Piala Dunia FIFA 2010 adalah Piala Dunia FIFA ke-19, turnamen sepak bola utama internasional yang diadakan

di Afrika Selatan. Piala Dunia tahun ini adalah yang pertama kali diadakan di sebuah negara Afrika. Afrika Selatan terpilih sebagai penyelenggara pada bulan Mei 2004, mengalahkan Maroko dan Mesir dalam proses pengundian yang hanya terbuka untuk negaranegara Afrika. Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali; turnamen sebelumnyadiadakan diadakan di Brazil. Pertandingan ini melibatkan 736 pemain yang mewakili 32 tim untuk bersaing memenangkan trofi Piala Dunia dalam berbagai pertandingan yang diadakan di sepuluh stadion di seluruh Afrika Selatan. Tim-tim terpilih diseleksi melalui proses kualifikasi yang dimulai bulan Agustus 2007. Dengan jumlah pendaftar 204 dari 208 tim nasional FIFA, Piala Dunia 2010 bersama Olimpiade Musim Panas 2008 mencetak rekor untuk jumlah negara terbanyak yang bersaing dalam sebuah ajang olahraga. Pertandingan dimulai tanggal 11 Juni dengan penyisihan grup, yaitu 32 tim yang lolos kualifikasi bertanding dalam bentuk grup yang masing-masing terdiri dari empat tim, dan dua tim teratas di setiap grup lolos ke babak selanjutnya. Kemudian, 16 tim masuk ke dalam babak gugur yang dimulai tanggal 26 Juni. Pada babak ini bila pertandingan berakhir seri setelah waktu normal, maka diselesaikan dengan perpanjangan waktu dan bila perlu dengan adu penalti. Akhir dari babak gugur ini adalah Final Piala Dunia yang dijadwalkan pada tanggal 11 Juli di stadion Soccer City di Johannesburg. Turnamen ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang diadakan di luar Eropa yang dimenangkan oleh negara Eropa. di Jerman, sementara turnamen selanjutnya akan

total menjadi 6 tempat)       Amerika Selatan (CONMEBOL): 4 atau 5 tempat Asia (AFC): 4 atau 5 tempat Amerika Utara dan Tengah. Namun. Afrika Selatan. Dalam proses kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010. Afrika Selatan juga mengikuti babak kualifikasi CAF karena kualifikasi ini juga merupakan babak kualifikasi untuk Piala Afrika 2010.Kualifikasi Piala Dunia 2010 Pengundian untuk babak kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010 berlangsung di Durban pada tanggal 25 November 2007. Karibia (CONCACAF): 3 atau 4 tempat Oseania (OFC): 0 atau 1 tempat . Selaku tuan rumah penyelenggara. enam konfederasi FIFA mendapat pembagian jatah untuk 31 tempat tersisa. Sebanyak 32 tim akan berkompetisi dalam Piala Dunia FIFA 2010. dengan satu tempat dialokasikan untuk tuan rumah. Distribusinya adalah sebagai berikut : Eropa (UEFA): 13 tempat Afrika (CAF): 5 tempat (+ Afrika Selatan yang terkualifikasi secara iotomatis sebagai tuan rumah. Afrika Selatan melaju ke putaran final secara otomatis.

Danny Jordaan. dan lima dari stadion tersebut dipugar. termasuk Gautrain di Johannesburg dan sistem metro lainnya. termasuk pelarangan sementara terhadap penerbangan di wilayah udara sekitar stadion. Negara ini memberlakukan peraturan khusus yang menjamin keselamatan dan keamanan pendukung tim sesuai persyaratan standar FIFA. dan jaringan jalan raya diperbarui. Biaya pembangunan diperkirakan mencapai R8.32 Tim yang lolos untuk putaran akhir (dalam kurung adalah peringkat pra-putaran akhir ) Persiapan Lima stadion baru dibangun untuk turnamen ini. Afrika Selatan juga memerbarui infrastruktur angkutan umumnya di dalam kota penyelenggara. presiden komite penyelenggara Piala Dunia 2010. Pada Maret 2009. melaporkan bahwa semua stadion untuk turnamen ini dijadwalkan selesai dalam enam bulan berikutnya.4 juta (hampir US$1 milyar ). .

Setelah masuk turnamen. seperti dari klub Belgia Charleroi . Hadiah Total hadiah yang ditawarkan untuk turnamen ini dibenarkan oleh FIFA yaitu sebesar $420 juta (termasuk pembayaran sebesar $40 juta kepada klub domestik). naik 60 persen daripada Piala Dunia 2006. masing-masing dari 32 tim peserta menerima $1 juta untuk biaya persiapan. Pembayaran ini mencapai total $40 juta yang dibayar kepada klub domestik. Hal ini merupakan hasil dari persetujuan yang tercapai pada 2008 antara FIFA dan klub-klub Eropa untuk membubarkan grup G-14 dan mengklaim ganti rugi sebelum 2005 atas biaya finansial terhadap luka yang diderita pemain dalam pertandingan internasional.Pada upacara perayaan 100 hari menjelang pesta olahraga ini. presiden FIFA Sepp Blatter memuji kesiapan negara ini untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2010. FIFA membayar klub domestik yang para pemainnya mewakili tim nasional mereka di turnamen ini. Sebelum turnamen dimulai. hadiah ini akan dijabarkan sebagai berikut : $8 juta – Setiap tim yang keluar setelah babak penyisihan grup (16 tim) $9 juta – Setiap tim yang keluar setelah babak 16 besar (8 tim) $14 juta – Setiap tim yang keluar setelah perempat final (4 tim) $18 juta – Tim di tempat keempat $20 juta – Tim di tempat ketiga $24 juta – Runner up $30 juta – Pemenang        Untuk pertama kalinya dalam Piala Dunia.

200 m di atas permukaan laut. Daftar stadion menurut ketinggiannya adalah: Soccer City dan Stadion Ellis Park. 1. Nelspruit. Johannesburg (dua tempat). Enam dari sepuluh stadion terletak 1.C. Klerksdorp. Ketinggian sejumlah stadion memengaruhi gerakan bola dan kelincahan pemain. Pretoria.310 m. pihak penyelenggara merilis daftar tiga belas tempat yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia: Bloemfontein. 1.753 m. Port Elizabeth. 660 m. .400 m. atas Abdelmajid Oulmers dari Maroko dalam pertandingan persahabatan tahun 2004. dan Rustenburg. Stadion Moses Mabhida dan Stadion Nelson Mandela Bay mendekati ketinggian permukaan laut. yaitu sekitar 1.Stadion Cape Town. 1. Cape Town. 1.214 m.750 m. dengan dua stadion di Johannesburg (Soccer City dan Ellis Park) berada di ketinggian paling tinggi. Stadion Mbombela.500 m. namun kepala medis FIFA telah membantahnya. Stadion Peter Mokaba. dan dari klub Inggris Newcastle United atas Michael Owen dari Inggris pada Piala Dunia 2006. Stadion Free State. Polokwane.S. Tempat Penyelenggaraan Tahun 2005.Durban. 1. Stadion Royal Bafokeng. Kimberley. Orkney. Daftar ini kemudian diperkecil menjadi sepuluh tempat yang secara resmi diumumkan oleh FIFA pada tanggal 17 Maret 2006. Loftus Versfeld Stadium.

Tidak ada dua tim dari satu konfederasi yang diundi di grup yang sama.Pengundian akhir Komite Penyelenggara FIFA menyetujui prosedur pengundian akhir pada 2 Desember 2009. Pengundian grup diadakan . hanya dua tim dari Eropa yang boleh berada dalam satu grup. Pengundian ini didasarkan pada Peringkat Dunia FIFA Oktober 2009 dan tujuh tim terbaik bergabung dengan tuan rumah Afrika Selatan sebagai tim yang diundi untuk pengundian akhir.

dibantu Sekretaris Jenderal FIFA Jérôme Valcke. Berikut merupakan hasil pengundiannya. tanggal 4 Desember 2009 di Cape Town International Convention Centre. Upacara pengundian ini dibawakan oleh aktris Afrika Selatan Charlize Theron. Afrika Selatan. Pengundian dilakukan oleh bintang sepak bola Inggris David Beckham dan figur olahraga Afrika Haile Gebrselassie. John Smit. Makhaya Ntini. Matthew Booth dan Simphiwe Dludlu. .di Cape Town.

Babak Gugur Pencetak gol 5 gol  Thomas Müller (Jerman) Wesley Sneijder (Belanda) Gol bunuh diri     David Villa (Spanyol) Diego Forlan (Uruguay)  Daniel Agger (DEN) (bermain melawan Belanda) Park Chu-Young (KOR) (bermain melawan Argentina) Hasil Akhir dan Penghargaan .

dan celana pendek berwarna hijau. Maskot Maskot resmi dari turnamen edisi ini adalah Zakumi. Shakira dan band Freshlyground dan lagu ini dinyanyikan dalam . dengan rambut "nyentrik" berwarna hijau. mengenakan kaus bertuliskan "South Africa 2010". Zakumi lahir pada 16 Juni 1994 bertepatan dengan Hari Pemuda di Afrika Selatan sehingga akan dirayakan secara global dengan tajuk Piala Dunia FIFA 2010. Nama Zakumi berasal dari kata "Za". dan tengah memegang sebuah bola. 2. Lagu Resmi Lagu resmi piala dunia 2010 berjudul Waka Waka (This Time for Africa) yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Kolombia. dan "kumi". Zakumi adalah seekor macan tutul berwarna kuning. yang merupakan kode dua huruf untuk Afrika Selatan. sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika.Penghargaan Simbol 1.

Aransemen tersebut dilakukan dalam bahasa Inggris dan bahasa Spanyol. melakukan aransemen atas lagu Wavin' Flag yang awalnya dinyanyikan oleh K'naan. Bola Pertandingan Bola resmi yang dipergunakan pada pertandingan Piala Dunia FIFA 2010 adalah Jabulani. Coca-Cola. 3. Untuk versi bahasa Indonesia. dan diperkenalkan tepat sebelum pengundian grup Piala Dunia FIFA 2010 pada tanggal 4 Desember 2009. Jabulani menurut bahasa Zulu berarti "merayakan". Timnas Spanyol . juga bahasa Indonesia dengan judul lagu "Wavin Flag: Celebration Remix". yang merupakan salah satu sponsor resmi turnamen. Lagu ini didasarkan pada lagu prajurit tradisonal Afrika yang bernama Zangalewa. Bola ini dibuat oleh Adidas. Ipang. dengan judul lagu "Semangat Berkibar". K'naan menyanyikannya bersama vokalis Indonesia.bahasa Inggris dan bahasa Spanyol.