BAB IV STRATEGI DAN PRIORITAS PEMBANGUNAN DAERAH

4.1. STRATEGI PEMBANGUNAN Dalam rangka menjamin keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Gresik harus mengambil strategi tertentu. Strategi tersebut kemudian disebut Strategi Pembangunan Daerah. Strategi pembangunan daerah itu merupakan perangkaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di masa datang, yakni : 1.Strategi Pengembangan Kapasitas Pemerintah Daerah, yang meliputi : (a). Kapasitas Sistem, (b). Kapasitas Kelembagaan, dan (c). Kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur 2.Strategi Pengembangan Kemampuan Keuangan Daerah 3.Strategi Peningkatan Pertumbuhan/ Kinerja Ekonomi Daerah 4.Strategi Pengembangan Lingkungan Daerah Yang Kondusif untuk mengimplementasikan Visi dan Misi. Sedikitnya terdapat 4 (empat) strategi pokok dalam

STRATEGI PEM BANGUNAN K ABUPATEN GRESI K 2006 - 2010

K APASITAS PEMDA

K EMAM PUA N K EUANGAN DAERAH

INTERNAL E KST ERNAL

VISI & MISI

PERTUM BUHAN EK ON OM I

LINGK UNGAN KONDUSI F

Dari keempat strategi pokok pembangunan tersebut diatas, dapat dijelaskan sebagai berikut :

Dalam rangka pengembangan kapasitas Pemerintah daerah. STRATEGI PENGEMBANGAN KAPASITAS PEMERINTAH DAERAH Strategi pengembangan kapasitas pemerintah daerah ditujukan untuk meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah secara berkelanjutan dalam aspek-aspek : pelayanan dasar kepada masyarakat. pembuatan pedoman dan sistem manajemen. Pengembangan kapasitas pemerintah daerah juga ditujukan untuk mengembangkan sistem kelembagaan dan kompetensi serta pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia yang berorientasi pada kinerja. perencanaan serta sasaran kinerja. sikap. refungsionalisasi organisasi. pengetahuan. 4. etika dan motivasi personil yang bekerja pada suatu unit kerja atau organisasi. sistem manajemen dan relasi antar organisasi. STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH Kemampuan keuangan daerah merupakan elemen yang penting peranannya untuk mendukung . restrukturisasi organisasi. penanggulangan kemiskinan dan tata pemerintah yang baik. dan revitalisasi organisasi. substansi kebijakan. C. STRATEGI PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN Pengembangan kelembagaan mencakup : proses pengambilan keputusan.1.4. STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM Pengembangan sistem pada hakekatnya mencakup kebijakan dan pengaturan kerangka kerja yang relevan untuk mencapai tujuan kebijakan yang ditetapkan. peraturan dan pengaturan pemerintah yang baik. STRATEGI PENGEMBANGAN SDM APARATUR Strategi pengembangan SDM aparatur meliputi : ketrampilan dan kualifikasi individu.2. B.1. Dalam paparan yang lebih operasional. pengembangan sistem mencakup. strategi. maka ditetapkan langkah-langkah sebagai berikut : A. pengembangan ekonomi lokal.1.

STRATEGI PENINGKATAN PERTUMBUHAN EKONOMI Pada hakekatnya pembangunan ekonomi adalah serangkaian usaha dan kebijaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Adapun strategi pengembangan kemampuan keuangan daerah. Intensifikasi dan Ekstensifikasi PAD. Dengan pola kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan keuangan daerah. Strategi Peningkatan Kemakmuran Ekonomi.1. Strategi Penerbitan Obligasi dan Pinjaman Daerah. Lingkungan daerah . Adapun strategi untuk mengembangan kinerja ekonomi daerah. Kinerja pembangunan ekonomi mempunyai kedudukan yang amat penting. STRATEGI PENGEMBANGAN LINGKUNGAN DAERAH YANG KONDUSIF Penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan lancar bila terdapat dukungan lingkungan yang kondusif. karena keberhasilan di bidang ekonomi dapat menyediakan sumber daya yang lebih luas bagi pembangunan di bidang lainnya. pemerintah daerah secara bertahap akan mampu keluar dari berbagai persoalan yang selama ini dihadapi seperti tingkat pengangguran yang tinggi dan jumlah penduduk miskin yang cukup besar. Namun sebaliknya untuk melakukan pembangunan ekonomi diperlukan landasan yang kuat. (b). ditetapkan langkah-langkah sebagai berikut : (a).4. Strategi Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi. Strategi Pengembangan Kerjasama. dilaksanakan dengan mengambil langkah-langkah : (a). memperluas lapangan kerja dan pemerataan pembagian pendapatan masyarakat. supaya hasil yang dicapai akan benar-benar sesuai dengan yang direncanakan. akurat dan terarah. Strategi Memperkuat Struktur Perekonomian.3. 4.1. 4.penyelenggaraan pemerintahan maupun pemberian pelayanan kepada publik. Oleh karena itu lingkungan yang kondusif merupakan prasyarat dasar bagi kinerja pemerintah. masyarakat maupun swasta dalam beraktivitas. Strategi Pembentukan Perseroan Daerah dan (d). (c). yaitu pengambilan kebijakan yang tepat. (c). (b).

Strategi Peningkatan Kecukupan Infrastruktur. ketidak harmonisan elemen stakeholders dapat sangat keluar dari koridor politik. (d).Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup .Peningkatan Kualitas Keagamaan. 4. (b).Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat 3. maka ditetapkan Langkah-langkah sebagai berikut : (a).Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan. 2. Hubungan antar elemen stakeholders daerah tersebut harus sinergis agar efektif. Penegakan Hukum di Daerah. pemerintah Kabupaten Gresik menetapkan prioritas utama pembangunan sebagai berikut : 1.2. PRIORITAS Dalam masa lima tahun ke depan. Pengembangan Kemitraan Eksekutif-Legislatif.Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik 6. hingga muaranya sangat mengganggu kinerja kepemerintahan dan pembangunan secara keseluruhan bahkan pelayanan kepada masyarakat.yang kondusif dapat diciptakan terutama melalui pengembangan hubungan yang harmonis antara elemen-elemen stakeholders daerah. Berdasarkan kenyataan.Peningkatan Pembangunan Ekonomi Daerah dan Ekonomi Kerakyatan 5. 4. Penyeimbangan Pembangunan Antar Wilayah. Adapun untuk melaksanakan strategi pengembangan Lingkungan Daerah yang Kondusif. (c).