Zat Besi (Fe) Salah satu unsur penting dalam proses pembentukan sel darah merah adalah zat besi

. Secara alamiah zat besi diperoleh dari makanan. Kekurangan zat besi dalam menu makanan sehari-hari dapat menimbulkan penyakit anemia gizi atau yang dikenal masyarakat sebagai penyakit kurang darah. Fe terdapat dalam bahan makanan hewani, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau tua. Pemenuhan Fe oleh tubuh memang sering dialami sebab rendahnya tingkat penyerapan Fe di dalam tubuh, terutama dari sumber Fe nabati yang hanya diserap 1-2%. Penyerapan Fe asal bahan makanan hewani dapat mencapai 10-20%. Fe bahan makanan hewani (heme) lebih mudah diserap daripada Fe nabati (non heme). Keanekaragaman konsumsi makanan sangat penting dalam membantu meningkatkan penyerapan Fe di dalam tubuh. Kehadiran protein hewani, vitamin C, vitamin A, zink (Zn), asam folat, zat gizi mikro lain dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Manfaat lain mengkonsumsi makanan sumber zat besi adalah terpenuhinya kecukupan vitamin A. Makanan sumber zat besi umumnya merupakan sumber vitamin A. Anemia gizi besi banyak diderita oleh ibu hamil, menyusui, dan perempuan usia subur. Perempuan usia subur mempunyai siklus tubuh yang berbeda dengan lelaki, anak, dan balita sebab mereka harus mengalami haid, hamil, melahirkan, dan menyusui. Oleh karena itu kebutuhan zat besi (Fe) relatif lebih tinggi. Anak balita, anak usia sekolah, dan buruh serta tenaga kerja berpenghasilan rendah ditengarai sering menderita anemia gizi besi. Tanda-tanda anemia gizi besi antara lain pucat, lemah, lesu, pusing, dan penglihatan sering berkunang-kunang. Jika dilakukan pemeriksaan kadar Hb dalam darah maka angka Hb kurang dari normal. Anemia gizi besi dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dari tingkat ringan sampai berat. Anemia pada ibu hamil akan menambah risiko mendapatkan bayi yang berat badannya rendah, risiko perdarahan sebelum dan pada saat persalinan, bahkan dapat menyebabkan kematian ibu dan bayi jika ibu hamil menderita anemia berat. Anemia sedang dan ringan dapat menimbulkan gejala lesu, lelah, pusing, pucat, dan penglihatan sering berkunang-kunang. Bila terjadi pada anak sekolah, anemia gizi akan mengurangi kemampuan belajar. Sedangkan pada orang dewasa akan menurunkan produktivitas kerja. Selain itu, penderita anemia lebih mudah terserang infeksi. Anemia gizi besi dapat diatasi dengan meminum tablet besi atau Tablet Tambah Darah (TTD). Kepada ibu hamil umumnya diberikan sebanyak satu tablet setiap hari berturut-turut selama 90 hari selama masa kehamilan. TTD mengandung 200 mg ferrosulfat, setara dengan 60 miligram besi elemental dan 0.25 mg asam folat. Penanggulangan anemia pada balita diberikan preparat besi dalam bentuk sirup.

Atlet wanita yang mempunyai periode menstruasi rutin akan memiliki risiko kekurangan zat besi lebih besar jika di bandingkan dengan atlet pria. Sebagai indikator level jumlah zat besi di .com Fungsi dari Zat Besi Published : June 24th. Dibutuhkan dengan jumlah konsumsi sekitar 1. walaupun untuk atlet vegetarian hal ini dapat dipenuhi melalui pemilihan konsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan yang tepat. kadang diare. menurunnya daya konsentrasi. yaitu pecahnya sel darah merah yang disertai dengan pelepasan hemoglobin ke plasma darah akibat adanya hentakan-hentakan kaki pada permukaan yang keras. Sumber: Idionline. Dengan meminum tablet Fe maka tanda-tanda kurang darah akan menghilang. dan menurunnya kebugaran tubuh. menurunnya performa belajar. Sebagai jenis mineral mikro esensial. dan sulit buang air besar. pemberian preparat besi ini mempunyai efek samping seperti mual. Hemoglobin terdapat di dalam sel darah merah dan merupakan protein yang berfungsi untuk untuk mengangkut oksigen ke berbagai jaringan-jaringan tubuh sedangkan mioglobin terdapat di dalam sel otot dan berfungsi untuk menyimpan dan mendistribusikan oksigen ke dalam sel-sel otot. hemosidirin di dalam hati. Penyerapan besi dapat maksimal apabila saat minum tablet atau sirup zat besi dengan memakai air minum yang sudah dimasak. zat besi juga dapat tersimpan di dalam protein feritin. menurunnya daya ingat. 2008 | Under Category : Sports Nutrition & Supplement : Essensial Zat besi (Fe) merupakan jenis mineral mikro esensial yang mempunyai fungsi penting di dalam tubuh. Atlet terutama atlet lari jarak jauh. Di dalam tubuh. atlet wanita serta atlet yang konsumsi dagingnya kurang dari 1 kali seminggu mempunyai resiko kekurangan zat besi . Agar tidak terjadi efek samping dianjurkan minum tablet atau sirup besi setelah makan pada malam hari. Selain berfungsi untuk memproduksi hemoglobin dan mioglobin.5-2. berkurangnya nafsu makan. hentakan-hentakan kaki pada saat berlari para permukaan yang keras dapat menyebabkan resiko terjadinya footstrike hemolysis. kekurangan zat besi di dalam tubuh dapat mengakibatkan beberapa dampak negatif antara lain berkurangnya kekebalan tubuh. serta di dalam sumsum tulang belakang. biasanya kotoran (feses) akan berwarna hitam.Pada beberapa orang. atlet vegetarian. zat besi mempunyai fungsi penting di dalam tubuh antara lain sebagai media transportasi bagi oksigen dari paru-paru ke berbagai jaringan tubuh serta juga akan berfungsi sebagai katalis dalam proses penpindahan energi di dalam sel. Khusus untuk atlet lari jarak jauh. mudah marah. Begitu pun juga dengan atlet vegetarian jika dibandingkan dengan atlet non-vegetarian. fungsi utama zat besi adalah dalam produksi komponen pembawa oksigen yaitu hemoglobin dan mioglobin. muntah.2 mg per. Setelah minum tablet atau sirup zat besi. nyeri lambung. jika tidak menghilang berarti menderita anemia gizi besi jenis lain.harinya. Namun.

Int J Sports Med. Zat besi yang berasal dari produk hewani atau disebut juga sebagai besi-hem akan lebih mudah diserap oleh tubuh.dalam tubuh. Zat besi banyak terkandung di dalam produk hewani terutama daging merah. telur serta ikan selain itu zat besi juga banyak terkandung di dalam berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan kacang hijau. feritin yang bersirkulasi di dalam darah dapat digunakan untuk menilai status zat besi di dalam tubuh. Fe (mg) 2. (kbl) Sumber zat besi (per 100 gr) Jenis Daging Ikan Telur Kacang Hijau Kacang Kedelai Ref: 1. berdasarkan sumbernya.5 6 15. Secara umum. zat besi mempunyai efesiensi penyerapan yang berbeda di dalam tubuh.7 Feb. Foot impact force and intravascular hemolysis during distance running .2-1. 1988 2. berbagai jenis sayuran dan juga buah-buahan. 2003.2-4 1. sedangkan zat besi yang bersumber dari sayuran-sayuran dan buahbuahan atau yang disebut sebagai besi-nonhem akan lebih sukar diserap oleh tubuh. 9(1):56-60.2-5 1.J Appl Physiol 94: 38-42.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful