Opik Ahmad Taopik, S.

Pd

` ` ` ` Klik tombol Start di Microsoft Windows Pilih Programs Pilih Microsoft Office Klik Microsoft Word 2007 .

.

menyimpan dokumen dsb Quick Access Toolbar adalah toolbar yang berisi sejumlah perintah Customize quick access toolbar Customize Quick Access Toolbar adalah tombol untuk memodifikasi perintah-perintah Microsoft Word 2007 pada Quick access toolbar .` ` ` Tombol Office adalah tombol yang terdiri dari perintah-perintah standar seperti membuka dokumen.

Tab Page Layout. Tab Review dan Tab View . Tab Mailings.` Tab adalah bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai dengan kelompoknya yang terdiri dari grup perintah Tab Home. Tab References. Tab Insert.

` ` ` Minimize adalah tombol untuk meminimalkan jendela Maximize adalah tombol untuk memaksimalkan jendela Close adalah tombol untuk menutup jendela .

` ` ` ` Lambang tab adalah ciri atau tanda posisi tab baris atau paragraf Tombol dialog adalah tombol yang digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi perintahperintah yang disimpan di dalamnya View Ruler adalah bagian fasilitas untuk mengatur garis mistar secara horisontal dan vertikal Ruler adalah bagian fasilitas untuk mengatur margin atau tabulasi Baris Penggulung Baris Penggulung adalah bagian fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal ` .

outline dan draft Zoom adalah bagian fasilitas untuk mengatur media tampilan halaman kerja. full screen reading. web layout. Tombol plus untuk memperbesar dan tombol minus sebaliknya . zoom dsb Halaman Kerja adalah media kerja berwarna putih yang tampak pada saat Microsoft Word 2007 diaktifkan Pengatur Tampilan Halaman Kerja adalah bagian fasilitas untuk mengatur penampilan halaman kerja.` ` ` ` Baris Status adalah bagian fasilitas yang berisi nomor halaman. seperti print layout.

contoh ³Latihan´. untuk menyimpan klik tombol Office lalu pilih Save atau pilih icon save pada Quick Access Toolbar Ketikkan nama file Dokumen pada kotak isian File name. Nama file tidak lebih dari 250 karakter termasuk spasi dan tidak menggunakan tanda baca seperti: / \ * ? > < Klik tombol Save atau tekanlah Enter .` ` ` ` ` Bukalah halaman kerja Microsoft Word 2007 Ketikkan teks atau naskah pada halaman kerja yang telah dibuka Jika sudah.

` ` ` ` Klik tombol Office Pilih dan klik Open atau klik icon Open pada Quick Access Toolbar Muncul kotak dialog Open . klik nama file dokumen yang ingin dibuka Klik tombol perintah Open atau tekanlah Enter .

` Klik tombol Office ` Pilih dan klik Close. Menutup File Dokumen hanya menutup halaman kerja dan Microsoft Word masih dalam keadaan aktif .

Menutup Microsoft Word artinya menutup halaman kerja dan keluar dari program Microsoft Word 2007 .` ` Klik tombol Office Pilih dan klik tombol perintah Exit Word atau klik tombol Close di sebelah kanan atas jendela Microsoft Office Word 2007.

` Untuk mempelajari cara memformat Dokumen. kerjakan latihan di bawah ini dengan menggunakan Microsoft Word 2007: .

` ` ` ` ` ` ‡ ‡ ‡ ‡ ` Buat surat sebagaimana ketentuan di bawah ini: Gunakan font ³Arial Nerow´ Gunakan spasi surat ³1 lines´ Gunakan orientasi halaman portrait Gunakan jenis kertas A4 Tentukan margin halaman: Top: 2 cm Bottom: 2 cm Left: 2 cm Right: 2 cm Simpan dengan nama latihan1.docx .

Klik Page Layout Tombol dialog Kemudian Klik tombol dialog . lalu klik icon Line Spacing pada Tab Home. Klik kolom Font lalu Pilih Arial Nerow Pilih Tab Home. klik ukuran spasi yang sesuai dengan soal.` ` ` ` ` ` Buka dokumen baru pada Microsoft Word 2007 Pilih Tab Home.

` ` ` ` ` ` ` ` ` ` Muncul menu Page Satup Klik Margin. Klik Insert. klik logo kemudian kliki Insert Membuat garis. Bottom. klik bentuk garis kemudia letakan kursor pada posisi awal pembuatan garis. klik icon Header. Left. klik kolom Blank kemudian ketik Kop Surat Inser logo. isi kolom margi sesuai dengan soal (Top. Klik Icon shapes. tekan tombol mouse kiri geserkan Ketik surat sesuai dengan contoh . klik Picture Cari logo. Pilih A4 Klik ok Klik Menu Insert. Right) Pastikan Orientation nya layout dokumen Portrait Klik Icon Paper untuk mengubah ukuran kertas. Klik Insert.

.

Tempatkan kursor pada posisi awal kemudian mengatur formatnya. Untuk mengatur teks anda dapat menggunakan grup Font yang ada pada ribbon. kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan. .Anda dapat mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara berikut ini : Block teks yang akan anda format. semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi awal akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain dari dokumen. Dengan cara ini.

Mengubah jenis huruf Mengubah ukuran huruf Mewarnai font Mengatur style font Menambahkan efek pada font .

.

` Sangat membantu dalam penulisan suatu karya ilmiah yang terstruktur. Dapat diatur dengdan mengunakan ribbon Paragraph. Numbering Bullets .

Dimana dalam pembuatan table-nya terhitung lebih mudah daripada dengan menggunakan Word 2003.` Untuk membuat table biasanya kita lebih mudah dengan menggunakan Microsoft Excel. Akan tetapi Microsoft Word juga menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah table. Langkah ± Langkah pembuatan table : .

kemudian Insert Table Dalam pembuatan sebuah table disediakan beberapa menu tambahan. Langkah-Langkah : Block baris atau kolom yg anda inginkan terlebih dahulu Klik kanan Merge Cells Table properties. dan cell pada saat pembuatan table.` ` ` ` ` ` ` ` ` ` ` ` ` ` ` Klik menu Insert pada ribbon Pilih icon table . baris. Langkah-Langkah : Klik kanan pada table Insert Insert «« (sesuai yg anda inginkan) Merge Dengan Merge kita dapat menggabungkan beberapa kolom/baris menjadi satu. Langkah-Langkah : Block tabel terlebih dahulu Klik kanan Table Properties . antara lain : Insert Dengan menu Insert kita dapat menambahkan kolom. digunakan untuk mengatur tampilan table.