Plotting titik-titik Koordinat Geografis ke Map Info

Titik-titik koordinat geografis harus format decimal, kalo masih dalam format degree-minutes-second, harus dirubah dulu ke format decimal menggunakan ms.excel dengan rumus seperti di gambar. Untu Longitude (X)

Untuk latitude (Y), kalo koordinatnya berada di sebelah selatan garis khatulistiwa (Lintang Selatan) maka nilai Y dikali minus 1, seperti pada rumus pada gambar berikut. Kalo Lintang utara sih ga usah.

Jangan dulu ditutup program excel nya karena masih dipake. Sekarang kita buka program mapinfo nya, trus bikin “new tab”

Trus bikin 2 field. Field yang pertama diberi nama X, trus klik “add field”. Field yang ke dua dikasih nama Y

Jangan Lupa Projection nya harus “Longitude/Latitude” >> “Longitude/Latitude (WGS 84)

Abis itu klik “create” Dan akan muncul dialog “Create New Table” buat nyimpen file tab. Bikin aja nama file tab nya sesuka hatimu, kemudian klik “save”

Kemudian akan muncul browser berikut

Ga muncul apa-apa kan…???? Jangan kaget.., karena kita belum selesai. Sekarang Klik tab “window” trus klik “New Browser Window F2”

Dan akan muncul tabel kolom X dan Y kaya gini….

Trus balik lagi ke program Excel. Abis itu, blok semua nilai koordinat XY decimal degree yang udah kita convert tadi, trus dicopy dengan menekan ctrl+c

Sekarang balik lagi ke program mapinfo, klik di window yang ada kolom X dan Y nya trus paste nilai-nilai koordinat yang dicopy dari Excel tadi dengan cara mencet ctrl+v. Nah... sekarang koordinat tadi udah ada di program mapinfo.

Sekarang klik tab “Table” dan klik “Create Points”

Akan muncul dialog seperti dibawah. Simbolnya bisa dirubah dengan mengklik tombol “using Symbol”. Kemudian sesuaikan koordinat X Y nya dengan kolom tadi. Trus klik “OK”

Trus akan muncul dialog kaya dibawah ini. Klik aja “save”

Setelah itu kita kembali lagi ke window yang kosong tadi, tinggal dicari aja titik-titik koordinatnya di situ, soalnya pengeplotan harusnya udah berhasil.

Udah dulu Dech…. “Punya ilmu jangan pelit, karena bagi-bagi ilmu ke orang lain ga bakalan bikin kita bertambah bodoh” Kritik & saran, kirim e-mail ke sini: geodauz@gmail.com