You are on page 1of 10

beasiswa Erasmus Mundus

Msc EF – Master of Science in European Forestry Erasmus
Mundus
Contact person from Indonesian EM alumnus of MscEF: Efrian – eeprian (at) gmail.com

The next call for applications for the MScEF course starting in August 2011 will be open from
1st September until 30th November for non-European applicants and from 15th January to 15th
April to European applicants.

http://www.europeanforestry.net/

The Master of Science in European Forestry Erasmus Mundus (MSc EF) is provided by a
consortium of seven well known European universities. The MSc EF is an international double-
degree programme, which has been acknowledged by the European Commission as a top quality
European MSc under the Erasmus Mundus programme.

The focus of the MSc EF is on the international dimensions of forest resource management and
utilisation, supported by a sound understanding of ecological conditions and their dynamics in
Europe. The international environment of the MSc EF invites you to study and to meet friends
from all over the world. In addition to receiving a high quality education, you will enjoy the
cultural and recreational opportunities of many European cities and nature.

In addition to study places and Erasmus Mundus student scholarships, MSc EF offers
opportunities for talented academics from all over the world to apply forscholar mobility grants.

ERASMUS MUNDUS PROMOTIONAL EVENTS FOR
EM 2011
Bentuk
Tanggal Lokasi Nama Acara Partisipasi
EM
25 Bandung Acara internal AMISCA (Himpunan Kimia) ITB Presentasi
Septemb
er 2010

(09:00- selesai) 1-3 Oktober Bogor Scholarship Education Expo IPB 2010 Presentasi 2010 Presentasi 5 Yogyakar (13:45-14:30 Oktober Holland Education Fair ta dan 15:15- 2010 16:00) Presentasi 7 (13:45-14:30 Oktober Bandung Holland Education Fair dan 15:15- 2010 16:00) 7-9 Pameran / Oktober Depok UI Scholarship Expo booth dan 2010 presentasi European Higher Education Fair (EHEF) 2010 Pameran / booth dan 9-10 presentasi. Oktober Jakarta temu 2010 student/alum ni. talkshow 13-14 Pameran / Yogyakar Oktober Career Days UGM VII 2010 + Education Expo booth dan ta 2010 presentasi 6-7 Lampung Lampung Education Fair 2010 Pameran / Novemb booth dan .

Sumbangan berupa uang bisa ditransfer via rekening berikut: Nama: *** Bank: *** No. ***. kami akan terima dengan tangan terbuka . maka kami bermaksud mengadakan EMSC ke-4.er 2010 >> presentasi ditunda 22-23 Pameran / Novemb Bandung Unika Parahyangan International Edu Fair booth dan er 2010 presentasi ERASMUS MUNDUS NON-PROMOTIONAL EVENT Sehubungan dengan kelanjutan acara EMSC (Erasmus Mundus Society Care). Sumbangan seperti baju layak pakai. Detil acaranya sebagai berikut. dsb Kurang lebih susunan acara: * Ramah tamah dan games (menunggu ide2 brilliant untuk games) * Kultum oleh Irfan Mujahid (*main tunjuk lalu kabur* >:D) * Buka puasa dengan tajil.00 – selesai Tempat: Rumah Perlindungan Sosial Asuhan Anak ** Alamat: Jl. dilanjutkan salat magrib * Makan malam * Salat isya & tarawih * Pamitan Keterangan panti asuhannya sebagai berikut. Yaaaay \ ^___^ / EMSC 4 kali ini bertema “Berbagi bersama anak-anak panti asuhan di bulan Ramadhan”. 40 laki-laki Komposisi berdasarkan usia pendidikan: 14 SD. dll bisa kita koordinasikan bersama tergantung lokasi (Bandung dan Jakarta). 26 SMP. 40 SMA Jumlah pengurus & penjaga: 20 orang Bagi yang ingin memberikan sumbangan. Jumlah anak: 80 orang Komposisi berdasarkan jenis kelamin: 40 perempuan. buku. rekening: *** . EMSC 4 – Berbagi bersama anak-anak panti asuhan di bulan Ramadhan Hari/Tanggal : Sabtu/4 September 2010 Jam : 17. Bandung Acara: Buka bersama.

bekerja. dll). • Tidak terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun. selama 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun.Thank you for your attention. • Tidak melakukan kegiatan utamanya (kuliah. SIAPA YANG BISA MENDAFTAR Mahasiswa/i: • Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa. selama lebih dari 12 bulan. Have a nice day… Happy fasting… FOLLOW US ON TWITTER FOR LATEST UPDATE APA ITU BEASISWA ERASMUS MUNDUS Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah dari Uni Eropa yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa untuk mengikuti Program-program Magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun. selama lebih dari 12 bulan. bekerja. Akademisi: • Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa. • Memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang sangat baik . Tersedia pula dana untuk para akademisi guna melaksanakan tugas mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam Program-program Magister Erasmus Mundus. selama kriteria penerimaan untuk program tertentu memperbolehkannya. • Tidak melakukan kegiatan utamanya (kuliah. • Telah menyelesaikan pendidikan tingkat S1. selama 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun. dll). • Tidak terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun. Bagi mereka yang telah mendapatkan gelar kesarjanaan pada tingkat akademik yang lebih tinggi juga dapat mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus.

000/awardee/tahun (untuk EMMC) dan EUR 14. • EUR 4. • Bila tuition fee kurang dari EUR 8. Menawarkan berbagai macam bidang ilmu: pertanian. humaniora. Alokasinya: • EUR 8.000 untuk biaya hidup yang akan diberikan sebesar EUR 1. ilmu komunikasi. Asuransi kesehatan internasional yang berlaku penuh selama masa studi dengan beasiswa. dll) sebesar EUR 24. • Tidak ada grant tambahan lain di luar dari jumlah yang disebutkan di atas. Kesempatan untuk memperoleh multiple degree atau joint degree setelah menamatkan studi.800/scholar (untuk 3 bulan). 3. kehutanan. ada 116 EMMC yang ditawarkan. • Bila tuition fee lebih dari EUR 8. 4. dll. untuk modal awal keberangkatan harus ditanggung sendiri terlebih dahulu. Tidak ada ikatan dinas/ikatan kerja setelah lulus. Untuk tahun 2010. biaya kuliah. Kesempatan untuk kuliah di beberapa universitas di beberapa negara. . manajemen. • EUR 12. 6. maka kekurangannya tidak dibayar oleh awardee (harus dibayar oleh konsorsium).000.000 untuk tuition fee. bisnis. awardee tinggal menunjukkan bukti acceptance letter Erasmus Mundus (tidak perlu punya saldo sejumlah tertentu di rekening bank). akomodasi. Beasiswa penuh (meliputi biaya perjalanan.000/awardee/tahun.000 setiap bulannya. pendidikan. maka kelebihannya tidak diberikan ke awardee.000 untuk biaya perjalanan/relokasi/mobilitas (awardee EM mungkin harus berpindah ke beberapa universitas selama masa studi). 2. teknologi. SKEMA GRANT ERASMUS MUNDUS Untuk EMMC. • Akademisi dan tenaga profesional yang mengajar atau melakukan penelitian KEUNGGULAN BEASISWA ERASMUS MUNDUS 1. • Untuk pembuatan visa. Catatan: • Pada umumnya. Pengalaman kerja atau latar belakang PNS/dosen tidak menjadi syarat mutlak (kecuali dinyatakan secara eksplisit di website program). informatika. 5. jumlah grant beasiswa adalah maksimal EUR 24. hukum. biaya hidup bulanan. Dengan demikian.000. teknik. grant baru akan diberikan setelah awardee tiba di Eropa dan sudah memiliki rekening bank aktif di salah satu bank di Eropa. 7.

misal: bidang riset/thesis yang ingin didalami (setiap universitas memiliki local strength di bidang riset masing-masing) KAPAN PENDAFTARAN DIBUKA Jadwal umum Erasmus Mundus setiap tahunnya adalah sebagai berikut: • Oktober-Desember: Pembukaan pendaftaran (bila program yang anda minati belum meng-update websitenya. kirim hasil tes TOEFL/IELTS. • Apakah awardee boleh menentukan di universitas mana saja ia ingin menempuh studi? Beberapa program memperbolehkan mahasiswa/i-nya untuk memilih. yang berarti setiap awardee EM akan menempuh studi. • Maret: Konsorsium mengusulkan daftar pemohon yang lulus seleksi ke Kantor Pusat Komisi Eropa di Brussels. yang telah dipilih oleh Komisi Eropa untuk melaksanakan Program Erasmus Mundus. minimal di 2 universitas/negara selama periode masa studinya. • April-Mei: Komisi Eropa memberikan persetujuan atas seleksi tersebut dan memberikan hibah. . • Mei-Juni: Konsorsium akan menyampaikan kepada para pemohon diterima atau tidaknya mereka dalam program pendidikan dan diberi atau tidaknya beasiswa (main list atau reserve list). Pertanyaan: • Berapa lama setiap awardee belajar di suatu universitas/negara? Skema ini berbeda antar program. kirim dokumen via pos.KONSORSIUM Konsorsium adalah suatu kelompok universitas yang terdiri atas sekurang-kurangnya tiga lembaga pendidikan tinggi dari tiga negara Eropa yang berbeda. Ada juga yang berpindah setiap tahun. Silahkan cek website program yang bersangkutan. • Bagaimana dengan biaya pindah / relocation cost? Biaya ini sudah dicakup dalam grant beasiswa yang disebutkan di atas. silahkan kunjungi website tersebut secara rutin). • Januari-Februari: Seleksi aplikasi oleh konsorsium. Ada yang berpindah setiap semester. tidak ada tambahan grant untuk relokasi. SKEMA MOBILITAS Salah satu fitur unik beasiswa Erasmus Mundus adalah skema mobilitas. dll). Biasanya pilihan ini disertai alasan tertentu. • November-Januari: Tenggat waktu pendaftaran (submit online application. Belgia untuk mendapatkan persetujuan terakhir.

Persyaratan ini diharapkan bisa membuka kesempatan yang lebih luas bagi lulusan berbagai universitas. • Juli-Agustus: Persiapan keberangkatan (urus visa. cari tempat tinggal. pre-departure session. juga komposisi negaranya. • (10%) Language skills higher than those requested in Admission Requirements. hanya boleh maksimal 2 awardees dari negara yang sama. LANGKAH SINGKAT MENDAFTAR ERASMUS MUNDUS (EMMC dan EMJD) . • (5%) Others MEME • Berikut adalah kutipan email dari konsorsium MEME kepada salah satu applicant 2010 –> di sini. Beberapa di antaranya yang baik hati. Indonesia berpeluang meluluskan sebesar 232 awardees. urus bebas fiskal. dll). • (20%) Relevant work experience related to the field of the Master Course. • Tidak semua EMMC yang mempublikasikan berapa banyak aplikasi yang mereka terima tahun sebelumnya. Dengan jumlah 116 EMMC yang ada per tahun 2010 ini. dimana kedua awardee ini harus berasal dari universitas yang berbeda. cari pesawat. • Agustus-September: Berangkat ke Eropa. • Kesempatan yang ada: bahwa dalam 1 program EMMC. KRITERIA SELEKSI Tidak semua program membeberkan mengenai metode seleksi mereka. contohnya: EMDIREB • (25%) Academic excellence. BERAPA PELUANG UNTUK DITERIMA • Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena jumlah applicant setiap tahun berubah-ubah. baik dari segi kuantitas. • (10%) Student motivation and relevance to his/her professional development. • (20%) Adequation of the student’s background with the field of the Master Course. kirim dokumen tambahan. • (10%) Recommendation from the references.

kurikulum. Pilih program yang diminati: Master (S2) atau Doktoral (S3). tenggat waktu. persyaratan dokumen. 3. Baca baik-baik seluruh informasi yang ada di website tersebut. persyaratan bahasa. Kunjungi website program tersebut yang link-nya terletak di kolom paling kanan dari gambar di atas. Seluruh informasi yang anda butuhkan (deskripsi program. dll) pasti ada di website tersebut. universitas yang berpartisipasi. Anda akan menjumpai halaman seperti ini: 2.1. skema mobilitas. form aplikasi. BACA DENGAN TELITI SEBELUM BERTANYA !! .