ASUHAN KEPERAWATAN PADA KELUARGA Tn.M DENGAN HIPERTENSI PADA Tn.M DI RT.01 RW.

04 KELURAHAN KARANG DAWA KECAMATAN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON
Tanggal Pengkajian : 18 oktober 2010 A. IDENTITAS UMUM

a. Identitas Kepala Keluarga

a. Kepala Keluarga (KK) b. Umur c. Agama d. Suku e. Alamat f. Pekerjaan KK g. Pendidikan KK

: Tn. M

: 55 tahun : Islam : Jawa : Rt 01/04 Ds. Karang Dawa Kecamatan Arjawinangun : Buruh Tani : SD

b. Komposisi Keluarga

N o

Identit as

L/ P

Hub dgn keluar ga

Um ur

pendidik an

Status Imunisasi BC G POLIO DPT Hepatitis camp ak

k b

Ke t

1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 Tn. M Ny. H An. U L P P Suami Istri Anak 55 thn 50 thn 15 thn SD SD SMP √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ -

c. 55 h . Genogram Gagal jantung (1985) .

Tempat tinggal keluarga . yang mempunyai anggapan makan tidak makan asal ngumpul.Keterangan : : Laki-Laki : Menikah : Perempuan : Meninggal : Sakit : Tinggal dalam satu rumah d. ibu dan satu orang anak. Suku Bangsa ( Etnis ) a. Latar belakang etnis keluarga atau anggota keluarga Keluarga ini berbudaya dan bersuku jawa. b. Type Keluarga Keluarg ini tergolong dalam Nuclear Family (inti) karena dalam satu rumah terdapat ayah. e.

Tidak ada hambatan komunikasi dalam keluarga khususnya penggunaan bahasa. e. Pola diit keluarga masih menganut nilai tradisional. kebaya dan sarung sedangkan anaknya sudah berbusana modern.namun banyak juga yang bersuku sunda mereka itu adalah pendatang” c. Tn. H masih menggunakan pola busana tradisional yaitu menggunakan kain. Penggunaan jasa perawatan kesehatan keluarga dan praktisi Jika ada anggota keluarga yang sakit keluarga tersebut langsung minum obat warung bila tak kunjung sembuh langsung dibawa ke puskesmas f.social. .budaya Kegiatan lingkunngan yang ada di karang dawa ini masih berhubungan erat dengan nilai etnis.Sebagian besar masyarakat adalah etnis jawa.M mengatakan”Mas warga disini bersuku jawa. Bahasa yang digunakan dirumah Bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa. M dan Ny. Kebiasaan – kebiasaan diet dan berbusana Tn. kadang-kadang menggunakan bahasa Indonesia jika berbicara dengan orang asing. namun tidak sedikit yang bersuku sunda. Kegiatan – kegiatan keagamaan. salah satunya adalah pengajian (hari jumat) d.

seperti pengajian di hari jum’at.f. Kepercayaan dari nilai-nilai keagamaan yang dianut dalam kehidupan keluarga terutama dalam hal kesehatan Menurut Tn. Seberapa aktif keluarga terlibat dalam kegiatan agama atau organisisasi keagamaan Anggota keluarga aktif dalam kegiatan keagamaan di lingkungan. seluruh anggota keluarga Tn.000. b.M bahwa penyakit adalah takdir yang digariskan oleh tuhan akan selalu mengupayakan kesembuhan . Tn.-/bulan . Agama dan Kepercayaan a.M adalah seorang buruh tani yang berpenghasilan tiap bulan nya Rp. Pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari Rp. Apakah anggota keluarga berbeda dalam praktek keyakinan beragama Anggota keluarga tidak mempunyai perbedaan dalam praktik keyakinan agama.. 225. g.000.500.000. Status Sosial Ekonomi Keluarga Tn./bulan dan pengeluaran untuk biaya sekolah Rp. Agama yang dianut keluarga Semua anggota keluarga menganut agama islam d. Tidak ada nilai – nilai kepercayaan yang bertentangan dengan kesehatan.M menganut agama islam dan memiliki pandangan yang sama dalam praktek keyakinan beragama.M mengatakan “ penghasilan dalam keluarganya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah anaknya” . 275. c.

RIWAYAT KESEHATAN KELUARGA . RIWAYAT DAN TAHAP PERKEMBANGAN KELUARGA 1. Tugas Perkembangan Keluarga yang Belum Terpenuhi Tahap yang belum adalah tahap dengan anak dewasa dan sebentar lagi mungkin terjadi sehingga keluarga sudah memikirkan kearah sana. B. C.M untuk berekreasi dan kadang hanya berkumpul dan mengobrol dengan anggota keluagra lainnya dirumah saja sambil nonton tv.h. Aktifitas Rekreasi Keluarga Tidak ada jadwal khusus bagi keluarga Tn. Tahap Perkembangan Keluarga Saat Ini Anak tertua berusia 15 tahun saat ini masih sekolah SMP berarti keluarga ini pada tahap keluarga dengan anak usia remaja 2.

U pernah mengalami sakit pilek . Riwayat Kesehatan Sebelumnya - Riwayat keluarga dari pihak suami : Ibu dari Tn. M pusing dia selalu minum obat warung untuk menghilangkan pusingnya. M sudah lama mengidap hipertensi sekitar tahun 2006 sampai sekarang. setiap kali Tn. 3. M ada yang sakit keluarga selalu membawanya ke puskesmas . Tn. An. ibu dan saudara-saudara yang lain sehat tidak ada yang menderita hipertensi. . jika kepalanya tambah pusing Tn. - 2. H pernah sakit hernia tapi sudah di operasi. Sumber Pelayanan Kesehatan yang Dimanfaatkan Jika keluarga Tn. Riwayat Kesehatan Masing-masing Keluarga a. M mengatakan “ Mas. M diperiksa ke puskesmas. mata berkunang – kunang jika melihat. bawaannya pengen marah terus “ b. kepala saya sering pusing apalagi setelah melakukan aktifitas atau saat bangun dari duduk. Tn. H saat ini sehat tapi tiga tahun yang lalu pernah mengalami sakit perut ( maag ) sempat dibawa ke puskesmas tapi hasilnya tidak ada kelainan hanya sakit maag biasa ( telat makan ) c. saya sudah terkena hipertensi sejak tahun 2006 .batuk dan hanya di obati dengan obat warung dan langsung sembuh.1. susah tidur. M meninggal thn 1985 karena terjatuh dari kamar mandi akibat penyakit jantung. sedangkan ayahnya dan keluarga yg lain sehat Riwayat dari pihak istri : bapak dari Ny. Ny.

PENGKAJIAN LINGKUNGAN 1. Denah rumah Kama r1 sumur Kama r2 Ruang tamu dapur Teras depan . Karakteristik Rumah a.D. Gambar tipe tempat tinggal(rumah) Status rumah yang di tinggali adalah sudah milik sendiri b.

kebersihan dan sanitasi rumah Tidak ada binatang peliharaan. e. Bak mandi di kuras seminggu sekali dan tidak ada jentik jentik nyamuk. keluarga Tn. lantainya keramik. dapur. saat pengkajian tidak ada serangga yang tampak berkeliaran. fentilasi cukup. M selalu mandi di sumur. tembok sudah permanen. Gambaran kondisi rumah Rumah terdiri dari teras depan.c. f. keluarga Tn. Keluarga Tn. Pengaturan Tidur di dalam rumah Tempat tidur untuk kamar dihuni maksimal 2 orang. tidak terdapat alat pengaman kebakaran. h. d. namun belum mempunyai jamban untuk BAB . privasi orang yang ada di kamar terjamin karena kamar memiliki pintu dan kunci. M belum mempunyai jamban biasa BAB di kali. Kamar mandi Peralatan kamar mandi lengkap. g. sumur. Keadaan umum. kuat dan melindungi keluarga dari suhu dingin. 2 kamar tidur. ruang tamu. setiap anggota keluarga mempunyai peralatan mandi masing – masing khususnya sikat gigi dan handuk . sumber air bersih dari sumur. penataan perabotan di rumah rapih. Perasaan subyektif keluarga terhadap rumah . Lingkungan sekitar rumah terlihat besih dan rapih. M biasa masak di kompor biasa dan jarang menggunakan kompor gas. alat makan lengkap dan bersih. panas maupun gangguan keamanan lainnya. penempatan alat dapur rapih. Dapur Dapur terlihat rapi.

M selalu memperhatikan kesehatan warga sekitarnya dengan selalu menjenguk apabila ada salah satu warganya yang sakit dan tiap bulan mereka mengadakan arisan serta mengumpulkan dana 3000 untuk keperluan masalah kesehatan warga masyarakat disekitarnya. Karakteritistik Tetangga dan komunitas Tetangga Tn. . Saat sehat Tn. 3. istrinya hanya sebagai ibu rumah tangga yang mengurus rumah . Pembuangan sampah Sampah rumah tangga di kelola oleh dinas kebersihan. M berkerja dari pagi sampai sore. peralatan dapur diletakkan didapur.Keluarga mengatakan bahwa mereka senang tinggal di rumahnya. Misal kursi tamu di tempatkan di ruang tamu. Mobilitas Geografis Keluarga Keluarga Tn. M tidak pernah pindah tempat sejak menikah. j. anaknnya berangkat sekolah dari pagi hingga siang. Pengaturan atau penataan rumah Anggota keluarga merasa puas dengan penataan rumah karena penempatan dari peralatan rumah sudah sesuai. 2. Keluarga merasa tidak ada masalah dengan pembuangan sampah. mereka merasa aman dan leluasa dalam melakukan kegiatan di dalam rumah i. setiap bulannya ada uang iuran sampah sebesar 1000 rupiah.

namun ada salah satu anggota yang sedang sakit yaitu Tn. biasanya keluarga meminta bantuan kepada mertuanya dan anggota keluarga yang lainnya. ada salah seorang anggota keluarga yang sanggup untuk mengantarnya / memfasilitasinnya. 5. Pola Komunikasi Keluarga Pola komunikasi keluarga dilakukan secara terbuka . Perkumpulan Keluarga dan Interaksi dengan Masyarakat Keluarga Tn. M. STRUKTUR KELUARGA 1. frekuensi komunikasi dalam keluarga setiap hari dilakukan dan selama ini tidak ada masalah dalam keluarge mengenai kesehatan. M seriNg mengikuti kegiatan pengajian yang dilaksanakan di mushola setiap 1 kali seminggu. Jika memerlukan bantuan. Interaksi keluarga dengan masyarakat terjalin dengan baik. . Sistem Pendukung Keluarga Saat sekarang anggota keluarga dalam keadaan sehat. Dan jika memerlukan kendaraan. keluarga tidak memiliki kesulitan bahasa dalam penerimaan pesan .4. E. bahasa yang di pakai tiap hari adalah jawa dan kadang-kadang bahasa Indonesia.

M dan jika membutuhkan biaya yang dirasakan berat maka biasanya keluarga meminta bantuan pada anggota keluarganya yang lain. M terjalin dengan baik.M apa bila sedang mengalami masalah saling berbagi satu sama lain c. Kemampuan sistem pendukung antar anggota keluarga Apabila ada masalah pada keluarga Tn. Stuktur Kekuatan Keluarga a. M selalu memecahkannya secara bersama-sama yaitu dengan cara bermusyawarah 3. Kemampuan Penyelesaian Masalah Jika ada masalah keluarga Tn. Struktur Peran .sehingga tidak ada kendala dalam berkomunikasi.2. Kemampuan Perawatan Diri Keluarga belum mampu merawat anggota keluarganya yang sakit secara intensif karena mereka tidap cukup memiliki biaya untuk perawatannya e. Kemampuan Saling Berbagi Keluarga Tn. Kemampuan Berkomunikasi Komunikasi dani Interaksi antar keluarga Tn. b. d.

Fungsi Sosialisasi Interaksi dalam keluarga baik dan keluarga mendidik anak-anaknya dengan disiplin tinggi dengan cara berpakaian yang rapi.Tn. Ny. M adalah KK yang harus bertanggung jawab terhadap kehidupan keluarganya dan sebagai pencari nafkah. menerima segala kekurangan dan saling mendukung satu sama lain 2. M yang sakit. F. Fungsi Afektif Keluarga tn. An. . Nilai atau Norma Keluarga Nilai dan norma yang berlaku dikeluarga menyesuaikan dengan nilai agama yang dianut norma yang berlaku dilingkunggannya dengan keadaan tn. tiap anggota keluarga saling memberikan kasih sayang. H berprofesi sebagai IRT dan merawat anaknya. keluarga masih tetap percaya bahwa penyakit yang diderita merupakan penyakit yang dapat diobati. M dan selama ini tidak terjadi konflik peran 4. Model peran yang dianut lebih dominan di Tn. Keluarga selalu mengajarkan dan menekankan bagaimana perilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan lingkungan. U adalah pelajar SMP. M saling menghargai antara anggota keluarga. FUNGSI KELUARGA 1.

Kemampuan keluarga menggunakan fasilitas kesehatan Bila ada anggota keluarga yang sakit biasanya dibawa ke puskesmas 4. Kemampuan mengenal masalah kesehatan setiap anggota keluarganya Keluarga mampu mengenal masalah kesehatan yang dialami oleh keluarganya b. Fungsi Perawatan Kesehatan a. M belum mampu merawat anggota keluarganya yang sakit. Kemampuan keluarga merawat anggota keluarga yang sakit Keluarga Tn. Kemampuan keluarga memelihara lingkungan rumah Keluarga mengetahui pentingnya kebersihan lingkungannya. Fungsi Ekonomi . pada saat kunjungan rumah dalam keadaan bersih dan rapi e. dan ibu mengikuti KB suntik 5. hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki cukup biaya untuk membawanya ke rumah sakit. M sakit langsung diberikan obat warung dan bila tak kunjung sembuh langsung dibawa ke Puskesmas c. Fungsi Reproduksi Jumlah anak 1 orang. d. Kemampuan keluarga mengambil keputusan Jika salah satu anggota keluarga Tn.3.

000. M meninggal. 300. Kemampuan Keluarga Berespon Terhadap Stressor .M sakit penghasilan menurun menjadi Rp./ bulan. G. tetapi semenjak Tn. STRESS DAN KOPING KELUARGA 1.M membuat jamkesmas untuk meringankan beban hidup terutama apabila keluarga Tn.M sedang mengalami masalah kesehatan. M ditanggung oleh istri dan anaknya 2.. oleh karena itu keluarga Tn. kebutuhan sehari-hari keluarga Tn.Keluarga mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jangka Pendek dan Jangka Panjang • Jangka Pendek Jika anaknya meminta biaya administrasi keuangan sekolah (SPP) • Jangka Panjang Jika suatu hari nanti Tn.

Strategi Adaptasi Disfungsional Ny.Ny. DATA BIOLOGIS . selalu di bicarakan bersama keluarga untuk di musyawarah kan. H.M mengatakan “di keluarga bapa mah jika ada masalah di selesaikan dengan musyawarah” 4. Strategi Koping yang Digunakan Jika ada masalah. H kalau ada masalah bert sering sakit kepala dan kadang-kadang menangis tetapi kalau masalah sudah dibicarakan bersama biasanya Ny.H harus segera mencari penghasilan tambahan untuk membantu perekonomian keluarga. 3. Tn. H tenang kembali.

sayur kecap. .tempe.U 3X sehari.sayur.gosok gigi 2x /hr menggunakan pasta gigi Mandi 2x/hr menggunakan sabun.k 8glas/hr ecap dan lauk pauk .M 3X sehari.H 3X sehari.rambut d karmas seminggu 2x menggunakan sampo.nasi Air putih putih. Kebiasaan sehari-hari Minum Keb diri Kopi.sayur.rambut d karmas seminggu 2x menggunakan sampo.NO 1 Nama Makan Tn.gosok gigi 2x /hr menggunakan pasta gigi Mandi 2x/hr menggunakan sabun.dan lauk pauk.nasi putih. nasi putih.tempe.ke cap dan lauk pauk Air putih 8glas/hr 3 An.gosok gigi 2x /hr menggunakan pasta gigi Keteranga n 2 Ny.rambut d karmas seminggu 2x menggunakan sampo.dan air putih krang lbih 8glas/hr Mandi 2x/hr menggunakan sabun.tempe.

M . tidak ada sekret Palpasi : tidak ada benjolan .Palpasi: tidak terdapat pembesar an limfa .M mengat akan kepala saya sering pusing setelah saya melaku kan aktivita s dan mata saya berkun Riwayat penyaki t sebelu m Tn M mender ita penyaki t hiperte nsi sejak tahun 2006 TTV Sist.Perkusi tidak ada kembung .Tn.Palpasi: paru tidak kanan terdapat dan kiri nyeri seimban tekan g .Auskultas nyeri i: tekan jantung . Genitalia Peme riksa an lain - TD:2 10/11 0 mmH g P : 91x/ mnt R: 20x/ mnt S: 36.I. Respirasi gastrointes tinal . persyaraf an .Telinga Inspeksi : Sist.Palpasi: pekak ada .5c . muskulos keletal .Palpasi : tidak ada benjola n . PEMERIKSAAN FISIK N o Na ma keluhan 1 Tn. kardiovas kuler Jenis pemeriksaan Sist.Auskult ireguler asi: bunyi Inspeksi : tidak ada lesi : bentuk simetris .Inspeksi: .Inspeksi: tidak ada lesi .Mata Inspeksi : bentuk simetris.Inspeksi Sist.Inspeksi bentuk : dada perkem simetris bangan .Auskultasi : Bising Usus 8 x/ menit Sist.Perkusi . Sist.

H Tidak ada keluhan Tiga tahun lalu pernah mengal ami TD : .Hidung Inspeksi : bentuk simetris.Inspeksi: tidak ada lesi .Inspeksi: 130/7 bentuk 0 dada mmh simetris g . .Palpasi : tidak ada lesi .angkunang .Mata Inspeksi : bentuk simetris.Palpasi: P: tidak .Palpasi : tidak ada .Inspeksi : perkem bangan paru kanan . tidak ada sekret Palpasi : tidak ada benjolan 2 Ny. badan lemah nafas vesikuer bentuk simetris.Inspeksi : bentuk simetris .Perkusi tidak ada kembung . saya tidak bisa tidur dimala m hari. tidak ada serum Palpasi : tidak ada benjolan . perasa annya selalu pengen marah.

Auskultasi : bising usus 8x/menit benjola n .sakit maag tetapi tidak parah hanya maag biasa (telat mkn) 78x/ terdapat dan kiri mnt nyeri seimban R: tekan g 20x/ .Auskultas .Telinga Inspeksi : bentuk simetris. tidak ada sekret Palpasi : tdk ada nyeri tekan .Palpasi: mnt i: jantung tidak S : 37 reguler ada c nyeri tekan .Palpasi: tidak ada sekret Palpasi : tidak ada benjolan .Auskulta si: bunyi nafas vesikule r .Hidung Inspeksi : bentuk simetris. tidak ada serum Palpasi : tidak ada benjolan .

Auskulta si: bunyi nafas vesikule r . tidak ada sekret Palpasi : tidak ada benjolan .Palpasi: tidak ada nyeri tekan .Palpasi: tdk ada nyeri tekan .Perkusi tidak ada kembung .Mata Inspeksi : bentuk simetris. tidak ada serum Palpasi : tidak ada benjolan .Palpasi : tidak ada benjola n .Palpasi: P: tidak 75x/ terdapat mnt nyeri R: tekan 18x/ Auskulta mnt si: S : 36 jantung c reguler .Inspeksi: 110/7 bentuk 0 dada mmh simetris g . batuk tetapi hanya diobati dengan obat warung langsun g sembuh TD : .Auskultasi : bising usus 8x/menit .Inspeksi : bentuk simetris .Hidung Inspeksi : .Inspeksi: tidak ada lesi .Inspeksi : perkem bangan paru kanan dan kiri seimban g .Telinga Inspeksi : bentuk simetris. U Tidak ada keluhan Pernah sakit pilek.Inspeksi : tidak ada lesi .tidak ada benjolan 3 An.

HARAPAN KELUARGA 1. agar biaya untuk berobat bisa terjangkau” K.bentuk simetris. Terhadap Petugas Kesehatan Tn.M mengatakan “ saya berharap agar pelayanan dan petugas kesehatan dapat memperbaiki pelayanan. tidak ada sekret Palpasi : tidak ada benjolan J.M mengatakan “ saya berharap agar saya cepat sembuh dan semoga anak dan istri saya yang sehat tidak mengalami gangguan apapun” 2. ANALISA DATA . Terhadap Masalah Kesehatan Tn.

H mengatakan Saya tahu masalah yang dialami oleh suami saya yaitu hipertensi atau kurang darah . M merawat anggota keluarganya yang sakit dengan hipertensi Masalah Resiko penurunan curah jantung pada Tn. karena tidak memiliki cukup biaya untuk membawanya ke RS .Ny.Ny. H mengatakan saya belum mampu/ tidak tahu bagaimana cara merawat suami saya yang sakit hipertensi .Tn.Ny.Tn.M mengatakan bila ada anggota keluarga yang sakit biasanya dibawa ke puskesmas .No 1 Data Ds : .M mengatakan Penyebab Ketidak mampuan keluargaTn.M .Tn.M mengatakan jika kepala saya sakit saya langsung minum obat warung dan jika tak kunjung sembuh saya langsung pergi ke puskesmas .H Mengatakan “jika lingkungan rumah saya kotor saya langsung membersihkannya .

M berhubungan dengan ketidak mampuan keluarga merawat anggota keluarganya yang sakit dengan hipertensi M. saya tidak bisa tidur dimalam hari.Ancaman SKALA 2 BOBOT 1 SKORING 2/3x1=2/3 PEMBENARAN Penyakit hiperensai apabila tidak segera ditangani akan mengakibatkan stroke. gagal . PRIORITAS MASALAH No Dx 1 KRITERIA Sifat masalah . DIAGNOSA KEPERAWATAN Resiko penurunan curah jantung pada Tn.M Keluarga Tn.kepala saya sering pusing setelah saya melakukan aktivitas dan mata saya berkunang-kunang.Jantung ireguler .5c L.klien terlihat lemah TD:210/110mkronmHg P :92x / menit R :20x / menit S :36. perasaannya selalu pengen marah Do : .

M.sebagian Potensi masalah untuk dicegah .dan perlu segera di obati karena hal ini sudah berlangsung lama.Rendah 1 2 1/2x2=1 jantung. hanya di berikan obat warung saja. RENCANA KEPERAWATAN NO 1 DIAGNOSA KEPERAWATAN 2 TUM 3 TUK 4 KRITERIA 5 STANDAR 6 INTERVENSI 7 .2 Kemungkinan masalah dapat diubah . bahkan menyebabkan kematian Keluarga sudah mengetahui masalah yang dialami oleh Tn.M sudah lama tetapi keluarga belum bisa merawat dengan tepat. namun kendalanya keluarga tidak memiliki cukup biaya untuk perawatannya Penyakit hipertensi yang di derita Tn.masalah berat harus segera ditangani 2 1 2/2x1=1 TOTAL NILAI 4 N. Hal ini dikarenakan keluarga tidak tau bagaimana perawatannya Tn. 3 1 1 1/3x1=1/3 4 Menonjolnya masalah .M mengatakan bahwa memang ada masalah kesehatan pada dirinya.

Resiko penurunan curah jantung pada Tn.1.M mengatakan Dalam jangka waktu 5 hari keluarga mampu mengenal.M keluarga Tn. kepala pusing/kepala berat pd pundak 2.2.1.d ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarganya yang sakit dengan hipertensi Dimanifestasikan dengan : Ds : Ny.2.3 1.3. minuman beralkohol 1.1 1. memahami dan merawat anggota keluarga dengan hipertensi TUK 1 Keluarga mampu mengenal masalah penyakit hipertensi: 1.2 Minta keluarga untuk identifikasi tanda dan gejala .1 Diskusikan pengertian hipertensi dg leaflet Diskusikan bersama keluarga penyebab hipertensi Minta keluarga mengulang 2 dari 3 penyebab hipertensi Beri pujian atas jawaban yg benar 1.Tn.M b.5kel dapat mengidentifika si 3 dr 5 tanda dan gejala yang di alam Kognitif dan efektif Hipertensi adalah tekanan darah yang tidak normal yaitu lebih dari 140/90mmhg Penyebab hipertensi : 1.2 keluarga mampu menyebutkan 2 dari 3 penyebab hipertensi 1. 1.mata berkunang-kunang 1.1 keluarga mampu menyebutkan pengertian hipertensi 1.3.sulit tidur 5.dapat mengidentifika si 2 dr 3 penyebab hipertensi 1. merokok 3.4 keluarga dapat menyebutkan 3 dari 5 tanda dan gejala hipertensi 1.3kel.mudah marah 4.2 Tanda dan gejala hipertensi: 1.H mengatakan Saya tahu masalah yang dialami oleh suami saya yaitu hipertensi atau kurang darah .1 Diskusikan bersama keluarga tnda dan gejala hipertensi 1.telinga berdebgung 3. penggunaan obat-obatan 2.2.

2.Ny.1.4 Beri pujian atas jawaban yg benar mengatakan saya belum mampu/ tidak tahu bagaimana cara merawat suami saya yang sakit hipertensi .1. H tanda dan gejala hipertensi 1. stroke 2.1 Memotifasi keluarga menyatakan untuk merawat . karena tidak memiliki cukup biaya untuk membawanya ke RS .3.3.Ny.1 Diskusikan bersama keluarga komplikasi dari hipertensi 2.2 Minta keluarga mengulang 2 dari 3 komplikasi 2.1 keluarga mampu menyebutkan 2 dari3 komplikasi hipertensi 2.2 keluarga mampu memutuskan untuk merawat anggota keluiarga dengan masalah hipertensi Kognitif dan afektif Komplikasi hipertensi 1. penyakit jantung 3.1.H Mengatakan “jika lingkungan rumah saya TUK II keluarga mampu memutuskan untuk merawat anggota keluarga dengan masalah hipertensi 2.3 Beri pujian atas jawaban yg benar 2.3 Minta keluarga untuk mengulang 3 dari 5 tanda dan gejala hipertensi 1. gagal ginjal keluarga dapat mengambil keputusan untuk merawat anggota dengan masalah hipertensi 2.jika kepala saya sakit saya langsung minum obat warung dan jika tak kunjung sembuh saya langsung pergi ke puskesmas .

1 Diskusikan bersama keluarga ttg pencegahan dr hipertensi 3. labu siam c.Tn. kopi Makanan yang baik dikonsumsi: a.M mengatakan bila ada anggota keluarga yang sakit biasanya dibawa ke puskesmas . kacang panjang pelaksanaan hipertensi : . perasaannya selalu pengen marah anggota keluarga dg hipertensi 2.2.Tn.M mengatakan kepala saya sering pusing setelah saya melakukan aktivitas dan mata saya berkunangkunang.2 keluarga mampu menyebutkan 2 dari 3 penata laksanan Kognitif.psikomotor pencegahan hipertensi: Makanan pantangan : a. pisang d.2 Diskusikan bersama ttg penatalaksanaan dr hipertensi . makanan yang banyak mengandung garam b. minuman beralkohol c. tahu/tempe e. saya tidak bisa tidur dimalam hari. minum b.1 keluarga mampu menyebutkan cara pencegahan hipertensi dengan mampu menyebutkan 2 dari 4 makanan pantangan dan makanan yang baik di konsumsi 3.melakukan diit rendah garam 3.1. daging kambing d.1.2 Beri pujian atas usaha keluarga TUKIII Keluarga mampu merawat anggota keluarga dengan masalah hipertensi: 3.kotor saya langsung membersihkann ya .

1 Diskusikan bersama keluarga .Do : .ambilah segenggam daun selebih lalu tumbuk sampai halus .2.seledri .diamkan sampai satu jam baru diminum dengan sedikit ampas .1 Diskusikan bersama keluarga obat tradisional hipertensi 3.kuping daun salam.5c Macam-macam obat tradisional hipertensi:mengkudu.kemudian campur air dengan air matang dan saring lah dengan air bersih .3.saringan halus usahalah air saringan sampai 1glas .klien terlihat hipertensi 3.3 berikan pujian atas jawaban yg benar TUKIV Keluarga mampu memodifikasi lingkungan 4.Bunyi jantung ireguler .2.1. Alat-alat yang di gunakan: .jamur .3mendemostrasik an dengan benar cara pembuatan obat tradisional untuk hipertensi - pemberian obat-obatan melakukan aktifitas lemah TD:210/110m mHg P :92x / menit R :20x / menit S :36.bawang bombay.tumbukan /coet .air matng 200cc Cara pembuatan obat: tradisional untuk hipertensi .2 Minta keluarga untukmengulang obat tradisional hipertensi 3.bawang putih.minum secara rutin setiap pagi dan sore 3.saringkan /kain bersih bahan-bahan yang di gunakan: .

2 Minta keluarga untuk menulang cara mengatur diet rendah garam 4.2 keluaarga mampu menyebutkan 2 dr 3 tananam yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi 4.2.rasa tawar dapat di perbaiki dengan menambah gula merah /pasir .1 keluarga mampu memodifikasi lingkungan dengan cara mengatur diit rendah garam Kognitif dan psikomotor cara mengatur diit rendah garam: . mengkudu . daun salam 2.walau tanpa garam . rumput laut 3.dapat menggunakan garam yang mengandung rendah natrium cara mengatur dietrendah garam 4.3 beri pujian pada keluarga atas jawaban yg benar 4.di panggang.1.3 Berikan pujian atas jawaban yg benar 4.makanan lebih enak di tumis.2.1.4.2 anjukan keluarga untuk menanam salah satu tanaman tersbut di halaman rumahnya 4.di goreng .3 keluarga mampu memodifikasi lingkungan dengan cara menanam salah satu tanaman yg dapat menurunkan Tekanan Darah Tinggi Beberapa tanaman yg dapat menurunkan Tekanan Darah Tinggi : 1.bubukan garam saat di atas meja makan .2.1 Diskusikan bersama keluarga ttg penanaman tanaman yg dapt menurunkan tekanan darah tinggi 4.

2keluarga mampu memanfaatkan fasilitas kesehatan tempat pelayanan kesehatan 1.2.1 Lakukan kunjungan terencana . dokter 3.1.2 Minta keluarga untuk mengulang tentang tempat pelayanan kesehatan 5. mantri 4. bidan 5.M memanfaatkan fasilitas kesehatan dengan datang ke puskesmas 5.TUKV Keluarga mampu memanfaatkan fasilitas kesehatan untuk merawat anggota keluarga dengan masalah hipertensi 5. puskesmas 2.1Diskusikan bersama keluarga tentang tempat pelayanan kesehatan 5.1keluarga mampu menyebutkan 3 dari 5 tempat pelayanan kesehatan 5. rumah sakit keluarga Tn.1.

2.2 Dampingi dalam memanfaatkan fasilitas kesehatan .5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful