P. 1
Yaumul Ba’ats

Yaumul Ba’ats

|Views: 4,109|Likes:
Published by Rahman Cahyadiputra

More info:

Published by: Rahman Cahyadiputra on Jan 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2014

pdf

text

original

FASE-FASE HARI KIAMAT

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Aulia Wardhani Durrotun Nasikhah Fahmy Lugas Dwi Prayogi Milla Carmellita Nailul Falah Rahman Cahyadi Putra Sirly Eka Nur Intan (04) (06) (13) (16) (19) (20) (26)

.

Allah SWT menciptakan alam baru yang kekal dan lebih baik.  Setelah penghancuran besar-besaran.  Ditandai dengan tiupan terompet Malaikat Israfil yang pertama.YAUMUL QIYAMAH  Hari kehancuran alam semesta dan berakhirnya kehidupan makhluk secara serempak. .

.

Az-Zumar : 68 . Ar-Ruum : 55-57 QS. Yaasin : 51-54 QS.YAUMUL BA¶ATS Tiupan Sangkakala kedua QS.

Tidak adalah teriakan itu selain sekali teriakan saja. . 52. Dan ditiuplah sangkalalamaka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka.Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun dan kamu tidak dibalasi. kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan.51. 53. maka tiba. 54.rasul(Nya)." Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul.Mereka berkata: "Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami (kubur)?.tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami.

Maka pada hari itu tidak bermanfaat (lagi) bagi orangorang yang zalim permintaan uzur mereka. "mereka tidak berdiam (dalam kubur) melainkan sesaat (saja)." 57. . sampai hari berbangkit." Seperti demikianlah mereka selalu dipalingkan (dari kebenaran) 56.55.Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir): "Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah. dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi. maka inilah hari berbangkit itu akan tetapi kamu selalu tidak meyakini(nya). bersumpahlah orangorang yang berdosa.Dan pada hari terjadinya kiamat.

maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. . Dan ditiuplah sangkakala. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).68.

Bumi Dunia Diganti Bumi Akhirat Manusia bangkit dari kubur .

80:34-42.78:17-18) Ada yang buta (QS. QS.20:124-127) (QS. 36: 81. QS.39:60) y Dibariskan (QS.78:38) Pendengaran & penglihatan amat tajam. y y y y y (QS.Manusia Bangkit dari Kubur y Ada yang hitam/putih y Jasad utuh kembali. QS.19:93-95.4:42.3:106-107. QS.75:22-25.75:3-4) Tidak Ada yang kelewatan (QS.78:40) . QS.56:49-50) Yang kuasa adalah Ruh. (QS. QS.19:38) Berkelompok (QS. (QS.57:13-14) y Orang Kafir ingin jadi tanah saja (QS.54:6-8) y Orang Munafik tak punya barisan (QS. QS.18:47.18:48) y Malaikat menjadi komandan (QS.

Yaumul Mahsyar Manusia Dikumpulkan di padang Mahsyar .

Jin Kafir . 2.Orang yang Imbang amalannya 13. Orang yang tidak punya apa apa 15. Orang Munafik 16. 7. Orang yang berat amal baiknya. Ulul Azmi Nabi & Rasul Nabi (Hadits Abu Dzar) Ulama Shiddiqin Amirul Mukminin Mujahiddin Ahlul Itsar Orang yang dibukakan pintu kebaikan oleh Allah 9. 12. 3. Ahlun Najat 10. 6. Orang yang berat dosanya tapi Islam 14. 4. Pengikut Kafir 18. 8.18 Tingkatan Manusia di Padang Mahsyar 1. Pemimpin Kafir 17. Taubat Qoblal Maut 11. 5.

Yaumul Hisab .

mereka diberitahu tentang amal perbuatan yang telah mereka kerjakan meskipun mereka telah lupa apa yang mereka kerjakan. Apabila buku catatan itu berat amal kebaikkannya akan diterima dari sebelah kanan . € Hisab. Sebelum dihisab. Setelah berada di Mahsyar selanjutnya mereka satu persatu dihisab. perhitungan semua amalan manusia baik amal yang baik maupun amal buruk yang telah dilakukan di dunia. € Barang siapa yang berat amal kebaikannya akan dimasukkan ke surga dan yang ringan kebaikannya akan dimasukkan ke neraka. € Mizan atau neraca . Timbangan amal inilah yang disebut Mizan. € . sebaliknya bila buku itu bereat amal kejahatannya akan diterima dari sebelah kiri. Manusia akan merenima buku catatan amal yang telah dilakukan ketika di dunia. hari perhitungan amal baik dan buruknya manusia. Amal-amal tersebut kemudian ditimbang di atas neraca.Yaumul Hisab . tanpa ada kekliruan sedikitpun. Amal manusia didunia telah dicatat oleh malaekat raqib dan atid.

µ Firman Allah dalam QS Al. dan mereka tidak dianiaya sedikitpun.€ € Sesuai dengan Firman Allah Al-Isra ayat 71. dan barang siapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya maka mereka ini akan membaca kitab itu. . dan kembali kepada ahlinya riang gembira. Adapun orang yang diberikan kitab amalannya dari arah kirinya dia akan mengalami kesengsaraan. dan dimasukakan kedalam neraka syair. Artinyaµ Ingatlah suatu hari yang saat itu Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya.Insyiqaq ayat 7 s/d 12 yang artinya:µ Maka adapun orang yang diberi kitabnya dari arah kanannya. akan diperhitungkan amal perbuatannya dengan mudah.

A. 1. mereka ialah . . Orang yang mati syahid di dalam peperangan.W. 4. Dermawan yang mengusahakan harta yang halal dan membelanjakannya di jalan Allah tanpa riya. telah bersabda: € "Apabila telah datang hari kiamat. musyrik murtad kafir itu tidak diampuni langsung dimasukkan ke neraka. maka didatangkan 4 golongan manusia di sisi pintu syurga tanpa dihisab dan disiksa. 2. Seorang haji yang sewaktu menunaikan haji tidak melakukan sebarang perkara yang membatalkan hajinya. 3. Jadi tidak ada yg namanya penembusan dosa € Adapun orang2 yang tidak dihisab dan disiksa Diriwayatkan bahawa Rasulullah S.jadi semua dosa akan dibersihkan dulu di neraka kecuali musyrik. Orang alim yang mengamalkan ilmunya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->