sangat tidak khas 2. Sangat tidak kuning tua 2. Agak kuning tua 4. Organoleptik Warna : * kuning kecoklatan Uji Mutu Hedonik 1. Kering . Padat 5. kuning tua 2. Kenampakan 1.

Sangat tidak suka 2. Tekstur 1. Agak suka 4. Sangat tidak suka 2. Sangat suka 2. Sangat tidak suka 2. Suka 5. Agak suka 4. Tidak suka 3. Sangat suka 5. Suka 5. Tidak suka 3. Atribut Mutu Warna Kriteria 1. Kenampakan 1. Rasa 1. Sangat suka . Sangat tidak suka 2. Agak suka 4. Agak suka 4. Suka 5. Suka 5. Agak suka 4. Sangat tidak suka 2. Sangat suka 3. Aroma 1. Suka 5. Tidak suka 3. Skala mutu kesukaan Sosis Dengan Substitusi Pasta Wortel No 1. Tidak suka 3. Sangat suka 4. Tidak suka 3.Tabel 6.

Pekerja Dalam kondisi sehat dan selalu menjaga kebersihan (menggunakan penutup kepala. dan lingkungan produksi dengan menerapkan Standart Sanitation Operating Prosedur (SSOP) Tabel 7.* Higiene dan Sanitasi Higiene dan sanitasi dalam melaksanakan produksi produk pangan terdiri dari sanitasi alat. selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah proses) 4. Bahan baku Dalam kondisi masih segar dan baru serta bebas dari segala pencemar . ruang. Obyek sanitasi Peralatan SSOP * Alat dibersihkan sebelum dan setelah proses * Terhindar dari bau baik itu dari sabun atau bau menyimpang lainnya 2. pekerja. Ruang dan lingkungan * Ruangan berventilasi dan memiliki penerangan yang cukup * Bersih (disapu sebelum dan sesudah produksi) 3. Standart Sanitation Operational Prosedure (SSOP) No 1. baju kerja yang selalu bersih.

JADWAL KEGIATAN PROGRAM Agar proses produksi berjalan dengan tertib dan sesuai dengan target yang ingin dicapai maka disusun jadwal perencanaan usaha berikut (Tabel 12).J. Bar-chart Kegiatan Produksi Dan Pemasaran Sosis Ayam Dengan Substitusi Pasta Wortel Sebagai Alternatif Peluang Bisnis Yang Bersifat Profit Oriented Penyusunan proposal Pengajuan proposal Wawancara Pelaksanaan Penyusunan laporan Junuari x X Februari Maret X x x April x x . Tabel 8.

Biaya Tetap (Fixed Cost) fish stick tenggiri No 1.000 Rp.888.000 Rp.88 Rp. 50. 15.000 Rp.33 Rp.666. 500. 2. 833.000 Rp.67 Rp. 75.000 Rp. 61.67 Rp.33 Rp. 20. 22. 150.527.000 Rp.000 Rp.500 Rp.67 Rp. 12. 2. Kegiatan produksi akan dilakukan 3 hari sekali.000 Jumlah Umur Ekonomis 36 bulan 36 bulan 36 bulan 6 bulan 12 bulan 12 bulan 18 bulan 12 bulan 6 bulan Rp. ini direncanakan sebanyak 15 kali produksi. 4.22 Rp.500 Rp. 1.666. 2 3 4 5 6 7 8 9. 800. 10.083. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam usaha produksi dan pemasaran fish stick ikan tengiri dengan substitusi pasta wortel sebagai alternatif peluang bisnis yang bersifat profit oriented tersebut (dalam 1 kali produksi) adalah sebagai berikut : 1. 1.166. Alat Jumlah 1 1 1 2 1 1 1 1 2 Nilai Alat (Rp) Rp.000 Rp. Analisa Usaha Usaha produksi dan pemasaran fish stick tengiri dengan substitusi pastawortelsebagai alternatif peluang bisnis yang bersifat profit oriented. 15. Analisa Biaya a. 13.K.222.78 Nilai Susut(Rp) Pencetak mie Grinder Wajan Pisau Sutil Kompor Tampa Timbangan Baskom .

000 5.500 15.500/ kg 4.000 100 12.33 + Rp 61. 36.500 4.5gr 1 kg 15 gr 25 gr 15 gr 30 kemasan 3 kg 1 Harga / satuan (Rp) 30.Nilai susut = nilai umur/alat ekonomis a. 10. 36. Biaya tidak tetap (variable cost) fish stick tenggiri selama 15 kali produksi Harga 1x Produksi (Rp) 15.000 / 30 = Rp.11 2. 2430.000 1.000/btl 500/bks 40.66 x 3/24 jam = Rp.000 8.100 225. 97.000 4.166. 11. UMR = Rp.500 Harga 15x Produksi(Rp) No Bahan Jumlah 1x produksi 500gr 1 kg 1 kg 1. Daging ikan Tepung terigu Tepung Tapioka Garam Minyak goreng Soda kue Msg Bawang putih Kemasan dan Label Gas elpiji Transportai Jumlah .458.55 Selama 15 kali produksi : Rp 2430.000 120. Gaji karyawan = Rp. 5.55 x 15 = Rp. 4.000 60. 29.000/kg 8.000 78.166.527. Total biaya tetap = gaji karyawan + nilai susut = Rp.78 = Rp.000 75.33 c. 2. 6.000/tbg 5.000 15.000 13.000/bks 12.000/kg 500/kemasan 13. 9.000 500 1. 29.458.986.000 195.500 60.171.000 7.66 / hari = Rp. 875. 875.000 1.000 225.000 1.000/kg 1.000 Jumlah jam kerja efektif / hari b. 8. 7. 3.000/kg 4.500 187.

000/ Rp.d.89 Laju keuntungan = (keuntungan/ total biaya produksi) x 100% = (Rp.000 x 450 = Rp. 1.269.269.269.486.171.11 ) x 100% = 41.11 = Rp 530. 2.486.821. (pembulatan) BEP (produksi) = total biaya tetap harga jual (per buah) ± biaya variable / unit .800.986.513.08/kemasan (pembulatan) Total pendapatan = harga jual x jumlah (kemasan) = Rp. 1.11 = 1.800. 1.000 Keuntungan = hasil penjualan ± total biaya produksi =Rp1. 530.11 + Rp.41 Break event point usaha Biaya variable/unit = total biaya / jumlah perkemasan = Rp.269.269.486.11 450 = Rp.500 = Rp.78% atau 42% B / C Ratio = penjualan / total biaya produksi = Rp. 1.89 / Rp. 1.000 ± Rp 1.486.800.513.486. 1. / 450 = Rp.11 total biaya produksi Harga pokok penjualan = = Jumlah produksi (kemasan) Rp. 1.4. 97. Total biaya produksi = total biaya tetap + total biaya variable = Rp.

2.63 BEP rupiah = = total biaya tetap 1 .650 1 ± (Rp.279. Rp.100 = Rp. 3.063 3. 2. 364. 10. 364.Rp. Biaya . Rp. Rp. Rekapitulasi Biaya Kegiatan Total Biaya Tetap Total Biaya Variabel Penyusunan Pembuatan Proposal Lain-lain Jumlah Rp.644.500 ± Rp. 912.000) = Rp.150. 10.500 / Rp.(total biaya variable/hasil penjualan) Rp.650 = Rp. Rp.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful